Wisata

7 Candi di Malang Tempat Bersejarah Yang Wajib Dikunjungi

Candi di Malang dikenal sebagai salah satu destinasi yang menawarkan banyak tempat wisata sejarah. Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan tempat wisata di Malang, khususnya wisata alam dan wisata buatan dengan berbagai wahana menarik yang ditawarkan. Udara dingin dan sejuk khas kota Malang memang menjadikan daerah ini cocok didatangi sebagai tempat untuk berlibur. Tidak jarang wisatawan datang dari berbagai daerah untuk menikmati indahnya tempat wisata di Malang.

Tidak hanya kaya akan wisata alam, Malang juga memiliki banyak tempat bersejarah yang bisa Anda datangi. Pengunjung dapat berwisata sekaligus mempelajari sejarah. Anda dapat dengan mudah menjumpai candi di Malang. Selain menawarkan cerita sejarah, pengunjung juga akan disuguhkan dengan bentuk bangunan yang unik dan khas. Berikut daftar Candi di Malang yang bisa kamu kunjungi

7 Candi di Malang :

1. Candi Kidal

m.merdeka.com

Candi Kidal dikenal sebagai salah satu candi di Malang yang cukup populer di kalangan wisatawan. merupakan candi peninggalan kerajaan Singosari yang dibangun pada abad ke-12. Candi Kidal dibangun sebagai penghormatan terhadap raja Anusapati yang memimpin Singosari selama dua dekade.

menawarkan bentuk yang unik dan masih sangat terjaga keasliannya. Biasanya Candi Kidal dikunjungi oleh wisatawan sepulang dari Gunung Bromo. Anda dapat mengunjungi candi yang satu ini di desa Rejokidal, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Suasana sekeliling candi yang sejuk dan sangat terawat juga menjadikan Candi Kidal sayang untuk dilewatkan saat berada di Malang.

Berfoto Di Spot-Spot Instagramable, Yang Ada Di Candi Cetho

Petirtaan Candi Tikus Mojokerto 2019

2. Candi Singosari

nativeindonesia.com

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan sebutan Candi Singosari. Candi Singosari tidak hanya populer di Malang melainkan hingga Jawa Timur. Candi Singosari merupakan candi Hindu Budha yang dibangun sekitar abad 12. Pembangunan candi yang satu ini ditujukan kepada raja terakhir Kerajaan Singasari yang tewas dalam serangan oleh Tentara Gelang-gelang pimpinan Jayakatwang. Anda dapat mengunjungi Candi Singosari di Desa Candirenggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

Tidak hanya populer, Candi Singosari juga menawarkan bentuk bangunan yang unik dan masih terlihat kokoh. Tidak jarang wisatawan yang datang menyempatkan berfoto dengan bangunan candi yang satu ini. Saat ingin mengunjungi salah satu candi di Malang, Candi Singosari dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda datangi.

3. Candi Jago

buddhazine.com

Ada cukup banyak pilihan candi yang populer, salah satunya adalah Candi Jago. Candi yang satu ini merupakan peninggalan Kerajaan Singosari yang dibangun pada abad 19. Selain dikenal menyimpan banyak cerita sejarah, Candi Jago juga dikenal memiliki bentuk yang unik dan berbeda dengan candi-candi lainnya. Bangunan candi yang satu ini dikenal pernah tersambar petir yang menyebabkan bangunannya tidak lagi utuh, tetapi bentuknya yang khas justru menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Kawasan sekeliling candi yang masih sangat terawat tentu membuat pengunjung betah saat datang ke kawasan wisata sejarah yang satu ini. Bagi Anda pencinta foto instagramable, kawasan ini menawarkan banyak spot menarik yang sayang untuk dilewatkan. Saat ingin mengunjungi salah satu candi di Malang dengan bentuk unik, Candi Jago menjadi pilihan tepat untuk Anda kunjungi.

4. Candi Badut

yukpigi.com

Tidak hanya dikenal dengan banyaknya tempat wisata alam, Anda juga dapat menjumpai beberapa tempat wisata bersejarah salah satunya adalah candi di Malang. Candi Badut menjadi salah satu candi yang cukup populer dan ramai didatangi wisatawan dari berbagai daerah. Jadi yang satu ini dikenal sebagai candi tertua di Jawa Timur.

Candi Badut dibangun oleh Raja Gajayana yang bertujuan untuk menghormati Resi Agastya. Kini umur Candi Badut diperkirakan lebih dari 1400 tahun. Anda dapat mengunjungi Candi Badut di Desa Karang Besuki, Kecamatan Sukun, Kota Malang. Selain bentuk bangunan nya yang khas dan indah, adanya pepohonan serta berbagai jenis bunga yang mengelilingi candi tentu membuat suasana semakin sejuk serta menawarkan pemandangan yang memanjakan mata.

5. Candi Songgoriti

nusadaily.com

Pernah mendengar sebutan Candi Songgoriti? Candi Songgoriti memiliki nama asli Candi Supo. Pemberian nama candi Songgoriti dikarenakan lokasinya yang berada di daerah Songgoriti. Candi yang satu ini merupakan peninggalan Mpu Sindok yang merupakan raja pertama Kerajaan Medang. Selain memiliki lokasi yang sangat strategis, candi yang satu ini juga dikenal karena memiliki cerita sejarah yang unik dan menarik.

Tidak hanya itu, Candi Songgoriti juga memiliki bangunan yang masih sangat kokoh dan dibiarkan alami hingga saat ini. Candi Songgoriti pertama ditemukan pada 1799 oleh arkeolog Belanda. Saat ingin mengunjungi salah satu candi di Malang, candi Songgoriti menjadi destinasi yang sayang untuk dilewatkan.

6. Candi Bocok

ngalam.co

Candi Bocok menjadi salah satu yang cukup populer dan bisa Anda kunjungi. Jika dilihat sekilas, bentuk candi yang satu ini memang tampak biasa saja, tetapi candi ini menawarkan Arca Siwa yang dibuat dengan sangat detail bentuknya.

Konon katanya, Arca Siwa tersebut pernah dicuri oleh orang kini telah kembali dan disimpan oleh juru kunci. Candi yang satu ini merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit. Anda dapat mengunjungi Candi Bocok di Dusun Bocok, Desa Pondok Agung, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang. Meskipun memiliki bentuk bangunan yang cukup sederhana, tetapi candi yang satu ini tetap mengesankan untuk dikunjungi.

7. Candi Sumberawan

news.okezone.com

Candi Sumberawan dapat menjadi tujuan tepat untuk Anda datangi. Candi yang satu ini berlokasi di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Malang. Lokasinya berjarak kurang lebih 6 km dari Candi Singosari.

Candi Sumberawan ditemukan pada tahun 1904 dan dilakukan pemugaran pada tahun 1934. Kini Candi Sumberawan masuk ke dalam kawasan cagar alam Kabupaten Malang. Selain bangunan candi yang unik dan khas, pepohonan dan taman disekeliling candi yang sangat terawat juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Karena menawarkan pemandangan serta bentuk bangunan yang indah, tidak jarang jika kawasan candi yang satu ini dipilih sebagai tempat berburu foto oleh para fotografer. Saat berkunjung ke Malang, candi yang satu ini sayang untuk Anda lewatkan.

Itulah daftar 7 candi di Malang yang memiliki bentuk bangunan unik dan mengesankan. Candi-candi tersebut juga menawarkan pemandangan di sekeliling bangunan yang tidak kalah menakjubkan. Anda dapat mengunjungi tempat wisata sejarah yang satu ini bersama teman maupun keluarga. Wisata candi juga dapat dipilih sebagai sarana edukasi untuk anak-anak. Saat berkunjung ke Malang, wisata candi manakah yang ingin Anda datangi?

Fida

Recent Posts

11 Wisata Dekat Stasiun Gambir yang Recommended!

Siapa yang sudah merencanakan liburan seru ke Jakarta naik kereta api? Pasti asyik nih! Nah,…

4 months ago

16 Tempat Wisata Dekat Stasiun Sudirman, Spot Instagramable

Tahukah kamu bahwa terdapat tempat wisata dekat Stasiun Sudirman yang bisa kamu kunjungi?. Lokasi di…

4 months ago

15 Wisata Dekat Stasiun Bogor, Menakjubkan!

Jika naik kereta ke Bogor, pernahkan kamu merasa ingin mampir ke tempat wisata terdekat?. Banyak…

5 months ago

13 Hidden Gems Solo Terbaik yang Recommended!

Cari tempat -tempat Hidden gems di Solo yang menarik, memang cukup seru. Tidak jarang juga…

5 months ago

10 Restoran di Bogor, Cocok Untuk Keluarga!

Restoran di Bogor - Ada banyak tempat kuliner yang tentu saja dapat kamu pilih. Namun,…

5 months ago

10 Kue Kering Terenak di Dunia, Cobain yuk!

Tak sekadar makanan atau minuman saja yang memiliki kategori terenak dan favorit loh, ternyata ada…

5 months ago