marthagaul | Sightseeing
Medan, Sumatera Utara, Indonesia | lake
06 Sep 2016


Danau Siombak dari Medan “Danau Sunyi”
Nahh anda bosan dengan Danau yang biasa-biasa saja? nah di sini saya ada Danau yang di apit dua sungai unik bukan ? ini hanya anda temui di Danau Siombak tidak hanya itu saja masih banyak yang menarik di Danau Siombak Air danau nya yang berwarna jernih ag

How to Get There

Danau Siombak adalah sebuah danau buatan dengan luas sekitar 40 hektare, Diameter sekitar 1000 meter,dan kedalaman kurang lebih 12 meter. Danau ini terletak di Kelurahan Paya Pasir, Medan Marelan, Medan, Sumatera Utara.

Danau Siombak dari pusat Kota Medan dapat di tempuh sekitar 18,6 km dengan waktu tempuh sekitar 40 menit perjalanan melalui rute melalui Jl. Kl. Yos Sudarso/Jl. Yos Sudarso, menggunakan motor maupun mobil, menunju Danau Siombak bisa diakses dengan mudah menggunakan motor, mobil, bus atau pun transfotasi lainnya.

Akses Menuju Danau Siombak Sumatera Utara

 

Untuk akses ke Objek wisata Danau Siombak ini sangat mudah, mobil, motor, bus dan kendaraan lainnya sangat mudah untuk menuju ke lokasi ini, dari kota Medan jika anda menggunakan mobil mau pun bus bisa di tempuh sekitar 18,6 km dengan waktu tempuh 40 menit berkendaraan. 

Jika anda di luar pulau ingin berlibur ke Sumatra Utara, bisa naik pesawat dengan tujuan Bandara Internasional Kualanamu, Medan, Sumatera Utara. Jarak dari Bandara ke Danau Siombak sekitar 52,6 km bisa di tempuh sekitar 1 jam 8 menit perjalanan menuju Wisata Danau siombak.

Semoga informasi ini berguna untuk anda yang sedang mencari referensi mengenai tempat wisata Danau Siombak dari Sumatra Utara.

What to Do

Danau Siombak adalah sebuah danau buatan dengan luas sekitar 40 hektare, Diameter sekitar 1000 meter ,dan kedalaman kurang lebih 12 meter. Danau ini terletak di Kelurahan Paya Pasir, Medan Marelan, Sumatera Utara. Danau Siombak terletak di antara dua sungai,yaitu Sungai Deli dan Sungai Terjun. Yang membuat Danau Siombak ini unik ialah Air danau nya yang berwarna jernih agak kehijauan, karena di dasar Danau Siombak ditumbuhi sejenis tumbuhan lumut dan ganggang, namun air danau ini tidak berbau.

Danau Siombak

Sungai Deli

Sungai Deli

Taukah anda kalau kota Medan mempunyai Danau? mungkin banyak orang diluar Pulau Sumatera menggangap Danau Toba adalah Danau yang berada di Medan, padahal tidak sama sekali. di Kota Medan ternyata ada Danau yang cukup besar yaitu Danau Siombak. Danau ini merupakan sebuah danau buatan. Danau Siombak ini menjadi sebuah tempat wisata di Kota Medan yang tidak banyak di ketahui orang-orang yang hobby trip. Padahal Danau ini telah diresmikan semenjak tahun 2006.

Dari sisi History Danau Siombak tidak banyak yang dapat di ceritakan mengenai latar belakang terbentuknya Danau Siombak. Apalagi Danau Siombak tidak sebesar Danau Toba atau tidak semisterius Danau Linting, Jadi, biasa-biasa saja tetapi di situ pula letak keistimewaan Danau Siombak. Dari cerita masyarakat sekitar Danau Siombak ini Danau buatan bekas galian tanah timbun pada tahun 1980-an untuk pengerjaan proyek pembangunan jalan tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa (BELMERA).

Saat anda melihat keindahan Danau ini dari kejauhan, mirip sekali seperti kolam raksasa dengan luas 40 hektar, diameter 1000 meter, kedalamannnya 15 meter.

Yang membuat pengunjung suka ke Danau siombak sebenarnya bukan dari keindahan Danau Siombak melainkan “ketenangan” dari Danau Siombak. Suara sunyi seperti berbicara di dalam hati, rating yang bergesekan dengan ranting lainnya diserta hembusan angin yang sejuk membuat anda yang berada di sini merasakan tenangan dan nyaman melepaskan lelah.

 

Keunikan dari Danau Siombak ialah Danau yang terletak di antara dua buah sungai yakni, Sungai Terjun dan Sungai Deli ini lah yang sebut “muara”. Meski airnya Payau dan agak asin, di area Danau Siombak tidak ada tumbuhan batang bakau mangrove seperti layaknya sebuah muara atau tambak di dekat laut.

Di Danau Siombak anda bisa menikmati alam bebas dengan pemandangan Danau dan Tambak ikan. Di area Danau ini anda akan melihat gerombolan bangau putih dan burung srigunting yang terbang meliuk-liuk sambil menyambar ikan yang ada di perairan Danau Siombak. Di area Danau Siombak ini anda akan melihat banyak orang yang sedang memancing dan menunggu umpan nya di sambar oleh ikan yang ada di perairan Danau Siombak.


Danau Siombak ramai dikunjungi saat liburan atau akhir pekan. Danau ini banyak dikunjungi oleh masyarakat Medan, dan jarang Wisatawan asing yang mampir kesini. Memang danau ini menjadi salah satu tempat favorit masyarakat Medan. Masyarakat Medan ke sini hanya bersantai sambil memancing. Di sini anda dapat memancing sepuasnya, bahkan ikan hasil pancingan anda dapat langsung disantap dengan dibakar atau digoreng. Tak hanya itu, lokasi ini cocok untuk wisata keluarga karena di sekitar area danau menyediakan fasilitas bermain bagi anak-anak, seperti kolam mini, mandi bola, dan lain-lain. Untuk mengujungi danau ini anda  di haruskan membayar tiket masuk Rp. 2.000,- tambah parkir Rp. 2.000,- sedangkan tarif untuk sewa pondok sekitar Rp. 10.000,- sampai Rp. 20.000,-.

Fasilitas

Di sekitar danau ini terdapat penjual makanan dan aksesoris seperti gelang, kalung, anting, baju, dan lain-lain. Harga untuk makanan dan aksesoris di sini cukup mahal, namun ini tergantung kemampuan menawar anda jika anda pandai dalam menawar pasti anda akan mendapat harga yang murah :D. Masyarakat di sini memanfaatkan danau buatan itu untuk memancing ikan, berenang hingga mencuci. Di sekitar area danau juga disediakan perahu atau sampan, jika anda ingin berkeliling di area danau anda bisa menyewa perahu dengan tarif Rp. 15.000 per orang atau juga menyewa speedboat, dengan tarif Rp. 35.000 per orang. Di wisata Danau Siombak adalah tujuan wisata keluarga yang sangat cocok untuk anda kunjungi karena terdapat fasilitas bermain bagi anak-anak, seperti kolam mini, mandi bola, dan lain-lain, selain itu harga untuk berkunjung ke Danau ini sangat lah murah dan bisa anda nikmati bersama teman, keluarga, dan orang tersayang bukan?

Danau Siombak memang membuat pengalaman travelling anda yang benar-benar menarik dan seru. Jika anda berkunjung ke Danau Siombak pasti ingin berlama-lama di Danau ini karena keindahan dan kesunyiaannya yang membuat ada nyaman saat berada di Danau ini.

Keindahan Danau Siombak akan sangat  terasa jika matahari mulai tenggelam di sisi barat. Secara perlahan matahari tenggelam di lautan, cahaya keemasan berpendar di horizon membuat anda kagum dan takjub akan ke indahan Danau Siombak yang eksotis ini.

Itulah cerita tentang keindahan Danau Siombak yang membuat anda takjub akan kebesaran dari Bumi Pertiwi Indonesia.

Tips and Trick

Danau atau waduk merupakan salah satu tempat yang paling mengasyikan untuk aktifitas memancing. Selain dipenuhi dengan berbagai macam ikan air tawar, air permukaan waduk atau danau juga relatif lebih tenang, sehingga tidak membuat umpan menjadi cepat habis terkikis oleh arus air.

Berikut beberapa tips memancing di danau yang sebaiknya perlu diketahui agar peluang keberhasilannya semakin meningkat yaitu:

  • Peralatan Memancing yang sebaiknya disediakan saat memancing di danau adalah joran yang tidak terlalu kaku, ukuran senar pancing yang tidak terlalu tebal namun kuat dan lentur, sedangkan mata kail yang dipergunakan cukup standar saja yaitu yang ukurannya berkisar antara 1 hingga 2.5 cm saja. Sedangkan untuk pemberat atau timah, cukup digunakan yang tidak terlalu berat atau dalam kisaran 2-4 gram saja.
  • Umpan Sesuaikan jenis umpan dengan ikan yang banyak terdapat pada waduk tersebut. Penggunaan umpan yang tepat akan memperbesar peluang keberhasilan usaha memancing. Sebagian besar jenis ikan yang terdapat pada waduk atau danau adalah ikan nila, tawes, gurami, ikan mas serta tombro. Umpan lumut sawah halus, cacing posphor serta pelet lele yang dicampur terasi adalah umpan kegemaran ikan nila, sedangkan umpan kukusan jagung muda dan daun kangkung digemari ikan tawes. Umpan ulat daun pisang umumnya digemari ikan gurami.
  • Teknik Memancing Salah satu tips memancing di danau yang perlu diperhatikan adalah penggunaan teknik memancing. Untuk teknik pemancingan, bisa dilakukan dengan teknik lempar jauh. Teknik ini dilakukan dengan cara melempar kail beserta umpan sejauh-jauhnya hingga mencapai peretengahan waduk atau kolam. Menurut beberapa pemancing profesional, dikatakan bahwa posisi ikan dengan ukuran besar biasanya terletak pada pertengahan danau. Oleh karenanya, perhatikan juga ukuran timah pemberat dan pelampung.
  • Penuntun Umpan Karena keadaan permukaan air danau atau waduk yang cenderung tenang, tidak ada salahnya menggunakan penuntun umpan atau barel swivel agar mata kail tidak terlalu tenang dan seolah olah bergerak. Dengan mata kail yang selalu bergerak, akan menyebabkan umpan juga ikut bergerak seperti halnya mangsa hidup.

Demikianlah beberapa kiat dan tips memancing di danau yang sebaiknya perlu diketahui agar peluang keberhasilan memancing ikan semakin meningkat. Walaupun memancing ikan di waduk atau danau terasa mengasyikkan, tidak ada salahnya juga untuk membawa bekal makan atau minum agar tidak mudah terasa lelah.

  1. Pasti menyebalkan ketika sedang di perjalanan dan sandal jepit Anda rusak. Anda bisa membawa sandal 2 agar saat sandal anda putus bisa memakai sandal yg anda bawa tadi.
  2. Bawalah air mineral dalam botol isi ulang. Sebab, Anda mudah terkena dehidrasi saat terkena terik matahari.
  3. Benda lainnya yang wajib dibawa tentu saja kamera untuk mengabadikan momen liburan Anda. Lalu kacamata hitam, baju renang, baju ganti, dan sandal jepit. Tak ada salahnya Anda membekali diri dengan plester luka, juga obat-obatan pribadi.

 

 

 

Disini saya ada video mengenai “Danau Siombak” yang membuat anda takjub karna keindahannya danau nya yang harus anda coba dan anda kunjungi, Anda penasaran???

check this out ->

*Picture that I use in Review is not mine , i take it from google , thank you.

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY