Nasi Krawu Bu Azza Gresik

nasi krawu bu azza gresik

rory | Sightseeing
Gresik, Jawa Timur, Indonesia | halal
09 Jun 2017


Nasi Krawu Bu Azza Gresik
Mengunjungi kota gresik tidak lengkap rasanya kalau tidak mencoba kuliner yang khas ini.

Nasi Krawu adalah kuliner khas gresik yang sudah terkenal didaerah jawa timur, asalnya memang dari gresik namun sudah banyak juga yang berjualan nasi krawu ini di kota-kota lain seperti di surabaya atau sidoarjo dan malang, namun ditiap kota mempunyai ciri khas masing-masing untuk menyesuaikan dengan lidah masyarakat setempat, kalau boleh bilang yang asli adalah yang dari kota pelopornya yaitu kota gresik.

 

 

Pengalaman saya mencoba kuliner khas gresik ini bermula ketika berwisata ke bukit jamur di daerah bungah, diperjalanan pulang saya sekalian mampir untuk mencoba kuliner ini di Warung Nasi Krawu Bu Azza yang beralamat di Jl. Panglima Sudirman No.83, Gapurosukolilo, Kec. Gresik, Kabupaten Gresik, cukup dekat dengan makam sunan gresik yang terkenal untuk wisata religi, Sebenarnya sudah beberapa kali saya memakan nasi krawu, namun itu hanya dari penjual dipinggiran jalan, penasaran seperti apa sih bentuk nasi krawu yang asli akhirnya saya memesan 1 porsi.

 

 

Yang paling menggelitik adalah aroma daging yang sedap banget, Memang yang jadi andalan dari kuliner ini adalah rasa dagingnya yang nagihin, Nah Satu Porsi Nasi Krawu Khas Gresik ini berisi nasi putih yang pulen banget diberi topping daging suwir yang beserta sedikit potongan kecil jerohan sapi lalu diberi tiga jenis serundeng yang berbeda rasa, serundeng kuning berasa gurih, serundeng merah berasa sedikit pedas dan yang coklat berasa super gurih dan lebih berminyak, setelah itu diberi taburan bawang goreng, secara keseluruhan rasanya klop banget apalagi sambalnya juga nendang, eits jangan salah sambal nasi krawu ini bukan sambal cabe biasa melainkan sambal dengan campuran petis yang membuat rasanya selain pedas juga berasa gurihnya ikan dari petis, warnanya juga menjadi hitam dengan tekstur lebih pekat.

 

 

Yang membuat nasi krawu ini menjadi lebih spesial adalah penyajiannya yang menggunakan piring dari bambu yang dilapisi daun pisang yang meningkatkan aroma dan rasa dari kuliner ini, lebih spesifiknya lagi kalian juga bisa memilih nasi krawu kering atau basah, kalau yang basah nasi krawu akan beri siraman kuah daging yang gurih (seperti kuah semur namun lebih bening), kalaupun suka kalian bisa tambah jerohan sapi seperti usus, hati atau babat, namun saya sarankan untuk menghindarinya karena cukup berkolesterol tinggi.

 

 

Satu porsi nasi krawu ini dihargai 17rb, diluar tambahan jeroan atau lainnya, cukup terjangkau untuk sebuah kuliner yang enak banget, menurut saya sih rasanya nagihin pokoknya kalau kekota gresik harus mampir untuk mencoba kuliner yang satu ini, Penamaan nasi krawu ini sendiri cukup unik, konon katanya dari penyajiannya dimana pedangan langsung menaruh lauk diatas nasi menggunakan jari-jarinya tanpa menggunakan sendok. Kalau dari bahasa jawa “krawu” artinya meraup.

Opening Hours
Buka tiap hari pukul 06.00-20.00 WIB
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY