10 Makanan Tradisional Indonesia Dari Olahan Tempe di Berbagai Daerah


prita  December 3, 2020  0 Comment

Siapa sih yang tidak kenal dengan tempe? Makanan yang satu ini memang dikenal memiliki banyak penggemar di Indonesia. Tak hanya karena rasanya yang lezat dan harganya yang murah, tempe juga dikenal sebagai sumber protein nabati karena mengandung prebiotik tinggi, tak heran jika tempe kerap dijadikan sebagai menu pengganti daging bagi vegetarian. Makanan khas Indonesia ini juga bisa diolah menjadi berbagai makanan lezat dan pastinya tidak membosankan. Nah, buat kamu yang sudah boesan dengan tempe goreng, berikut ini adalah 10 Makanan tradisional dari olahan tempe yang wajib untuk kamu coba

1. Tempe Penyet

tempe penyet
id.tastemade.com

Makanan tradisional dari olahan tempe yang pertama adalah Tempe Penyet. Sajian ini terbilang sangat sederhana dan sangat mudah untuk dibuat.

Tempe hanya perlu digoreng dan dipenyet diatas ulekan yang berisikan sambal. Tempe Penyet juga seringkali disebut sebagai sambal tempe karena saat dicampurkan, tempe telah penyet dan menyatu dengan sambal dan menciptakan cita rasa khas yang mampu membuat siapapun ketagihan.

Jenis sambal yang biasa digunakan pun bias disesuaikan dengan selera masing-masing, bias dengan sambal terasi atau dengan sambal bawang. Agar terasa makin nikmat, kamu bias menyantapkan dengan nasi hangat dan lalapan.

Gotravelly

Nasi Uduk Bu Imah Gresik : Sedap, Murah Dan Suasananya Nyaman

Lezatnya Menyantap Sup Kepala Ikan Bunda Nayla

2. Tempe Orek

tempe orek
dapurfithry.com

Makanan tradisional dari olahan tempe yang wajib kamu cicipi selanjutnya adalah Tempe Orek atau Orek Tempe. Tempe Orek ini memiliki dua varian yang berbeda, yaitu tempe orek kering dan tempe orek basah.

Tempe Orek kering biasanya dimasak dengan menggunakan gula jawa hingga renyah saat dimakan. Namun jika tempe orek basah dimasaknya dengan menggunakan tambahan air sehingga sedikit berkuah. Meskipun begitu, kedua varian tempe orek ini tetap terasa lezat dan bias disajikan sebagai lauk bersama dengan nasi atau sebagai pelengkap.

3. Tempe Mendoan

tempe mendoan
inibaru.id

Kamu yang berasal dari daerah Jawa Tengah sudah pasti tidak asing dengan makanan tradisional dari olahan tempe yang satu ini. Tempe Mendoan ini sangat terkenal tak hanya di Jawa Tengah namun juga hamper di seluruh Jawa, tak heran jika tepung untuk membuat tempe mendoan ini diracik secara khusus.

Tempe Mendoan ini menggunakan bahan tempe yang kemudian dibaluri dengan tepung terigu dan tepung beras sehingga membuatnya memiliki tekstur dan rasa yang pas. Tempe mendoan ini tidak digoreng sampai garing, namun justru disinilah letak daya tariknya. Tempe mendoan ini biasanya dipasangkan dengan Nasi kucing. Untuk menikmatinya kamu bisa langsung memakannya setelah digoreng dengan cocolan sambal kecap atau dengan cara dibakar terlebih dahulu dengan kecap.

4. Semur Tempe

Semur Tempe
sajiansedap.grid.id

Jika kamu biasa menemukan olahan semur dengan daging sapi atau daging ayam, namun ternyata tempe juga bisa menjadi olahan semur yang tak kalah nikmat lho. Makanan tradisional dari olahan tempe yang satu ini memang cukup populer karena memiliki rasa yang lezat, apabila jika dinikmati dengan nasi.

Semur Tempe dibuat dengan aneka rempah sehingga menghasilkan aroma dan rasa rempah yang kuat. Sajian ini juga diberi kecap sehingga terasa lebih manis namun tetap nikmat. Konon sajian ini diadaptasi dari makanan has Betawi yang kerap menggunakan banyak sekali kecap.

5. Sambal Tumpang

sambal tumpang
inews.id

Makanan tradisional dari olahan tempe yang wajib kamu coba selajutnya adalah Sambal Tumpang. Sambal Tumpang ini banyak ditemui di Kota Kediri, Jawa Timur dan biasa menjadi pelengkap sajian nasi pecel khas Kediri.

Sambal Tumpang ini merupakan sajian yang berbahan dasar tempe yang hamper basi dan berbau busuk. Tempe tersebut dihaluskan bersama dengan cabai rawit, cabai merah, lengkuas, bawang merah, bawang putih, daun salam, garam dan gula. Agar sambal ini terasa lebih gurih, biasanya sambal ini disiram dengan minyak goreng panas. Sambal Tumpang ini memiliki rasa khas tempe basi yang gurih dan sangat nikmat.

6. Keripik Tempe

keripik tempe
primarasa.co.id

Keripik tempe juga menjadi salah satu makanan tradisional dari olahan tempe yang sangat lezat dan populer. Keripik Tempe merupakan makanan ringan yang banyak ditemukan di beberapa daerah di Jawa Timur, seperti kota Malang misalnya.

Kota Malang bahkan memiliki sebuah kampung khusus yang memproduksi keripik temped an dijual kepada wisatawan yang berlibur di Malang untuk oleh oleh. Kampung ini bernama Kampung Sanan, yang mana kebanyakan warganya mengolah tempe untuk dijadikan keripik tempe dengan berbagai varian rasa yang nantinya akan dijual di banyak pusat oleh oleh di kota Malang.

7. Godo Tempe

Godo Tempe
cookpad.com

Makanan tradisional dari olahan tempe yang satu ini juga berasal dari provinsi Jawa Timur, tepatnya kota Gresik. Olahan ini dikenal dengan nama Godo Tempe yang jika diperhatikan sekilas mirip dengan tempe mendoan atau tempe yang digoreng dengan tepung lainnya. Bedanya, Godo Tempe ini disajikan dengan sambal petis khas Jawa Timur.

Godo Tempe dibuat dengan cara mencelupkan tempe pada adonan tepung yang telah dicampur berbagai rempah. Tempe yang telah dicelupkan dalam adonan tersebut kemudian digoreng dalam minyak panas. Godo Tempe ini bias kamu nikmati sebagai camilan atau sebagai lauk bersama dengan nasi hangat.

8. Tempe Mendol

tempe mendol
youtube.com

Makanan tradisional dari olahan tempe yang berasal dari kota Malang tak hanya keripik tempe, namun ada juga salah satu sajian yang dikenal dengan nama Tempe Mendol. Tempe Mendol ini biasa disantai sebagai camilan saat bersantai atau bias dinikmati bersama dengan nasi hangat.

Tempe Mendol ini dibuat dari tempe yang berbentuk blok kemudian dilumat sampai halus bersama dengan bumbu lalu dibentuk lonjong sebesar kepalan tangan. Setelah dibentuk, tempe tersebut didiamkan selama 1 sampai 2 jam, kemudian digoreng sampai matang. Tempe Mendol ini memiliki cita rasa yang gurih dengan rempah yang khas. Apalagi dengan tambahakn rawit sehingga menjadikan mendol ini terasa sangat nikmat.

9. Tempe Bacem

tempe bacem
masakapahariini.com

Tempe Bacem ini tentunya sudah cukup terkenal di Indonesia, khususnya di kawasan Jawa Tengah dan Yogyakarta. Tempe Bacem ini terkenal sebagai salah satu makanan tradisional dari olahan tempe yang paling favorit dan paling digemari.

Tempe Bacem ini dibuat dari tempe dengan bumbu kecap, bawang merah, bawang putih, lengkuas, daun salam serta lengkuas sehingga menghadirkan tempe dengan cita rasa gurih dan kaya akan rempah. Tempe bacem ini bias disantap saat masih basak setelah dikukus atau saat kering setelah digoreng. Olahan tempe ini juga sangat nikmat jika makanan sebagai lauk atau sebagai camilan.

10. Botok Tempe

botok tempe
resepkoki.id

Makanan tradisional dari olahan tempe yang terakhir adalah Botok Tempe. Botok Tempe ini berasal dari Provinsi Jawa Timur dan banyak ditemui di kota-kota yang ada di provinsi tersebut, seperti Gresik, Pasuruan, Mojokerto dan masih banyak kota lainnya.

Botok tempe ini merupakan olahan tempe yang dipadukan dengan botok. Botok merupakan sajian yang terbuat dari kelapa parut yang kemudian dicampur dengan tempe yang telah dipotong dadu atau dihaluskan. Biasanya botok dibumbui dengan merica, garam, cabai dan daun salam kemudian dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus dalam uap yang panas.

Demikianlah 10 makanan tradisional dari olahan tempe yang wajib untuk kamu coba. Mana favoritmu?



Leave a Reply