Belum ke Gresik Kalau Belum Cobain Lontong Roomo!

lontong romo gresik

rory | Sightseeing
Gresik, Jawa Timur, Indonesia | halal
13 Sep 2018


Belum ke Gresik Kalau Belum Cobain Lontong Roomo!
Lontong Roomo? gimana ya rasanya.. Nah kalo main ke Gresik jangan lupa ya mampir ke Lontong Roomo!

Lontong Roomo, mungkin beberapa dari kalian masih asing dengan kuliner yang satu ini. Kalau saya sendiri, tentu belum tau dan belum pernah mencoba sebelumnya.

Tentang nama kuliner yang satu ini, cara penyebutannya pun juga beragam mulai dari Lontong Romo, Lontong Roomo, hingga Lontong Rumo. Kalau soal nama sih nggak masalah sih ya, yang penting rasanya aja nih yang akan kita cobain. 

Pulang dari Pulau Bawean, kami masih berniat keliling Gresik dan explore lebih jauh lagi. Karena udah berkali kali ke Gresik tapi belum pernah sama sekali mencoba kuliner yang satu ini, sayapun pensaran dan ingin mencobanya pagi ini. 

Jangan tanya, penjualnya banyak dan ada dimana mana. Kalau kalian di Gresik, tentu menjadi hal yang mudah untuk menemukan penjual Lontong Roomo ini. 

Oh iya, sepengetahuan saya nama Lontong Roomo ini berasal dari tempat dimana pertama kali makanan ini diracik. Desanya ya. Entah desa Roomo, Rumo, atau Romo haha saya kurang tau kalau itu. 

Lontong Roomo ini terdiri dari bahan apa aja sih? Yak, makanan ini berisi lontong, sayur, dan yang paling inti sih sejenis bubur warna merah ini. Tak lupa, kerupuk, sambal, dan taburan bumbu akan melengkapi sajian Lontong Roomo kali ini. 

Kata ibunya, sayuran yang digunakan untuk meracik Lontong Roomo ini diambil dari pucuk tanaman yang ada di daerah tambak, widiii alami bener ya gais wkwk. Selain isian yang saya sebutin tasi, ada juga lo penjual Lontong Roomo yang mengisi dengan isian lainnya seperti kacang panjang maupun bayam. Jangan tanya soal taburan bumbunya, gurih dan enak euy!

Nah kalau sama bubur yang satu ini kalian penasaran nggak? Awalnya aku juga rada geli sih mau makan, ya gimana warnanya kurang meyakinkan hehe. Trus sempet mikir masa makan lontong sama bubur manis???

Ternyata enggak. Bubur dengan tekstur yang super lembut ini memiliki cita rasa yang gurih dan sedikit pedas. Tak heran ya kalau rasanya makin pas disajikan bareng lontong dan teman temannya. Kurasa bubur ini terbuat dari campuran tepung dan udang. Gurih gurih nyoy kalau yang ini. 

Penyajiannya juga cukup unik dan tradisional. Satu porsi Lontong Roomo disajikan diatas pincuk yang terbuat dari daun pisang. Lontong tertata cantik diatas pincuk kemudian dilanjut sayuran dan bubur udang yang gurih ini, tak lupa ditaburi bumbu yang enak dan beberapa kerupuk. Kalian wajib coba!

Tak hanya pincuknya yang terbuat dari daun pisang, sendoknya juga terbuat dari daun pisang lho. Terakhir makan dengan sendok daun pisang waktu SD, waktu beli bubur sumsum haha. Ternyata sekarang masih ada ya yang kayak begini. 

Bagi kalian yang kurang puas makan lontong, kalian bisa ganti dnegan nasi lho. Sejauh ini saya masih nyaman makan ini pake lontong dan belum tertarik menggantinya dengan nasi wkwk. 

Kalian akan dengan mudah menemukan Lontong Roomo ini di Gresik ketika pagi hari. Yap, emang paling enak sih buat teman sarapan gais. Kalau udah menjelang siang sekitar jam 9 atau jam 10, tentu udah lumayan susah buat nyari kuliner lezat ini. 

Penjual Lontong Roomo ini biasa ada di emperan took atau di tepi jalan, lesehan gitu. Nah yok kalau ke Gresik jangan ketinggalan buat cobain Lontong Roomo lezat ini ya!

Opening Hours
pagi hari
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY