10 Tempat Makan Di Malaka Sajian Rasa Autentik Menggoyang Lidah


sisil angelin  November 10, 2018  0 Comment

Tempat makan di Malaka pasti menjadi daftar list orang-orang yang mengunjungi Malaka. Malaka merupakan salah satu kota di Malaysia terletak di bagian selatan semenanjung Malaysia. Kota Malaka juga telah dinobatkan oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia dan menjadi salah satu kota wisata terfavorit di Asia Tenggara. Maka tidak heran lagi jika di Malaka terdapat begitu banyak keunikan yang harus wisatawan eksplorasi dan jelajahi, seperti tempat-tempat wisata dan beragam kulinernya.

Berbicara soal kuliner, Malaka adalah kota yang tepat dikunjungi untuk merasakan kuliner khas yang rasa autentik berpadu dengan cita rasa Arab, India, Cina, dan Melayu. Hal tersebut karena beradab-abad yang lalu adat Malaka sudah terakulturasi dengan adat negara lain. Kuliner yang mendominasi di Malaka adalah Chiness food yang belum tentu juga kehalalannya. Namun, wisatawan muslim juga tidak perlu khawatir, karena banyak juga tempat makan di Malaka yang bersifat halal dan berasa autentik.Berikut adalah ulasan mengenai sepuluh tempat makan di Malaka dengan sajian rasa autentik

1. Restoran seri nyonya

Restoran seri nyonya

blog.traveloka.com

Restoran ini wajib dikunjungi oleh wisatawan karena menyajikan masakan tradisi Malaka yang khas disebut dengan makanan peranakan baba nyonya. Baba nyonya adalah masakan melayu yang bercampur dengan cita rasa masakan Tionghoa. Menunya melliputi nyonya laksa, ayam pongteh yaitu mirip ayam semur yang dibumbui jamur hitam dan bumbu tauco, ikan goreng chili garam, mee nyonya, dan ada juga desert cendol durian dan sagu gula Malaka. Restoran ini terletak di Hotel Equaritol Bandar Hilir Malaka, melayani setiap hari di jam makan saiang dan makan malam. Restoran seri nyonya inilah yang satu-satunya memiliki sertifikat halal sehingga wisatawan muslim tetap bisa menikmati masakan peranakan khas Malaka.

Baca juga :  10 Kuliner Legendaris di Kuala Lumpur, Sajikan Rasa Tak Pernah Berubah

Telusuri Bangunan Tua Bersejarah Di Malaka, Malaysia

Kelezatan Rasa Es Cendol Durian Jam Besar Bikin Kangen Malaka

2. Restoran pak putra tandoori dan naan

Restoran pak putra tandoori dan naan

sites.google.com

Restoran ini wajib dikunjungi wisatawan yang ingin mencicipi masakan India. Restoran pak putra ini adalah restoran India di Malaka yang menyajikan rasa paling lezat dan paling ramai dikunjungi, terbukti dari banyaknya wisatawan asing yang berkunjung dan juga pengakuan penduduk setempat. Menu khasnya tentu saja khas India yaitu ayam tandoori dan roti naan. Roti naan terbuat dari gandum dimasak dengan cara tandoor yakni ditempelkan pada oven tradisonal terbuat dari tanah liat. Sedangkan ayam tandoori adalah ayam bakar pedas dengan campuran bumbu-bumbu dan yogurt. Anda juga dapat meyaksikan pemandangan langsung dimana pelayan restoran sedang menyiapkan makanan dan proses makanannya. Anda bisa menikmati sajian tersebut dengan berkunjung ke alamat Taman Kota Laksamana Malaka yang buka pada hari selasa sampai minggu mulai pukul lima sore sampai pukul satu dini hari.

3. Restoran roti canai awang

Restoran roti canai awang

minami133.blogspot.com

Restoran ini menyediakan makanan yang banyak terdapat di Malaka yakni roti canai. Hal tersebut karena perpaduan kulturasi antara Malaysia dengan India. Roti canai adalah roti berbentuk pipih yang dipanggang. Di Indonesia sendiri roti canai juga banyak dan dikenal dengan nama roti Maryam dengan pendamping kari daging domba. Restoran roti canai awang adalah restoran yang menyediakan roti canai yang sangat terkenal di Malaka sejak tahun 1990-an. Restoran ini sangatlah sederhana, tempat duduknya pun masih sedikit dan juga terbatas sekali. Jadi, pengunjung harus sabar mengantre menunggu tempat duduk. Untuk menikmatinya Anda dapat berkunjung ke Jalan Delima Nomor Sepuluh Taman Bukit Malaka dan buka pada hari selasa sampai minggu di jam tujuh pagi sampai sebelas siang.

Baca juga :  15 Kuliner Punya Promo 17 Agustus 2023, yuk Nikmatin!

4. Restoran cendol durian bibik house

Restoran cendol durian bibik house

Says.com

Bagi Anda yang suka durian, cendol durian bibik house harus menjadi daftar list saat mengunjungi Malaka. Memang banyak sekali penjual cendol durian di Malaka, namun terdapat satu tempat yang terkenal dan melegenda yaitu cendol durian bibik house. Cendol durian yang dijual yaitu cendol rasa original dan cendol rasa maknyus. Keunikan dari cendol ini yang tentunya berbeda dengan cendol di Indonesia adalah cendol ditempatkan pada wadah kecil , ditambah dengan wadah yang berisi kacang merah dan ditutup dengan es serut, santal kental dan juga gula merah. Cendol durian bibik house original dijual dengan harga 6 RM, sedangkan cendol maknyus dijual dengan harga 7 RM. Tempat ini berada di Jalan Hang Jebat Malaka.

5. Restoran ee ji ban chicken rice ball

Restoran ee ji ban chicken rice ball

aniemohamed.blogspot.com

Restoran ini terletak di Jalan Malaka Raya 3 Taman Malaka Raya Malaysia dan buka setiap hari dari jam sepuluh pagi sampai jam setengah sepuluh malam. Menu di restoran ini sepintas dilihat menyerupai nasi Hainan yang populer di Singapura yang terdiri dari irisan dada ayam yang direbus atau dipanggang. Namun yang membedakannya dengan nasi Hainan adalah nasi di restoran ini berbentuk bulat seperti bola bekel dan mempunyai nama chicken rice ball. Restoran ee ji ban ini sangatlah terkenal di Malaka dan ramai sekali pengunjung yang datang. Untuk itu pengunjung harus sabar mengantre untuk dapat duduk dan memesan makanan.

6. Lao san kafe

Lao san kafe

TripAdvisor.com

Kafe lao san adalah kafe dengan arsitektur khas Cina yang berlokasi di tepi Sungai Malaka. Sajian utamanya adalah beraneka ragam menu khas makanan peranakan di Malaka. Menu khas dari kafe ini adalah kari ayam dengan kuah santan yang tidak terlalu banyak, sehingga berbeda dengan kari peranakan lain yang sangat kental atau pekat dan campuran rempah-rempah.

Baca juga :  7 Rekomendasi Laksa Enak di Jakarta Sajikan Rasa Spesial

7. Restoran asam pedas selera kampung

Restoran asam pedas selera kampung

TripAdvisor.com

Restoran yang terletak di Jalan PM 3 Nomor 2 Mahkota Square Bandar Hilir Malaka ini menyajikan menu khas Melayu. Menu utamanya tentulah asam pedas. Asam pedas memang tidak asing lagi bagi Indonesia, namun yang membuat khas dan berbeda dengan yang lain asam pedas selera kampung terbuat dari ikan laut seperti tongkol, pari, dan ikan tengiri. Pengunjung dapat dengan bebas memilih jenis ikan apa yang disukai. Lokasi restoran asam pedas selera kampung berada persis di depan seberang dari menara tamingsari.

8. Restoran lineclear kampong jawa

Restoran lineclear kampong jawa

Airbnb.com

Sesuai namanya restoran ini terletak di kawasan orang-orang Jawa yang menetap di Malaka atau tempat nongkrong bagi orang-orang dengan keturuan Malaka- Jawa. Menu utamanya adalah mee rebus dan satay ayam. Satay ayam di tempat ini memiliki bumbu yang sangat pekat dan melekat kuat dengan daging.

9. Restoran nasi lemak kukus ayam dara berempah

Tempat ini tidak berada di dalam gedung melainkan warung tenda sederhana pada malam hari. Menu utama ditempat ini adalah nasi lemak dengan daging burung dara hampir sama dengan nasi uduk yang ada di Indonesia. Tempat makan di Malaka ini sangat ramai pengunjung ditambah lagi dengan lokasinya yang berada di pusat keramaian, tepatnya di Jalan PM 3 Mahkota Square Bandar Hilir Malaka.

tempat makan di malaka

Saji.my

10. Street food

Street food  di malaka

vivalifestyleandtravel.com

Street food atau di Indonesia terkenal dengan nama deretan pedagang makanan kali lima juga menjadi daya tarik tersendiri di Malaka untuk wisatawan. Anda bisa mengunjungi daerah Stadhius, Bangunan Merah, sampai dengan Jonker Walk untuk siang hari. Dan pada malam hari Anda bisa menikmati street food di daerah seputar Jonker.



Leave a Reply