Wisata

Wisata Religi 10 Tempat Bersejarah Umat Budha

Tempat bersejarah umat Budha saat ini memang bisa menjadi salah satu detinasi wisata religi yang cukup menarik untuk dikunjungi. Sang Buddha merupakan tokoh paling penting dalam ajaran agama Budha. Buddha mencetuskan ajaran Buddhisme yang saat ini menjadi agama terbesar ke-4 di dunia. Sama halnya dengan penganut ajaran agama lainnya, umat Budha juga memiliki tempat sakral khusus untuk berziarah, ada juga beberapa situs penting agama Buddha yang tersebar di seluruh dunia. Nah, jika kamu berencana untuk berwisata religi untuk mengikuti jejak Sang Buddha, berikut adalah rekomendasi dari GoTravelly.

Tempat Bersejarah Umat Budha:

1. Bodh Gaya, Bihar

thebuddhistcentre.com

Tempat bersejarah umat Budha yang pertama adalah Bodh Gaya. Bodh Gaya merupakan sebuah kota yang berada di distrik Gaya, di negara bagian Bihar, India.

Tempat ini dipercaya sebagai tempat Budha Gautama mencapai pencerahan di bawah sebuah pohon yang saat ini dikenal sebagai pohon Bodhi. Tak heran jika Bodh Gaya menjadi salah satu tempat ziarah yang penting bagi umat Budha. Saat ini, Bodh Gaya telah masuk ke dalam Situs Warisan Dunia UNESCO di tahun 2002.

2. Vaishali, Bihar

thebetterindia.com

Selain Bodh Gaya, Vaishali juga menjadi salah satu kota kuno yang menjadi tempat bersejarah umat Budha di India. Kota ini kaya akan sejarah budaya dan juga agama, terutama yang berkaitan dengan Buddha Gautama.

Vaishali merupakan kota tempat Buddha Gautama menyampaikan khotbah terakhirnya sebelum wafat. Kota ini menjadi kota yang cukup sering dikunjungi oleh Buddha sehingga disini kamu bisa melihat banyak sekali peninggalan bersejarah yang berkaitan dengan kehidupan Sang Buddha. Banyak situs yang bisa kamu temukan di kota Vaishali ini, seperti Ananda Stupa dengan pilar Ashoka dan Wihara Kutagarasala dan Stupa Relik yang dibangun oleh Klan Licchavis.

3. Sarnath, Uttar Pradesh

tripsavvy.com

Sarnath adalah sebuah kota yang berada di Distrik Varanasi di negara bagian Uttar Pradesh. Kota ini juga menjadi salah satu tempat bersejarah umat Budha yang banyak dikunjungi oleh peziarah, bahkan hingga dari luar India.

Sarnath menjadi tempat suci dimana Buddha Gautama mengajarkan ajarannya berupa Darma. Tak hanya itu, kota ini juga memiliki lokasi yang indah serta tenang dengan adanya stupa Budha, museum hingga deretan situs kunonya. Lingkungan yang tenang ini merupakan tempat pertama kali Sang Buddha menyampaikan ajarannya. Disini kamu akan menemukan dua stupa yang dibangun oleh Raja Ashoka, yaitu Stupa Chaukandi dan Stupa Dhamek. Selain itu, ada juga Museum Arkeologi yang memperlihatkan peninggalan Budha dari zaman kuno.

4. Shravasti, Uttar Pradesh

indiabuddhismtours.com

Tempat bersejarah umat Budha berikutnya adalah Shravasti. Shravasti ini merupakan distrik di negara bagian Uttar Pradesh yang merupakan sebuah kota kuno dan dulunya dikenal dengan nama Kosala.

Shravasti ini merupakan sebuah kota yang sering diasosiasikan dengan Buddha Gautama yang pernah tinggal di kota ini. Buddha Gautama banyak menghabiskan waktunya selama 25 musim hujan dan menghabiskan waktunya di biara Jetavana 19 musim serta Pubbarama 6 musim. Kedua biara tersebut menjadi peninggalan Buddha yang bisa kamu kunjungi. Selain kedua biara tersebut, kamu juga akan menemukan stupa dan pohon Anandabodhi.

5. Kushinagar, Uttar Pradesh

barandbench.com

Masih di Negara bagian Uttar Pradesh, tempat bersejarah umat Budha selanjutnya adalah Kushinagar. Kushinagar ini merupakan sebuah distrik yang juga menjadi pusat ziarah umat Buddha.

Distrik ini menjadi saksi saat Buddha Gautama meraih Parinirvana atau nirvana setelah kematiannya. Distrik Kushinagar ini memiliki banyak peninggalan bersejarah berupa biara dan stupa. Satu tempat yang paling sering dikunjungi adalah Mahaparinirvana, yang disebut sebagai tempat peristirahatan terakhir Sang Buddha.

6. Gua Karla dan Bhaja, Maharastra

holidify.com

Tempat bersejarah umat Budha berikutnya adalah Gua Karla dan Bhaja. Kedua gua yang berlokasi di Maharastra ini merupakan peninggalan sekitar abad ke-2 sebelum masehi.

Gua ini terbilang cukup tenang karena tak banyak pengunjung yang datang ke gua ini. Menariknya, gua ini memiliki sebuah ruang untuk berdoa dengan stupa dio bagian depan. Ukuran ruangan berdoa tersebut memiliki panjang 40 meter dengan tinggi 15 meter.

7. Sanchi, Madhya Pradesh

britannica.com

Sanchi merupakan sebuah komplek Buddha yang berada di Distrik Raisen negara bagian Madhya Pradesh. Tempat ini terkenal dengan stupanya yang besar dan bisa dibilang sebagai struktur batu tertua di India.

Tak hanya itu, struktur yang terkenal adalah kubahnya yang memiliki ukuran setinggi 50 kaki dan diameter 30 meter. Bangunannya diciptakan untuk menghormati Sang Buddha, selain itu tempat ini juga menyimpan peninggalan-peninggalan Sang Buddha. Tak hanya ada stupa Sanchi saja, tapi juga ada Pilar Ashoka serta gerbang-gerbangnya yang memperlihatkan tahapan kehidupan dari Sang Buddha hingga memperoleh pencerahan.

8. Biara Key, Himachal Pradesh

moustachescapes.com

Tempat bersejarah umat Budha lainnya juga masih berada di India, tepatnya di negara bagian Himachal Pradesh, yaitu Biara Key atau yang juga dikenal sebagai Kye Gompa.

Biara Key merupakan sebuah biara yang berada di perbatasan Tibet, tepatnya di sebuah lembah bernama Lembah Spiti.

Biara Key ini merupakan biara terbesar yang menjadi tempat pelatihan para Lama. Lama merupakan gelar kehormatan yang diberikan kepada seorang bhikku atau bhikkuni dan merupakan gelar bagi seorang guru Dharma. Tempat ini juga pernah mengalami penyerangan dari Bangsa Mongol pada sekitar abad ke-17 saat masih dipimpin oleh Dalai Lama ke-5.

9. Gunung Kailash, Tibet

sacredsites.com

Dari India beralih ke Tibet. Di Tibet kamu juga akan menemukan salah satu tempat bersejarah umat Budha, yaitu Gunung Kailash.

Baca Juga :

Rayakan Waisak, Berikut 8 Wisata Religi Budha di Nusantara

Gunung Kailash ini merupakan gunung tertinggi di dunia yang tak pernah didaki oleh para pendaki awam. Gunung setinggi 6.638 meter di atas permukaan laut ini memiliki peranan penting bagi empat kepercayaan terbesar yang tersebar di Asia Selatan, seperti ajaran Buddha, Hindu, Jainisme dan Bonpo. merupakan tempat dimana pengikut keemat ajaran tersebut melakukan ritual lengkap berjalan di sekitar kaki gunung.

10. Narita-san Shinshoji, Jepang

japan-guide.com

Tempat bersejarah umat Buddha yang terakhir adalah Narita-san Shinshoji yang berada di Jepang. Narita-san Shinshoji tersebut memilikio arti Kuil Kemenangan Baru Gunung Narita.

Baca Juga :

Jelajah Indahnya Wat Doi Ngam Muang Chiang Rai

Kuil ini merupakan bangunan Candi Buddha Shingon yang berada di pusat Narita, Chiba, Jepang. Tempat ibadah ini sering dikunjungi oleh pengunjung untuk berdoa ataupun menyelenggarakan acara-acara keagamaan. Tak hanya itu, disini juga menjadi tempat perhelatan berbagai macam festival penting keagamaan.

Baca Juga :

Wat Koh Wanararm: Kuil Budha Langkawi Yang Wajib Dikunjungi

Itulah tadi daftar tempat bersejarah umat Budha yang wajib untuk kamu kunjungi jika ingin mencari ketenangan sambil mengenal lebih dekat peninggalan Sang Buddha. Masing-masing destinasi tentunya memiliki ciri khasnya masing-masing yang membuatnya menarik untuk dikunjungi.

prita

Recent Posts

11 Wisata Dekat Stasiun Gambir yang Recommended!

Siapa yang sudah merencanakan liburan seru ke Jakarta naik kereta api? Pasti asyik nih! Nah,…

4 months ago

16 Tempat Wisata Dekat Stasiun Sudirman, Spot Instagramable

Tahukah kamu bahwa terdapat tempat wisata dekat Stasiun Sudirman yang bisa kamu kunjungi?. Lokasi di…

4 months ago

15 Wisata Dekat Stasiun Bogor, Menakjubkan!

Jika naik kereta ke Bogor, pernahkan kamu merasa ingin mampir ke tempat wisata terdekat?. Banyak…

4 months ago

13 Hidden Gems Solo Terbaik yang Recommended!

Cari tempat -tempat Hidden gems di Solo yang menarik, memang cukup seru. Tidak jarang juga…

4 months ago

10 Restoran di Bogor, Cocok Untuk Keluarga!

Restoran di Bogor - Ada banyak tempat kuliner yang tentu saja dapat kamu pilih. Namun,…

4 months ago

10 Kue Kering Terenak di Dunia, Cobain yuk!

Tak sekadar makanan atau minuman saja yang memiliki kategori terenak dan favorit loh, ternyata ada…

4 months ago