10 Kota Dengan Gedung Pencakar Langit Terbanyak di Dunia


prita  August 9, 2022  0 Comment

Gedung pencakar langit sekarang menjadi sebuah pemandangan yang biasa ditemukan di kota metropolitan. Pembangunan gedung pencakar langut memang sudah menjadi tren dunia, bahkan gedung tinggi bisa menjadi landmark dari sebuah kota, tak heran jika berwisata ke kota pencakar langit bisa menjadi pengalaman tersendiri.

Gedung pencakar langit merupakan gedung yang memiliki ketinggian di atas 100 meter, 150 meter dan 200 meter. Gedung-gedung tersebut biasanya menjadi area perkantoran, hotel juga apartemen. Sejumlah kota besar di dunia masuk dalam daftar kota dengan gedung pencakar langit terbanyak di dunia. Nah, jika kamu ingin berfoto dengan banyaknya gedung pencakar langit, berikut ini adalah daftarnya.

1. New York, Amerika Serikat

New York
klook.com

Menempati urutan pertama sebagai kota pencakar langit yang jumlahnya paling banyak di dunia adalah Kota New York di Amerika Serikat. New York menjadi kota dengan jumlah gedung pencakar langit terbanyak di dunia, yaitu 1.572 gedung.

One World Trade Center menjadi salah satu gedung tertinggi di kota tersebut dan menjadi salah satu gedung tertinggi di New York yang juga menempati urutan enam tertinggi di dunia. Selain One World Trade Center, ada juga gedung Bank of Manhattan Trust Building, Chrysler Building dan Empire State Building.

Gotravelly

Menyusuri Indahnya Air Terjun Kakek Bodo

Menjelajah Cantiknya Pintu Langit, Wisata Instagramable Dengan Pemandangan Menawan

2. Hong Kong, Tiongkok

Hong Kong
travel.kompas.com

Kota yang wajib untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Hong Kong. Kawasan Khusus di Tiongkok ini menjadi salah satu kota yang memiliki gedung tertinggi paling banyak di dunia, yaitu 924 gedung. Ditambah lagi, kebutuhan lahan di Hong Kong memang terbatas sehingga pembangunan gedung tinggi gencar dilakukan.

Salah satu gedung pencakar langit yang cukup terkenal di Hong Kong ini adalah International Commerce Center yang memiliki ketinggian 484 meter dan masuk dalam daftar gedung tertinggi di dunia dalam urutan ke 12.

3. Chicago, Amerika Serikat

Chicago
choosechicago.com

Selain New York, Amerika Serikat juga memiliki kota pencakar langit lainnya yang tak kalah populer, yaitu Chicago. Chicago dikenal sebagai salah satu kota industri di Amerika Serikat yang menempati posisi ketiga dengan gedung pencakar langit terbanyak di dunia, sejumlah 572 gedung.

Salah satu gedung yang cukup ikonik di kota ini adalah Wilis Tower yang juga menjadi gedung tertinggi di Chicago. Gedung yang dibangun pada tahun 1974 ini menempati peringkat ke 21 sebagai gedung pencakar langit tertinggi di dunia.

4. Toronto, Kanada

Kota Dengan Pencakar Langit
tripadvisor.com

Kota selanjutnya adalah ibu kota Kanada, Toronto. Toronto memiliki gedung pencakar langit sejumlah 534 gedung dan salah satu gedung tertinggi yang cukup populer di kota ini adalah First Canadian Place yang tingginya mencpai 298 meter. Selain itu, ada The One yang merupakan gedung supertall yang digadang-gadang akan menjadi gedung pencakar langit tertinggi di Kanada. Gedung dengan ketinggian 306 meter ini dijadwalkan dibuka pada tahun 2023.

5. Dubai, Uni Emirat Arab

Dubai
klook.com

Jika ingin mengunjungi kota dengan gedung pencakar langit terbanyak di dunia, tak sepatutnya kamu melewatkan Kota Dubai. Jumlah gedung pencakar langit di kota yang berada di kawasa Uni Emirate Arab ini memang masih kalah dengan kota lain di dunia, yaitu hanya sejumlah 480 gedung, namun Dubai memliki ikon gedung tertinggi di dunia setinggi 828 meter, yaitu Burj Khalifa.

Burj Khalifa memegang gelar gedung pencakar langit tertinggi di dunia sejak tahun 2010 dan meskipun sampai saat ini posisi ini masih bertahan, namun bukan tak mungkin jika posisi tersebut akan tergeser oleh negara lain.

6. Sydney, Australia

Sydney
homeiswhereyourbagis.com

Kota yang tak kalah indah selanjutnya adalah kota Sydney. Sama halnya dengan kota Toronto, jumlah gedung pencakar langit di kota ini memang banyak, yaitu 453 gedung. Namun, gedung tertinggi di kota ini adalah Chifley Tower yang tingginya hanya 244 meter.

Meskipun begitu, Sydney juga cukup rekomended untuk dikunjungi karena selain memiliki deretan gedung pencakar langit yang indah, kota ini juga memiliki sejumlah tempat menarik lainnya, salah satunya adalah Sydney Opera House yang menjadi ikon dari Australia.

7. Shanghai, Tiongkok

Shanghai
china-briefing.com

Tiongkok tentu masuk dalam daftar negara yang memiliki sejumlah kota dengan gedung tertinggi. Salah satunya adalah Shanghai. Shanghai memiliki 426 gedung pencakar langit yang berfungsi sebagai hotel, apartemen, pusat perbelanjaan hingga area perkantoran.

Gedung pencakar langit tertinggi di Shanghai adalah Shanghai Tower dengan ketinggian mencapai 632 meter. Gedung tersebut juga menempati urutan kedua sebagai gedung tertinggi di dunia setelah Burj Khalifa. Tak hanya menyandang gelar sebagai gedung tertinggi kedua di dunia, Shanghai Tower juga menjadi salah satu gedung paling hijau di dunia karena gedung ini bisa mengurangi 34.000 metrik ton karbon dioksida dalam setahun.

8. Jakarta, Indonesia

Jakarta
id.wikipedia.org

Kota berikutnya bisa kamu temukan di Indonesia, yaitu Jakarta. Ibu kota negara Indonesia ini memang dikenal sebagai kota dengan pembangunan yajg paling pesat dan memiliki gedung pencakar langit sejumlah 414 gedung.

Kamu akan menemukan Gama Tower dengan ketinggian 286 meter yang menjadi gedung tertinggi di Jakarta, juga tertinggi di Indonesia. Selain itu, ada juga Thamrin Nine Tower yang sangat megah dan mampu memikat dan menyita perhatian berbagai kalangan, khususnya pecinta skyscrapper. Thamrin Nine Tower ini difungsikan sebagai perkantoran dan hotel. Apakah kamu pernah berkunjung kesana?

9. Tokyo, Jepang

Tokyo
tsunagujapan.com

Tokyo menempati urutan kesembilan sebagai kota dengan gedung pencakar langit terbanyak di dunia, yaitu 406 gedung. Ibukota Jepang ini memang memiliki cukup banyak gedung pencakar langit dan salah satunya adalah Toranomon Hills yang tingginya mencapai 256 meter.

Toronomon Hills ini memang tidak masuk dalam daftar 100 gedung pencakar langit di dunia, namun Jepang sedang melangsungkan pembangunan gedung pencakar langit. Seperti perencanaan pembangunan oleh Arsitek Jepang Sou Fujimoto yang sedang merancang Torch Tower yang rencananya akan selesai pada tahun 2028.

10. Shenzhen, Tiongkok

Shenzhen
china-briefing.com

Kota yang terakhir adalah Shenzhen. Kota yang berada di Tiongkok ini memang menempati posisi ke-10 dengan jumlah gedung 336.

Meskipun menempati urutan ke-10, namun jumlah gedung pencakar langit dengan tinggi di atas 200 meter atau 300 meter di kota ini justru lebih banyak. Gedung tertinggi di Shenzhen ini adalah Ping An Finance Center yang tingginya mencapai 599 meter dan menempati posisi keempat dalam daftar 100 gedung pencakar langit tertinggi di dunia.

Nah, itulah tadi daftar kota dengan gedung pencakar langit terbanyak di dunia yang patut untuk kamu sambangi. Gedung pencakar langit tentu membuat suasana kota menjadi semakin indah dan menakjubkan. Kira-kira, kota mana yang paling ingin kamu kunjungi?



Leave a Reply