Penggemar Keluarga Kerajaan Inggris, Nih 10 Kastil Di Wales


prita  July 31, 2022  0 Comment

Wales adalah negara terkecil kedua di Inggris setelah Irlandia Utara, meskipun begitu Wales juga memiliki daya tarik tersendiri, salah satunya adalah dengan adanya kastil-kastil cantik. Kastil di Wales ternyata jumlahnya cukup banyak, yaitu sekitar 400 kastil. Hal tersebut membuat negara kecil ini menjadi negara dengan kastil terbanyak per mil persegi dibandingkan dengan negara lain.

Kastil memang menjadi bagian penting dari sejarah Wales. Menariknya, kastil-kastil ini bukanlah dibuat oleh orang Wales, melainkan oleh orang Inggris. Nah, jika kamu berencana untuk berlibur ke Wales, berikut ini adalah daftar kasil yang bisa kamu kunjungi sebagai objek wisata.

1. Kastil Raglan

Kastil Raglan
visitmonmouthshire.com

Kastil Raglan menjadi kastil di Wales pertama yang wajib untuk kamu kunjungi. Kastil yang berlokasi di sisi tenggara Wales ini merupakan kastil abad pertengahan akhir yang kontruksi pembangunannya di mulai tahun 1430.

Kastil ini sempat mengalami kontruksi tambahan yaitu dengan dibangunnya atap balok palu. Kastil Raglan ini dibuat memakai batu pasir dan alih-alih untuk pertahanan, tujuan pembangunannya adalah untuk menunjukkan kekuatan pengaruh serta kekayaan. Sir William ap Thomas dengan gelar The Blue Knight of Gwent adalah orang yang memerintah untuk pembangunan kastil ini.

Gotravelly

Osaka Castle, Istana Yang Paling Sering Dikunjungi Wisatawan Di Jepang

Phnom Penh Terbuat Dari Kenangan Makprang Dan Pulang

2. Kastil Harlech

Kastil Harlech
historyhit.com

Kastil di Wales yang tak boleh untuk dilewatkan selanjutnya adalah Kastil Harlech. Kastil yang berada di tebing spektakuler dan menghadap ke Ceredigion Bay ini menjadi tempat terbaiik bagi pemerintah bangsa Wales di awal 1400-an. Lalu, datanglah Henry of Monmouth, yang nantinya menjadi Henry V yang merusak semua rencana besar pahlawan rakyat Wales, yaitu Owain Glyndwr.

Kastil ini menjadi bukti masa lalu bangsa Wales yang masih terpelihara dengan baik sampai saat ini. Wisatawan bisa berkunjung ke Kastil Harlech dengan melewati jembatan terapung yang baru.

3. Kastil Cardiff

Kastil Cardiff
visitcardiff.com

Berlokasi di ibukota Wales, Kastil Cardiff ini menjadi salah satu kastil yang cukup menarik untuk dikunjungi. Kastil ini awalnya dibangun pada abad ke-11 sebagai kastil motte dan bailey di atas benteng Romawi yang berasal dari abad ke-3.

Pada pertengahan abad ke-18, kastil ini diubah menjadi rumah mewah Georgia dan didesain ulang dengan gaya kebangkitan Gotik. Karena renovasi dilakukan di bawah pengawasan William Burges, interiornya dianggap sebagai contoh kebangkitan gothic yang sangat akurat dan luar biasa. Interior kastil ini dilengkapi dengan elemen kaca patri, ukiran kayu halus dan marmer. Selama Perang Dunia Kedua, kastil ini diubah menjadi tempat perlindungan serangan dari udara.

4. Kastil Conwy

Kastil Conwy
visitwales.com

Kastil yang satu ini juga tak kalah menarik untuk dikunjungi, yaitu Kastil Conwy. Kastil yang berasal dari zaman Raja Edward I ini berada di pantai utara Wales dan telah berdiri sejak abad ke-13.

Kastil Conwy ini merupakan contoh yang mengesankan dari arsitektur pertahanan abad pertengahan dengan menara bundar yang menjadi ciri khasnya. Kastil Conwy ini juga masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO serta menjadi salah satu arsitektur militer terbaik pada saat itu.

5. Kastil Pembroke

Kastil Pembroke
en.wikipedia.org

Kastil Pembroke dikenal sebagai tempat kelahiran Henry VII dan baru-baru ini kembali menjadi perhatian ketika para arkeolog menemukan informasi yang lebih tepat tentang tempat kelahiran raja pertama Tudor.

Kastil Pembroke ini menjadi salah satu kastil yang cukup menarik untuk dikunjungi. Kastil ini dibangun pada akhir abad ke-11 dan dibangun kembali di atas batu kemudian menjadi salah satu contoh paling mengesankan dari istana batu Norman di Wales. Kastil ini pernah diserang oleh Pasukan Oliver Cromwell di tahun 1648 selama Perang Saudara Inggris dan Cromwell.

6. Kastil Carreg Cennan

Kastil Carreg Cennan
visitwales.com

Kastil berikutnya adalah Kastil Carreg Cennan. Kastil ini berdiri di tebing tinggi yang berada di sudut paling barat Taman Nasional Brecon Beacons. Kastil ini memiliki pertahanan yang mengesankan karena untuk melindungi kastil ini dipasang serangkaian parit yang dilengkapi dengan duri yang dilintasi oleh jembatan sempit.

Penyangga jembatan tersebut dapat ditarik kapan saja untuk menjatuhkan penyerang menuju lubang kematian mereka. Parit-parit  tersebut masih ada, tapi jembatan yang menakutkan dahulu kalah sudah diganti dengan jalan setapak yang aman.

7. Kastil Powis

Kastil Di Wales
visitwales.com

Jika kebanyakan kastil di Wales dibangun oleh orang Inggris atau Normandia, namun Kastil Powis ini berbeda. Kastil Powis ini dibangun oleh Gruffydd ap Gwenwynwyn, Pangeran Welsh pada pertengahan 1200-an.

Kastil Powis ini berwarna sangat merah dan berada dua mil di luar kota perbatasan Welshpool. Kastil ini memiliki taman barok bertingkat bergaya Italia dan Prancis dan sampai sekarang masih dipenuhi dengan patung, topiary yang mewah dan pagar.  

8. Kastil Caernarfon

Kastil Caernarfon
tripadvisor.co.id

Kastil di Wales yang menawarkan pemandangan indah selanjutnya adalah Kastil Caernarfon. Kastil ini menjadi lokasi upacara penobatan Pangeran Charles yang merupakan Pangeran Wales di tahun 1969.

Kastil ini dibuat dalam ukuran yang besar dan sering dijadikan sebagai tempat upacara kerajaan yang disiarkan ke seluruh dunia. Kastil ini didesain tak hanya untuk benteng, tapi juga menjadi simbol menakjubkan yang menghidupkan legenda kuno. Kastil Caernarfon ini mengigatkan pada mitos Wales mengenai mimpi sebuah benteng di muara sungai.

9. Kastil Chirk

Kastil Chirk
nationaltrust.org.uk

Kastil Chirk juga masuk dalam daftar kastil di Wales yang layak untuk kamu kunjungi. Kastil ini memiliki pemandangan yang indah dan memiliki kabin yang elegan dengan dekorasi yang penuh kemewahan, plesteran rumit yang melapisi seluruh menara abad pertengahan yang kuat, aula pelayanan abad ke-18 hingga penjara bawah tanah yang kuno.

Kastil Chirk ini juga memiliki paviliun yang indah, teras yang menawan dan taman yang terpelihara dengan baik. Untuk itu, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi kastil ini ya.

10. Kastil Beaumaris

Kastil Beaumaris
tripadvisor.co.id

Kastil yang terakhir adalah Kastil Beaumaris. Kastil ini membutuhkan waktu hampir 20 tahun untuk pembangunannya. Hal tersebut dikarenakan pembangunan kastil ini mengalami kekurangan tenaga kerja serta adanya pemberontakan sehingga pembangunannya sempat tertunda.

Saat kastil ini selesai dibangun, kastil ini direbut oleh pasukan Wales di tahun 1403. Dua tahun kemudian, pasukan kerajaan Inggris merebutnya kembali dan sebelum runtuh sekitar tahun 1660, kastil ini dapat digunakan dengan baik. Kastil yang berdiri di Isle Anglesey di Gweynedd ini memiliki menara bundar, parit yang mengarah ke laut serta bagian dalam kastil yang sampai hari ini masih belum selesai.

Nah, itulah tadi daftar kastil di Wales yang memiliki bangunan indah dan penuh sejarah. Jika kamu berencana untuk berlibur ke Wales, jangan lewatkan untuk mengunjungi salah satunya ya.



Leave a Reply