Wisata

Rekomendasi Tempat Snorkeling di Jogja dengan Spot Indah

Kegiatan seru dan menantang bagi pecinta dunia laut salah satunya adalah snorkeling. Jogja punya spot snorkeling menarik yang tak kalah dengan Raja Ampat dan lokasi lainnya di Indonesia. Berikut rekomendasi tempat snorkeling di Jogja dengan view terbaik:

Wisata Snorkeling di Jogja

unsplash.com

1.   Pantai Drini

Pertama kamu bisa datang ke Pantai Drini yang menjadi andalan bagi pengunjung pantai di Gunung Kidul. Bukan hanya terkenal di Indonesia, keindahan Pantai Drini bahkan dikenal masyarakat dunia. Area pantainya tidak terlalu luas tapi pemandangan alamnya sangat keren.

Terdapat jasa operator untuk kamu yang ingin menyelami biota laut. Agar lebih aman kamu bisa menggunakan jasa guide untuk menemani ke kedalaman air laut. Untuk sewa semua peralatan di sini teresedia lengkap bahkan sampai kamera untuk berfoto ria.

Alamat Pantai Drini Banjarejo, Kec.Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul Yogyakarta.

Biaya paket sewa peralatan lengkap Rp50.000 belum termasuk guide. Tapi pada saat memasuki area pantai kamu waji membayar Rp10.000 tepatnya di pos retribusi. Selain Drini kamu juga menikmati keindahan pantai lain di dalamnya salah satunya Pantai Indrayanti

2.   Pantai Slili

Berada dalam satu kawasan bersama Pantai Sadranan, Pantai Slili sangat direkomendasikan untuk kamu. Ada tiga pantai mungil mempesona yang mana luas pantainya sampai 100 meter persegi. Saking mungilnya area pantai bahkan jarang orang menyadari keindahannya.

Mulai dari pasir putih yang halus lalu gazebo di sekitar pantai yang bisa dijadikan tempat istirahat usai snorkeling. Ombak di Pantai Silli tergolong aman untuk berenang dan tidak terlalu membahayakan. Silahkan pilih snorkeling di Jogja ke Pantai Slili jika tidak ingin banyak orang datang.

Alamat Pantai Slili di Pulegundes, Sidoharjo Tepus, Pule Gundes II, Kab. Gunung Kidul.

Biaya paket sewa peralatan lengkap dan snorkeling Rp50.000 sudah lengkap dengan guide dan foto bawah air. Tapi ketika masuk ke pantai kamu harus membayar Rp10.000 dan tambahan parkir sesuai jenis kendaraan.

3.   Pantai Nglambor

Ketiga ada Pantai Nglambor yang keindahannya juga tak bisa digambarkan dengan kata. Wisatawan jelas tidak asing lagi dengan snorkeling di Pantai Nglambor. Bagi kamu yang suka dengan suasana pantai ramai maka bisa datang ke sini.

Ombak pantai cenderung landai lalu airnya juga jernih sehingga jadi daya tarik untuk siapa saja pengunjung. Selain aktivitas snorkeling kamu juga bisa menggunakan perahu sampai ke tengah laut. Terdapat pulau yang bentuknya mirip kura-kura raksasa di sana.

Ketika berada di Nglambor maka kamu berada di tengah-tengah antara Pantai Jogan dan Siung. Bagi masyarakat Gunung Kidul tentu sudah tidak asing lagi dengan kehadiran dua pantai di atas. Karena letaknya langsung berbatasan dengan Samuder Hindia, kegiatan snorkeling bisa lebih nyaman.

Alamat Pantai Nglambor di Kel.Purwodadi, Kec.Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Biaya paket sewa snorkeling Rp50.000 sudah termasuk pemandu hingga tempat tunggu. Biaya masuk pantai yakni Rp6.000 ditambah dengan biaya parkir di sana.

4.   Pantai Wedi Ombo

Berikutnya ada Pantai Wedi Ombo yang juga tak kalah terkenalnya dengan tiga pantai sebelumnya. Di pinggir pantai terdapat kolam renang alami yang terbentuk karena kehadiran karang besar. Kamu bisa menikmati snorkeling di Jogja dengan jarak yang tidak terlalu jauh dari pantai.

Paket snorkeling yang bisa kamu nikmati di sini benar-benar menakjubkan. Kamu akan diajak untuk leluasa menikmati keindahan pinggir pantai sampai dengan kedalaman pantai. Paket snorkeling Pantai Wedi Ombo juga tergolong terjangkau dari paket pantai lain.

Alamat Pantai Wedi Ombo di Jepitu, Kec.Girisubo, Kab.Gunung Kidul, Yogyakarta.

Biaya paket sewa snorkeling Rp50.000 lengkap dengan foto atau dokumentasi bawah air. Harga tiket masuk pantai Rp5.000 per orang dengan parkir sampai Rp4.000.  Terdapat sewa motor trail sampai tenda untuk menginap di area pantai.

unsplash.com

5.   Pantai Sadranan

Sudah sempat ada pembahasan sekilas tentang area Pantai Sadranan sebelumnya, pantai ini memang terkenal. Tidak perlu menyelam ke dalam, kamu sudah bisa melihat pesisir pantai yang sangat keren. Pantainya putih serta airnya biru jernih sehingga menarik kamu untuk menyelam.

Di sekitar pantai terdapat banyak jasa yang menawarkan paket snorkeling. Kamu bisa cari infonya melalui warga sekitar agar dibimbing langsung kepada jasa terbaik.

Ada beberapa spot di Sadranan yang cocok untuk snorkeling yakni Watu Pecah dan Kali Senggoro. Dua spot tersebut menyuguhkan biota laut lucu hingga terumbu karang mempesona. Karena jarang terjamah manusia maka suasananya masih sangat asri.

Alamat Pantai Sadranan di Pule Gundes II, Sidoharjo, Kec.Tepus, Kab.Gunung Kidul, Yogyakarta.

Paket sewa snorkeling di Pantai Sadranan mulai dari Rp25.000 selama dua jam. Jika ingin mendapat dokumentasi foto bawah air maka cukup menambah Rp10.000 saja. Biaya belum termasuk dengan tiket masuk dan parkir.

6.   Sentra Selam Jogja

Selanjutnya ada snorkeling di Jogja yang tak kalah menarik yakni Sentra Selam Jogja. Kegiatan penyelaman yang ditawarkan lebih mengarah pada rasa cinta terhadap alam yang tinggi. Mulai dari pelajar sampai dengan peneliti diizinkan untuk menyelam dari sini.

Keindahan ekosistem pantai, terumbu karang, penyelam akan diajak untuk meningkatkan kesadaran akan alam. Terdapat trip ekosistem yang bisa diambil paketnya selain dari paket snorkeling. Layanan kursus juga disediakan di sini dari mulai kategori juniornya.

Sentra Selam Jogja merupakan suatu jasa yang menyediakan paket snorkeling. Lokasinya kamu bisa memilih dari enam rekomendasi snorkeling di Jogja yang ada di sini.

Alamat Sentra Selam Jogja ada di Jl.Pandega Marta No.52, Manggung, Caturtunggal, Kec.Depok, Kab. Sleman.

Biaya snorkeling mulai dari Rp50.000 dan disarankan mengambil paket lebih dari satu orang agar lebih terjangkau. Tapi jika ingin mengambil paket kursus sampai sertifikat biayanya jauh di atas angka tersebut.

7.   Pantai Siung

Terakhir ada Pantai Siung yang masih tergolong baru menjadi tempat snorkeling di Jogja. Karena masih baru maka jarang wisatawan tahu bahwa Pantai Siung menyediakan snorkeling. Mayoritas wisatawan justru menikmati pemandangan lain seperti keindahan alam bahkan sampai uji adrenalin dengan panjat tebing.

Aktivitas lain yang bisa kamu lakukan adalah camp bersama keluarga. Sewa tenda dan juga tempatnya langsung ke pengelola Pantai Siung bisa kamu lakukan. Hotel di sekitar pantai juga ada, jadi tidak perlu pusing cari tempat menginap setelah snorkeling. Biasanya wisatawan tidak puas jika ke Pantai Siung hanya satu hari karena banyak wahana di sana.

Alamat Pantai Siung di Ds.Purwodadi, Kec.Tepus, Kab.Gunung Kidul, Yogyakarta

Biaya masuk ke pantai Rp3.000, parkir Rp2.000-Rp5.000 sesuai jenis kendaraan. Paket snorkeling mulai dari Rp50.000 dan diperbolehkan membawa alat sendiri jika ada.

Itulah lokasi snorkeling di Jogja yang bisa kamu pilih ketika ingin melakukan kegiatan berkaitan dengan laut. Semua pantai di Jogja yang menyuguhkan paket snorkeling punya keunggulan masing-masing. Akan lebih baik jika memilih lokasi yang areanya menyatu dengan pantai lain.

source: https://www.youtube.com/@riasukmawijaya

Ingin mendapat informasi menarik lainnya? yuk, cek GoTravelly! Selain ada beragam informasi seputar wisata yang menantimu, kamu juga dapat membagikan pengalaman perjalananmu yang beragam untuk diketahui dunia di sini.

Rio Handika

Test Test

Recent Posts

11 Wisata Dekat Stasiun Gambir yang Recommended!

Siapa yang sudah merencanakan liburan seru ke Jakarta naik kereta api? Pasti asyik nih! Nah,…

4 months ago

16 Tempat Wisata Dekat Stasiun Sudirman, Spot Instagramable

Tahukah kamu bahwa terdapat tempat wisata dekat Stasiun Sudirman yang bisa kamu kunjungi?. Lokasi di…

4 months ago

15 Wisata Dekat Stasiun Bogor, Menakjubkan!

Jika naik kereta ke Bogor, pernahkan kamu merasa ingin mampir ke tempat wisata terdekat?. Banyak…

4 months ago

13 Hidden Gems Solo Terbaik yang Recommended!

Cari tempat -tempat Hidden gems di Solo yang menarik, memang cukup seru. Tidak jarang juga…

4 months ago

10 Restoran di Bogor, Cocok Untuk Keluarga!

Restoran di Bogor - Ada banyak tempat kuliner yang tentu saja dapat kamu pilih. Namun,…

4 months ago

10 Kue Kering Terenak di Dunia, Cobain yuk!

Tak sekadar makanan atau minuman saja yang memiliki kategori terenak dan favorit loh, ternyata ada…

4 months ago