Effida | Explorer
Kuala Lumpur, Kuala Lumpur, Malaysia | Historical Places
10 Oct 2019


Batu Caves: Wajib Mampir Juga Kalau Ke Malaysia
Batu Caves, satu dari sekian banyak Icon Maysia yang wajib dikunjungi! Ada tangga warna warni yang super tinggi. Kira kira aku naik atau enggak ya?

How to Get There

Batu Caves juga udah masuk ke list wisata kami selama di KL nih, Sob. Dari Izumi Hotel Bukit Bintang, perjalanan menuju Batu Caves kami tempuh dengan menggunakan 2 moda transportasi. Yang pertama adalah dengan menggunakan kereta monorel hingga sampai di KL Sentral. Dan sesampainya di KL Sentral kami membeli tiket dan melanjutkan perjalanan menggunakan LRT.

Untungnya nih, LRT ada yang jurusan Batu Caves langsung, jadi nggak perlu jalan atau naik kendaraan lagi deh. Bisa dibilang perjalanan menuju Batu Caves ini adalah perjalanan terlama dengan menggunakan kereta selama di KL kemaren.

What to Do

Nggak terasa setelah menikmati perjalanan panjang sampe setengah ngantuk, tiba juga kami di Batu Caves. Pertama masuk kawasan Batu Caves, pengunjung akan disambut dengan bau dupa yang sangat menyengat. Eh dupa atau apa sih namanya…

Lanjut masuk.. Kawasan Batu Caves bisa dibilang luas. Bertepatan dengan datengnya kami, saat itu lagi ada pemugaran, jadi beberapa tempat di Batu Caves harus ditutup. Oh iya, nggak hanya bau dupa yang akan menyambut kalian, banyaknya monyet khas Batu Caves juga akan menyambut kalian guys. Wajib hati hati nih dengan barang berharga ataupun yang lagi bawa makanan, kalo ngga waspada bisa disamber si monyet wkwk.

Tiba di Batu Caves, aku sih langsung auto cari tangga warna warni dan patung Dewa Muragan. Haha tau kan kalian tangga warna warni yang khas Batu Caves itu loo?! Setalah berjalan 200 meteran, finally ketemu juga tangganya. Nyempetin foto dulu lah ya buat kenang kenangan wkwk.

batu caves

Tangganya bisa dinaiki? Tentu bisa. Tangga ini memiliki 272 anak tangga. Kalo udah sampe puncak tentu pengunjung bisa menikmati indahnya pusat kota. Indahnya gua yang ada di atas juga wajib kalian datengin kalo kesini.

Fyi, luamayan ngeri saat menaiki anak tangga Batu Caves ini. Bukan karena banyaknya anak tangga ya, tapi karena anak tangganya yang kecil banget. Naiknya sih oke, turunnya makin ngeriiii. Banyak orang yang memilih berhenti di 3/4 bahkan 1/2 perjalanan karena banyaknya anak tangga yang kecil dan bikin puyeng hehe.

Coba tebak aku naik sampe puncak nggak? Tentu saja…… tidak :D Aku memilih untuk menghabiskan waktu untuk menikmati pemandangan dari bawah.

batu caves

Hoala susah banget dapet foto estetik disini, rame bosh wkwk.

Nggak hanya ada gua ya, Batu Caves juga memiliki Kebun Binatang mini. Untuk masuk ke kebun binatang mini ini dibandrol dengan harga RM 15 untuk dewasa dan RM 7 untuk anak anak. Yang suka binatang, bolehlah mampir masuk saat ke Batu Caves.

Ada alternatif buat kalian yang nggak pengen naik kaya aku, kalian bisa mengunjungi kebun binatang mini atau cave villa ini. Dijamin puas deh nikmatin suasananya. Ada air terjun yang keren dan banyak sekali spot foto keren juga Sob. Pengunjung akan berkesempatan jalan di atas jembatan yang dimana dibawahnya ada banyak sekali ikan, mulai dari ukuran mini sampe yang jumbo, terus ada kura kura juga huhu. Ada tips nih buat kalian yang pengen mencari ketengangan. Beli makanan ikan di pintu masuk cave villa kemudian ngasih makan ikan dan kura kura deh sambal nikmatin udara sejuk Batu Caves, seruuu!

batu caves

tim terluvvvv <3

Lanjut setelah mampir ke Batu Cave dan Cave Villa, kalian bisa mengunjungi goa paling ujung juga, Ramayana Cave kalo nggak salah namanya. Nah untuk masuk ke Ramayana Caves ini pengunjung nggak perlu naik banyak tangga. Di dalemnya juga masih sepi dan keren banget.

Tips and Trick

Pake alas kaki yang nyaman buat naik turun di banyaknya tangga. Jangan mampir ke Ramayana Caves kalo lagi sendirian, merindink bosh hihi *soalnya si Ramayana Caves ini emang agak sepi dibanding Batu Caves.

Youtube by Jasmine Lipska :

Where to Stay
Izumi Hotel Bukit Bintang
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY