10 Camilan Khas Minang Yang Cocok Buat Oleh Oleh


Fida  October 25, 2021  0 Comment

Camilan khas Minang – Indonesia dikenal sebagai salah satu daerah yang menawarkan banyak tempat wisata sekaligus kuliner lezat. Saat berkunjung ke berbagai daerah di Indonesia tentu sangat disayangkan bagi Anda jika tidak mencoba kuliner khas yang ditawarkan.Daerah Minang dikenal menawarkan berbagai kuliner lezat sekaligus camilan yang khas. Beberapa camilan khas Minang menawarkan cita rasa unik dan sayang untuk tidak Anda coba. Tidak perlu bingung menentukan pilihan, Berikut daftar camilan khas Minang yang dikenal dan populer di kalangan warga lokal maupun wisatawan

1. Kipang Kacang

Kipang Kacang
kaba12.co.id

Salah satu camilan khas Minang yang sayang untuk dilewatkan adalah kipang kacang. Jajanan yang satu ini menawarkan cita rasa manis dan lezat yang khas. Sesuai dengan namanya, kipang kacang dibuat dengan menggunakan bahan utama kacang yang diaduk dengan lelehan gula tebu.

Selain cocok untuk dinikmati langsung, tidak jarang jajanan yang satu ini juga dipilih oleh wisatawan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Kipang kacang biasa dijual dengan kemasan praktis dan harga yang cukup terjangkau. Anda dapat dengan mudah menjumpai jajanan yang satu ini di berbagai toko oleh-oleh di kawasan Minang.

gotravelly

Ngafe Dulu Di Kopi Kenangan Galaxy Mall Tempat Nongkrong Murah Meriah Di Galaxy Mall

Jajan Yakitori & Sate Korea Di Red Corner LaFest, Bonus Pemandangan Sawah

2. Arai Pinang

Arai Pinang
bukalapak.com

Salah satu camilan khas Minang yang cukup populer dan sayang untuk dilewatkan adalah Arai Pinang. Jika dilihat sekilas, jajanan yang satu ini memiliki tampilan seperti keripik kentang yang sangat populer di Indonesia.

Namun sebenarnya jajanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan diantaranya tepung beras, kapur sirih, dan juga garam. Sebelum digoreng, Arai Pinang terlebih dahulu dicetak dengan menggunakan garpu dan dibaluri dengan minyak kelapa. Hal itu dilakukan karena bertujuan untuk menambah aroma serta cita rasa gurih yang ditawarkan.

3. Rakik Maco

Rakik Maco
viva.co.id

Rakik Maco menjadi salah satu camilan khas Minang yang sayang untuk dilewatkan. Jajanan yang satu ini memiliki tampilan yang mirip dengan rempeyek, tetapi yang membedakan adalah rakik maco memiliki rasa yang sedikit pedas. Bahan yang menjadi isi yang juga bukan kacang tetapi ikan kering.

Dalam bahasa Minang, ikan kering memiliki sebutan maco sehingga kuliner yang satu ini diberi nomor rakik maco. Ikan yang biasa digunakan pada jajanan satu ini adalah ikan petek.

4. Kalamai

Kalamai
kompas.com

Ada cukup banyak pilihan camilan khas Minang yang bisa Anda coba atau dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Salah satu jajanan yang sayang untuk tidak dicoba adalah kalamai atau galamai.

Jajanan yang satu ini merupakan dodol khas Minang yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar tepung ketan. Tepung ketan dimasak bersama dengan santan kelapa serta gula tebu atau gula aren. Jajanan yang satu ini biasa dimasak dalam kuali besar sekaligus. Cita rasa yang manis serta tekstur yang legit menjadikan siapapun ketagihan setelah mencobanya. Saat berkunjung ke daerah Minang, jajanan yang satu ini tentu sayang untuk tidak Anda coba.

5. Rendang Telur

Rendang Telur
harianhaluan.com

Salah satu camilan khas Minang yang sayang untuk tidak dicoba adalah rendang telur. Hidangan yang satu ini dikenal menawarkan cita rasa lezat dan tidak kalah dengan lezatnya rendang daging. Selain cocok untuk dinikmati langsung, Anda juga dapat menikmati hidangan yang satu ini dengan cara memakannya bersama nasi.

Anda akan dimanjakan dengan cita rasa lezat serta tekstur yang renyah. Siapapun yang mencobanya tentu akan dibuat ketagihan dengan kelezatan hidangan yang satu ini.

6. Bika

Bika
liputan6.com

Ada cukup banyak pilihan camilan khas minang yang bisa Anda coba, salah satunya adalah Bika. Anda akan dimanjakan dengan cita rasa gurih yang berasal dari santan. Hidangan ini dibuat dengan menggunakan berbagai bahan diantaranya tepung, gula, dan juga santan.

Bika menawarkan tekstur serta rasa yang khas. Tidak hanya cocok untuk dinikmati langsung sebagai camilan, hidangan yang satu ini juga kerap dipilih sebagai oleh-oleh khas Minang untuk dibawa pulang. Sebelum disajikan, Bika terlebih dahulu diolah dengan cara dipanggang di atas tungku api dan dibungkus dengan menggunakan daun jati.

7. Beras Rendang

Beras Rendang
lunablog.web.app

Beras rendang menjadi salah satu cemilan khas Minang yang sayang untuk tidak Anda coba. Jajanan yang satu ini dapat dengan mudah dijumpai di berbagai toko oleh-oleh di daerah Minang.

Beras rendang dibuat dengan menggunakan berbagai bahan diantaranya garam, gula, santan, beras ketan, dan juga daun pandan. Hidangan ini diberi nama beras rendang karena tepung beras yang digunakan direndam atau disangrai terlebih dahulu sebelum dicampurkan ke dalam santan. Saat berkunjung ke daerah Minang, tidak ada salahnya untuk mencoba jajanan yang satu ini untuk dinikmati langsung maupun dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

8. Sala Lauak

Sala Lauak
merahputih.com

Diantara banyaknya pilihan camilan khas Minang, sala lauak menjadi salah satu yang sayang untuk tidak Anda coba. Sala Lauak merupakan jajanan yang dibuat dengan bahan dasar tepung beras serta isian ikan (lauak). Ikan yang biasa digunakan adalah ikan teri atau potongan ikan asin.

Hidangan yang satu ini menawarkan tekstur yang cukup unik serta berbentuk bulat. Selain cocok untuk dinikmati langsung, tidak jarang jajanan yang satu ini dipilih sebagai salah satu oleh-oleh khas Minang. Jajanan ini tentu sayang untuk Anda lewatkan saat berkunjung ke Minang.

9. Karupuak Sanjai

Karupuak Sanjai
kaba12.co.id

Karupuak Sanjai menjadi salah satu camilan khas Minang yang cukup populer dan banyak diburu oleh warga lokal maupun wisatawan. Hidangan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama singkong yang diiris tipis. Karupuak Sanjai biasa dihidangkan dengan berbagai bumbu sehingga menghasilkan cita rasa yang lezat dan membuat siapapun ketagihan setelah mencobanya. Karupuak Sanjai balado menjadi salah satu rasa yang cukup populer karena dikenal menawarkan cita rasa pedas manis yang lezat dan pas. Jajanan ini tentu cocok dipilih sebagai salah satu oleh-oleh khas Minang dan bisa Anda jumpai di berbagai toko oleh-oleh di daerah Minang. Selain mudah ditemui dalam kemasan yang praktis, jajanan ini juga dijual dengan harga yang cukup terjangkau.

10. Karak Kaliang

 Karak Kaliang
saribundo.biz

Salah satu camilan khas Minang yang cukup populer dan banyak diburu oleh wisatawan adalah karak kaliang. Cemilan yang satu ini memiliki bentuk menyerupai angka 8 dan mirip dengan lanting dari daerah Jawa Tengah. Karak kali yang dibuat dengan menggunakan bahan utama tepung singkong. Anda akan dimanjakan dengan tekstur yang renyah serta cita rasa gurih.

Terdapat berbagai bumbu yang digunakan untuk menghasilkan cita rasa lezat di antaranya kunyit, bawang putih, serta berbagai bumbu lainnya.

Nah itulah daftar 10 camilan khas Minang yang sayang untuk Anda lewatkan. Camilan manakah yang paling ingin Anda coba saat berkunjung ke Minang?



Leave a Reply