10 Rawa Paling Indah di Dunia Membuat Siapapun Terpukau


prita  July 14, 2022  0 Comment

Rawa mungkin sering diidentikkan sebagai tempat yang mengerikan, membuat bulu kuduk merinding, tempat dimana kehidupan menjadi mati dan mungkin sesuatu yang mati menjadi hidup. Padahal sebenarnya, rawa memiliki fungsi penting sebagai keindahan dan biosistem dan tempat pelestarian sejumlah mamalia, reptil, serangga dan amfibi. Meskipun dianggap sebagai tempat yang menjijikkan, namun kamu juga bisa menemukan rawa paling indah di dunia yang bisa membuat siapapun terpukau. Dimana sajakah? Berikut adalah daftarnya.

1. Candaba Swamps, Filipina

Candaba Swamps
tripadvisor.co.id

Candaba Swamps di Filipina merupakan salah satu rawa paling indah di dunia yang cukup menarik untuk dikunjungi. Area perairan ini memiliki luas hingga 32.000 hektar dan menjadi tempat berlindung sebagian besar burung, terutama yang sedang bermigrasi.

Dari data yang tercatat, Pemerintah Filipina mencatat adanya 17.000 burung yang terlihat dalam periode 24 jam. Rawa ini akan dipenuhi air selama musim penghujan, namun selama bulan November hingga April, rawa menjadi cukup kering sehingga bisa ditanami padi serta semangka.

Gotravelly

The Lawu Park, Spot Foto Kece Hingga Mini Outbond Semuanya Ada Disini!

Tertawan Pantai Remen, Bali Nya Kota Tuban

2. The Everglades, Amerika Serikat

The Everglades
makefloridayourhome.com

Rawa paling indah di dunia selanjutnya adalah The Everglades yang berada di Florida, Amerika Serikat. Everglades ini didesain sebagai salah satu dari tiga tanah basah untuk kepentingan global oleh UNESCO.

Nama rawa ini memiliki arti ‘air yang ditutupi rumput’ dalam bahasa Indian Seminole. Menariknya, rawa ini menyimpan sejumlah ekosistem, termasuk payau berumput yang sering dianggap sebagai Everglades Sejati. Saat rumput ini tebal, tidak banyak satwa yang tinggal disana kecuali buaya aligator. Di antara rerumputan juga ada area rawa cypress dan bakau. Ekosistem lain yang ada disini adalah kayu keras hammock yang tumbuh antara satu hingga tiga kaki di antara rawa-rawa yang membentuk pulau kecil.

3. Asmat Swamp, Indonesia

Rawa Asmat
indonesia.travel

Indonesia juga memiliki rawa paling indah di dunia yang berada di Papua, yaitu Rawa Asmat. Rawa lebat ini berada di pantai selatan Papua dan menampilkan hutan bakau yang indah di dekat pantai dan rerumputan tinggi serta pepohonan palem di pedalaman.

Rawa Asmat ini seolah berada di tempat yang terpencil dan tersembunyi. Nama Asmat dipilih sendiri oleh masyarakat Suku Asmat, yang baru berhubungan dengan dunia luar di tahun 1950an. Untuk menyusuri rawa ini, disarankan untuk menggunakan pemandu dan kamu bisa berkesempatan untuk bertemu dengan Suku Asmat dan menyaksikan budaya mereka langsung dari dekat.

4. Tigris Euphrates Swamp, Asia Barat

Tigris Euphrates Swamps
al-monitor.com

Rawa paling indah di dunia yang tak boleh untuk dilewatkan selanjutnya adalah Tigris Euphrates yang berada di Asia Barat. Rawa ini dulunya dikenal dengan nama Mesopotamia, daerah yang dilalui oleh dua sungai besar, yaitu Sungai Tigris dan Eufrat, dialiri air dari rawa-rawa dan danaunya.

Menariknya, rawa ini dikelilingi oleh gurun dan menjadi sumber air penting di Teluk Persia bagian atas. Di tahun 1994, saat pemerintahan Saddam Husein, rawa ini dikeringkan dan aliran airnya dibuat ulang untuk mendapatkan kontrol politik terhadap penghuni lokal di Rawa Arab. Tindakan ini telah menyebabkan punahnya 52 spesies ikan asli, termasuk burung dan spesies mamalia seperti babi hutan dan kerbau.

5. The Pantanal, Brazil

The Pantanal
lonelyplanet.com

The Pantanal tak hanya dikenal sebagai rawa paling indah di dunia, tapi juga sebagai rawa terbesar di dunia yang lokasinya mencakup tiga negara sekaligus, yaitu Brasil, Bolivia dan Paraguay, Rawa ini seolah menjadi surga bagi para pengamat alam.

Rawa ini menjadi habitat bagi caiman, yaitu sejenis buaya yang ukurannya lebih kecil dan capybara, yaitu hewan pengerat terbesar di dunia. Selain itu, di rawa ini kamu juga bisa menemukan hewan yang lebih langka seperti berang-berang sungai raksasa dan jaguar. Untuk mengunjungi rawa ini, kamu bisa mengikuti ragam pilihan tour yang beroperasi disini. Namun, kamu juga bisa bepergian sendiri karena disini banyak perkebunan lokal yang menawarkan akomodasi wisata.

6. Okefenokee Swamp, Amerika Serikat

Okefenokee Swamps
waterkeeper.org

Rawa paling indah di dunia yang tak boleh untuk dilewatkan selanjutnya adalah Okefenokee Swamp yang berada di Florida, Amerika Serikat. Rawa yang luasnya mencapai 428.000 are ini menjadi lahan gambut paling besar di Amerika Utara dan diantara rawa di seluruh dunia.

Okedenokee ini memiliki arti air berbusa dan bumi bergetar dalam bahasa Hitichi yang sekarang telah punah. Diberi nama demikian karena tanahnya yang berlumpur.

7. Atchafalaya Basin, Amerika Serikat

Atchafalaya Basin
tripadvisor.co.id

Rawa Atchafalaya ini merupakan rawa terbesar di Amerika sekaligus menjadi rawa paling indah di dunia. Lokasinya berada di sepanjang sungai dengan nama yang sama, tepat di sebelah barat Sungai Mississippi.

Rawa ini menjadi rumah bagi buaya dan kuntul serta memiliki pemandangan yang sangat indah. Kamu bisa mengikuti tur untuk menjelajahi rawa ini dengan menggunakan perahu yang titik awalnya dimulai dari Houma, di sebelah barat New Orleans.

8. Bangweulu Swamps, Zambia

Bangweulu
fondationsegre.org

Rawa paling indah di dunia selanjutnya adalah Rawa Bangweulu yang berada di Zambia. Nama Bangweulu ini memiliki arti ‘dimana air bertemu dengan langit’.

Pemandangan yang ditawarkan oleh rawa ini memang sangat indah dimana semua laguna dan saluran di tanah berawa ini berfungsi sebagai penadah banjir di Lembah Luapula. Legenda setempat mengatakan baha rawa ini merupakan tempat tinggal Emela-ntouka, yaitu makhluk mitoligi yang ukurannya sebesar gajah dan bentuknya mirip dengan badak.

9. Okavango Swamp, Boswana

Okavango Swamps
tailormadeafrica.com

Rawa Okavango juga menjadi salah satu rawa paling indah di dunia yang juga menjadi salah satu dari Tujuh Keajaiban Alam Afrika dan situs Warisan Dunia UNESCO. Berlokasi di Boswana, rawa ini merupakan lahan basan intermiten yang terbentuk ketika musim hujan dan saat musim kemarau kawasan ini akan menjadi hamparan kering yang dipenuhi gajah, singa, kerbau, hyena, buaya, rusa kutub dan badak. Pemerintah Boswana secara ketat membatasi pariwisata untuk menjaga daerah yang rentan secara ekologs ini agar tetap alai sehingga akomodasi di sekitar sini lebih condong ke kelas atas dengan sejumlah area perkemahan dan penginapan mewah.

10. The Great Dismal Swamp, Amerika Serikat

The Great Dismal
id.m.wikipedia.org

Rawa paling indah di dunia yang terakhir adalah The Great Dismal yang berada di perbatasan antara Virginia dan Carolina Utara, Amerika Serikat. Kawasan ini merupakan salah satu rawa area liar yang terakhir di timur Amerika Serikat.

Rawa Dismal ini sempat mengalami beberapa kerusakan oleh manusia seperti penebangan pohon dan pengelolaan yang buruk pada habitatnya. Namun di tahun 1974, ekosistem Rawa Dismal ini kembali dipulihkan.

Itulah tadi daftar rawa paling indah di dunia yang patut untuk kamu kunjungi. Sama sekali tidak menakutkan, bukan? Kira-kira rawa mana yang paling ingin kamu jelajahi?



Leave a Reply