Mie Gomak, Spaghetti Khas Batak yang Penuh Rempah

mie gomak

marthagaul | Sightseeing
Medan, Sumatera Utara, Indonesia | halal
20 Sep 2018


Mie Gomak, Spaghetti Khas Batak yang Penuh Rempah
Mie Gomak adalah spaghetti khas batak yang memiliki bumbu rempah yang lezat!

Hai guys, udah lama banget nih gue ngga nulis-nulis review disini. Kebetulan beberapa waktu yang lalu gue sibuk banget dengan kerjaan dan baru kali ini bisa sharing cerita lagi. So, kali ini gue mau share tentang salah satu kuliner khas Batak yang memang menjadi salah satu makanan favorit gue dari kecil, yaitu Mie Gomak. Mungkin buat sebagian dari kalian yang ngga tinggal di Medan dan sekitaran Sumatera Utara, masih asing denger nama kuliner ini. Tapi jangan salah, kuliner ini banyak banget lho yang doyan dan jadi kuliner wajib yang harus dicoba saat traveling ke Sumatera Utara.

Apakah Mie Gomak itu? Mie Gomak sering juga disebut sebagai Spaghettinya Batak karena memang mie ini menyerupai spaghetti yang biasa disajikan di restoran. Bahan dasar yang digunakan pun juga sama, yaitu menggunakan mie lidi, namun yang bikin beda adalah bumbunya. Kalo spaghetti kan biasanya disajikan dengan saus bolognaise atau carbonara, nah kalo Mie Gomak ini disajikan dengan bumbu-bumbu rempah khas batak. Penasaran kan gimana enaknya?

Video by Arifin Al Alamudi

Makanan ini jadi andalan di Provinsi Sumatera Utara, mulai dari Siantar, Parapat, Balige, Labuhan Batu, Sibolga hingga Tapanuli. Mie ini juga ngga susah dicarinya karena banyak dijual di warung pinggir jalan dan menjadi menu makanan khas dengan bumbu resep turun temurun. Arti dari mie gomak adalah mie yang diaduk (gomak) dengan tangan saat mencampur bumbunya. Proses memasaknya juga kebanyakan pedagang masih menggunakan tungku tradisional agar rasa dan penyerapan bumbu lebih terasa pada mie tetap terjaga, tentunya agar aroma bumbunya tetap wangi.

mie gomak

Sekilas, makanan ini mirip dengan Mie Aceh karena bentuk dan warna mie nya hampir sama. Bedanya, ukuran mie gomak lebih besar dan padat. Mie gomak punya bermacam varian untuk disantap, seperti mie gomak kuah, mie gomak goreng dan mie gomak bumbu kacang. Ketiganya menurut gue sih enak semua, gue paling ngga bisa kalo disuruh pilih salah satunya. Oya, hal yang paling gue suka lain dari mie ini adalah harganya yang super affordable alias terjangkau, seporsi mulai dari Rp 5000 aja. Udah rasanya enak, harganya murah pula. Gimana ngga favorit coba?

mie gomak

So, kalo kalian bingung seperti apa bedanya anta mie gomak kuah, goreng dan bumbu kacang, gue kasih sedikit reviewnya. Mie Gomak kuah ini terdiri dari mie lidi yang sudah direbus lalu dituang dengan kuah santan dengan bumbu bawang merah, bawang putih, cabe merah, lengkuas, sereh, jahe, kemiri, kunyit, kelapa gonseng dan andaliman. Biasanya sih santannya ditambah labu siam atau buncis, tergantung selera. Lalu, diberi taburan kerupuk, bawang goreng dan irisan kol. Kalo mie gomak goreng juga sama cara bikinnya dengan mie goreng biasanya, biasanya ditambah pake bakso, sosis, ayam dan sayur sawi atau kol.

mie gomak
mie gomak

Untuk Mie Gomak bumbu kacang penyajiannya agak sedikit beda guys. Mie lidi yang udah direbus tadi dituang dengan bumbu kacang, ditambah telus rebus, lalu ditaburi kerupuk dan bawang goreng. Satu bumbu khas Batak yang selalu digunakan untuk membuat mie gomak adalah andaliman yang bentuknya seperti lada mungil kehijauan dan rasanya pedas, asam dan menggigit, bikin mie gomak rasanya makin jadi unik.

mie gomak

Mie Gomak bertekstur kenyal dan bercitarasa nano-nano, yaitu gurih, pedas dan asam bercampur menjadi satu. Aroma dari bumbu andaliman tadi menambah kenikmatan pada mie gomak ini. Penasaran kan seperti apa rasanya? Cus cobain langsung daripada capek baca review gue. Hahaha..

mie gomak

Buat yang kepo dan pengen cobain Mie Gomak ini, buruan dateng ke Sumatera Utara. Kalian bisa menemukan mie ini di Pasar Tiga Raja, Parapat atau di Pasar Balige. Jadi sekalian jalan-jalan ke Danau Toba sambil cicipi lezatnya kuliner Mie Gomak ini.

mie gomak

SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY