7 Lomba Unik Menyambut Hari Kemerdekaan di Berbagai Negara


prita  August 17, 2022  0 Comment

Lomba hari kemerdekaan tentu menjadi salah satu kegiatan yang paling ditunggu saat perayaan Hari Kemerdekaan negara, termasuk Indonesia. Tak terasa Indonesia sudah merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 dan pastinya euforia masyarakat dalam menyambut hari lahir bangsa Indonesia tak pernah padam.

Berbagai perlombaan diadakan dan diikuti oleh banyak kalangan. Mulai dari yang tua, muda, remaja hingga anak-anak. Tapi ternyata, tak hanya Indonesia, semua negara di dunia pastinya sangat antusias dalam memeriahkan hari kemerdekaan negaranya. Semua masyarakat menumpahkan kegembiraan dan membangkitkan semangatnya untuk negara tercinta.

Banyak cara untuk merayakan peringatan hari kemerdekaan, termasuk dengan menyelenggarakan berbagai perlombaan dan setiap negara tentunya memiliki ciri khasnya masing-masing untuk dilombakan dalam memeriahkan suasana.

Sayangnya, dalam 3 tahun terakhir, perayaan kemerdekaan Indonesia berada dalam masa Pandemi Covid-19 yang membuat keadaan tidak mudah. Aturan jaga jarak dan memakai masker wajib untuk dilakukan sehingga beberapa acara meramaikan tujuh belasan nanti masih dijalankan tentunya dengan protokol kesehatan yang ketat.

Deretan perlombaan hari kemerdekaan di berbagai negara ini bisa kamu jadikan inspirasi untuk menggelar perlombaan 17 Agustus nanti. Nah, untuk kamu yang belum tahun perlombaan apa saja yang biasa dihelat di berbagai negara saat hari kemerdekaannya, berikut ini adalah daftarnya.

1. Panjat Pinang, Tarik Tambang, Balap Karung, Makan Kerupuk (Indonesia)

Panjat Pinang, Tarik Tambang, Balap Karung, Makan Kerupuk
orami.co.id

Lomba hari kemerdekaan Indonesia tersebut memang sudah tak asing lagi di telinga kita. Bahkan, di seluruh penjuru Nusantara kamu akan selalu menemukan lomba panjat pinanh, tarik tambang, balap karung hingga lomba makan kerupuk.

Tak hanya kalangan orang dewasa dan pria saja, tapi anak-anak bahkan ibu-ibu juga tak luput dari keikutsertaannya memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia dengan mengikuti berbagai macam perlombaan. Tentu saja, tak hanya ada ketiga macam lomba itu saja, banyak sekali perlombaan untuk memeriahkan kemerdekaan Indonesia, seperti lomba lari kelereng, lomba memecahkan balon berisi air dengan mata tertutup, lomba memasukkan pensil dalam botol, balapan bakiak, joget balon, balap engrang, memasak dan masih banyak lagi lainnya.

Gotravelly

Menelusuri Sejarah Madura Di Museum Cakraningrat, Tapi Kok Begini?

Omah Madhang Saridjoyo, Restoran Berkonsep Jadul Tawarkan Menu Khas Jawa

2. Lomba Rugby (Papua Nugini)

Lomba Rugby
cermati.com

Selain Indonesia, Papua Nugini juga memiliki lomba hari kemerdekaan yang tak kalah seru, yaitu Lomba Rugby. Negara yang mengumumkan kemerdekaannya pada tanggal 16 Agustus 1975 ini memang tidak memiliki banyak perlombaan untuk hari kemerdekaannya. Untuk itu, mereka lebih banyak menggelar berbagai acara seni seperti memakai berbagai macam pakaian adat atau pakaian tradisional dan berbagai macam tarian yang mewakili seluruh suku di negeri ini.

Meskipun begitu, pertandingan rugby menjadi salah satu ajang perlombaan yang sering digelar dalam memperingati hari kemerdeaannya. Rugby dipilih bukan tanpa alasan, hal tersebut karena rugby menjadi olahraga favorit seluruh masyarakat dari seluruh kalangan, baik tua maupun muda hingga anak-anak di Papua Nugini gemar bermain rugby.

3. Lomba Perang Bantal  (Myanmar)

Lomba Perang Bantal
liputan6.com

Lomba hari kemerdekaan yang tak kalah unik berikutnya adalah Lomba Perang Bantal yang bisa kamu temui di Myanmar. Myanmar mengumumkan kemerdekaannya pada tanggal 4 Januari 1948 dan setiap tahunnya selalu diwarnai oleh berbagai parade dan perlombaan.

Kemeriahan perlombaan masyarakat Myanmar juga hampir seperti di Indonesia yang diikuti oleh semua kalangan. Selain ada parade dan pawai, masyarakat Myanmar juga sering melakukan perlombaan perang bantal.

4. Lomba Layar dan Tari (Ghana)

Lomba Unik Untuk Menyambut Hari Kemerdekaan
bbc.com

Masyarakat Ghana menyambut hari kemerdekaan setiap tanggal 6 Maret dengan melangsungkan berbagai perayaan, seperti parade dan pawai keliling sambil menyalakan kembang api. Selain itu, ada juga pertunjukan musik dan tari yang dilangsungkan di area pantai.

Tak kalah menariknya, dalam memeriahkan kemedekaan Ghana, diselenggarakan lomba hari kemerdekaan yang cukup menarik, yaitu lomba layar dan tari. Mereka akan menari diiringi musik heartbeat dan secara bersama-sama akan menari di tempat umum. Perlombaan ini biasanya dihelat di kota maupun di desa maupun kota.

5. Kuis Alkitab (Israel)

Kuis Alkitab
jpost.com

Lomba hari kemerdekaan yang tak kalah menarik berikutnya bisa kamu temukan di Israel. Berbeda dengan negara lainnya yang merayakan hari kemerdekaan dengan menggelar berbagai perlombaan seru bagi segala kalangan, masyarakat Israel justru menggelar Kuis Alkitab sebagai lomba hari kemerdekaan negaranya.

Setahun sekali, berdasarkan kalender Ibrani, tanggal 5 Lyar warga Israel akan berkumpul di Gunung Herzl di Yerusalem untuk upacara yang melibatkan upacara dengan menyalakan dua belas obor. Acara tersebut juga dimeriahkan dengan perlombaan kuil Alkitab Internasional yang diasakan di Yerussalem. Kuis Alkitab ini merupakan sebuah kompetisi Alkitab Yahudi sedunia yang melibatkan siswa SMA dari Israel hingga luar negeri.

6. Lomba Layang-Layang (India)

Lomba Layang Layang
voaindonesia.com

Negeri Bollywood ini memang dikenal dengan budayanya yang kental dan seolah tak luntur dimana pin warganya berada. Negara yang merdeka pada 15 Agustus 1947 ini kerap melakukan berbagai upacara perayaan hari kemerdekaan, termasuk menyelenggarakan lomba hari kemerdekaan.

Selayaknya di Indonesia, warga India juga meramaikan hari kemerdekaan dengan menghias rumah, kantor hingga sekolah dengan bendera India. Tambahannya, mereka juga menggelar perlombaan yang cukup seru untuk diikuti, yaitu lomba layang-layang. Saat hari kemerdekaan India, langit India akan dipenuhi dengan layang-layang. Lomba ini dihelat bukan tanpa alasan, hal tersebut karena layang-layang melambangkan kebebasan dan kemerdekaan.

7. Lomba Perahu (Australia)

Lomba Perahu
concreteplayground.com

Lomba hari kemerdekaan yang terakhir adalah Lomba Perahu yang digelar dalam memperingati kemerdekaan Australia atau yang dikenal dengan Australia Day. Di Negeri Kanguru ini, perayaan kemerdekaan dimeriahkan dengan pesta kembang api dan berbagai acara rakyat dengan menampilkan beragam khas warga keturunan, mengingat penduduk Australia berasal dari berbagai macam bangsa. Hal tersebut diharapkan Australia bisa menjadi negara multikultural dengan populasi yang terdiri dari berbagai etnis dan kultur dari banyak bangsa serta bisa mempererat keberagaman.

Meskipun tak banyak, untuk menyambut dan memeriahkan Australia Day yang jatuh setiap tanggal 26 Januari ini juga menggelar perlombaan dan lomba yang biasa digelar saat Australia Day adalah lomba perahu. Lomba perahu ini biasa diadakan di kota Sydney dan akan terasa semakin meriah karena adanya parade kostum warna-warni  oleh masyarakat Australia di sepanjang jalan.

Nah, itulah tadi daftar lomba hari kemerdekaan di berbagai negara yang mungkin bisa menjadi inpirasi kamu untuk menggelar perlombaan 17 Agustus nanti. Cukup menarik kan? Kira-kira, perlombaan dari negara mana yang paling seru? Jangan lupa, saat mengikuti perlombaan 17 Agustus nanti tetap terapkan protokol kesehatan secara ketat ya, dengan menggunakan masker, mencucui tangan dan menjaga jarak.



Leave a Reply