Wisata

10 Biara Budha Terkenal di India Hadirkan Keindahan dan Spektakuler

Biara merupakan tempat suci bagi umat Budha yang juga bisa kamu temukan di India. Biara Budha di India bisa kamu temukan di banyak negara bagian dan kerap dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata religi bagi umat Budha. Biara-biara Budha di India dihadirkan dengan keindahan yang menawan dan spektakuler. Tak hanya keindahan dari bangunannya saja, namun juga kekayaan budaya yang mereka miliki dan pertahankan hingga saat ini. Nah, jika kamu berencana untuk berlibur ke India, berikut ini adalah biara-biara cantik dan terkenal di India yang bisa kamu kunjungi sebagai asupan ketenangan jiwa.

Biara Budha di India:

1. Biara Thiksey, Ladakh

timesofindia.indiatimes.com

Biara Budha terkenal di India yang pertama adalah Biara Thiksey yang berada di sebelah Timur Kota Leh, Ladakh. Biara yang satu ini memiliki gaya Tibet dan dikenal sebagai biara terbesar di Ladakh.

berada di ketinggian sekitar 3.000 meter di atas permukaan laut dan dikenal sebagai salah satu biara terbesar di Ladakh. Biara dengan struktur 12 lantai ini menyimpan artefak Budha, stupa dan patung. Biara ini biasa mengadakan perayaan tahunan yang disebut dengan perayaan Gustor, yang biasa diadakan di bulan Oktober atau November.

2. Biara Hemis, Ladakh

tourmyindia.com

Biara Hemis juga menjadi salah satu biara Budha terkenal di India yang wajib untuk dikunjungi. berada di Lembah Shang ini dibangun pada seikitar abad ke-17 oleh seorang bernama Stagsan Raspa.

Biara Hemis ini memiliki kegiatan yang biasa diadakan di bulan Juni-Juli. Selama festival berlangsung, kamu dapat merasakan atmosfer spiritual dalam kegiatan tari topeng yang ditampilkan di biara ini. Saat festival ini, masyarakat akan mengenakan pakaian etnik dalam menyambut wisatawan yang datang untuk festival.

3. Biara Phuktal, Ladakh

tourmyindia.com

Masih di Ladakh, biara Budha terkenal di India berikutnya adalah Biara Phuktal. Biara Phuktal ini adalah sebuah biara yang berdiri di bawah mulut gua di sisi tebing.

Perjalanan menuju biara ini cukup menantang dan sangat cocok untuk kamu yang suka menjelajah. Biara Phuktal ini menempel pada dinding tebing bagaikan sarang lebah. Pemandangan dari biara ini sangat indah saat air meluncur dari mulut gua di musim penghujan. Sekarang, Biara Phuktal ini menjadi tempat tinggal bagi sekitar 70 biksu yang sedang menjalankan ritual peribadatannya dengan puji-pujian yang damai.

4. Biara Tabo, Himacal Pradesh

vargiskhan.com

Biara Budha terkenal di India yang wajib untuk kamu singgahi berikutnya adalah Biara Tabo. Biara ini termasuk dalam daftar biara tertua di India yang lokasinya berada di Desa Tabo, di sisi kiri Sungai Spiti, Himacal Pradesh.

Pada tahun 996, Rinchen Sangpo meletakkan batu pertamanya untuk membuat biara ini. Terdapat sekitar 9 tempat pemujaan di biara ini dan setiap tempatnya memiliki nama masing-masing. Biara ini dipercantik dengan dekorasi lukisan pada dindingnya. Sayangnya, karena faktor usia, gambarnya mulai banyak yang memudar. Disini kamu juga akan menemukan Sekolah Sekrong yang menjadi tempat belajar ajaran Budha, matematika, ilmu sosial hingga bahasa Inggris.

5. Biara Palpung Sherabling, Himachal Pradesh

dalailama.com

Masih di Himachal Pradesh, ada sebuah biara Budha terkenal di India berikutnya yang dikenal dengan nama Biara Palpung Sherabling. Biara yang dibangun ai atas lahan seluar 30 hektar ini dikelilingi dengan hutan pinus sunyi dan tenang serta gunung bersalju yang menjadi latarnya. Bisa dibilang, lokasi biara ini sangat indah dan damai karena berada di Lembah Kangra.

Biara Palpung Sherabling ini memiliki bangunan yang lebih modern namun masih tetap mencerminkan sikap hidup Budha. Biara ini memiliki lima lantai dan setiap lantai memiliki fungsinya masing-masing. Misalnya, seperti lantai kedua yang digunakan untuk ruang membaca yang tenang dan damai.

6. Biara Namdroling Nyingmapa, Karnataka

wikiwand.com

Biara Budha terkenal di India berikutnya adalah Biara Namdroling Nyingmapa atau juga yang dikenal dengan nama Biara Emas. Biara yang berlokasi di Distrik Kartanaka ini memiliki gaya Biara Tibet yang akan membuatmu terpesona dengan keindahan dekorasi dari biaranya.

Kamu akan mendapati sebuah Patung Budha dari emas yang ditempatkan di tengah ruang doa yang sangat menarik. Biara yang didirikan oleh Pema Norbu Rinpoche ini tak hanya menjadi tempat untuk belajar ajaran Sang Budha, namun juga mengajarkan muridnya pelajaran filosofi serta logika yang diajarkan oleh Universitas Nyingma yang berada di dalam biara.

7. Biara Tawang, Arunachal Pradesh

tripadvisor.co.id

Biara Tawang juga menjadi salah satu biara Budha terkenal di India yang tak kalah indah. memiliki ketinggian 10.000 meter di atas permukaan laut di daerah Arunachal Pradesh ini menjadi salah satu biara yang paling banyak dikunjungi oleh peziarah juga wisatawan.

didirikan oleh Mera Lama Lodre Gyatso ini berada di lingkungan yang damai dan tenang sehingga sangat cocok untuk kamu yang ingin menenangkan jiwa. Biara Tawang ini dihiasi dengan banyak kerajinan tangan berkualitas terbaik. Tak heran jika Biara Tawang ini menjadi pusat kerajinan berbahan dasar wol terbaik di dunia.

8. Biara Tsuglagkhang, Dharamshala

trawell.in

Biara Budha terkenal di India yang sayang sekali untuk dilewatkan adalah Biara Tsuglagkhang. merupakan tempat tinggal resmi dari Dalai Lama dan cukup sering dikunjungi oleh wisatawan juga peziarah.

Biara ini dikelilingi oleh hutan pinus dengan pepohonan yang tinggi. Disini, kamu bisa melihat kehidupan sederhana dari Dalai Lama. Tak hanya itu, biara yang berlokasi di Distrik Dharamsala ini memiliki museum bernama Museum Namgyal Gompa dan Kuil Kalachakra serta tempat suci lainnya. Disini kamu bisa berjalan-jalan untuk merasakan atmosfer ketenangan sekaligus belajar budayanya.

9. Biara Diskit, Leh

tourmyindia.com

Berada di Lembah Nubra, Biara Diskit ini juga menjadi salah satu biara Budha terbaik dan tertua. Biara Diskit ini didirikan pada abad ke-14 oleh Changzen Tserab Zangpo di sebuah bukit yang mana dari atas bukit memungkinkan kamu untuk melihat seluruh lembah Nubra.

Baca Juga :

Menyambangi Taj Mahal, Bangunan Paling Ikonik Di India

Satu hal yang menarik dari biara ini adalah adanya patung Budha Metreya yang besar. Patung setinggi 32 meter ini menjadi daya tarik bagi wisatawan yang datang kesini. Patung Budha Maitreya ini telah diresmikan oleh Dalai Lama di tahun 2010.

10. Biara Rumtek, Sikkim

elginhitels.com

Biara Budha terkenal di India yang terakhir adalah Biara Rumtek. didirikan pada abad ke-9 dan telihat sangat megah juga penuh warna.

Baca juga :

Mampir Ke Lotus Temple Delhi, Cantiknya Bak Bunga Teratai

Biara ini menjadi tempat yang paling banyak dikunjungi karena sangat menarik. Tak hanya itu, disini juga terdapat festival topeng yang tak boleh untuk dilewatkan. Biasanya festival ini berlangsung saat tahun baru pada kalender Tibet.

prita

Recent Posts

11 Wisata Dekat Stasiun Gambir yang Recommended!

Siapa yang sudah merencanakan liburan seru ke Jakarta naik kereta api? Pasti asyik nih! Nah,…

4 months ago

16 Tempat Wisata Dekat Stasiun Sudirman, Spot Instagramable

Tahukah kamu bahwa terdapat tempat wisata dekat Stasiun Sudirman yang bisa kamu kunjungi?. Lokasi di…

4 months ago

15 Wisata Dekat Stasiun Bogor, Menakjubkan!

Jika naik kereta ke Bogor, pernahkan kamu merasa ingin mampir ke tempat wisata terdekat?. Banyak…

4 months ago

13 Hidden Gems Solo Terbaik yang Recommended!

Cari tempat -tempat Hidden gems di Solo yang menarik, memang cukup seru. Tidak jarang juga…

4 months ago

10 Restoran di Bogor, Cocok Untuk Keluarga!

Restoran di Bogor - Ada banyak tempat kuliner yang tentu saja dapat kamu pilih. Namun,…

4 months ago

10 Kue Kering Terenak di Dunia, Cobain yuk!

Tak sekadar makanan atau minuman saja yang memiliki kategori terenak dan favorit loh, ternyata ada…

4 months ago