Share your paradise and culinary and get chance to win IDR 1.000.000

9 Tempat Wisata di Riau Rekomendasi Para Wisatawan


Reni  September 27, 2018  0 Comments

 

Liburan di depan mata, tapi masih bingung mau berlibur kemana? Nah, Riau merupakan tempat wisata terbaik untuk anda kunjungi saat musim liburan tiba. Ada beberapa tempat wisata di Riau yang akan membuat kamu berdecak kagum dan tidak ingin beranjak dari sana. Berikut 9 destinasi paling seru dan keren rekomendasi untuk para wisatawan saat berkunjung ke Riau :

 

1. Wisata Candi Muara Takus

superadventure.co.id

Tidak perlu jauh jauh ke Yogyakarta untuk menikmati keindahan candi, karena di Riau pun anda bisa menemukan tempat penuh cerita seperti candi. Candi Muara Takus yang terletak di Desa Muara Takus, Kecamatan Koto Kampar XIII, Kabupaten Kampar, Riau, Indonesia. Candi ini merupakan satu satunya candi kuno peninggalan umat Budha pada zaman dahulu.

Tempat wisata yang sangat cocok dikunjungi bersama keluarga ini menawarkan pemandangan yang sangat menakjubkan. Rumput yang tertata rapi serta lokasi bebas sampah dengan perpaduan biru langit memberikan ketenangan serta kenyamanan tersendiri bagi anda saat berada di sini. Ada banyak spot di tempat wisata ini yang bisa anda jadikan sebagai latar belakang untuk mengabadikan foto.

 

2. Wisata Air Terjun Lubuk Bigau

reyginawisataindonesia.blogspot.com

Bagi anda yang mencintai wisata alam terbuka, mengunjungi Air Terjun Lubuk Bigau merupakan pilihan terbaik untuk anda lakukan. Terletak di Desa Lubuk Bigau, Kecamatan Kamparkiri Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Indonesia, menjadi salah satu tempat wisata paling dicari cari oleh traveller yang menyukai dunia ekstrem. Dikenal juga dengan Air Terjun Pangkalan Kapas, taman rekreasi yang satu ini menawarkan pemandangan indah dengan airnya sejuk dan masih alami.

Hal paling unik untuk anda ketahui bahwa Air Terjun Lubuk Bigau ini merupakan air terjun tertinggi yang ada di Provinsi Riau. Dengan ketinggian mencapai sekitar 130 meter, membuat wahana ini menjadi tempat wisata favorit para wisatawan. Air terjunnya yang masih alami tanpa campur tangan manusia pun menyebabkan tempat ini selalu ramai dan dipadati pengunjung.

 

3. Wisata Danau Raja

backpackerjakarta.com

Lokasi menarik lainnya yang bisa anda jumpai saat berada di Provinsi Riau adalah Danau Raja yang terletak di Kota Rengat, Riau, Indonesia. Kondisi danau yang tenang serta dikelilingi pohon pohon yang rindang menghadirkan suasana nyaman dan damai untuk menenangkan pikiran anda. Menyaksikan sunset adalah hal terbaik untuk anda lakukan saat berada di danau ini.

Pasalnya, dahulu Danau Raja merupakan tempat pemandian keluarga kerajaan dari Istana Indragiri. Bahkan, disebut sebut dulu ada sebuah bangunan kerajaan yang berada di dekat danau, tepatnya di tengah tengah sungai Indragiri. Sampai sekarang pun anda masih bisa melihat ada bekas bangunan di tengah aliran sungai ketika air sungai berdebit kecil. Sore hari adalah waktu yang paling tepat bagi anda dan keluarga untuk menikmati keindahan danau sambil ditemani cemilan khas daerah setempat.

Menikmati Indahnya Pulau Bawah, Kepulauan Riau!

 

4. Wisata Kebun Binatang Kasang Kulim

riauberbagi.blogspot.com

Berlibur bersama keluarga adalah hal yang bagus untuk anda lakukan ketika liburan. Membawa anak anak ke Kebun Binatang Kasang Kulim yang terletak tak jauh dari pusat kota tentunya akan sangat seru dan menyenangkan. Selain bermain, anak anak anda juga bisa belajar untuk menambah wawasan serta ilmu pengetahuan.

Kebun binatang yang memiliki luas sekitar 10 hektar ini menawarkan berbagai aneka spesies koleksi satwa dari yang liar hingga jinak. Anda pastinya bisa mengenalkan satu per satu jenis hewan yang ada di kebun ini kepada anak anak anda sambil mengabadikan momen bahagia tersebut ke dalam gambar. Tidak hanya itu, tempat yang nyaman serta fasilitas menarik dan lokasi bersih juga menjadi hal utama taman bermain ini selalu dipadati pengunjung.

Anda hanya perlu mengeluarkan uang sejumlah Rp. 20.000 untuk pengunjung dewasa dan Rp. 10.000 untuk ukuran anak anak, anda akan langsung bisa menikmati berbagai wahana yang disediakan. Terdapat banyak pohon pohon yang rindang sehingga menambah kesejukan udara yang bisa anda hirup. Anak anak tentunya bisa bermain dengan nyaman dan menyenangkan.

 

5. Wisata Riau Fantasi

batakindonesia.com

Jika anda dan keluarga ingin menikmati keseruan liburan di wisata air, maka tempat wisata di Riau yang satu ini adalah tempat yang sangat cocok dan tepat untuk anda kunjungi. Taman air Riau Fantasi yang terletak sekitar 45 menit dari pusat kota menawarkan berbagai wahana air yang bisa anda nikmati dan anda coba. Berenang bersama keluarga merupakan hal paling seru untuk anda lakukan saat berada di sini.

Ada banyak sekali wahana wahana air yang bisa anda coba di sini, salah satunya ialah wahana kering. Wahana yang satu ini akan memicu adrenalin dan gerakan jantung anda, sehingga anda harus benar benar berpikir sebelum menaikinya. Ada baiknya jika anak anak anda mendapatkan pengawasan khusus dari anda saat mencoba beberapa wahana kering yang disediakan.

Selanjutnya ada wahana air, beberapa wahana ini dapat anda manfaatkan untuk berenang bersama keluarga. Terdapat juga wahana khusus untuk anak maupun balita. Sehingga anda tidak perlu khawatir, karena airnya sangat dangkal dan hanya digunakan oleh anak anak. Meskipun ada orang dewasa, hanya sebatas mengawasi buah hatinya masing masing.

 

6. Wisata Pulau Jemur

itacareparadise.com.br

Anda ingin berjemur layaknya bule? Nah, mengunjungi Pulau Jemur adalah pilihan yang cerdas. Terletak tak jauh dari Kota Rokan sekitar 72 Km yakni Bagansiapiapi. Sebuah pulau yang menawarkan pemandangan alam yang indah dan menakjubkan, sehingga akan memanjakan mata anda dan betah berlama lama untuk melihatnya.

pulau gugusan yang terdiri atas banyak pulau misalnya Pulau Tekong Emas, Tekong Simbang, dan masih banyak pulau lainnya membuat Pulau Jemur sangat menawan jika dipandang dari kejauhan. Anda akan menemukan banyak sekali spesies penyu di pulau dengan pesona alamnya yang masih alami ini. Jika beruntung, pada musim musim tertentu anda akan menyaksikan penyu penyu yang sedang bertelur dengan tingkahnya yang lucu. Jangan lupa untuk mengabadikan momen unik ini ke dalam kamera anda.

 

7. Wisata Sungai Kampar

wacana.co

Sebuah sungai yang terletak di teluk Meranti ini akan menguji nyali anda untuk berselancar. Sungai Kampar merupakan sebuah tempat yang sangat digemari oleh peselancar dan kawula muda. Tidak heran jika tempat ini selalu ramai oleh kaum remaja saat akhir pekan.

Sungai ini memiliki Bono (bahasa setempat), yang artinya gelombang mengalami pasang dan surut serta suara ombaknya yang sangat keras. Bono ini mempunyai kecepatan sekitar 40 Km dalam satu jam, sehingga sangat cocok bagi anda yang ingin berselancar. Anda bisa mengajak teman untuk menikmati keseruan bersama.

 

8. Wisata Museum Sang Nila Utama

kebudayaan.kemdikbud.go.id

Selain bersenang senang, anda juga bisa menggali ilmu pengetahuan di Museum Sang Nila Utama yang terletak di Pekanbaru. Museum ini menyimpan banyak sekali sejarah serta kebudayaan Provinsi Riau yang bisa anda cari tahu. Misalnya pakaian adat, alat musik, rumah adat dan lainnya. Mengunjungi museum ini adalah hal paling benar bagi anda yang ingin mengenal dekat Provinsi Riau.

 

9. Wisata Taman Putri Kaca Mayang

coretanrimbawanur.ml

Tak perlu jauh jauh keluar kota, karena di pusat kota pun anda bisa menjumpai tempat wisata. Taman Putri Kaca Mayang persis terletak di tengah kota, sehingga anda tidak akan susah mencarinya. Ada banyak sekali wahana yang bisa anda nikmati terutama untuk anak anak anda. Menghabiskan akhir pekan di taman ini bersama keluarga adalah hal yang tepat. Anda dan keluarga dapat bersantai di bawah pepohonan yang rindang dan asri.

Bagaimana? Sudah tertarik untuk mengunjungi tempat wisata di Riau?

Leave a Reply

One Response
  1. Sahabat Baru says:

    Istana Sang Nila Utama bisa jadi referensi tuh buat kamu yang ingin tau lebih dalam lagi tentang sejarah Riau. Lumayan, sambil jalan2 bisa dapat ilmu tentang Sejarah Riau..keren!