Kenali 10 Istilah Yang Harus Dipahami Ketika Naik Pesawat


Altesa  July 23, 2022  0 Comment

Pesawat merupakan salah satu moda transportasi yang banyak diminati hingga saat ini. Selain jarak tempuh yang nyaman untuk perjalanan jauh, pesawat juga memiliki waktu tempuh yang sangat singkat, hal ini menjadi keunggulannya. Tidak semua rute dapat dilalui oleh transportasi darat dan laut, namun tidak dengan pesawat. Pesawat dapat menjangkau pulau satu dnegan lainnya, bahkan negara satu dengan negara lainnya. Disamping semua keunggulan yang ditawarkan oleh pesawat, salah satu hal yang membuat pesawat mungkin sedikit susah untuk digunakan semua kalangan ialah karena harga atau tarifnya yang dinilai lebih mahal dibandingkan dengan transportasi darat maupun laut. Dalam dunia penerbangan sendiri, ada beberapa istilah yang mungkin sedikit awam bagi kamu yang belum pernah menaiki pesawat sama sekali. Nah, agar kamu tidak kebingungan saat akan melakukan perjalanan menggunakan pesawat, yuk kenali istila hyang harus dipahami ketika naik pesawat pertama kali dibawah ini.

1. Landing

Landing
idxchannel.com

Istilah yang harus dipahami ketika naik pesawat pertama kali yang pertama yaitu Landing. Landing sendiri berarti kondisi dimana pesawat yang tengah terbang akan mendarat diatas lapangan atau landasan bandara tujuan pendaratan. Proses yang satu ini mungkin menjadi tahap yang paling di tunggu oleh kamu yang menggunakan pesawat untuk berlibur. Dimana saat mendarat berarti kamu telah sampai di kota tujuan liburan kamu. Selamat menikmati liburan dan segera cari taksi atau kabari orang yang akan menjemput ya.

Gotravelly

Cobain Ragam Varian Sambel Mbah Djono, Pedesnya Bikin Nyonyor!

Pertama Nongkrong Di Bento Kopi MERR, Langsung Ketagihan!

2. Take Off

Take Off
pramborsfm.com

Berlwanan dengan Landing, Take Off merupakan Istilah yang harus dipahami ketika naik pesawat pertama kali diartikan sebagai kondisi dimana pesawat akan terbang atau meninggalkan landasan keberangkatan. Pada proses Take Off biasanya ada aturan-aturan atau kebijakan tertentu yang harus dipatuhi oleh seluruh penumpang. Kebijakan ini diberlakukan untuk mendukung alasan keselamatan dan keamanan. Diantara kebijakan yang diterapkan salah satunya yakni penumpang dilarang mengaktifkan telepon/ HP atau dapat juga mengaktifkan mode pesawat. Hal ini disebabkan, sinyal atau jaringan dari HP dapat mengganggu sinyal komunikasi dan navigasi pesawat, karena HP akan mencari sambungan jaringan dari menara komunikasi terdekat dan bisa saja sambungan dari pesawat yang kemudian terganggu.

3. Arrival

 Arrival
nasional.okezone.com

Arrival merupakan Istilah yang harus dipahami ketika naik pesawat pertama kali selanjutnya. Arrival berarti ruang tunggu atau area kedatangan bagi penumpang yang baru tiba. Area ini dapat menjadi titik pertemuan bagi kamu yang baru saja turun dari pesawat dengan pihak yang akan menjemput kamu.  Biasanya siapa nih yang jemput kamu di bandara? Keluarga atau pacar?

4. Delay

Delay
m.tribunnews.com

Bagi kamu yang sudah sering menggunakan moda transportasi pesawat tentu sangat kesal jika mendengar istilah penerbangan yang satu ini, yap betul, Delay. Delay sendiri merupakan istilah bagi keadaan dimana jadwal penerbangan mengalami penundaan dikarenakan satu atau lain hal. Penyebab terjadinya Delay yang umum terjadi ialah karena kondisi cuaca yang tidak memungkinkan untuk memulai penerbangan. Jika dipaksakan terbang dalam kondisi yang kurang mendukung resiko keselamatan dipertaruhkan dan dapat membahayakan banyak orang. Meski menjengkelkan, namun sebenarnya Delay  dilakukan demi keselamatan kamu loh. Bagaimana? Istilah yang harus dipahami ketika naik pesawat pertama kali kita ini masihkah membuat kamu jengkel?

5. Boarding Pass

5. Boarding Pass
tribunnews.com

Sebagian orang mungkin sering mendengar istilah yang satu ini namun belum tahu artinya. Istilah yang harus dipahami ketika naik pesawat pertama kali berikutnya yaitu Boarding Pass. Boarding Pass sendiri adalah tiket pesawat yang mencantumkan berbagai data rincian penerbangan seperti halnya gerbang, nomor penerbangan, nomor kursi, jam keberangkatan, dan lainnya. Jika kamu telah memiliki Boarding Pass,  maka kamu tidak memerlukan lagi tiket untuk memasuki pesawat. Bagi kamu yang akan naik pesawat terutama yang baru pertama kali, jangan sampai Boarding Pass kamu hilang yah, bisa gagal nih liburannya.

6. Departure

Departure
foursquare.com

Istilah yang harus dipahami ketika naik pesawat pertama kali yang ke-6 yaitu Departure. Departure  sendiri merupakan rangkaian area keberangkatan, mulai dari tempat Check In  dan seluruh informasi mengenai keberangkatan. Dapat dikatan area ini sebagai kebalikan dari Arrival.  Bagi penumpang yang belum pernah menaiki pesawat sebelumnya, akan banyak hal yang mungkin tidak dimengerti, seperti tahapan untuk dapat memasuki pesawat sampai dengan pesawat dapat Take Off , nah Departure ini merupakan tempat dimana kamu dapat menemukan seluruh informasi yang kamu cari. So, bagi kamu yang kebingungan tidak perlu khawatir yah.

7. Check In

 Check In
dreamstime.com

Istilah yang harus dipahami ketika naik pesawat pertama kali kita yang satu ini sudah disinggung sebelumnya, yakni Check In. Check In ini merupakan suatu proses yang dilakukan calon penumpang untuk mendaftarkan ulang tiket pesawat yang dimiliki agar mendapatkan Boarding Pass.  

8. Baggage

 Baggage
twitter.com

Bepergian tentu tidak lepas dari barang bawaan. Tak terkecuali bepergian menggunakan pesawat terbang. Namun dalam dunia penerbangan, barang bawaan penumpang dikenal dengan istilah Baggage. Namun dalam hal ini barang bawaan yang dimaksud ialah barang bawaan yang akan dimasukkan ke bagasi oleh para petugas bandara. Maka dari itu Baggage

menjadi salah satu Istilah yang harus dipahami ketika naik pesawat pertama kali, karena kamu harus dapat membedakan Baggage  dan barang bawaan yang tidak perlu kamu masukkan ke bagasi.

9. Security Check

Security Check
cnbcindonesia.com

Untuk istilah yang satu ini sebenarnya tidak hanya digunakan di dalam dunia penerbangan saja. Security Check merupakan prosedur dimana seluruh calon penumpang harus melalui pemeriksaan oleh petugas keamanan bandara guna menghindari adanya barang bawaan yang tidak diperbolehkan seperti obat-obatan terlarang, senjata api, dan barang berbahaya lainnya.

Istilah yang harus dipahami ketika naik pesawat pertama kali ini juga berlaku di beberapa tempat atau sarana umum lain seperti halnya gedung bank, mall atau tempat perbelanjaan, dan lain sebagainya.

10. Transit

Transit
cnbcindonesia.com

Istilah yang harus dipahami ketika naik pesawat pertama kali yang terakhir ialah Transit. Transit merupakan istilah dimana pesawat yang kamu tumpangi harus berhenti di bandara tertentu sebelum melanjutkan perjalanan ke bandara tujuan, dalam arti pesawat yang kamu tumpangi ke tujuan akhir tetaplah sama, hanya saja ada beberapa penumpang yang berganti, entah penumpang turun atau penumpang baru yang naik. Namun saat melakukan transit kadangkala penumpang juga harus berganti pesawat lain untuk melanjutkan perjalanan.

Bagi kamu yang bertanya-tanya mengapa pesawat perlu melakukan transit, sebenarnya ada beberapa alasan mengapa transit perlu dilakukan, salah satunya ialah, tujuan penerbangan merupakan rute yang jarang dilalui atau tidak terlalu banyak penumpang. Sehingga penumpang harus harus memilih tujuan bandara tertentu untuk melanjutkan penerbangan ke tujuan akhir.

Itulah tadi 10 istilah yang harus dipahami ketika naik pesawat pertama kali. Setelah mengenal istilah-istilah diatas, kamu siap terbang kemana saja nih? Untuk kamu yang mempunyai rencana berlibur, bisa cari rekomendasi tempat wisata yang unik dan indah di Gotravelly yah.



Leave a Reply