10 Festival Kuliner Terbesar di Indonesia Bikin Kalap Makan!


sisil angelin  May 17, 2020  0 Comment


Di setiap negara memang memiliki keunikan sendiri-sendiri untuk mengadakan acara festival, tidak hanya negara-negara maju yang mengadakan festival besar-besaran. Di Indonesia juga tidak mau kalah untuk mengadakan festival loh. Nah kali ini GoTravelly bakal kasih tau kalian 10 festival kuliner terbesar di Indonesia, yang selalu meriah dan ditungu-tungu masyarakat. Terutama untuk pencinta kuliner pastinya sangat antusias untuk datang ke festival yang ada dibawah ini, dari pada penasaran berikut daftar festival kuliner di Indonesia

1. Bali Interfood Festival (Bali)

bali interfood festival
pegipegi.com


Bali memang menjadi salah satu tempat yang indah untuk berlibur, dan selain tekenal dengan wisata nya yang indah di Bali juga memiliki kuliner-kuliner lezat. Makanya permerintah mengadakan festival kuliner ini 2 tahun sekali pada bulan september di Nusa Dua Convention Center, Bali.
Di Bali Interfood Festival ini kalian bisa menemukan makanan tradisional Bali, pameran kopi, bali wine, dan ada sekitar 120 perusahaan berpartisipasi untuk mmeriahkan acara Bali Interfood Festival. Jika kamu ingin mencoba berbagai kuliner tradisional bali, da melihat berbagai jenis kopi di Bali, kalian bisa datang keacara ini pada tanggal 3-5 September dikawasan Nusa dua.

Gotravelly

Batu Caves: Wajib Mampir Juga Kalau Ke Malaysia

Genting Highland And Sky Avenue Casino Genting

2. Festival Kampoeng Tempo Doelo (Jakarta)

festival kuliner kampoeng tempo doeloe
wartakota.tribunnews.com


Bukan kota besar namanya kalo gak ada fetival kuliner ya gak guys? Nah di Jakarta ini juga memiliki cara tersendiri untuk mengadakan festival kuliner dengan tema Tempoe Douloe. Disini pengunjung akan di manjakan dengan kuliner-kuliner pada jaman dahulu, acara ini biasanya diadakan dari tanggal 13 Mei sampai 7 Juni di La Piazza Kelapa Gading. Acara yang cukup panjang juga bukan?
Jika kamu rindu dengan kuliner masa kecil wajib banget nih dateng ke acara Festival Kampoeng Tempo Doelo, karena acara ini di meriahkan dengan berbagai kuliner yang lengkap, kalian bisa menemukan sekitar 150 hidangan, dan 100 booth bisa kamu temui disini. Beberapa kuliner tradisional juga ada disini, yaitu ada sate maranggi, toge goreng, nasi liwet, soto betawi, sate madura, cilok bandung, laksa, bakso aci, soto banjar, dan masih banyak lagi kuliner yang bisa kalian temukan disini.

3. Festival Jajanan Kekinian (Yogyakarta)

festival jajanan kekinian jogja
bisnisukm.com


Fetival yang satu ini memang masih baru diadakan, meskipun baru namun banyak sekali peminatnya. acara ini diadakan karena akhir-akhir ini banyak anak muda yang kreatif membuat kuliner kekinian, dan membuka usaha sendiri.
Terdapat sekitar 100 stan lebih untuk memeriahkan acara ini diantaranya ada, kue cubit, churros, ice cream, pancake, boba milk tea, samyang, ayam geprek, pudding, mie pedas, kopi, thaitea, dan masih banyak kuliner kekinian yang bisa kalian temukan diacara ini. Nah jika ingin mencoba berbagai kuliner kekinian kalian bisa datang keacara ini tanggal 23-37 september di Jogja Expo Center, Bantul. acara ini biasanya diadakan setiap tahun.

4. Festival Sate dan Soto Nusantara (Sumatera Barat)

festival sate dan soto nusantara
pegipegi.com


Kamu pencinta sate dan soto maka wajib banget datang ke Festival ini, biasanya acara ini diadakan tanggal 5-6 september, dan biasanya di adakan di Museum Adityawarman, Padang. Di festival ini kalian bisa menikmati berbagai sate, dan soto nusantara yang bisa kamu cicipi. ada sekitar 50 stan bisa kalian temukan disini.

5. Festival Kuliner Teluk Jailolo (Maluku Utara)

festival kuliner teluk jailolo
bayuwinata.wordpress.com


Festival yang satu ini memang menjadi salah satu acara yang di tunggu-tunggu karena acara ini sangat meriah. Kalian bisa menikmati kuliner khas lokal seperti Sagu lempeng, kasbi santan, batata santan , nasi jaha, pisang mulu bebe, dan masih banyak hidangan lokal yang bisa kalian temukan disini guys. Nah selain menyajikan hidangan lokal di Festival ini biasanya diadakan ritual makan bersama di rumah adat Sasadu. Festival Kuliner Teluk Jailolo ini biasanya diadakan di Kabupaten Halmahera Barat pada tanggal 14-16 Mei.

6. Festival Kuliner Pekalongan (Jawa Tengah)

festival kuliner pekalongan
cintapekalongan.com


Acara ini memang sangat menyenangkan dan selalu disambut antusias masyarakat Pekalongan. Acara ini biasanya ada live music, dan ada sekitar 100 stan yang menjual kuliner khas pekalongan, kuliner kekinian, kuliner tradisional, dan masih banyak kuliner-kuliner yang bisa kalian temukan disini. Acara ini biasanya diadakan tanggal 16 Januari hingga 19 Januari di GOR Jetayu, Pekalongan.

7. Food Festival Bukittinggi (Jakarta)

food fest bukittinggi
wisatabaru.com


Festival yang diadakan dari tanggal 3-6 Oktober di The Plaza & Connectig Area, Jakarta Selatan, ini biasanya dimeriahkan dengan kuliner-kuliner khas Bukittinggi yang terkenal lezat, selain kulinernya di Food Festival Bukittinggi kalian bisa melihat pertunjukan tarian khas Minangkabau, dan ada acara Stand Up Comedy Minang loh.

8. Festival Bakso & Mie Nusantara (Tangerang)

festival bakso & mie nusantara
resepkoki.id


Kamu suka makan bakso & mie nusantara? Maka wajib banget datang ke festival ini karena kalian bisa menikmati bakso dan mie dari berbagai daerah, diantaranya ada bakso malang, mie kocok bandung, bakmi keriting, bakso pedas dower, tahu bakso trinil, bakso rusuk mas ay, bakso atom, dan masih banyak stan terkenal yang bisa kamu temuin disini. Acara ini biasanya diadakan di bulan september di Mall Living World Alam sutera, Tangerang.

9. Pantai Mutiara Asian Festival – Pork & Mie (Jakarta)

antai Mutiara Asian Festival
thecozyapron.com


Jika kamu suka dengan makanan non halal wajib banget datang ke festival ini karena kalian bisa menemukan masakan Asia diantaranya ada Taiwan, Jepang, China, Singapore, dan Thailan. ada banyak sekali olahan Pork & Noodle yang Yummy banget. Acara ini juga dimeriahkan dengan live music, dan live dj. Ohya untuk kamu yang tidak memakan hidangan non halal, maka jangan khawatir diacara ini juga ada yang menjual kuliner halal kok. Tunggu apa lagi ayo datang ke Pantai Mutiara, Pluit, Jakarta pada tanggal 20-22 september, festival ini selalu ada setiap tahun.

10. Rujak Uleg Festival (Surabaya)

festival rujak uleg Surabay
idntimes.com


Festival kuliner di indonesia yang satu ini sudah ada sejak tahun 2007 dan selalu diikuti warga Surabaya. Sebanyak 1.000 orang datang ke Rujak Uleg festival, Acara ini biasanya diadakan setiap tahun, yaitu saat Ulang Tahunnya kota Surabaya. Rujak uleg festival ini biasanya diadakan saat bulan Mei di kawasan Kembang Jepun.
Acara meriah ini biasanya dimeriahkan dengan beberapa pertunjukan tari seperti reog, barongsai, dan tarian tradisional lainnya turut memeriahkan acara yang menghibur masyarakat Surabaya. Setiap tahun festival ini memiliki tema yang berbeda-beda, dan pastinya seru banget untuk didatangi. Nunggu apa lagi ayo datang ke Kota Surabaya, untuk melihat festival kulinernya yang unik dan seru!



Leave a Reply