Rujak Blonyo, Kuliner khas Gresik yang Hampir Punah

rujak blonyo gresik

rory | Sightseeing
Gresik, Jawa Timur, Indonesia | halal
12 Nov 2018


Rujak Blonyo, Kuliner khas Gresik yang Hampir Punah
Rujak Blonyo ini adalah kuliner Khas Gresik yang hampir punah, padahal enak guys!

Apa sih yang ada dipikiran kalian kalo denger kata rujak? Pasti kalian membayangkan potongan buah segar yang disiram atau dicocol bumbu kacang yang lezat dengan cita rasa pedas manis. Tapi, gimana kalo rujak ini sama sekali ngga ada buah-buahannya? Melainkan menggunakan bahan dasar seafood. Penasaran? 

Video by Emak Mbolang

Minggu lalu aku bersama salah seorang teman pergi jalan-jalan ke Gresik. Sebenernya tujuan kami kesini buat mengunjungi salah seorang temen yang kebetulan nikah disana. Nah, karena masih terlalu pagi untuk pulang, kami pun memutuskan untuk jalan-jalan sebentar di kota yang dikenal sebagai Kota Semen ini. Awalnya kami bingung mau jalan-jalan kemana soalnya beberapa wisata yang hits disini udah pernah kita kunjungi, seperti Pantai Delegan, Bukit Jamur dan Bukit Kapur Sekapuk.

Lalu, kami pun memutuskan untuk berwisata kuliner di sekitaran Gresik ini, namun kemudian bingung harus kulineran apa lagi. Pasalnya, di Kota Gresik itu banyak banget penjual Nasi Krawu dan kami udah sering banget makan ini. Kita lagi pengen kulineran yang kira-kira belum pernah kita cobain. Selain Nasi Krawu, beberapa waktu yang lalu kita juga udah nyobain makanan Lontong Roomo yang super lezat. Akhirnya kita pun googling dan nemuin salah satu kuliner khas Gresik yang rekomended.

Kuliner ini bernama Rujak Blonyo. Mungkin sebagian dari kalian masih asing dengan nama kuliner ini, tapi kuliner ini banyak sekali penikmatnya di daerah pesisir Kota Gresik. Rujak Blonyo adalah kuliner yang berbahan dasar blonyo atau terung laut yang hanya bisa ditemui pada musim tertentu. Bisa dibilang kalo kuliner ini adalah kuliner yang lumayan langka, pasalnya kalian ngga akan bisa dengan mudah menemukannya saat sedang jalan-jalan ke Gresik. Selain itu, tak bisa sembarang orang bisa mengolahnya karena takut membuat alergi yang mengonsumsinya.

rujak blonyo gresik

Selain terung laut atau blonyo, bahan dasar dari rujak ini adalah asam jawa, parutan kelapa, daun kemangi atau sayuran lain, petis udang yang kemudian dicampur dengan bumbu olahan khusus. Proses mengolahnya pun bisa dibilang agak rumit. Terung laut ini dikeluarkan isinya lalu dipotong-potong kemudian diberi cuka dan asam jawa setelah itu baru didiamkan selama kurang lebih 15 menit. Selanjutnya dicampur dengan daun kemangi dan juga parutan kelapa yang telah diberi bumbu dan dicampur dengan petis yang bisa kalian tambahkan sesuai selera.

rujak blonyo gresik

Seperti yang udah aku bilang sebelumnya, di Gresik sulit banget buat nemuin penjual Rujak Blonyo ini. Ngga seperti penjual Nasi Krawu yang mungkin bisa kalian temui di setiap sudut kota Gresik ini. tapi, Alhamdulillah aku kemaren bisa nemuin penjual kuliner ini yang mungkin bisa kalian singgahi kalo penasaran gimana sama rasa makanan ini, yaitu Hajjah Lilik yang berjualan di sekitaran Jalan Sindujoyo XVI No 14 Lumpur Gang 2 Gresik. Kalo pas lagi musim blonyo atau tarung laut, Hj Lilik akan berjualan dan sebentar aja dagangan beliau udah habis terjual. Beliau biasanya mulai berjualan jam 9 pagi sampai habis, kadang baru 2 jam aja udah abis lho guys. Tapi untungnya kita kemaren ngga kehabisan.

rujak blonyo gresik

Selain karena rasanya yang super lezat, harga dari Rujak Blonyo ini juga sangat terjangkau lho guys, yaitu kisaran Rp 5000 - Rp 10.000 per porsinya. Tapi katanya sih tergantung dari pembeli mau beli berapa. Bahkan terkadang anak-anak sekolah boleh beli dengan harga Rp 3000 aja. Murah banget kan ya? So, buat kalian yang lagi jalan-jalan ke Gresik, jangan lupa buat cicipi kuliner yang satu ini ya guys!

rujak blonyo gresik

SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY