5 Syarat Penerbangan Terbaru 2021 Wajib Kamu Tahu!


prita  November 2, 2021  0 Comment

Syarat penerbangan terbaru belakangan ini memang menjadi pembicaraan hangat. Hal ini dikarenakan peraturan yang berubah-ubah dalam waktu dua minggu. Aturan yang berubah-ubah ini adalah peraturan menggunakan hasil tes PCR sebagai persyaratan untuk naik pesawat. Hal ini tentu saja banyak menjadi pehatian khusus bagi wisatawan, khususnya bagi yang sedang merencanakan perjalanan ke Pulau Dewata atau menuju Pulau Jawa. Nah, sebelum kita bahas soal syarat penerbangan terbaru, berikut ini untuk rangkuman peraturan pemerintah tentang persyaratan penerbangan domestik yang sempat berubah-ubah.

  • Pada tanggal 18 Oktober 2021, pemerintah menerbitkan Inmendagri Nomor 53 Tahun 2021 untuk penerbangan Jawa – Bali harus menyertakan hasil tes PCR yang berlaku selama 2 x 24 jam meskipun telah melakukan vaksin 2 dosis.
  • Pada tanggal 27 Oktober 2021, pemerintah kembali menerbitkan Inmendagri Nomor 55 Tahun 2021 yang menjelaska tentang peraturan naik pesawat yang masih harus menyertakan hasil tes PCR, namun waktu berlakunya diperpanjang, yaitu 3 x 24 Jam.
  • Pada 28 Oktober 2021, pemerintah menyatakan bahwa syarat penerbangan di luar Pulau Jawa dan Pulau Bali diperbolehkan melampirkan hasil rapid Antigen. Hal ini juga dijelaskan oleh Safrizal ZA selaku Direktur Jendral Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri, ia menyatakan bahwa penumpang yang akan melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang antar wilayah selain Jawa dan Bali, selain harus menunjukkan sertifikat vaksin minimal dosis pertama, juga harus menunjukkan hasil tes antigen yang berlaku 1 x 24 jam atau hasil tes PCR yang berlaku 3 x 24 jam.
  • Pada tanggal 1 November 2021, syarat penerbangan kembali berubah dengan dihapuskannya kewajiban untuk menyertakan hasil PCR dalam penerbangan Jawa dan Bali. Hal ini disampaikan oleh Muhadjir Effendy selaku Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, pada konferensi pers virtual yang disirakan melalui Youtube Sekretariat Presiden, Senin (1/11/2021). Ia menyebutkan perjalanan udara di wilayah Jawa dan Bali cukup menggunakan tes antigen, sama dengan yang telah diberlakukan untuk wilayah di luar Jawa non-Bali.
  • Berdasarkan Inmendagri Nomor 57 tahun 2021 (per 2 November 2021), penumpang yang akan melakukan penerbangan dari/ke/antar wilayah di Pulau Jawa dan Pulau Bali yang telah melakukan vaksin secara lengkap bisa melampirkan hasil tes Antigen yang berlaku 1 x 24 jam. Tapi, jika penumpang baru melakukan vaksin dosis pertama, harus melampirkan hasil tes PCR yang berlaku 3 x 24 jam.

Itulah tadi timeline kebijakan PCR sebagai syarat penerbangan terbaru berubah-ubah yang dirangkum dari detikcom. Nah, persyaratan seputar PCR dan Antigen untuk melakukan penerbangan sudah jelas kan? Ternyata, persyaratan untuk naik pesawat tidak hanya itu. Ada lagi beberapa persyaratan yang wajib untuk kamu penuhi sebelum melakukan penerbangan. Apa saja? Berikut adalah daftarnya.

1. Melakukan Vaksinasi

Melakukan Vaksinasi
mediaindonesia.com

Selain wajib menunjukkan hasil tes negatif Covid-19 dengan PCR atau Antigen, syarat penerbangan terbaru juga wajib melakukan vaksinasi minimal dosis pertama. Kamu cukup siapkan aplikasi Peduli Lindungi di smartphone kamu dan scan barcode disana.

Penumpang yang telah melakukan vaksin secara lengkap, wajib melampirkan hasil tes Antigen. Namun, jika kamu baru mendapatkan vaksin dosis pertama, kamu wajib untuk melampirkan hasil tes PCR.

Jika kamu memiliki kondisi kesehatan khusus dan mendapatkan pengecualian, kamu bisa menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah yang menyatakan belum atau tidak bisa mengikuti vaksin.

Gotravelly

Picnic Cafe, Tawarkan Sensasi Piknik Di Tengah Kota Sidoarjo

Alas Simpenan, Puncu, Wana Wisata Dari Kediri

2. Mematuhi Protokol Kesehatan

Mematuhi Protokol Kesehatan
klikdokter.com

Syarat penerbangan terbaru yang satu ini tidak bisa dibilang paling baru juga, karena syarat yang satu ini adalah sebuah kewajiban yang wajib diikuti siapapun saat hendak bepergian keluar rumah.

Protokol kesehatan 3M ini adalah memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan juga mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer. Pemakaian masker ini juga harus dengan benar, artinya masker harus menutupi hidung dan mulut.

3. Diperbolehkan Membawa Anak dibawah Usia 12 Tahun

Diperbolehkan Membawa Anak dibawah 12 Tahun
blog.pergi.com

Setelah sebelumnya diberlakukan larangan untuk anak dibawah 12 tahun naik pesawat, kini syarat penerbangan terbaru memperbolehkan anak dibawah usia 12 tahun untuk naik pesawat.

Hal tersebut tentunya dengan syarat didampingi oleh orang tua/keluarga yang dibuktikan dengan kartu keluarga dan memenuhi tes Covid-19 sesuai aturan bandara keberangkatan dan tujuan.

4. Dilarang Berbicara

Dilarang Berbicara
theconversation.com

Selama melakukan penerbangan, penumpang dilarang berbicara secara langsung ataupun melalui telepon. Hal ini menjaga agar tidak terjadi penularan virus Covid-19 di dalam pesawat.

Syarat penerbangan terbaru ini sebenarnya cukup sulit dilakukan, namun kamu bisa melakukannya dengan berbicara sejarang mungkin dan harus tetap mengenakan masker jika harus berbicara kepada cabin crew.

5. Dilarang Makan dan Minum

Dilarang Makan dan Minum
eater.com

Syarat penerbangan terbaru yang wajib untuk kamu patuhi berikutnya adalah larangan makan dan minum selama di pesawat. Tapi kamu tenang saja karena larangan ini untuk penerbangan kurang dari 2 jam. Hal ini juga dikecualikan bagi penumpang yang wajib untuk mengonsumsi obat tertentu di jam tertentu.

Itulah syarat penerbangan terbaru yang patut untuk kamu ketahui sebelum melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat. Agar perjalanan kamu semakin menyenangkan dan terasa nyaman, berikut ini kami bagikan tips untuk kamu yang akan bepergian dengan pesawat saat pandemi.

1. Cari tiket pesawat yang mencakup tes Covid-19

Cari Tiket yang Mencakup Tes Covid-19
money.kompas.com

Kamu bisa membeli tiket pesawat di aplikasi online yang terdapat keterangan termasuk tes antigen. Ini juga membantu menghemat biaya tiket karena kamu tidak perlu membayar tes antigen lagi. Jika tidak ada, kamu juga bisa mencari maskapai yang melayani tes covid-19 dengan harga yang lebih terjangkau.

2. Datang lebih awal

Datang Lebih Awal
usatoday.com

Agar tidak terburu-buru, datanglah lebih awal ke bandara dari jam keberangkatan. Kamu bisa melakukan tes covid-19 terlebih dahulu sebelum melakukan penerbangan. Hal ini juga agar kamu tidak terburu-buru untuk melakukan tes karena harus mengantri.

3. Check in secara online

Check in Secara Online
currentartisan.com

Terkait check in, kamu bisa melakukan online check in untuk menghindari kerumunan dengan penumpang lain yang juga mengantri. Online check in juga bisa mempercepat proses menuju gate tanpa mengantri dan bisa menghindari kerumunan dengan penumpang lainnya yang mungkin tidak menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

4. Persiapkan berkas syarat penerbangan di tas yang berbeda

Syarat Penerbangan
tirto.id

Tips melakukan penerbangan saat PPKM berikutnya adalah menyiapkan berkas penerbangan di tas yang berbeda. Pisahkan barang-barang kamu dan berkas syarat penerbangan terbaru agar memudahkan kamu saat diperiksa oleh petugas bandara.

Berkas yang wajib untuk kamu bawa antara lain ktp atau identitas lainnya, tiket, boarding pass, hasil tes Covid-19 dan sertifikat vaksin. Selain membawa hard copy, kamu juga wajib mempersiapkan berkas-berkas tersebut dalam bentuk soft copy. Untuk memudahkan, kamu cukup unduh aplikasi Peduli Lindungi yang telah terintegrasi dengan sertifikat vaksin kamu juga hasil tes Covid-19.



Leave a Reply