Jelajahi 10 Tempat Wisata di Ipoh, Malaysia Yang Menyenangkan


Reni  October 3, 2019  0 Comment

Liburan merupakan sebuah aktivitas dimana anda lakukan untuk melepas rasa penat dan juga bosan karena pekerjaan dan juga sibuknya aktivitas. Tidak hanya dalam negeri saja, anda juga bisa berlibur ke luar negeri, contohnya Malaysia. Di suatu daerah terdapat tempat wisata di Ipoh yang tentunya menyajikan tempat yang nyaman dan juga tidak mahal, Ipoh juga kota di Malaysia yang sibuk.

Karena menjadi tempat transit yang lokasinya berada diantara Kuala Lumpur dan Penang. Berawal dari daerah kolonial Inggris, saat ini sudah berkembang dan menjadi kota yang memiliki pesona kuno dan fasilitas modern yang indah. Faktor yang menguatkan tempat ini menjadi destinasi liburan adalah memiliki pedagang kaki lima yang cukup banyak. Cocok bagi anda yang suka dengan wisata kuliner. Tempat Wisata di Ipoh yang Terkenal dan Menarik

1. Ipoh Town Hall

Ipoh Town Hall

Ciri khas dari tempat ini adalah memiliki gaya klasik yang masih terjaga yang dirancang oleh AB Hubback sekaligus perancang stasiun Ipoh. Dahulu tempat ini dimanfaatkan untuk kantor pos dan telegraf, namun karena kemajuan zaman fungsi itu sudah dialihkan sebagai tempat konser dan juga tempat pernikahan. Tentu saja Ipoh Town Hall wajib anda kunjungi ketika mampir ke kota Ipoh.

Gotravelly

Menikmati Pemandangan Dari Sky Bridge Fenomenal Pulau Langkawi

Genting Highland And Sky Avenue Casino Genting

2. Lost Word of Tambun

Lost Word of Tambun

Berada di daerah Sunway Tambun yang sedikit jauh dari kota Ipoh. Di tempat wisata ini terdapat banyak wahana air yang menarik dan tentunya unik. Disini anda bisa mencoba wahana Tube Raider yang memberikan kejutan dari tabung air raksasa dan juga Cliff Racer yang memberikan ketegangan bagi siapapun yang mencobanya.

3. Tambun Hot Spring

Tambun Hot Spring

Jika anda mencari tempat untuk bersantai dengan air hangat, Tambun Hot Spring lah tempatnya. Disini anda bisa memanjakan diri anda sambil berandam di sumber air panasnya langsung. Tempat wisata ini cocok bagi anda yang hobi berenang dengan suasana alamnya yang masih terjaga. Tempat ini juga dipercaya dapat mengobati penyakit yang dialami oleh orang tua, khususnya rematik mudah pegal.

4. Taman Rekreasi Gunung Lang

Taman Rekreasi Gunung Lang

Masih di wilayah Ipoh ternyata masih tersimpan pesona alam yang masih terjaga. Salah satunya Taman Rekreasi Gunung Lang yang jaraknya cukup dekat dengan kota Ipoh. Di tempat ini memiliki suasana yang tenang dengan pemandangan danau yang indah. Dengan mengeluarkan RM 45 anda sudah bisa menaiki perahu yang sudah disediakan sambil menyusur luasnya danau dan taman ini.

Banyak juga pengunjung lokal maupun asing yang datang hanya untuk sekadar berfoto karena memiliki pemandangan yang asri. Ketika berkunjung kesini anda bisa melihat berbagai tumbuhan yang tumbuh besar.

5. Istana Kellie’s Castle

Istana Kellie’s Castle

Istana megah ini berada di Kawasan Batu Gajah dan terbilang agak jauh dari pusat kota. Salah satu tempat wisata Ipoh ini merupakan sebuah bangunan tua yang memiliki banyak cerita di dalamnya. Sekilas tampilan bangunan ini terlihat seram dan angker, namun tidak dengan kenyataannya yang selalu ramai pengunjung, khususnya hari libur dengan para wisatawan asing maupun dalam negeri.

Banyak sekali ruangan yang bisa anda kunjungi ketika berkunjung ke tempat ini. salah satunya ruangan khusus yang ada di bawah tanah. Dan juga ruangan tempat para anggota kerajaan melakukan rapat.

6. Taman D.R. Seevinasagam

Taman D.R. Seevinasagam

Lokasinya berada di pusat kota Ipoh sehingga sangat cocok bagi anda yang ingin bersantai ditemani udara yang segar sambil menikmati pemandangan yang indah. Taman ini memiliki danau kecil yang memiliki arena bermain untuk anak sehingga cocok untuk bersantai bersama keluarga. Tidak jauh dan masih area taman terdapat lapangan sepak bola yang bisa anda manfaatkan sebagai sarana olahraga.

Anda tidak akan dikenakan biaya ketika berkunjung ke taman ini karena memang fasilitas ini ada untuk masyarakat. Tidak hanya untuk warga lokal saja, tetapi turis asing juga boleh berkunjung kesini, termasuk anda.

7. Birch Memorial Clocktower

Birch Memorial Clocktower

Terdapat di Ipoh dan merupakan salah satu Menara jam yang dibangun pada tahun 1090. Pembuatan Menara jam ini untuk mengenai James WW Birch yang dibunuh oleh kepala suku melayu, yaitu Muziu Darul Ridzuan. Bisa dibilang tempat ini memiliki cerita sejarah yang cukup panjang dan menarik apabila di ikuti sejak awal. Cocok bagi anda yang gemar mencari tahu mengenai informasi sejarah itu.

Terletak di alun – alun Kota Tua ipoh, Menara ini memiliki 4 sisi yang berdiri di depan Masjid Negara Ipoh. Memiliki empat patung struktur putih yang mewakili keempat pilar pemerintahan di Inggris.

8. Sri Mariaman Kovil

Sri Mariaman Kovil

Salah satu kuil umat Hindu yang berada di Ipoh. Banyak wisatawan yang melihat berbagai kegiatan keagamaan yang biasa dilakukan oleh para umat Hindu yang berada di Ipoh. Sesuai dengan namanya, Kuil ini memuja dewa utamanya Mariamman. Hal ini dilansir dari berbagai sumber, Mariaman berasal dari bahasa Tamil yang Mari berarti hujan, dan Amman adalah ibu.

Dalam kepercayaan setempat, Mariaman disembah oleh penduduk Tamil kuno yang membawa hujan, kemakmuran, dan dianggap mampu menyembuhkan penyakit seperti kolera dan cacar. Dibangun sejak 1905 yang berdiri di dekat Teater Majestic.

9. Pasar Pagi Ipoh

Pasar Pagi Ipoh

Di tempat banyak menjual barang – barang bekas, seperti peralatan elektronik, peralatan dapur, handphone bekas, dan juga banyak pakaian. Tidak hanya barang bekas saja yang ada disini, tetapi juga banyak barang baru yang bisa anda beli disini. Pasar Pagi Ipoh hanya buka pada hari minggu saja pukul 7 pagi sampai 1 siang saja.

Lokasi tempat ini pun terbilang cukup strategis dimana berada di pusat kota dan dapat di akses dari mana saja. Kekurangan dari tempat ini hanyalah di tempat yang terbuka sehingga anda harus rela berpanas – panasan dan juga bersaing dengan para turis untuk mendapatkan barang.

10. Kek Lok Tong

Kek Lok Tong

Dan yang terakhir ada Kek Lok Tong, merupakan sebuah kuil Buddha yang berada di sebuah gua gunung yang rapat. Disini para wisatawan bisa melihat kompleks kuil yang terdiri dari beberapa altar utama dengan tampilan para dewa  – dewa dari China. Di areal ini juga berkeliaran banyak monyet dengan tingkah laku yang lucu dan juga mengemaskan.

Di Kawasan sekitar gua juga terdapat kolam dengan patung dewi Quan Yin dengan posisi anggun sambil berdiri. Anda bisa melewati Jalan Raya Musa dari Jalan Gopeng. Kek Lok Tong bua setiap hari mulai pukul 07.00 sampai 18.00.

Jika anda berlibur ke negara Malaysia, jangan lupa sempatkan mampir tempat wisata di Ipoh. Karena selain memiliki banyak tempat yang bisa anda kunjungi, disini juga anda bisa mendapatkan liburan sesuai dengan budget yang anda inginkan. Tentu saja setiap yang akan anda kunjungi memiliki ciri khas dan juga sejarah yang berbeda, sehingga kan menarik jika anda telusuri sambil berjalan disana.



Leave a Reply