Tips

Selain menghemat uang, tidur di bandara juga menyenangkan, Berikut tipsnya

Bagi mereka yang suka sekali berpetualang, akan senang sekali rasanya jika bisa pergi ke berbagai tempat yang menarik meskipun sangat susah untuk dijangkau, justru disitulah seninya, jiwa petualangnya akan terpanggil, akan digunakannya sebaik mungkin.

Pada umumnya orang-orang yang suka berpetualang tersebut hanya menyiapkan dana secukupnya, kalau tidak mau dikatakan pas-pasan. Mereka ini lebih sering dikenal dengan nama backpacker. Seorang backpacker sejati biasanya lebih mengutamakan mencapai tempat yang diinginkannya daripada hal-hal lain. Meskipun harus menginap di bandara misalnya, jika kondisinya harus menuntut demikian.

Backpacker memang harus pintar-pintar menggunakan uang, mesti pandai-pandai berhemat. Yang dicari oleh backpacker adalah segala sesuatu yang serba murah, kalau perlu yang paling murah. Itulah sebabnya jika mengharuskan tidur di bandara tidaklah menjadikan masalah karena memang pilihan yang termurah. Malah bagi sebagian besar backpacker merupakan suatu hal yang sangat menyenangkan.

lifehack.org

Sebelum memutuskan untuk tidur di bandara, harus melihat dan mempelajari situasi dan kondisi dengan sebaik mungkin. Jangan sampai nantinya menyesal kemudian, malah akan mendatangkan masalah. Seorang backpacker harus mengetahui dengan benar cara-cara yang paling tepat atau jurus-jurus yang jitu atau tips-tips tidur di bandara yang baik.

Berikut dibawah ini beberapa tips tidur di bandara yang harus diperhatikan dengan seksama :

  • Carilah informasi sebanyak mungkin tentang bandara yang akan dijadikan tempat untuk menginap, untuk tidur. Bandara satu dengan yang lain terkadang menerapkan aturan yang sama, bisa juga tidak. Informasi penting yang juga harus diketahui adalah fasilitas-fasilitas yang ada di bandaranya.
  • Carilah tempat-tempat yang strategis yang bisa dijadikan tempat untuk tidur. Misalnya kita bisa tidur di tempat yang banyak colokannya sehingga tidak akan kejauhan jika akan mengisi baterai telepon seluler. Tempat alternatif lainnya adalah yang dekat dengan banyak pelancong lainnya yang sama-sama memutuskan untuk tidur di bandara sehingga ada teman untuk mengobrol, tidak sepi. Alternatif yang lain ialah tempat yang ada CCTVnya sehingga keberadaan kita di tempat tersebut akan aman, kemungkinan besar akan terhindar dari tindak kejahatan. Tempat strategis lainnya lagi adalah yang dekat dengan kamar mandi dan toilet. Atau bisa juga tidur di sekitar food court karena pasti akan banyak tersedia sofa yang empuk. Pilihan tidur yang lain bisa di ruang tunggu atau di mushola. Tempat yang paling strategi sekaligus paling aman adalah ruangan yang ada di terminal kedatangan. Yang paling penting adalah tidak mengganggu kenyamanan bandara dan tidak mengganggu lalu lalang orang-orang.
  • Jika ingin mendapatkan tempat-tempat strategis seperti yang sudah disebutkan diatas tadi, sangat dianjurkan untuk datang lebih awal ke bandara tempat anda menumpang tidur. Terlebih lagi jika tengah datang musim liburan sekolah panjang atau libur lebaran, tentu saja bandaranya akan bertambah ramai. Kalau anda terlambat datang, datangnya kesiangan, bandaranya sudah penuh sesak dengan orang-orang yang senasib dengan anda, seorang backpacker atau traveller. Bisa-bisa nanti anda tidak bisa lagi memperoleh tempat yang diinginkan. Kalaupun masih bisa tidur di bandara, tidurnya di tempat yang tidak enak, yang jauh dari jangkauan keamanan dan tidak banyak orang yang tidur di tempat tersebut, tidak ada temannya.
  • Spot-spot kosong yang ada di restoran-restoran yang ada di bandara juga bisa dijadikan alternatif tempat gratis untuk tidur asalkan saja kita sudah mengerti dengan jelas aturannya, misalnya hanya bisa tidur setelah restorannya tutup.
  • Jagalah ransel/ tas/ koper yang kamu bawa dengan sebaik-baiknya, jika perlu pakailah gembok untuk menguncinya. Cara lain adalah dengan menjadikan ransel, tas atau koper sebagai bantal. Atau bisa juga talinya dikaitkan ke kaki kita selama kita tidur (jika bawaan kita berupa ransel atau tas). Kalau koper bisa dirantai kemudian dikaitkan ke bangku panjang tempat kita tidur. Rantai ini sudah kita siapkan sebelumnya. Meskipun di bandara ada petugas keamanannya yang selalu siap berjaga silih berganti selama 24 jam tidak ada salahnya menjaga keselamatan barang-barang yang kita bawa sebelum semuanya menjadi terlambat.
  • Barang-barang berharga seperti dompet, telepon seluler dan kamera upayakan selalu disimpan di dalam tempat yang paling aman.
  • Untuk menjaga keamanan bersama, persiapkan dokumen-dokumen perjalanan secara lengkap, seperti paspor, visa berikut dengan identitas yang kita miliki di tempat yang dapat dijangkau dengan mudah. Karena siapa tahu petugas keamanan bandara akan secara acak memeriksanya.
  • Kenakanlah pakaian yang nyaman, yang biasa-biasa saja, yang tidak mengundang perhatian banyak orang, misalnya bagian atasnya kaos atau hem, bawahnya celana panjang. Disarankan untuk membawa baju hangat, bisa berupa jaket atau sweater menjaga dari dinginnya pendingin udara yang ada di bandara. Jika perlu sebagai tambahan bawalah sarung atau kain (yang lebih umum kain dari Bali) yang bisa dijadikan selimut.
  • Jika anda ingin lebih berhemat lagi, usahakan jangan membeli makanan di bandara karena sudah pasti harganya akan jauh lebih mahal jika dibandingkan makan di luar bandara. Bawalah sendiri makanan kecil yang selalu anda simpan di dalam ransel, tas atau koper, yang gampang diambil. Sambil menunggu rasa kantuk datang bisa sambil makan camilan. Janganlah lupa juga untuk membawa minuman dalam jumlah yang banyak yang bisa disimpan di dalam botol.
  • Biasanya kantuk bisa cepat datang kalau ditunggu sambil membaca. Oleh karena itu bawalah bacaan yang kamu suka tapi jangan banyak-banyak. Buku bacaan ini juga sangat berguna mengusir rasa bosan. Alternatif lainnya lagi untuk menghilangkan jenuh dan supaya cepat mengantuk adalah dengan membawa video permainan kemudian memainkannya.
  • Bawalah selalu barang-barang penting yang siapa tahu akan dibutuhkan untuk tidur di bandara, salah satunya adalah alas untuk tidur. Jika diperlukan bisa membawa sleeping bag namun yang kecil saja agar tidak merepotkan.
  • Upayakan jangan membuat kegaduhan di bandara. Karena di bandara ini posisi anda adalah menumpang tidur dengan gratis. Jadi etiket harus diperhatikan dengan betul. Kepada sesama backpacker atau traveller yang lain anda harus menghargai dan menghormati. Anda dan mereka memiliki hak yang sama, yakni ingin beristirahat, dalam hal ini tidur di bandara dengan perasaan tenang, aman dan nyaman. Jika ingin cepat tidur dengarkanlah lagu dari telepon seluler anda dengan memakai earphone.
  • Apabila anda memiliki sedikit uang lebih, kalau anda ingin memperoleh kenyamanan lebih, tidurlah di fasilitas lounge yang ada di bandara. Biayanya cukup murah. Fasilitas yang disediakan banyak sekali, antara lain makanan, minuman dan kamar mandi yang bersih. Kursi yang empuk bisa anda gunakan untuk tidur. Anda juga bisa menikmati fasilitas wifi. Yang terpenting anda harus tetap menjaga kesopanan dan berpakaian yang rapi, jangan seperti gembel.

AviationCV.com

2 Comments

  1. YSalma November 20, 2018
    • Reni November 21, 2018

Join The Discussion