7 Wisata di Bandung Barat yang Hits dan Kekinian


Fida  November 25, 2022  0 Comment

Menghabiskan waktu berlibur dengan mengunjungi destinasi wisata tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba. Bandung Barat merupakan salah satu daerah yang menawarkan banyaknya pilihan wisata. Oleh karena itu, tidak heran jika Bandung Barat kerap menjadi tujuan wisatawan untuk menghabiskan waktu berlibur. Bagi kamu yang berencana datang dan menghabiskan waktu berlibur di Bandung Barat, inilah daftar 7 rekomendasi wisata di Bandung Barat yang menarik untuk kamu datangi. 

1. Sungai Cikahuripan

sungai cikahuripan
jurnalsoreang.pikiran-rakyat.com

Jika berencana mengunjungi salah satu destinasi wisata di Bandung Barat, tidak ada salahnya jika kamu datang ke Sungai Cikahuripan. Bukan seperti sungai biasa, Sungai Cikahuripan dikenal indah dengan adanya tebing tebing terjal di bagian tepinya. Karena adanya tebing-tebing tersebut, tidak heran jika sungai ini kerap disebut dengan Grand Canyon-nya Bandung Barat. 

Sungai yang satu ini memiliki aliran dari anak Sungai Citarum Purba. Alirannya yang mengikis bebatuan akhirnya membentuk ngarai curam. Meskipun curam, area ini justru terlihat estetik dan instagramable. Perairan yang jernih serta tebing tebing indah menjadi salah satu spot favorit pengunjung saat datang ke Sungai Cikahuripan. 

Jika ingin mengunjungi indahnya Sungai Cikahuripan, kamu dapat langsung menuju ke Kampung Panyusupan, Desa Barangsiang, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat. Pengunjung yang datang akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000,- per orang. Tidak hanya dapat berfoto, pengunjung juga dapat bersantai hingga bermain air. Seru sekali, ya?

Gedung Sate: Ikon Kota Bandung Yang Bersejarah

Warung Kopi Gunung, Tawarkan Sensasi Ngopi Di Tengah Hutan Pinus

2. Curug Ngebul Cisitu

curug ngebul cisitu
tempatwisatadibandung.info

Selain Sungai Cikahuripan, rekomendasi wisata di Bandung Barat berikutnya yang tidak kalah menarik untuk kamu kunjungi adalah Curug Ngebul Cisitu. Destinasi wisata yang satu ini dikenal menawarkan suasana yang masih sangat alami. Kamu dapat mengunjungi Curug Ngebul Cisitu di kawasan Cisitu, Sindangjaya, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat. 

Pengunjung perlu mempersiapkan kondisi tubuh yang fit sebelum memutuskan untuk datang ke Curug Ngebul Cisitu. Untuk tiba di lokasi air terjun, kamu perlu berjalan kaki melewati trek yang terbilang panjang dan cukup melelahkan. Tetapi kamu tidak perlu khawatir karena rasa lelah ternyata sepadan dengan indahnya pemandangan yang disuguhkan. Pengunjung akan dibuat takjub dengan keindahan air terjun dengan tinggi kurang lebih 20 meter ini. 

Curug Ngebul Cisitu memiliki aliran air yang deras dan jernih. Tidak hanya dapat menikmati pemandangan indah dan memanjakan mata, kamu juga dapat mencoba berbagai aktivitas seru seperti berfoto hingga bermain air dan berenang di bawah aliran air terjun. Menghabiskan waktu berlibur dengan mengunjungi Curug Ngebul Cisitu tentu akan membuat liburanmu semakin berkesan. 

3. Sanghyang Heuleut

sanghyang heuleut
kumparan.com

Beberapa dari kamu mungkin masih asing dengan sebutan wisata Sanghyang Heuleut. Sanghyang Heuleut merupakan salah satu destinasi wisata di Bandung Barat yang dapat kamu kunjungi di kawasan Cipanas, Kecamatan Cipatat. Destinasi wisata yang satu ini menyuguhkan jernihnya danau serta indahnya tebing dan bebatuan. 

Jika kamu pernah mendengar cerita legenda mengenai para bidadari yang turun dari kahyangan kemudian mandi di sebuah danau, Sanghyang Heuleut-lah tempatnya. Cerita legenda tersebut tentu menjadi daya tarik tersendiri dan berhasil membuat wisatawan penasaran untuk mengunjungi indahnya danau ini. 

Di Sanghyang Heuleut, pengunjung dapat bersantai dan menikmati indahnya pemandangan, mengabadikan momen dengan berfoto, hingga mencoba bermain air dan berenang. Jika ingin menguji adrenalin, kamu dapat mencoba sensasi melompat dari tebing ke arah danau. Berani untuk mencobanya? 

Meskipun dikenal menyuguhkan pemandangan indah dan menakjubkan, tetapi harga tiket masuk Sanghyang Heuleut terbilang cukup terjangkau, yakni sekitar Rp 10.000,- per orang. 

4. Curug Malela

curug malela
regional.kompas.com

Curug Malela merupakan salah satu dari banyaknya wisata di Bandung Barat yang menarik untuk dikunjungi. Destinasi wisata yang satu ini dikenal dengan sebutannya yakni Niagara Bandung Barat. Kamu dapat mengunjungi Curug Malela di kawasan Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat.

Meskipun dikenal indah hingga disebut Niagara, tetapi Curug Malela menawarkan biaya tiket masuk yang terbilang cukup terjangkau yakni sekitar Rp 10.000,- per orang. Dengan tinggi mencapai 70 meter dan lebar 50 meter, Curug Malela menyuguhkan pemandangan memukau yang mampu menarik perhatian wisatawan. 

Curug Malela menyuguhkan perairan yang bersih dan jernih. Pengunjung dapat bersantai hingga berenang di bawah air terjun. Meskipun memiliki akses jalan yang belum memadai, tetapi hal itu tidak menyurutkan niat wisatawan untuk datang dan menghabiskan waktu berlibur di Curug Malela. Saat ingin mengunjungi salah satu wisata di Bandung Barat, tidak ada salahnya jika kamu datang dan menghabiskan waktu di Curug Malela. 

5. Stone Garden Bandung

stone garden bandung
tribunnews.com

Stone Garden Bandung menjadi salah satu destinasi wisata di Bandung Barat yang populer dan menarik untuk kamu datangi. Wisata yang satu ini berlokasi di kawasan Gunung Masigit, Citatah, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Pengunjung harus menempuh perjalanan dengan sedikit mendaki untuk tiba di lokasi Stone Garden Bandung. 

Stone Garden Bandung dikenal dengan pemandangannya yang khas yakni adanya batu batu yang tercecer secara alami. Adanya bebatuan yang berpadu dengan hamparan penghijauan dan perbukitan menjadikan Stone Garden Bandung ramai didatangi wisatawan. Udaranya yang segar juga menjadikan pengunjung betah dan enggan pulang. 

Bagi pecinta foto, Stone Garden Bandung tentu menjadi tujuan yang tepat untuk didatangi. Pengunjung akan dimanjakan dengan banyaknya spot menarik dan instagramable dengan background pemandangan yang menakjubkan. Untuk menyusuri indahnya Stone Garden Bandung, pengunjung hanya akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000,- per orang. 

6. Puncak Rindu Gunung Bendera

puncak rindu gunung bendera
wisataoky.com

Wisata di Bandung Barat berikutnya sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang hobi berkemah. Puncak Rindu Gunung Bendera merupakan salah satu destinasi wisata yang dapat kamu kunjungi di kawasan Jayamekar, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. 

Indahnya pemandangan akan menyambut kedatangan pengunjung di Puncak Rindu Gunung Bendera. Untuk tiba di lokasi, pengunjung harus mendaki dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam perjalanan. Kamu tidak perlu khawatir karena jalur pendakian menuju ke Puncak Rindu Gunung Bendera terbilang cukup mudah dilalui, bahkan juga ramah untuk pendaki pemula. 

Dengan ketinggian 1430 meter di atas permukaan laut, pengunjung dapat merasakan suasana yang tenang serta udara yang segar saat berada di Puncak Rindu Gunung Bendera. Saat malam tiba, indahnya lampu kota juga dapat kamu lihat dari ketinggian. 

7. Bukit Gantole Cililin

bukit gantole cililin
sikidang.com

Satu lagi rekomendasi wisata di Bandung Barat yang sayang untuk kamu lewatkan yakni Bukit Gantole Cililin. Destinasi wisata yang satu ini menyuguhkan olahraga ekstrim paralayang yang dapat dicoba oleh wisatawan. Bagi pemula, kamu tidak perlu khawatir karena perjalanan paralayang akan ditemani oleh pilot berpengalaman. 

Bukit Gantole Cililin menyuguhkan pemandangan indah. Tidak sedikit wisatawan yang datang dan ingin menikmati indahnya bukit ini meskipun tidak mencoba olahraga ekstrim paralayang. Jika ingin mengunjunginya, kamu dapat datang langsung ke kawasan Kampung Pasirpanjang, Desa Singajaya, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat. 



Leave a Reply