Danau Toba si cantik dari Medan

danau toba

marthagaul | Sightseeing
Medan, Sumatera Utara, Indonesia | lake
06 Sep 2016


Danau Toba si cantik dari Medan
Saat anda berkunjung ke Sumatera Utara jangan lewatkan keindahan " Danau Toba" yang merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Danau toba ini menjadi favorit bagi traveller lho!

How to Get There

Danau Toba adalah sebuah danau tekto-vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara.

Danau toba dari pusat Kota Medan dapat di tempuh sekitar 5 jam perjalanan melalui rute Kota Pematang Sinar, menggunakan motor maupun mobil, menunju Danau Toba bisa diakses dengan mudah menggunakan motor, mobil, bus atau pun transfotasi lainnya. Saran saya sebaiknya menggunakan bus karena perjalanan yang jauh dan berliku-liku ini lebih aman dengan bus yang berukuran besar dan dengan menggunakan bus anda bisa lebih menikmati perjalanan tanpa harus lelah menyetir mobil maupun menggendarai motor yang membuat anda lelah saat melakuka hobby traveling anda.

Akses MenujuDanau Toba Sumatera Utara

Untuk akses ke Objek wisata Danau Toba ini sangat mudah, mobil, motor, bus dan kendaraan lainnya sangat mudah untuk menuju ke lokasi ini, dari kota Medan jika anda menggunakan mobil mau pun bus bisa di tempuh sekitar 5 jam berkendaraan. 

Jika anda di luar pulau ingin berlibur ke Sumatra Utara, bisa naik pesawat dengan tujuan Bandara Internasional Kualanamu, Medan, Sumatera Utara. Jarak Bandara ke kota medan sekitar 25,8 km bisa di tempuh sekitar 51 menit berkendara lalu lanjutkan lah perjalanan menuju Wisata Danau Toba.

Semoga informasi ini berguna untuk anda yang sedang mencari referensi mengenai tempat wisata Danau Toba si Cantik dari Sumatra Utara.

What to Do

Danau Toba” pasti sebagian dari anda tidak asing saat mendengar kata “Danau toba”.

Danau toba ini adalah Wisata yang menjadi favorit di Sumatera Utarayang terkenal akan keindahan Wisata alamnya serta ada keindahan di Pulau Samosir yang membuat wisatawan rindu dengan Danau Toba.

Danau Toba terbentuk saat ledakan sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu dan merupakan letusan Supervolcanol. Bill rose dan Craigh Chesner dari Michigan Technological Universitty memperkirakan bahwa jumlah total material pada letusan sekitar 2.800 km3 -sekitar 2.000 km3 dari Ignimbrit yang mengalir di atas tanah, dan sekitar 800 km3 yang jatuh sebagai abu terutama ke barat. Aliran piroklastik dari letusan menghancurkan area seluas 20.000 km2, dengan deposito abu setebal 600 m dengan kawah utama.

Kejadian ini menyebabkan kematian massal dan kepunahan pada beberapa spesies makhluk hidup. Menurut beberapa bukti DNA, letusan ini juga menyusutkan jumlah manusia sampai sekitar 60% dari jumlah populasi manusia bumi saat itu, yaitu sekitar 60 juta manusia. Letusan itu juga ikut menyebabkan terjadinya zaman es. Setelah letusan tersebut, terbentuk kaldera yang kemudian terisi oleh air dan jadilah yang sekarang dikenal sebagai “Danau Toba”. Tekanan ke atas oleh magma yang belum keluar menyebabkan munculnya “Pulau Samosir”.

Penyebaran debu gunung berapi itu sangat luas, ditemukan hampir di seluruh dunia. Berasal dari sebuah erupsi supervolcano purba, yaitu Gunung Toba. Dugaan mengarah ke Gunung Toba, karena ditemukan bukti bentuk molekul debu vulkanik yang sama di 2100 titik. Sejak kaldera kawah yang kini jadi danau Toba di Indonesia, hingga 3000 mil, dari sumber letusan. Bahkan yang cukup mengejutkan, ternyata penyebaran debu itu sampai terekam hingga Kutub Utara. Hal ini mengingatkan para ahli, betapa dahsyatnya letusan super gunung berapi Toba kala itu.

 

Tahu kah anda? di Sumatera Utara dinyatakan sebagai danau kawah atau danau vulkanik terbesar di dunia! luas Pulau Samosir yang terdapat di tengah-tengah Danau Toba, memiliki luas yang hampir sama dengan negara Singapura! Dapat Anda bayangkan luas Danau Toba yang mengelilingi Pulau Samosir, pastilah jauh lebih luas. Dengan panjang mencapai 87 kilometer dan lebarnya 27 kilometer dengan kedalaman mencapai lebih dari 500 meter, pasti tidak bisa dalam waktu satu hari kita dapat mengagumi keindahannya. Ayo kita menyusuri Danau Toba yang spektakuler dengan segala keindahan alam dan budayanya.

Dengan ketinggian hampir 1 kilometer di atas permukaan laut dan dikelilingi oleh deretan gunung berapi yang merupakan bagian dari Pegunungan Bukit Barisan membuat Danau Toba begitu sejuk dan indah. Banyak pohon enau dan pinus yang tumbuh subur di sekitar Danau Toba yang menambah keindahan danau ini. pasti bagi anda yang berada di sini merasa nyaman dan anyem saat menyusuri Danau ini karena keindahannya yang sungguh mempesona.

Di sebelah utara Danau Toba anda bisa menjumpai berbagai fauna yang menarik seperti lutung, orangutan, dan beberapa jenis monyet. Sedangkan di bagian selatan Danau Toba terdapat fauna yang berbeda jenis seperti monyet lingur, tapir, dan ingkir. Tentulah hal ini juga unik karena danau ini seolah-olah berfungsi sebagai garis pemisah ekologi fauna di sisi utara dan selatan Danau Toba.

Kabut tebal kadang menyelimuti danau yang sejuk dan dingin ini. Jika tidak ada kabut, anda bisa melihat lekukan Danau Toba yang begitu indah untuk dikagumi.

Disini Anda dapat menikmati keindah Danau Toba melalui Menara Tele. Jika anda berkunjung ke Danau toba ini pada pagi hari anda dapat melihat pemandangannya begitu indah melalui menara yang berada di lereng bukit. Anda dapat menemukan Menara Tele di antara Pangururan dan Sidikalang. Jika ingin menginap tanpa menyeberang ke Pulau Samosir, Anda bisa memilih berbagai penginapan di daerah Parapat. Di Parapat ada beberapa hotel dan resor dengan pemandangan langsung ke Danau Toba.

Di tengah-tengah Danau Toba terdapat sebuah pulau yang juga tidak kalah indah dan menakjubkan yaitu Samosir. Di sana anda bisa mengunjungi beberapa desa dan menikmati wisata alam serta wisata budaya masyarakat sekitar. Danau Toba dan Pulau Samosir merupakan jantung dan kampung halaman orang Batak.

Untuk mengunjungi Pulau Samosir anda bisa melalui pelabuhan di Parapat yaitu Pelabuhan Ajibata, yang terdapat beberapa kapal feri yang siap mengantar penduduk setempat dan wisatawan yang ingin menuju Pelabuhan Tomok di Pulau Samosir. Di sini juga tersedia beberapa feri yang bisa mengangkut kendaraan seperti mobil dan motor untuk menuju Pulau Samosir. Lama perjalanan feri menuju Pulau Samosir sekitar 30 menit. Ketika mencapai Pelabuhan Tomok di Pulau Samosir, terdapat banyak pedagang cindera mata khas Danau Toba dan khas tanah Batak di daerah sekitar Pelabuhan Tomok, Samosir. disini anda bisa membeli kaos, kerajinan tangan dan juga ulos, di lokasi ini sangat cocok bagi anda yang ingin membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang karena harga yang di tawar kan sangat terjangkau dan beranekaragam kerajinan yang dapat anda beli dan di bawa pulang.

Penduduk yang ramah selalu siap menyambut kedatangan Anda yang berkunjung di sini. Selain itu, di sini anda akan lebih mengenal berbagai kebudayaan dan adat orang Batak yang ada di Pulau Samosir. Disini anda bisa menjumpai beberapa rumah adat Batak yang ada di pulau ini. Di sana Anda bisa belajar tentang sejarah Batak dan berbagai kebudayaan menarik orang Batak khususnya Batak Toba. Bahkan Anda bisa ikut menari bersama penduduk setempat saat ada pertunjukan Sigale-gale.

Selain wisata budaya, anda juga akan menikmati berbagai keindahan alam Pulau Samosir. Di sini anda bisa menemukan keindahan sawah bertingkat seperti yang terdapat di Ubud Bali. Di sini juga ada beberapa air terjun yang begitu indah untuk dikunjungi seperti Air Terjun Simangande dan Air Terjun Pangaribuan (terletak di Kecamatan Palipi) yang merupakan air terjun terbesar di Pulau Samosir. Yang menarik di lokasi sekitar Air Terjun Pangaribuan di Palipi, diyakini sebagai tempat diturunkannya Raja Batak.

Selain air terjun, di Pulau Samosir juga terdapat dua buah danau yaitu Danau Aek Natonang dan Danau Sidihoni. Itu sebabnya kedua danau ini sering diberi julukan "Danau di atas danau" karena keunikannya yaitu danau yang berada di tengah Pulau Samosir, sedangkan pulau ini berada di tengah Danau Toba.

 

Tidak perlu takut jika satu hari tidak cukup untuk menikmati keindahan Danau Toba dan Pulau Samosir. Banyak sekali penginapan di Pulau Samosir dari hotel dan penginapan biasa. Anda bisa menemukan banyak penginapan di sepanjang daerah Tuktuk dan Ambarita yang tidak jauh dari Pelabuhan Tomok. Di sini anda bisa menginap sambil menikmati keindahan alam Danau Toba dan Pulau Samosir.

Danau Toba yang memiliki pemandangan yang sangat indah akan membuat anda merasa nyaman jika anda berada di Danau ini karena pemandangannya yang eksotis, dasyat, dan menakjubkan. Dan di sekitar Danau ini anda bisa duduk bersantai sembari menikmati pemandangan Danau dan menyeruput air kelapa muda. Seru bukan berkunjung ke Danau Toba si Cantik dari Sumatera Utara?

Ayo!!! Berkunjung ke Danau Toba dengan teman, keluarga, dan orang tersayang ke Danau Toba dan buat pengalaman baru berkunjung ke Danau Toba yang kaya akan keindahan alamnya.

Tempat yang seru bukan? Untuk membuat moment kebersamaan anda dengan orang tersayang.

 

 

Danau Toba dan Pulau Samosir memang membuat pengalaman wisata yang benar-benar menarik dan indah. Danau ini keindahnya bisa di nikmati dari sisi mana pun. Jika anda berkunjung ke Danau toba pasti ingin berlama-lama di Danau Toba karena keindahan yang spektakuler, dahsyat dan menakjubkan.

Keindahan Danau Toba akan sangat  terasa jika matahari mulai tenggelam di sisi barat. Secara perlahan matahari tenggelam di lautan, cahaya keemasan berpendar di horizon membuat anda kagum dan takjub akan ke indahan Danau Toba yang eksotis ini.

Itulah cerita tentang keindahan Danau Toba yang membuat anda takjub akan kebesaran dari Bumi Pertiwi Indonesia.

Tips and Trick

Danau atau waduk merupakan salah satu tempat yang paling mengasyikan untuk aktifitas memancing. Selain dipenuhi dengan berbagai macam ikan air tawar, air permukaan waduk atau danau juga relatif lebih tenang, sehingga tidak membuat umpan menjadi cepat habis terkikis oleh arus air.

Berikut beberapa tips memancing di danau yang sebaiknya perlu diketahui agar peluang keberhasilannya semakin meningkat yaitu:

  • Peralatan Memancing yang sebaiknya disediakan saat memancing di danau adalah joran yang tidak terlalu kaku, ukuran senar pancing yang tidak terlalu tebal namun kuat dan lentur, sedangkan mata kail yang dipergunakan cukup standar saja yaitu yang ukurannya berkisar antara 1 hingga 2.5 cm saja. Sedangkan untuk pemberat atau timah, cukup digunakan yang tidak terlalu berat atau dalam kisaran 2-4 gram saja.
  • Umpan Sesuaikan jenis umpan dengan ikan yang banyak terdapat pada waduk tersebut. Penggunaan umpan yang tepat akan memperbesar peluang keberhasilan usaha memancing. Sebagian besar jenis ikan yang terdapat pada waduk atau danau adalah ikan nila, tawes, gurami, ikan mas serta tombro. Umpan lumut sawah halus, cacing posphor serta pelet lele yang dicampur terasi adalah umpan kegemaran ikan nila, sedangkan umpan kukusan jagung muda dan daun kangkung digemari ikan tawes. Umpan ulat daun pisang umumnya digemari ikan gurami.
  • Teknik Memancing Salah satu tips memancing di danau yang perlu diperhatikan adalah penggunaan teknik memancing. Untuk teknik pemancingan, bisa dilakukan dengan teknik lempar jauh. Teknik ini dilakukan dengan cara melempar kail beserta umpan sejauh-jauhnya hingga mencapai peretengahan waduk atau kolam. Menurut beberapa pemancing profesional, dikatakan bahwa posisi ikan dengan ukuran besar biasanya terletak pada pertengahan danau. Oleh karenanya, perhatikan juga ukuran timah pemberat dan pelampung.
  • Penuntun Umpan Karena keadaan permukaan air danau atau waduk yang cenderung tenang, tidak ada salahnya menggunakan penuntun umpan atau barel swivel agar mata kail tidak terlalu tenang dan seolah olah bergerak. Dengan mata kail yang selalu bergerak, akan menyebabkan umpan juga ikut bergerak seperti halnya mangsa hidup.

Demikianlah beberapa kiat dan tips memancing di danau yang sebaiknya perlu diketahui agar peluang keberhasilan memancing ikan semakin meningkat. Walaupun memancing ikan di waduk atau danau terasa mengasyikkan, tidak ada salahnya juga untuk membawa bekal makan atau minum agar tidak mudah terasa lelah.

  1. Pasti menyebalkan ketika sedang di perjalanan dan sandal jepit Anda rusak. Anda bisa membawa sandal 2 agar saat sandal anda putus bisa memakai sandal yg anda bawa tadi.
  2. Bawalah air mineral dalam botol isi ulang. Sebab, Anda mudah terkena dehidrasi saat terkena terik matahari.
  3. Benda lainnya yang wajib dibawa tentu saja kamera untuk mengabadikan momen liburan Anda. Lalu kacamata hitam, baju renang, baju ganti, dan sandal jepit. Tak ada salahnya Anda membekali diri dengan plester luka, juga obat-obatan pribadi.

 

 

 

Disini saya ada video mengenai “Danau Toba” yang membuat anda takjub karna keindahannya danau nya yang harus anda coba dan anda kunjungi, Anda penasaran???

check this out -> 

                      

*Picture that I use in Review is not mine , i take it from google , thank you.

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY