Jelajahi 17 Wisata di Dongdaemun Korea Selatan


prita  March 27, 2022  0 Comment

Dongdaemun adalah salah satu daya tarik wisata di kota Seoul yang kerap dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai negara. Wisata di Dongdaemun Korea Selatan ini memang cukup beragam meskipun kebanyakan dari wisatawan berkunjung ke kawasan ini hanya untuk berwisata kuliner ataupun berbelanja. Dongdaemun memang dikenal sebagai surganya belanja, untuk itu berkunjung kesini sangat memanjakan bagi pecinta belanja.

Selain bisa berwisata belanja dan kuliner, ternyata Dongdaemun ini menyimpan tempat-tempat seru yang bisa dikunjungi untuk berwisata. Mulai dari bangunan kuno hingga taman-taman cantik yang instagramable. Nah, jika kamu berencana untuk menjelajahi kawasan Dongdaemun, jangan lupa untuk berkunjung ke destinasi wisata yang satu ini ya.

1. Heunginjimun

Heunginjimun
en.wikipedia.org

Wisata di Dongdaemun Korea Selatan yang pertama adalah Heunginjimun atau yang sering dikenal dengan nama Dongdaemun Gate. Gerbang ini adalah salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi di sekitaran Dongdaemun ini.

Heunginjimun ini merupakan sebuah monumen kuno yang berada di dinding luar Benteng Seoul. Gerbang ini ditulis dalam Hangeul yang awalnya bernama Heunginmun yang mana menunjukkan kebajikan. Namun, Hangeul ‘Ji’ menandakan energi baik sehingga ditambahkan dalam nama gerbang ini.

Gerbang ini memiliki ongsung berbentuk setengah lingkaran yang merupakan kastil kecil dan dibangun di depan yang asli sehingga seolah memberikan perlindungan lebih. Ongsung ini membuat gerbang ini terlihat semakin istimewa jika dibandingkan dengan gerbang lainnya.

GoTravelly

Sejuknya Berwisata Religi Di Rumah Kyai Dengan Lima Tempat Ibadah

Mencicipi Ramen Monster Di Tokyo Belly

2. Dongdaemun Seonggwak Park

Dongdaemun Seonggwak Park
koreattrack.com

Berlokasi tak jauh dari Dongdaemun Gate, Dongdaemun Seonggwak Park ini juga menjadi salah satu wisata di Dongdaemun Korea Selatan yang cukup menarik untuk dikunjungi. Taman ini sangat mudah diakses dari Dongdaemun Gate karena lokasinya berada di belakang gerbang sehingga membuatnya seolah menjadi wisata kecil yang tersembunyi.

Lokasinya yang tersembunyi inilah yang membuat banyak orang yang melewatkan taman ini. Meskipun begitu, pemandangan yang ditawarkan sangat indah karena lokasinya yang cukup tinggi sehingga memungkinkan kamu untuk melihat pemandangan Dongdaemun dari ketinggian.

Di taman ini kamu juga bisa menikmati pemandangan berupa arsitektur kuno yang menyatu dengan bangunan modern. Jika kamu berkunjung ke taman ini saat malam hari, kamu bisa melihat keindahan kelap kelip lampu kota berpadu apik dengan cahaya Gerbang Dongdaemun.

3. Seoul Fortress Wall & Naksan Park

Seoul Fortress Wall
rikasafrina.com

Wisata di Dongdaemun Korea Selatan selanjutnya adalah Seoul Fortress Wall atau Tembok Benteng Seoul. Wisata yang satu ini merupakan bagian dari Naksan Park yang indah di kawasan Gunung Naksan.

Seoul Fortress Wall ini tentu menjadi salah satu wisata sejarah yang cukup menarirk untuk dijelajahi. Dibangun pada tahun 1396, benteng ini dibangun dengan tujuan untuk melindungi kota Seoul dan membentang dari Bugaksan hingga Inwangsan meliputi Naksan dan Namsan.

Benteng ini memiliki jalur kecil yang indah dan berjalan sejajar dengan dinding, biasanya jalur ini digunakan oleh wisatawan atau pejalan kaki lainnya. Disini juga ada jalur hiking yang mengarah ke Taman Naksan bagian atas dimana kamu akan mendapati pemandangan Dongdaemun dari ketinggian.

Bisa dibilang Naksan Park ini merupakan salah satu tempat romantis di Seoul karena tak hanya menjadi jujugan wisata pasangan muda, tapi juga menjadi lokasi syuting beberapa Drama Korea.

4. Ihwa Mural Village

Ihwa Mural Village
myfunfoodiary.com

Jika kamu pecinta seni atau suka fotografi, maka wisata di Dongdaemun Korea Selatan yang satu ini layak untuk kamu kunjungi, yaitu Ihwa Mural Village. Ihwa Mural Village ini merupakan sebuah desa yang dipenuhi dengan mural-mural yang indah dan artistik.

Dulunya perkampungan ini adalah desa kumuh yang kemudian oleh pemerintah setempat diubah menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik. Mural-mural di desa ini dibuat oleh seniman lokal dan mahasiswa kesenian setempat secara bersama-sama. Kamu bisa menemukan gambar ikan Koi yang dilukis diatas tangga dan menjadikan salah satu spot favorit wisatawan untuk berfoto. Keindahan mural-mural di desa ini kemudian melahirkan banyak café sehingga wisatawan yang lelah menjelajah kampung murah ini bisa beristirahat di café untuk menikmati makanan dan minuman khas.

5. Cheonggyecheon Stream

Cheonggyecheon Stream
myguideseoul.com

Wisata di Dongdaemun Korea Selatan yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Cheonggyecheon Stream. Sungai ini berada di dekat pintu masuk utama Plaza Cheonggye di dekat Gwanghwamun. Untuk menuju kesini, kamu bisa mengaksesnya dari stasiun Dongdaemun.

Aliran sungai ini tampaknya membawa Jongno-gu dan Jung-gu bersama-sama hingga akhirnya membawanya ke Sungai Han. Kawasan sungai ini memang menjadi salah satu tempat nongkrong yang cukup populer, terutama bagi anak muda Seoul. Pasalnya, pemandangan yang ditawarkan sangat indah dimana perairan sungai dan tanaman hijau serta adanya gedung-gedung perkotaan di sekelilingnya membuat sungai ini menjadi tempat yang nyaman juga indah untuk dikunjungi.

Waktu terbaik untuk mengunjungi sungai ini adalah saat menjelang matahari terbenam karena warna langit yang indah berpadu apik dengan lampu-lampu perkotaan yang mulai menyala. Cheunggyecheon juga menjadi tuan rumah beberapa acara komunitas atau menjadi tempat konser musisi lokal.

6. Seoul Lantern Festival

Seoul Lantern Festival
habkorea.net

Seoul Lantern Festival atau Festival Lentera Seoul ini juga layak untuk masuk dalam daftar wisata di Dongdaemun Korea Selatan yang wajib untuk kamu kunjungi. Festival yang diselenggarakan oleh Pemerintah Seoul ini memang cukup menarik perhatian banyak wisatawan untuk datang.

Festival ini biasanya dihelat di sepanjang Cheonggyecheon dengan menampilkan campuran desain tradisional yang menarik. Disini kamu bisa menemukan lampion dengan berbagai bentuk. Seoul Lantern Festival yang terbaru ini diselenggarakn pada tahun 2021 dengan konsep “The Forest of Healing, Seoul Colored with the Light” yang bertujuan untuk menyembuhkan warga Korea yang lelah dengan Covid-19.

7. Meokja Golmok

Meokja Golmok
gayahidup.dreamers.id

Meokja Golmok atau yang juga dikenal dengan Let’s Eat Alley ini merupakan salah satu pusat keramaian dan destinasi wisata di Dongdaemun Korea Selatan yang menjadi favorit wisatawan.

Berlokasi di antara Dongdaemun Market dan Jongno, tempat ini merupakan sebuah gang yang luas namun sempit dan dipenuhi oleh Ahjumma, yaitu wanita paruh baya yang terlihat memasak aneka makanan dan menyajikannya kepada pengunjung yang datang. Makanan yang ditawarkan pun cukup beragam dan dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau.

Penjual street food ini menempatkan kursi-kursi di depan kios mereka dimana pengunjung bisa langsung makan ditempat. Kios-kios ini berjajar rapi di sisi gang dan kamu bisa langsung memilih ragam menu khas Korea Selatan, seperti tteokbokki, ramyeon, jjangmyeon dan masih banyak lagi lainnya.

8. Sebit Market

Sebit Market
travelodgehotels.asia

Wisata di Dongdaemun Korea Selatan yang satu ini juga layak untuk kamu kunjungi, yaitu Sebit Market. Sebit Market atau yang juga dikenal dengan Dongdaemun Night Market ini merupakan pasar malam yang lokasinya berada di salah satu mall terbesar di Seoul.

Saat memasuki pasar malam ini pengunjung akan disambut dengan maskot burung hantu kecil yang cantik. Disini kamu akan menemukan deretan kios yang jumlahnya cukup banyak seolah tak ada habisnya. Di pasar malam ini kamu bisa menemukan semua jenis barang penting dengan harga terjangkau, bahkan kamu juga bisa membeli oleh-oleh di pasar malam ini. Tak hanya barang-barang, di Sebit Market ini kamu juga bisa menemukan kios-kios makanan yang menjajakan berbagai jajanan khas Korea Selatan yang sangat nikmat. Seperti gimbap, tteokbokki hingga Sundae.

9. Pyeonghwa Market

Pyeonghwa Market
en.trippose.com

Selain Sebit Market, Pyeonghwa Market juga menjadi salah satu tempat wisata di Dongdaemun Korea Selatan yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Pasar ini dikenal sebagai salah satu pusat fashion karena disini dulunya para pengungsi perang menjual kain yang mereja jahit dari seragam tentara Amerika Serita.

Pasar ini kemudian berkembang menjadi pasar pakaian grosir yang sekarang dianggap sebagai salah satu yang terbesar di Korea. Pasar Pyeonghwa ini memiliki 3 lantai dan terdiri lebih dari 2100 toko dan kios. Pyeonghwa Fashion Plaza ini juga menjadi tempat untuk berbelanja buku beka. Bisa dibilang, pasar ini sangat cocok untuk kamu yang suka belanja atau ingin menikmati sejarahnya.

10. Gwangjang Market

Gwangjang Market
crispoflife.com

Destinasi wisata di Dongdaemun Korea Selatan yang tak kalah seru untuk dikunjungi selanjutnya adalah Gwangjang Market. Pasar Gwangjang ini menjadi tempat terbaik untuk menikmati makanan dan budaya tradisional Korea Selatan.

Pasar yang pertama kali didirikan pada tahun 1905 ini dikenal sebagai pasar tertua di Korea Selatan yang sampai saat ini masih banyak dikunjungi. Pasar Gwangjang ini terdiri dari dua arcade tertutup dengan gang samping yang tak terhitung jumlahnya dan dipenuhi dengan toko kain.

Selain itu, ada juga kios dan café di sisi kiri yang menawarkan tempat makan bagi mereka yang tertarik dengan makanan lokal Korea Selatan. Pasar Gwangjang ini bisa dikunjungi setiap hari mulai jam 09.00 sampai jam 18.00.

11. Dongdaemun Market

Dongdaemun Market
liawisata.com

Siapa yang tidak kenal Dongdaemun Market? Pasar yang sering kali muncul dalam drama Korea ini menjadi pusat fashion Korea Selatan yang sering dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai negara.

Dongdaemun Market atau yang juga dikenal dengan Tongdaemun ini merupakan pusat perbelanjaan besar yang terdiri dari pasar tradisional serta modern dan lokasinya berada di distrik Dongdaemun. Terdapat lebih dari 20 mall yang berdiri di kawasan ini dan lebih dari 50.000 penjual yang menawarkan berbagai macam produk fashion. Pasar ini juga menjadi rumah bagi suplier-suplier pakaian terbesar di Korea dan memberikan inspirasi bagi para desainer untuk mengasah dan menguji kemampuan mereka.

12. Dongdaemun Design Plaza

Dongdaemun Design Plaza
locationscout.net

Destinasi wisata di Dongdaemun Korea Selatan yang satu ini juga tak kalah populer, yaitu Dongdaemun Design Plaza atau yang sering dikenal dengan DDP. Tempat perbelanjaan ini mungkin banyak dikunjungi karena memiliki bangunan yang mengagumkan dan indah.

Plaza ini dibangun oleh arsitek terkenal, yaitu Zaha Hadid dan membuat bangunan plaza ini menjadi pusat perhatian. Disini pengunjung bisa melihat perpaduan yang indah antara instalasi seni dan pameran, toko buku, toko pakaian dan café. Disini juga kamu bisa menemukan toko souvenir yang menarik.

13. Lotte Fitin Building

Lotte Fitin Building
en.trippose.com

Lotte Fitin Building juga menjadi salah satu wisata di Dongdaemun Korea Selatan yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Bisa dibilang, Lotte Fitin Building ini merupakan pusat perbelanjaan pertama di Korea Selatan.

Pusat perbelanjaan ini dipenuhi dengan toko-toko merek perancang busana premium, bersama dengan toko desainer lokasl. Kalau kamu ingin tahu tentang tren terbaru di Seoul, maka kamu bisa berkunjung ke Lotte Fitin. Disini kamu bisa menemukan merk-merk ternama seperti Nike, Polo hingga Adidas. Selain itu, ada juga merk lokal Korea Selatan yang banyak ditemukan disini. Tempat ini memberikan pengalaman berbelanja yang indah dengan harga yang masuk akal.

14. K-Live

K-Live
mobile.twitter.com

Kalau kamu pecinta K-Pop, kamu pasti tidak ingin melewatkan wisata di Dongdaemun Korea Selatan yang satu ini. K-Live ini merupakan teater yang tidak biasa karena secara eksklusif adalah hologram yang memberikan pengalaman kepada penonton seolah-olah mereka benar-benar menikmati konser nyata, padahal sebenarnya mereka menonton konser secara virtual.

Pintu masuk teater ini melalui lift eksklusif dimana setelah melangkah keluar kamu akan disambut dengan zona foto K-Pop yang indah. Tak heran tempat ini menjadi tempat terbaik untuk fan girling di Korea Selatan.

15. Sparex

Sparex
tripzilla.com

Wisata di Dongdaemun Korea Selatan yang cukup menarik untuk dikunjungi adalah Sparex. Sparex ini merupakan spa bergaya korea yang terselip di tingkat ruang bawah tanah ketiga Good Morning City Building.

Salah satu hal yang menarik disini adalah jam bukanya 24 jam. Disini kamu bisa menikmati mandi air panas yang bagus, pijatan yang menenangkan hingga bisa merasakan tidur siang yang berkualitas. Spa ini cukup populer di kalangan wisatawan internasional karena staff nya yang bisa berbahasa Inggris. Cocok sekali untuk kamu kunjungi setelah lelah berkeliling Seoul.

16. Dongdaemun History and Culture Park

Dongdaemun History and Culture Park
agoda.com

Dongdaemun History and Culture Park ini merupakan salah satu wisata di Dongdaemun Korea Selatan yang tak boleh untuk dilewatkan begitu saja. Wisata ini berlokasi di pusat Distrik Dongdaemun dan menjadi salah satu tempat menarik untuk dikunjungi.

Tempat ini dulunya adalah lapangan baseball, namun sekarang telah berubah menjadi area terbuka hijau yang dikelilingi oleh gedung-gedung modern dan menjadi salah satu lokasi budaya. Di sekitar sini kamu bisa berjalan-jalan menikmati sejuknya taman hingga berbelanja di pusat perbelanjaan yang ada di sekitar, seperti APM Plaza, Doota hingga Migliore.

17. Russia Town

Wisata di Dongdaemun
modernseoul.org

Wisata di Dongdaemun yang terakhir adalah Russia Town. Kawasan ini diberi nama demikian karena adanya tanda-tanda dari acrilic yang dipajang disana.

Meskipun begitu, ternyata sebagian besar pedagang disana bukanlah berasal dari Rusia, melainkan dari Mongolia atau Uzbekistan. Di kawasan ini banyak sekali bisnis yang dijalankan oleh orang Mongolia, seperti restoran dan toko. Selain itu, disini kamu juga bisa menemukan beberapa restoran Rusia yang dimiliki oleh orang Rusia Asli yang berangkat ke Tiongkok dan digantikan oleh orang Mongolia dan Asia Tengah. Russia Town ini juga menjadi salah satu kawasan yang cukup menarik untuk dikunjungi karena selain bisa berwisata kuliner, kamu juga bisa berfoto-foto dengan latar belakang yang estetik.

Nah, itulah tadi daftar destinasi wisata di Dongdaemun Korea Selatan yang bisa kamu kunjungi saat berwisata ke kota Seoul. Menarik sekali kan? Ternyata Distrik Dongdaemun tak hanya bisa berwisata sejarah dan menemukan spot berfoto dengan latar yang instagramable. Jadi, wisata mana yang paling ingin kamu kunjungi?



Leave a Reply