8 Makanan Khas Kepulauan Karibia Kelezatannya Menggetarkan Lidah


Fida  June 1, 2022  0 Comment

Kepulauan Karibia merupakan kawasan yang terletak di bagian barat daya Venezuela dan masuk ke dalam benua Amerika. Karena lokasinya yang merupakan kepulauan, maka tidak heran jika Karibia dikenal akan keindahan alam yang menakjubkan. Tetapi tidak hanya itu, lokasinya yang berdekatan dengan laut juga menjadikan Karibia memiliki berbagai makanan khas dengan cita rasa hidangan laut yang sangat menarik untuk dicoba. Ada banyak sekali pilihan makanan khas kepulauan Karibia yang sangat menggugah selera dan populer di kalangan masyarakat lokal maupun wisatawan. Tidak perlu bingung menentukan pilihan kuliner yang dapat dicoba, inilah daftar 8 rekomendasi kuliner khas Kepulauan Karibia yang sayang untuk dilewatkan.

1. Jerk Chicken

jerk chicken
seriouseats.com

Jerk Chicken dikenal sebagai salah satu makanan khas kepulauan Karibia yang cukup populer. Hidangan yang satu ini dikenal menawarkan perpaduan rasa pedas manis. Saat mencoba Jerk Chicken, kamu akan dimanjakan dengan cita rasa Jamaika.

Hidangan yang satu ini dibuat dari daging ayam yang di gosok kering kemudian dimarinasi dengan berbagai bumbu khas. Setelah bumbu meresap, adalah dengan cara membakar ayam hingga matang sempurna. Saat berkunjung ke kepulauan Karibia, Jerk Chicken akan sangat mudah kamu jumpai dan kamu coba khususnya di tempat makan dekat pantai. Menikmati hidangan yang satu ini tentu sangat cocok sembari menikmati matahari terbenam.

GoTravelly

Kuliner Legendaris Sejak 1960 : Kethan Merdeka Jombang

Sate Karak, Kuliner Legendaris Surabaya Yang Nyaris Punah

2. Pepperpot

pepperpot
chatelaine.com

Rekomendasi makanan khas Kepulauan karibia berikutnya yang tidak kalah menarik untuk kamu coba adalah Pepperpot. Pepperpot merupakan hidangan yang dibuat dengan menggunakan bahan utama daging sapi atau buntut babi. Bahan utama terlebih dahulu direbus dan ditambahkan dengan berbagai bumbu serta rempah. Beberapa bahan lainnya yang digunakan untuk membuat hidangan ini diantaranya terong, kentang, labu, dan juga okra.

Cassareep menjadi salah satu bumbu yang dikenal sangat khas pada hidangan ini. Cassareep merupakan saus coklat yang dibuat dengan menggunakan bahan singkong serta bumbu rempah. Selain itu, Pepperpot juga ditambahkan dengan bumbu lainnya seperti gula merah dan kayu manis. Dilihat dari tampilannya saja, hidangan yang satu ini tampak menggugah selera bukan?

3. Cuban Sandwich

Makanan Khas Kepulauan Karibia
id.wikipedia.org

Pernahkah kamu mendengar sebutan hidangan Cuban Sandwich? Cuban Sandwich merupakan salah satu makanan khas kepulauan Karibia yang populer dan menggugah selera. Sesuai dengan namanya, hidangan yang satu ini merupakan sandwich atau tumpukan roti putih dengan isian yang cukup beragam seperti daging babi panggang, ham, keju, serta pelengkap yakni acar dan mustard.

Sebelum diolah menjadi sandwich, babi terlebih dahulu dimarinasi menggunakan beberapa bahan seperti minyak zaitun, jus jeruk, rempah-rempah, serta bumbu lainnya. Setelah semua bumbu meresap, daging babi kemudian dipanggang dan siap digunakan sebagai isian sandwich. Roti serta bahan lainnya yang telah disusun kemudian dipres dan dipanggang. Saat mencobanya, kamu tentu akan dibuat ketagihan oleh lezatnya sandwich yang satu ini.

4. Conch Fritters

conch fritters
id.pinterest.com

Tidak kalah menggugah selera dengan makanan khas kepulauan Karibia lainnya, Conch Fritters juga menjadi salah satu menu yang sayang untuk tidak kamu coba. Hidangan yang satu ini dibuat menggunakan bahan utama moluska laut yang bercangkang atau biasa disebut keong atau siput. Conch Fritters dibuat dengan cara mencacah daging kemudian ditambahkan dengan berbagai bumbu khas.

Sebelum digoreng, daging yang telah dicincang kemudian dibentuk seperti adonan. Hidangan yang satu ini biasa disajikan dengan cocolan saus untuk menambah cita rasa lezat dan menggugah selera.

5. Mofongo

mofongo
tablespoon.com

Mofongo dikenal sebagai salah satu rekomendasi makanan khas kepulauan Karibia yang populer dan menarik untuk kamu coba. Makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama pisang raja yang masih berwarna hijau. Pisang tersebut kemudian diolah dengan cara dihaluskan dan dicampur dengan kulit babi. Beberapa bahan lainnya yang dibutuhkan untuk membuat hidangan ini diantaranya bawang putih serta chicharon.

Bahan-bahan yang digunakan dihaluskan dengan menggunakan alat tradisional yang disebut dengan mortar dan alu. Mofongo biasa disajikan bersama dengan pelengkap seperti daging, sayuran, serta kaldu ayam. Bagaimana, sangat menggugah selera bukan?

6. Coucou dan Ikan Terbang

coucou dan ikan terbang
idntimes.com

Tidak perlu bingung menentukan pilihan makanan khas kepulauan Karibia yang bisa kamu coba, kamu dapat menikmati lezatnya coucou dan ikan terbang. Hidangan yang satu ini dikenal sangat khas dan mudah dijumpai di kawasan kepulauan Karibia. Coucou dan ikan terbang dibuat menggunakan bahan-bahan yang segar.

Ikan terbang yang telah dikukus dan dimasak menggunakan tambahan rempah-rempah kemudian dipadukan bersama dengan coucou. Coucou adalah tepung jagung yang dimasak menggunakan okra dan air. Hidangan yang satu ini Tentu sayang untuk kamu lewatkan saat berkunjung ke kepulauan Karibia. Karena kelezatannya, coucou dan ikan terbang tidak hanya banyak diminati oleh masyarakat lokal saja tetapi juga banyak diburu oleh wisatawan.

7. Crab and Callaloo

crab and callaloo
findyello.com

Rekomendasi makanan khas kepulauan Karibia berikutnya yang tidak kalah menarik untuk kamu coba adalah Crab and Callaloo. Hidangan yang satu ini dibuat menggunakan bahan utama callaloo. Callaloo merupakan sayuran yang mirip dengan bayam atau kangkung. Sayuran ini juga biasa dimasak menggunakan santan serta rempah-rempah lainnya.

Sesuai dengan namanya, crab and callaloo merupakan hidangan yang menyuguhkan perpaduan antara kepiting dan sayur callaloo. Okra dan paprika menjadi pelengkap yang pas untuk menikmati hidangan yang satu ini. Saat berkunjung ke kepulauan Karibia, jangan lewatkan untuk mencoba lezatnya yang satu ini ya!

8. Kabritu Stoba

kabritu stoba
tastetheislandstv.com

Masih ada lagi rekomendasi makanan khas kepulauan Karibia yang sayang untuk tidak kamu coba yakni Kabritu Stoba. Kabritu Stoba merupakan merebus yang dikenal memiliki bau khas yakni wangi cengkeh. Hidangan yang satu ini biasa disajikan bersama dengan nasi atau kacang-kacangan khas Karibia.

Selain menggunakan daging kambing sebagai bahan utamanya, hidangan yang satu ini juga menggunakan bagian kepala serta kaki kambing atau domba. Daging diolah dengan cara ditambahkan bumbu berupa bawang, tomat, jalapeno, dan lain-lain. Oleh karena itu tidak heran jika hidangan yang satu ini memiliki cita rasa yang apa kabar dan menggugah selera.

Nah itulah daftar 8 rekomendasi makanan khas kepulauan Karibia yang dikenal lezat dan menggugah selera. Kamu tentu dapat dengan mudah menjumpai berbagai kuliner khas tersebut di beberapa restoran atau tempat makan di Karibia. Menikmati lezatnya kuliner khas kepulauan Karibia bersama dengan indahnya pemandangan alam yang ditawarkan tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba. Bagaimana, tertarik untuk mengunjungi Kepulauan Karibia dan mencoba berbagai hidangan lezatnya?



Leave a Reply