10 Oleh Oleh khas Bitung yang Wajib Kamu Bawa Pulang


Fida  December 25, 2022  0 Comment

Tidak hanya dikenal menyuguhkan banyaknya pilihan tempat wisata serta kuliner lezat, Bitung juga menawarkan berbagai oleh oleh khas yang menarik untuk kamu bawa pulang. Terdapat banyak pilihan oleh oleh yang ditawarkan mulai dari makanan, jajanan, hingga kain dan kerajinan tangan. Tidak perlu bingung, inilah daftar 10 rekomendasi oleh oleh khas Bitung yang menarik untuk kamu bawa pulang.

Oleh Oleh Khas Bitung : 

1. Pia Amurang

pia amurang
shopee.co.id

Salah satu rekomendasi oleh oleh khas Bitung yang wajib kamu bawa pulang adalah pia amurang. Sesuai dengan namanya, jajanan yang satu ini merupakan pia yang memiliki isian campuran gula dan kacang hijau. Di bagian luarnya, pia ini dibalut dengan tepung kemudian diolah dengan cara dipanggang.

Saat mencobanya, kamu akan dimanjakan dengan teksturnya yang lembut dan khas. Jajanan yang satu ini dapat dengan mudah kamu jumpai di berbagai toko oleh oleh di Bitung. Tidak perlu khawatir soal harga, pia amurang dijual dengan harga yang cukup terjangkau yakni sekitar Rp 2.500,- per biji. Kemasannya yang praktis dan menarik juga menjadikan pia amurang cocok kamu pilih untuk dibawa pulang dan diberikan kepada keluarga maupun kerabat di rumah. 

Air Terjun Kogawuna Baubau Yang Tetap Segar Di Musim Hujan

Sop Kikil By Pass, Kuliner Legendaris Khas Kota Kendari

2. Cakalang Fufu

cakalang fufu
tribunnewswiki.com

Pernah mendengar sebutan Cakalang Fufu? Cakalang fufu merupakan olahan ikan yang sekaligus dikenal sebagai salah satu oleh oleh khas Bitung. Sesuai dengan namanya, olahan yang satu ini dibuat dengan ikan cakalang sebagai bahan utamanya. 

Baca juga :  10 Oleh Oleh Khas Cilacap Selalu Jadi Incaran Wisatawan

Di Bitung, cakalang fufu dibungkus dengan kemasan yang menarik dan praktis untuk dibawa pulang. Makanan yang satu ini biasa diolah dengan cara digoreng atau diolah bersama bahan makanan lainnya. Cita rasanya yang lezat dan khas menjadikan cakalang fufu sayang untuk tidak kamu coba. 

3. Pisang Goroho

pisang goroho
cookpad.com

Saat mencari oleh oleh khas Bitung, tidak ada salahnya jika kamu mencoba pisang goroho. Pisang goroho merupakan salah satu jenis pisang Gorontalo yang dikenal dengan cita rasanya yang khas. Oleh karena itu, tidak heran jika pisang ini dibuat menjadi berbagai olahan seperti pisang rebus, pisang goreng, pisang bakar, hingga keripik pisang. 

Keripik pisang goroho menjadi salah satu jajanan yang dapat dengan mudah kamu jumpai di berbagai toko oleh oleh di Bitung. Kemasannya yang praktis dan menarik juga menjadi daya tarik tersendiri. Saat mencobanya, kamu akan merasakan tekstur renyah yang membuatmu tidak bisa berhenti makan. 

4. Panada

panada
kompas.com

Panada merupakan salah satu makanan khas Portugis berupa roti yang berisi ikan. Tidak hanya dapat kamu jumpai di negara asalnya, panada juga dapat dengan mudah kamu jumpai di daerah Bitung, Sulawesi Utara. Selain banyak diburu oleh masyarakat lokal sebagai camilan, panada juga menjadi salah satu oleh oleh khas Bitung yang banyak diburu oleh wisatawan. 

Jajanan yang satu ini menyajikan roti yang lembut dengan isian ikan yang lezat dan gurih. Isian ikan yang digunakan untuk membuat panada adalah ikan cakalang yang dibumbui panpis. Jika dilihat sekilas, panada memiliki bentuk yang mirip dengan pastel. Kamu dapat membeli lezatnya panada di toko roti maupun toko oleh oleh di Bitung. 

5. Dodol Amurang

dodol amurang
manado.inews.id

Tidak kalah menarik dari oleh oleh khas Belitung lainnya, dodol amurang juga menjadi salah satu yang banyak diburu oleh wisatawan. Meskipun berasal dari daerah Amurang, dodol yang satu ini juga banyak dijumpai di kawasan Bitung. 

Baca juga :  10 Pernak Pernik Khas Bali yang Cocok Dijadikan Oleh Oleh

Dodol amurang dibuat menggunakan beberapa bahan seperti gula aren, beras ketan, dan juga minyak kelapa. Selain memiliki rasa serta tekstur yang khas, dodol ini juga memiliki tampilan yang terbilang unik yakni dibungkus menggunakan daun kelapa. Tidak perlu khawatir soal harga, dodol amurang dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Kemasannya yang praktis dan menarik juga menjadikan dodol amurang sayang untuk tidak kamu coba. 

6. Halua Kenari 

halua kenari
tribunnewswiki.com

Dari banyaknya pilihan oleh oleh khas Bitung, halua kenari menjadi salah satu yang menarik untuk kamu bawa pulang. Halua kenari merupakan camilan yang memiliki bentuk mirip dengan gula gula kacang. 

Sesuai dengan namanya, halua kenari dibuat menggunakan bahan utama kacang kenari dan gula merah. Saat mencobanya, kamu akan dimanjakan dengan perpaduan rasa manis dan gurih. Aroma kacang kenari yang khas juga menambah kelezatan jajanan yang satu ini. 

Halua kenari biasa dijual dengan kemasan praktis dan menarik sehingga sangat cocok untuk dibawa pulang sebagai oleh oleh. Kamu dapat membeli jajanan yang satu ini di berbagai toko oleh oleh di Bitung. 

7. Kacang Goyang

kacang goyang
tiket.com

Selain halua kenari, kacang goyang juga menjadi salah satu jenis oleh oleh khas Bitung yang dibuat menggunakan bahan utama berupa kacang kacangan. Kacang goyang disajikan sangat menarik dengan warna yang beragam. 

Tidak hanya tampilannya yang menarik, kacang goyang juga memiliki tekstur serta rasa yang khas saat dinikmati. Kamu dapat membeli kacang goyang di berbagai toko oleh oleh di Bitung. Kacang yang satu ini dibandrol dengan harga yang cukup beragam, tergantung ukuran kemasan. Saat berlibur ke kawasan Bitung, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk membeli kacang goyang sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang. 

Baca juga :  10 Oleh Oleh khas Banjarnegara Bikin Semua Bahagia

8. Pala Manis

pala manis
resepkuerenyah.com

Buah pala menjadi salah satu buah yang disukai banyak orang, mulai dari masyarakat Indonesia hingga mancanegara. Buah yang satu ini biasa diolah bersama dengan gula dan dijual dengan sebutan pala manis. Saat berkunjung ke kawasan Bitung, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk berburu pala manis. Jajanan yang satu ini kerap diburu sebagai camilan maupun oleh oleh khas Bitung untuk dibawa pulang. 

Karena diolah menggunakan campuran gula, maka tidak heran jika kamu akan merasakan cita rasa manis saat mencobanya. Jajanan yang satu ini dapat dengan mudah kamu jumpai di berbagai toko oleh oleh di Bitung. 

9. Kain Bitung

kain bitung
senangrekreasi.com

Selain makanan, kamu juga dapat membeli oleh oleh khas Bitung berupa kain. Kain khas Bitung dijual dengan motif yang unik dan khas. Tidak hanya dapat membeli lembaran kain, kamu juga dapat membeli kain dengan motif unik yang sudah berbentuk baju atau siap pakai. 

Kain khas Bitung dijual dengan harga yang cukup beragam, tergantung bahan serta ukuran kain. Beberapa motif yang ada pada kain khas Bitung diantaranya motif pohon kelapa, cengkih, ikan purba, kuda laut, dan masih banyak lagi. Warna warnanya yang khas juga menjadikan kain khas Bitung sayang untuk kamu lewatkan. 

10. Kerajinan Tangan

kerajinan tangan
senangrekreasi.com

Datang ke suatu daerah, kurang lengkap rasanya jika tidak pulang dengan membawa oleh oleh. Kerajinan tangan menjadi rekomendasi oleh oleh khas Bitung yang menarik untuk kamu bawa pulang. Terdapat beberapa pilihan kerajinan yang dibuat menggunakan bahan berupa kayu, bambu, botol bekas, dan lain lain. Meskipun dibuat menggunakan bahan bahan yang terbilang cukup sederhana, tetapi keindahan kerajinan khas Bitung ini tidak perlu diragukan lagi. 



Leave a Reply