10 Danau Terindah di Kalimantan Dengan Air Bening Menggoda


prita  October 30, 2021  0 Comment

Danau terindah di Kalimantan dikenal sebagai salah satu pulau wisata di Indonesia yang terkenal dengan airnya yang bening. Pulau ini memang masih memiliki kondisi alam yang indah dan pastinya masih asri. Kalimantan memang terkenal memiliki deretan wisata alam yang indah dan kerap dikunjungi wisatawan. Salah satu wisata yang cukup sering dikunjungi adalah wisata danau di Kalimantan

Meskipun Pulau Kalimantan sangat terkenal akan deretan sungainya yang indah, tapi pulau ini ternyata juga memiliki sjeumlah wisata danau yang tak kalah menkjubkan. Untuk itu, jika kamu berkunjung kesana, jangan lewatkan untuk mengunjungi Danau Terindah di Kalimantan berikut ini

1. Danau Labuan Cermin, Berau

Danau Labuan Cermin
ksmtour.com

Danau di Kalimantan pertama yang wajib dikunjungi adalah Danau Labuan Cermin. Danau ini memang cukup menarik perhatian wisatawan karena keindahan panorama alamnya yang luar biasa.

Danau yang berada di Kabupaten Berau ini memiliki air yang jernih bagaikan cermin. Disini kamu bisa berenang dan menyelami indahnya danau ini untuk melihat ekosistem bawah danau yang menarik. Meskipun danau ini aman untuk berenang, namun kamu harus tetap berhati-hati untuk menyelam disini.

pekat wisata murah

Islamic Centre Samarinda: Masjid Terbesar Di Asia Tenggara Ada Di Indonesia Nih!

Pulau Kumala, Wisata Seru Di Bumi Kukar

2. Danau Kakaban, Berau

 Danau Kakaban
superadventure.co.id

Masih di Kabupaten Berau, Danau Kakaban juga menjadi salah satu danau di Kalimantan yang layak untuk dikunjungi. Danau ini sangat terkenal di kalangan wisatawan karena biota lautnya yaitu ubur-ubur.

Danau ini menjadi habitat ubur-ubur yang sering kali muncur ke permukaan sehingga menjadikan pemandangan unik pada danau ini. Menariknya lagi, wisatawan bisa berenang dan menyelam bersama ubur-ubur ini karena ubur-ubur disini tidak beracun dan sangat aman. Tak heran jika banyak wisatawan yang datang untuk melihat langsung dan berenang bersama ubur-ubur ini.

3. Danau Tulung Ni’Lenggo, Berau

Danau Tulung Ni’Lenggo
cakrawalatour.com

Danau Tulung Ni’Lenggo juga menjadi salah satu danau di Kalimantan yang wajib untuk kamu kunjungi. Danau yang berada di kabupaten Berau ini belakangan memang sangat digandrungi oleh wisatawan karena panorama alamnya bisa membius siapapun.

Danau ini juga dikenal dengan Telaga Biru ini dulunya memang hanya digunakan sebagai tempat memancing, namun sekarang danau ini menjadi tempat wisata di Kalimantan Timur yang tak boleh untuk dilewatkan. Kejernihan danau ini memang mirip dengan Danau Labuan Cermin, namun air danau ini seluruhnya adalah tawar.

4. Danau Sentarum, Kapuas Hulu

Danau Sentarum
pegipegi.com

Danau di Kalimantan yang satu ini disebut juga sebagai danau musiman, pasalnya danau ini hanya terlihat saat musim hujan saja. Danau Sentarum ini menjadi wisatayang cukup unik karena jika kamu ingin melihat indahnya danau, kamu hanya bisa berkunjung saat musim hujan saja., karena saat musim panas danau ini akan mengering.

Saat musim hujan, danau ini akan dialiri air yang tingginya mencapai 6 sampai 14 meter. Pemandangan yang disuguhkan pun sangat indah dan mampu membius wisatawan yang datang. Jika beruntung, kamu yang datang saat musim panas bisa menemukan banyak ikan yang bergeletakan di danau ini. Masyarakat setempat pun biasanya dengan mudah bisa memanen ikan tersebut untuk dikonsumsi atau dijual.

5. Danau Semayang, Kutai Kartanegara

Danau Semayang
indonesiatraveler.id

Danau Semayang ini juga menjadi salah satu danau di Kalimantan yang memiliki pemandangan indah. Terutama saat matahari terbenam.

Danau Semayang ini berada di kabupaten Kutai Kartanegara dan sering dijadikan sebagai destinasi wisata oleh warga setempat. Biasanya mereka menghabiskan waktu untuk berjalan-jalan di sekitar danau, berenang atau bermain air di tepian danau. Namun jika kamu ingin berkeliling danau ini kamu bisa menyewa perahu untuk menikmati indahnya Danau Semayang dari tengah.

6. Danau Cermin Lamaru, Balikpapan

Danau Cermin Lamaru
borneos.id

Danau Cermin Lamaru juga menjadi salah satu wisata danau di Kalimantan yang sayang untuk dilewatkan. Danau yang berada di Kota Balikpapan ini memang menjadi salah satu wisata yang cukup populer dan banyak dikunjungi.

Danau ini memiliki air yang sangat jernih bagaikan cermin. Tapi pada saat tertentu, air di danau ini akan berubah menjadi hijau tosca. Jika kamu ingin menikmati danau ini dengan air berwarna jernih, diharapkan kamu berkunjung saat musim kemarau, karena pada saat itu air di danau ini akan sejernih cermin.

7. Danau Haifine, Samarinda

Danau Haifine
jejakpiknik.com

Danau terindah di Kalimantan selanjutnya juga tak kalah menyenangkan untuk dikunjungi, yaitu Danau Haifine. Danau yang berada di Kota Samarinda ini menjadi wisata yang cukup terkenal karena bentuk danaunya yang indah menyerupai kawah kaldera.

Danau Haifine ini dikenal memiliki pemandangan yang indah karena dikelilingi oleh perbukitan hijau sehingga suasanya terasa sejuk dan asri. Kamu juga bisa mencoba sensasi berenang di danau ini sambil menikmati indahnya alam di sekitar danau.

8. Danau Biru, Singkawang

Danau Biru,
wisato.id

Danau Biru Singkawang juga menjadi salah satu Danau terindah di Kalimantan yang cukup menarik untuk dikunjungi. Sesuai dengan namanya, danau ini memiliki air berwarna biru yang indah dan sangat menarik untuk dijadikan objek foto.

Lokasi Danau Biru ini memang cukup tersembunyi dan masih belum banyak orang yang tahu. Danau ini terbentuk akibat dari tambang galian emas sehingga dikelilingi oleh pasir putih yang indah serta tidak banyak ditumbuhi oleh pohon. Karena berada di area tambang, maka tidak direkomendasikan untuk berenang di danau ini. Meskipun begitu, pengunjung yang datang hanya bisa menikmati keindahan panorama alam di sekitar danau ini sambil mengabadikannya.

9. Danau Mupa, Kapuas Hulu

Danau Mupa
delyanet.com

Jika kamu menyukai wisata yang sepi, maka Danau Mupa ini bisa dijadikan referensi. Danau Mupa menjadi salah satu Danau terindah di Kalimantan yang memiliki pemandangan indah.

Wisata ini memang sudah cukup lama dibangun, meskipun begitu wisatawan jarang datang kesini sehingga tempat ini cukup sepi dan cocok untuk bersantai dan menjauh dari hiruk pikuk kota. Padahal danau ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah karena dikelilingi oleh hutan yang rimbun.

Danau Mupa ini berlokasi yang cukup dekat dengan suaka margasatwa Kalimantan Barat, untuk itu jika kamu sudah bosan berada di danau ini, kamu bisa berkunjung ke suaka margasatwa untuk melihat banyaknya binatang dan tumbuhan langka disana.

10. Danau Sebedang, Sambas

Danau Indah di Kalimantan
ksmtour.com

Danau terindah di Kalimantan yang terakhir adalah Danau Sebedang. Danau yang berlokasi di kabupaten Sambas ini terkenal memiliki panorama yang indah karena dikelilingi oleh pepohonan rindang serta bukit-bukit hijau yang menawan.

Danau ini berada skeitar 157 kilometer dari kota Pontianak yang membutuhkan waktu 4 jam perjalanan. Meskipun lokasinya cukup jauh, namun semua rasa lelah selama perjalanan akan terbayarkan setelah melihat indahnya Danau Sebedang ini. Tentu saja kamu harus mempersiapkan kamera untuk mengebadikan momen saat berlibur di danau ini.

Nah, bagaimana nih? Danau mana yang menurutmu paling bagus untuk dikunjungi? Atau semua danau sangat indah? Untuk itu, segera rencanakan perjalanan kamu untuk menjelajah indahnya 10 danau di Kalimantan diatas. Selamat berlibur.



Leave a Reply