Liburan Ke Semarang, Cobain 10 Wisata Kuliner di Pasar Malam Semawis


Reni  January 21, 2020  0 Comment

Berkunjung ke Kota Semarang adalah pilihan yang terbaik, karena Semarang memiliki segala hal yang menyenangkan. Selain tempat wisatanya yang banyak kuliner-kuliner yang harus menjadi tujuan jalan-jalan Anda. Termasuk wisata kuliner wajib coba di Pasar Malam Semawis Semarang.

Jika berlibur ke Semarang telah menjadi kewajiban untuk mampir ke Pasar Malam Semawis Semarang. Karena di pasar ini Anda akan dimanjakan dengan berbagai macam panganan khas Semarang yang siap menggoyang lidah Anda. Berikut ini daftar wisata kuliner yang wajib Anda coba saat berada di Pasar Malam Semawis Semarang. Daftar wisata kuliner wajib coba di pasar malam Semawis Semarang

Wisata Kuliner Pasar Semawis

1. Chok Dee Thailand Street

Chok Dee Thailand Street
kumparan.com


Tidak hanya di Thailand, di Semarang Anda juga dapat menjumpai suasana ala-ala pasar Thailand yang penuh dengan tenda-tenda kuliner. Karena di sini Anda dapat melihat atraksiapi berkobar yang digunakan untuk memasak makanan.

Tenda yang menyajikan atraksi tersebut adalah Chok Dee Thailand Street. Ini merupakan salah satu tenda kuliner teramai di Pasar Semawis. Karena selain seperti di Thailand, Anda akan langsung tertarik dengan makanan yang disajikan.

Makanan yang disajikan di sini adalah sate-sate unik yang berbeda dari lainnya. Mulai dari sate bakso, sate cumi, sate bayi gurita dan sate-sate lainnya.

Gotravelly

Jajan Hemat Di Semarang? Cobain Mie Kopyok Yuk!

Pondok Kopi Umbul Sidomukti, Cafe Unik Nan Romantis Di Kaki Gunung Ungaran

2. Seafood

Seafood
travel.kompas.com


Jika Anda berkunjung ke pasar Semawis, Anda akan menemukan barisan penjual seefood yang berjajar di sepanjang jalan. Para penjualnya menjajakan dagangan mereka berupa hasil laut yang masih segar, yang akan di bakar ketika para pembeli datang.

Baca juga :  10 Tempat Wisata di Ungaran Yang Jarang di Ketahui no #7 Unik

Selain itu jika Anda menginginkan hasil laut dalam keadaan mentah, Anda juga dapat membelinya di sini. Jadi seafoodnya bisa dimakan di tempat atau di bawa pulang. Harga untuk seafood di pasar Semawis tergolong seafood yang berharga murah, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp15.000,- untuk satu porsinya.

3. Es Puter Cong Lik

Es Puter Cong Lik
travel.tribunnews.com


Pencinta Es Puter Cong Lik mana suaranya? Es puter legendaris ini memang sudah banyak penggemarnya dari masa ke masa. Sejak tahun 1982 kenikmatannya yang nyata tidak pernah luntur walau sudah sangat lama.

Es Puter Cong Lik yang legendaris ini menawarkan berbagai varian rasa yang siap menggoyang lidah Anda. Rasa yang ditawarkan mulai dari rasa coklat, alpukat, kopyor dan rasa raja buah yakni rasa durian. Yang menjadi menu andalah tentu saja rasa duriannya, karena selalu ludes diperebutkan pelanggan setiap harinya.

4. Nasi Ayam Hainam

Nasi Ayam Hainam
kumparan.com


Di pasar Semawis Anda juga dapat menikmati olahan khas Tionghoa yang sudah sangat terkenal di negeri Jiran dan Singapura, yaitu Nasi Ayam Hainam. Tapi di Indonesia makanan khas Tionghoa ini sering disebut dengan Nasi Hainan.

Di Pasar Semawis terdapat satu gerobak yang menjual menu makanan ini, selalu ramai dikerumuni oleh pelanggan. Tapi jika meskipun ramai pengunjung, pelayanannya tergolong cepat karena tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan hidangan nasi Hainan ini.

Untuk satu porsi nasi Hainan yang ada di pasar Semawis ini Anda harus mengeluarkan uang sekitar Rp30.000,- per satu porsinya. Dengan harga tersebut Anda sudah dapat menikmati kelezatan citarasa khas Tionghoa.

5. Es Hawa

Es Hawa
travel.kompas.com


Salah satu wisata kuliner wajib coba di pasar malam Semawis Semarang yang sangat terkenal dan hampir punah adalah es Hawa. Es ini merupakan hidangan yang akan membawa Anda bernostalgia ke masa lalu. Es khas pekalongan ini kian lama kian langka, hal tersebut dikarenakan sudah jarang sekali keturunan yang ingin dan mau mewarisi resepnya.

Baca juga :  Kelezatan 10 Makanan Khas Gayo Bikin Kamu Rindu Kampung Halaman

Tetapi jangan khawatir, Es Hawa yang harganya Cuma Rp2.000,- saja bisa Anda temukan di Pasar Semawis. Anda juga bisa melihat secara langsung bagaimana cara membuat Es Hawa. Prosesnya cukup unik, jika Anda penasaran langsung saja datang ke lapak Es Hawa di Pasar Malam Semawis Semarang.

6. Nasi Bakar Kemangi

Nasi Bakar Kemangi
dimanaja.com


Selanjutnya ada Nasi Bakar Kemangi yang disajikan bersamaan dengan telur ayam asin. Makan ini merupakan makanan khas Semarang yang wajib dicicipi. Nasi yang dibungkus dengan daun pisang dan dibakar di atas api menjadikannya nasi bakar yang istimewa, apalagi dengan tambahan daun kemangi membuat aromanya wangi dan segar.

Nasibakar yang tampak menggoda dan rasanya memang menggoyang lidah ini dapat Anda nikmati hanya dengan harga Rp15.000,- saja. Jadi tunggu apalagi, langsung pesan saja.

7. Sate Tulang Ayam

 Sate Tulang Ayam
jateng.tribunnews.com


Makanan unik satu ini juga menjadi kuliner yang wajib Anda coba di Pasar Semawis. Sate Tulang Ayam yang sudah terkenal di seluruh pelosok Kota Semarang. Kuliner ini betul-betul sate yang bahan dasarnya tulang ayam, tetapi yang dibuat sate tentunya adalah tulang mudanya.

Bagian ayam yang digunakan untuk sate unik ini adalah bagian punggung ayam yang terdapat tulang muda yang dan dagingnya yang bertekstur lembut. Jangan tanya soal rasa, karena sudah dijamin nikmat dan lezat.

8. Jamu Jun

Jamu Jun
jateng.tribunnews.com


Jamu merupakan minuman tradisional yang kaya akan manfaat dan dapat membantu menjaga kesehatan. Tetapi karena rasanya yang cenderung mengarah ke rasa pahit, maka banyak orang yang tidak menyukainya. Akan tetapi jika yang Anda konsumsi adalah Jamu Jun yang berwujud krim layaknya bubur maka Anda akan langsung jatuh cinta dan ketagihan.

Baca juga :  11 Oleh-oleh Khas Semarang Terkenal Paling Mantap

Jamu yang terdiri dari 40 jenis rempah-rempah bahkan lebih ini dapat membuat badan terasa lebih hangat dan tenang. Jamu jun khas Demak ini hanya dijual dengan harga mulai dari Rp6.000,- saja. Sangat terjangkau tetapi khasiatnya luar biasa.

9. Pisang Plenet Pak Tuko

 Pisang Plenet Pak Tuko
jateng.tribunnews.com


Setelah menikmati makanan yang berat-berat sebagai penutupnya Anda dapat menikmati Pisang Plenet Pak Tuko. Pisang Plenet ini sudah berdiri sejak tahun 1960, sehingga menjadi pisang planet legendaris di Semarang.

Pak Tuko menyediakan hingga 11 rasa Pisang Plenet yang siap diserbu oleh pelanggan. Setiap harinya pisang planet ini akan dikerumuni oleh pelanggan yang sudah ketagihan. Bahkan Pak Tuko sudah membuka cabang lain selain di Pasar Semawis.

Jika Anda datang ke sini pada hari Sabtu, maka Anda harus siap berdesakan dengan pelanggan lainnya ya. Untuk masalah harga, makanan penutup nikmat ini dijual dengan harga Rp13.000,- per porsinya.

10. Es Teler Durian

Es Teler Durian
travel.kompas.com


Berita bahagia untuk para pencinta si raja buah, yaitu durian. Karena di Pasar Malam Semawis ada Es Teler Durian yang enaknya kebangetan. Es Teler Durian di sini dicampur dengan berbagai macam topping yang sangat pas untuk teman duriannya.

Jika membeli es teler durian di Pasar Malam Semawis sudah pasti Anda akan sangat puas karena duriannya dibiarkan tetap utuh tanpa digiling lagi. Nikmatnya es teler durian ini dapat Anda rasanya hanya dengan mengeluarkan uang Rp25.000,-.

Rasanya membaca informasi tentang wisata kuliner wajib coba di Pasar Malam Semawis Semarang di atas sudah membuat perut dan lidah Anda menginginkannya. Ingat ya, saat berkunjung ke Semarang harus mampir ke Pasar Malam Semawis untuk menikmati kulinernya.



Leave a Reply