10 Makanan Khas Papua Timur Yang Penuh Rasa!


Fida  July 20, 2022  0 Comment

Papua Timur dikenal sebagai salah satu kawasan di Indonesia yang menawarkan berbagai pilihan kuliner lezat. Tidak hanya disukai oleh masyarakat lokal Papua, berapa kuliner yang disajikan juga berhasil membuat wisatawan penasaran dan ketagihan setelah mencobanya. Inilah daftar 10 rekomendasi makanan khas Papua Timur yang tidak boleh kamu lewatkan.

1. Udang Selingkuh

udang selingkuh
regional.kompas.com

Pernahkah kamu mendengar sebutan olahan makanan udang selingkuh? Udang selingkuh dikenal sebagai salah satu olahan makanan khas Papua Timur yang menarik untuk kamu coba. Sebutan udang selingkuh berasal dari jenis udang yang digunakan yakni memiliki tubuh seperti udang dan capit menyerupai kepiting. Hal itu tentu menjadikan makanan ini sangat menarik dan sayang untuk tidak kamu coba saat berkunjung ke Papua Timur.

Olahan makanan udang selingkuh biasa disajikan bersama dengan bunga pepaya atau tumis kangkung sebagai pelengkap. Daging yang berserat dan lembut serta memiliki rasa gurih seperti lobster menjadikan olahan makanan udang selingkuh sangat menarik untuk kamu coba.

Gotravelly

Nikmatnya Rujak Soto Khas Banyuwangi, Kuliner Unik Dengan Cita Rasa Menarik

Sate Karak, Kuliner Legendaris Surabaya Yang Nyaris Punah

2. Sate Ulat Sagu

Makanan Khas Papua Timur
nusadaily.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan ulat sagu yang kerap dipilih sebagai salah satu bahan makanan di Papua. Salah satu oalahan makanan khas Papua Timur yang berbahan dasar ulat sagu adalah sate ulat sagu. Seperti sate pada umumnya, sate ulat sagu juga menyajikan susunan ulat yang ditusuk pada bambu.

Sate yang telah dibumbui dan dibakar akan menghasilkan aroma serta cita rasa yang menggugah selera. Sebagian masyarakat di Papua juga mengkonsumsi ulat sagu secara langsung atau dalam keadaan mentah. Saat berkunjung ke Papua, tidak ada salahnya jika kamu mencoba lezat dan uniknya olahan makanan yang satu ini.

3. Ikan Bakar Colo

ikan bakar colo
portaljember.pikiran-rakyat.com

Tidak kalah menarik dengan berbagai olahan makanan khas Papua Timur lainnya, ikan bakar colo juga menjadi salah satu yang menggugah selera. Ikan bakar colo menyajikan ikan dabu dabu sebagai bahan utamanya. Selain ikan dabu-dabu, olahan makanan yang satu ini juga biasa dibuat menggunakan ikan bawal, ikan kue, dan ikan tongkol.

Olahan makanan yang satu ini disebut ikan bakar colo karena disajikan bersama dengan sambal colo di bagian atasnya. Sambal colo dibuat menggunakan beberapa bahan seperti cabe rawit, tomat muda, bawang merah, serta perasan jeruk nipis. Perpaduan rasa pedas dan segar yang menggugah selera dapat kamu rasakan saat mencoba lezatnya ikan bakar colo.

4. Cacing Laut

cacing laut
budaya-indonesia.org

Pernahkah pernahkah kamu mencoba hidangan yang berbahan dasar cacing laut? Olahan makanan yang dibuat menggunakan bahan utama cacing laut dapat dengan mudah kamu jumpai saat berkunjung ke kawasan Papua Timur. Makanan khas Papua Timur yang satu ini dikenal memiliki cita rasa lezat serta kaya akan nutrisi. Salah satu manfaat dari olahan cacing laut adalah dipercaya dapat meningkatkan vitalitas dan stamina untuk pria.

Cacing laut yang biasa diolah sebagai bahan makanan adalah cacing laut jenis insonem dengan panjang sekitar 30 cm. Sebelum diolah dan ditambahkan dengan berbagai bumbu, cacing laut akan terlebih dahulu melalui proses pengasapan. Hal itu bertujuan untuk menghilangkan kandungan air dan pasir didalamnya. Cacing laut dapat diolah menjadi berbagai hidangan lezat seperti rica-rica pedas, balado, dan masih banyak lagi.

5. Cacing Tambelo

cacing laut
travel.detik.com

Selain cacing laut, cacing tambelo juga dikenal sebagai salah satu bahan utama pembuatan makanan khas Papua Timur. Cacing tambelo memiliki ciri-ciri berwarna putih, lembek, berlendir, serta bertaring. Masyarakat lokal Papua biasa menyuguhkan cacing tambelo kepada wisatawan yang datang dan penasaran akan rasanya.

Selain dikenal unik, makanan yang satu ini juga dipercaya memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh. Olahan cacing tambelo juga biasa dipilih sebagai camilan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Suku Kamoro. Tertarik untuk mencoba cacing tambelo?

6. Papeda

papeda
kompas.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan kuliner papeda bukan? Kuliner khas Papua yang satu ini tentu sudah sangat terkenal baik di kalangan masyarakat lokal maupun wisatawan. Kamu juga dapat mencoba olahan papeda sebagai salah satu makanan khas Papua Timur.

Bahan utama pembuatan kuliner papeda adalah dari sagu. Papeda juga dikenal dengan teksturnya yang khas yakni lengket seperti lem. Cara mengkonsumsi papeda adalah dengan menggunakan alat yang digunakan untuk menggulung. Papeda biasa disajikan bersama dengan tambahan kuah sehingga menghasilkan cita rasa yang semakin lezat dan menggugah selera.

7. Bandeng Kuah Kuning

bandneg kuah kuning
permataboga.website

Tidak perlu bingung menentukan pilihan makanan khas Papua Timur yang menarik untuk dicoba, bandeng kuah kuning juga menjadi salah satu yang menggugah selera dan sayang untuk kamu lewatkan. Olahan bandeng yang satu ini disajikan dengan kuah kuning yang kental dan lezat. Berbagai bumbu yang digunakan untuk membuat kuah kuning diantaranya kunyit, cabai merah, bawang merah, dan berbagai tambahan bahan lainnya.

Selain cocok untuk dinikmati langsung, olahan kuliner bandeng kuah kuning juga sangat cocok dinikmati bersama dengan satu porsi nasi hangat. Saat berkunjung ke Papua, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk berburu dan mencoba lezatnya kuliner bandeng kuah kuning.

8. Ikan Bungkus

ikan bungkus
merdeka.com

Ikan bungkus juga dikenal sebagai salah satu makanan khas Papua Timur yang sayang untuk dilewatkan. Sesuai dengan namanya, olahan makanan satu ini menggunakan bahan utama ikan dan dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Jika dilihat sekilas, ikan bungkus memiliki tampilan yang tidak berbeda dengan pepes ikan.

Olahan ikan bungkus dibuat menggunakan berbagai bumbu dan rempah sehingga menghasilkan cita rasa lezat. Selain itu, adanya tambahan daun kemangi dan daun salam juga menjadikan makanan ini semakin segar. Kuliner yang satu ini sangat cocok dipilih sebagai teman makan.

9. Aunu Senebre

aunu senebre
lifestyle.okezone.com

Rekomendasi makanan khas Papua Timur yang tidak boleh kamu lewatkan berikutnya adalah aunu senebre. Beberapa dari kamu tentu masih asing dengan sebutan makanan ini bukan? Aunu senebre merupakan olahan makanan yang dibuat menggunakan bahan utama ikan teri dan nasi putih. Bahan utama yang telah diolah Kemudian ditambahkan dengan parutan kelapa serta irisan daun talas. Sebelum disajikan, aunu senebre terlebih dahulu dikukus hingga matang.

Hidangan yang satu ini biasa disajikan bersama dengan papeda. Kamu dapat menjumpai lezatnya aunu senebre di berbagai warung di Papua. Tertarik untuk mencobanya?

10. Aunuve Habre

aunuve habre
tribunnewswiki.com

Satu lagi rekomendasi makanan khas Papua Timur yang tidak boleh kamu lewatkan yakni aunuve habre. Berbeda dengan aunu senebre, aunuve habre dibuat menggunakan bahan utama ikan cakalang yang juga dapat diganti dengan ikan tongkol atau ikan tuna. Beberapa bumbu yang dibutuhkan untuk membuat olahan aunuve habre adalah garam, air, serta asam jawa.

Berbagai bahan dan bumbu kemudian dibungkus dengan menggunakan daun talas dan dikukus hingga matang. Kamu dapat menikmati lezatnya aunuve habre bersama dengan papeda khas Papua.



Leave a Reply