10 Museum Terkenal di Bandung yang Sayang Untuk Dilewatkan


Fida  April 6, 2021  0 Comment

Bandung menjadi salah satu kota yang kerap menjadi tujuan wisatawan. Bandung dikenal menawarkan banyak tempat wisata alam yang sangat menakjubkan. Selain itu, ada cukup banyak museum di Bandung yang tidak kalah menarik untuk Anda datangi. Berikut museum Terkenal di Bandung

1. Museum Konferensi Asia Afrika

museum konferensi asia afrika
kemlu.go.id

Salah satu museum terkenal di Bandung yang sayang untuk Anda lewatkan adalah Museum Konferensi Asia Afrika. Museum yang satu ini beralamat di Jalan Asia Afrika Nomor 65, Braga, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat. Untuk masuk ke museum ini pengunjung tidak dikenakan biaya.

Ada banyak hal yang bisa Anda nikmati saat berada di Museum Konferensi Asia Afrika, diantaranya pengunjung bisa melihat koleksi dokumen rahasia, foto-foto dokumentasi peristiwa penting seperti Pertemuan Tugu, KAA, Konferensi Bogor dan juga Konferensi Kolombo. Waktu beroperasinya museum ini di hari Sabtu sampai Kamis pukul 8 pagi hingga 4 sore dan Jumat pukul 2 siang hingga 4 sore.

Review wisata

Rabbit Town : Wisata Selfie Kekinian Di Kota Bandung. Cocok Untuk Semua Kalangan Dan Usia

Hara Cafe & Bistro Bandung

2. Museum Geologi Indonesia

museum geologi
idetrips.com

Museum Geologi menjadi salah satu museum terkenal di Bandung dan ramai dikunjungi oleh wisatawan. Musim yang satu ini berlokasi di Jalan Diponegoro Nomor 57, Cihaur Geulis, Kec Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat. Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan selama berada di museum yang satu ini.

Pengunjung bisa menikmati koleksi bebatuan, moneral, serta fosil di Museum Geologi. Museum yang satu ini cocok dikunjungi sebagai wisata edukasi untuk anak-anak. Hal yang menarik adalah terdapat berbagai replika binatang purba yang tersimpan di museum yang satu ini. Salah satu tempat wisata yang sayang untuk Anda lewatkan saat berada di Bandung, Jawa Barat.

3. Museum Sri Baduga

museum sri baduga
infobdg.com

Saat anda menginginkan untuk datang ke salah satu museum terkenal di Bandung, Museum Sri Baduga bisa menjadi pilihan yang tepat. Museum yang satu ini beralamat di Jalan BKR nomor 185, Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat. Museum yang satu ini memiliki banyak sekali koleksi diantaranya etnografika, arkeologi, sejarah, biologi, seni rupa, teknologika, filologika, geologi, dan masih banyak lagi.

Museum yang satu ini beroperasi di hari Selasa sampai Jumat pukul 8 pagi hingga 4 sore dan hari Sabtu Minggu pukul 8 pagi hingga 12 siang. Pastikan Anda tidak datang hari Senin karena Museum Sri Baduga tutup di hari Senin. Museum ini cocok dikunjungi sebagai wisata edukasi bagi anak-anak atau pelajar.

4. Museum Barli

Museum Barli
satulensa.com

Salah satu museum terkenal di Bandung yang sayang untuk tidak Anda datangi adalah Museum Barli. Museum yang satu ini dibangun dan didedikasikan untuk pelukis asli Bandung yakni Barli Sasmita. Anda dapat mengunjungi Museum Barli di Jalan Profesor Ir Sutami Nomor 91, Sukasari, Sukarasa, Kota Bandung, Jawa Barat.

Ada berbagai macam seni yang bukan di museum yang satu ini. Lukisan Barli yang memiliki berbagai aliran seperti impresionisme, ekspresionisme, dan realisme akan memanjakan Anda selama berada di museum yang satu ini. Museum Barli juga menjadi salah satu pusat perkembangan seni rupa modern di Indonesia yang wajib Anda datangi.

5. Museum Pos Indonesia

museum pos indonesia
tourbandung.id

Ada cukup banyak museum terkenal di Bandung salah satunya adalah Museum Pos Indonesia. Yang satu ini beralamat di Jalan Cilaki nomor 73, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat. Museum yang satu ini menyimpan berbagai benda-benda pos diantaranya perangko yang berasal dari dalam maupun luar negeri.

Pengunjung juga bisa melihat barang kuno seperti sepeda yang dulunya digunakan untuk mengirim surat. Hal yang paling menarik adalah Anda dapat menemukan koleksi surat emas dari raja-raja nusantara kepada Jenderal Belanda. Sangat menarik bukan?

6. Museum Mandala Wangsit Siliwangi

Museum Mandala Wangsit Siliwangi
klikhotel.com

Museum Mandala Wangsit Siliwangi Anda bisa melihat dan menikmati koleksi sisa-sisa perjuangan tentara di masa penjajahan. Barang-barang yang masih tersimpan rapi diantaranya senjata tradisional seperti golok, panah, keris, pedang bambu, dan lain-lain.

Selain berbagai macam senjata, anda juga bisa melihat berbagai jenis kendaraan militer zaman dulu yang masih tersimpan rapi. Museum ini berlokasi di Jalan Lembong nomor 38, Braga, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat.

7. Museum Pendidikan Nasional

museum pendidikan nasional
news.detik.com

Saat berada di Bandung, Museum Pendidikan Nasional menjadi salah satu tempat wisata yang bisa Anda datangi. Museum ini dibangun oleh Universitas Pendidikan Indonesia atau UPI. Tujuannya adalah untuk menjaga kelestarian warisan budaya dan sejarah khususnya di bidang pendidikan.

Anda bisa mengunjungi Museum Pendidikan Nasional di Jalan Dr Setiabudi nomor 29, Isola, Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat. Selain untuk menyimpan rekam jejak sejarah pendidikan nasional, museum ini biasa dikunjungi sebagai tempat edukasi, konservasi, dan juga riset.

8. Museum Mainan Zero Toys

Museum Mainan Zero Toys
asianbeat.com

Saat ingin mengunjungi salah satu museum terkenal di Bandung, anda bisa datang ke Museum Mainan Zero Toys. Musim yang satu ini beralamat di Jalan Sunda Nomor 39, Kb. Pisang, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat. Anda bisa menikmati koleksi mainan tahun 1980-an saat berada di museum yang satu ini.

Museum Mainan Zero Toys beroperasi dan bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga pukul 4 sore. Selain koleksi mainan jadul, ada juga koleksi poster karakter mainan hingga Sony Betamax yang pernah terkenal jaman dulu.

9. Museum Puspa IPTEK

Museum Puspa IPTEK
buahatiku.com

Museum Puspa IPTEK, Museum yang satu ini beralamat di Jalan Raya Padalarang nomor 427, Kertajaya, Padalarang, Bandung, Jawa Barat. Di museum yang satu ini Anda bisa menikmati berbagai permainan IPTEK yang sangat interaktif dan edukatif. Museum ini juga cocok dikunjungi oleh segala usia.

Museum Puspa IPTEK sangat unik karena memiliki bangunan jam matahari terbesar di Indonesia. Bentuknya yang unik menjadikan museum ini tercatat dalam Museum Rekor Indonesia (MURI).

10. Museum Gedung Sate

Museum terkenal di Bandung
jabar.tribunnews.com

Gedung Sate tidak hanya dikenal sebagai ikon kota Bandung. Museum Gedung Sate yang sayang untuk Anda lewatkan. Museum yang satu ini menyuguhkan berbagai alat peraga teknologi paling baru yang bisa dinikmati oleh pengunjung.

Anda bisa mengunjungi Museum Gedung Sate di Jalan Diponegoro Nomor 22, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat. Salah satu tempat wisata di Bandung yang bisa dipilih untuk dikunjungi bersama keluarga maupun teman. Museum yang satu ini beroperasi di hari Selasa sampai Minggu pukul 09.30 – 16.00 dan tutup di hari Senin.



Leave a Reply