Nasi Kentut, Kuliner Dengan Nama Jorok yang Kaya Manfaat

nasi kentut

marthagaul | Sightseeing
Medan, Sumatera Utara, Indonesia | halal
09 Nov 2018


Nasi Kentut, Kuliner Dengan Nama Jorok yang Kaya Manfaat
Bagimana rasanya Nasi Kentut? dari pada penasaran yuk kepoin review ku!

Medan adalah salah satu kota di Provinsi Sumatera Utara yang punya banyak wisata yang mengagumkan. Pastinya yang paling terkenal adalah Danau Toba dan Danau Siombak. Selain wisata alamnya, kalo kalian main ke Medan, pastinya wajib banget cicipi kuliner khasnya. Beberapa waktu yang lalu, gue udah mengulas tentang Mie Gomak yang merupakan kuliner khas Suku Batak yang rasanya kaya akan rempah. Kali ini gue mau mengulas tentang kuliner khas juga tapi rasanya juga ngga kalah lezat, yaitu Nasi Kentut. Mungkin sebagian dari kalian semua agak asing dengan nama ini dan mungkin terdengar agak sedikit jorok dengar nama kentut, tapi gue jamin kalo makanan ini enak banget dan wajib kalian coba saat traveling ke Medan. 

Video by Qraved

Berawal dari kerinduan gue sama makanan Medan setelah beberapa waktu lalu gue ada di Riau. Sepulang dari Riau, gue pun langsung mencari kuliner Nasi Kentut ini. Sebenernya makanan ini adalah salah satu makanan favorit gue dari kecil dan nenek gue sering banget masakin ini dulunya, tapi sekarang udah ngga pernah lagi, so kalo gue pengen makan ini gue harus beli dan salah satu warung nasi kentut favorit gue ada di Jalan Wahidin no 24, Medan.

Nasi Kentut bukanlah nasi yang bisa kentut atau nasi yang berbau kentut. Nasi Kentut sama halnya dengan nasi pada umumnya yang disajikan dengan berbagai pilihan lauk, namun pengolahannya yang bikin beda dengan nasi pada umumnya. Proses memasak nasi kentut ini menggunakan daun sembukan atau lebih dikenal sebagai daun kentut di daerah Sumatera. Daun ini dimasak sebagai campuran nasi kemudian ditambahkan rempah-rempah yang gurih dan kemudian dibungkus dengan daun pisang lalu dibakar. Tak heran kalo aromanya menggoda banget. Untuk melengkapi nasi kentut ini, tersedia lauk berupa ayam goreng, tempe, tahu dan pepes. Buat kalian yang doyan pedes juga bisa menambahkan sambal agar rasanya makin nikmat.

nasi kentut

Cita rasa dari nasi kentut ini sangat berbeda dengan nasi lainnya. Dari aromanya aja udah menggugah selera, apalagi rasanya, bener-bener kaya akan rempah. Apalagi kalo ditambah dengan aneka pilihan sambal yang menggubah selera. Ohya, sambal disini macam-macam lho guys. Diantaranya ada sambal hijau khas Sumatera, lalu juga ada sambal terasi yang aromanya sangat menggoda. 

nasi kentut

Selain rasanya yang lezat, ternyata nasi ini juga cukup menyehatkan lho guys. Karena dibuat dengan menggunakan daun kentut yang kaya akan khasiat. Daun kentut dipercaya mengandung banyak manfaat, seperti melancarkan pencernaan, mampu menyembuhkan sariawan hingga penyakit lambung. Emang sih, pas gue kecil dulunya, sering banget nenek gue menggunakan daun ini sebagai salah satu obat.

Menu lain yang kalian bisa cicipi di rumah makan ini adalah ayam goreng, ikan goreng, ikan bakar, ayam bakar dan masih banyak lagi lainnya. Selain itu, untuk minumannya, kalian bisa cobain minuman favorit gue, yaitu Es Blackberry. Minuman ini rasanya asam dan sedikit manis, cocok banget buat pelengkap setelah kalian makan nasi kentut tadi. 

nasi kentut
nasi kentut

Harga satu porsi nasi kentut ini bisa dibilang cukup terjangkau, yaitu kisaran Rp 5000 - Rp 12.000 per porsinya. Cukup terjangkau dan pastinya ngga menguras kantong. So, kalo kalian lagi jalan-jalan ke Medan, jangan lupa buat cicipi kuliner Nasi Kentut ini. Dijamin ketagihan karena kalian ngga akan nemuin makanan ini di daerah manapun.

nasi kentut


SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY