Kuliner

10 Deretan Es Dawet Enak di Nusantara Terkenal Menggugah Selera

Es dawet adalah salah satu kuliner asal Indonesia yang cukup populer karena sangat cocok dinikmati di iklim Indonesia yang tropis ini. Es dawet juga dikenal sebagai salah satu minuman yang dibuat dari bahan-bahan alami tanpa pengawet sehingga sangat aman untuk dikonsumsi. Sajian ini memang cukup mudah ditemui di pinggir jalan, namun tahukah kamu jika ada 10 es dawet enak di Nusantara yang terkenal menggugah selera? Berikut ini adalah daftarnya Es Dawet Enak di Nusantara.

Minuman Es Dawet Enak di Penjuru Indonesia

1. Es Dawet Jepara

food.detik.com

Kalau berbicara soal es dawet enak di Nusantara pastinya Es Dawet Jepara masuk dalam daftar. Sesuai dengan namanya, es dawet ini berasal dari Jepara, namun sekarang es dawet ini sudah banyak ditemukan di kawasan lain.

Es Dawet Jepara ini menggunakan tepung sagu aren dan memiliki tekstur yang lebih halus juga kenyal. Es dawet ini disajikan dengan campuran gula merah cair, es batu santan dan potongan nangkan. Terkadang Es Dawet Jepara ini diberi tambahan lebih banyak, seperti tambahan durian, alpukat hingga kelapa.

Segernya Es Dawet Kudus Cak Minto, Bikin Rela Ngantri!

Menikmati Satu Mangkok Es Dawet Jabung Yang Mitosnya Bikin Geleng-Geleng

2. Es Dawet Grandul Ketan

belanga.id

Es dawet enak di Nusantara selanjutnya adalah Es Dawet Grandul Ketan. Es dawet ini berasal dari Kota Pleret, Blitar dan memiliki rasa yang istimewa.

dengan tambahan bubur sumsum yang dicampur dengan grandul. Grandul merupakan bola-bola yang terbuat dari tepung ketan dan gula aren dengan tekstur kenyal dan cita rasa manis legit. Di daerah lain, grandul juga sering disebut dengan candil. Tak hanya grandul, minuman ini juga diberi tambahan bubur ketan hitam. Es dawet grandul ini tak hanya mampu melepas dahaga namun juga mengenyangkan karena isiannya yang banyak dalam satu mangkok.

3. Es Dawet Sambal

youtube.com

Dari deretan es dawet enak di Nusantara lainnya, mungkin es dawet yang satu ini yang paling unik. Bagaimana tidak, es dawet ini diberi nama Es Dawet Sambal. Sajian unik ini memang cukup asing karena memang sudah langka dan jarang ada yang jual.

Sajian yang ini konon tercipta dari keisengan seorang penjual dawet yang sudah bosan dengan rasa dawet yang manis. Dari hasi coba-cobanya, kuliner ini akhirnya tercipta. Dawet ini berwarna putih karena terbuat dari tepung pati gayong yang kemudian diberi saus yang terbuat dari nira. Lalu diberi tambahan berbagai macam topping yang cukup berbeda dengan es dawet pada umumya. Seperti kecambah, bawang goreng dan irisan tahu lalu juga diberi sambal pecel.

Ada juga es dawet sambal dengan varian berbeda, yaitu diberi tambahan topping kubis, kecambah dan seledri. Kemudian kuahnya terbuat dari air santan dan gula merah juga sambal pecel.

4. Es Dawet Ayu

kompasiana.com

Es dawet enak di Nusantara yang wajib kamu coba selanjutnya adalah Es Dawet Ayu. Es Dawet Ayu ini mungkin memang cukup familiar karena tak hanya banyak dijual di kota asalnya, Banjarnegara, namun juga di kota-kota lain di Indonesia.

Penjual es dawet ayu ini memang memiliki ciri khas, yaitu adanya dua tokoh wayang di gerobaknya, yaitu Gareng dan Semar. Banyak versi seputar alasan mengapa dawet Banjarnegara ini disebut dengan dawet ayu. Versi pertama menyebutkan jika minuman ini terinspirasi dari lagu tahun 80-an yang berjudul “Dawet Ayu Banjarnegara”. Lalu versi kedua menyebutkan jika peraciknya memiliki istri yang berwajah cantik atau ayu dalam Bahasa Jawa. Dawet Banjarnegara ini terbuat dari tepung beras yang warna hijaunya berasal dari air daun suji. Es dawet Ayu ini biasanya disajikan dengan campuran gula merah cair, santan, potongan buah nangka dan es batu.

5. Es Dawet Ireng

inibaru.id

Es Dawet Ireng juga masuk dalam daftar es dawet enak di Nusantara yang wajib untuk kamu coba. Dawet ireng ini merupakan es dawet khas Kecamatan Butuh, Kabupaten Purworejo.

Kata Ireng berasal dari Bahasa Jawa yang memiliki arti Hitam. Hal ini dikarenakan dawet ireng memiliki butiran dawet yang berwarna hitam pekat. Wana hitam pada dawet ini terbuat dari abu merang atau jerami yang telah dicampur air untuk menghasilkan pewarna makanan alami. Dawet ireng ini terbuat dari tepung sagu aren. Penyajian es dawet ini juga sama dengan Es Dawet Banjarnegara dan biasanya disajikan dalam mangkok kecil.

6. Es Dawet Semarangan

gotravelly.com

Jika kamu penggemar durian, es dawet yang satu ini wajib untuk kamu coba. Sesuai dengan namanya, minuman ini berasal dari kota Semarang dan biasa disajikan dengan buah durian.

Es dawet Semarangan ini dawetnya terbuat dari tepung maizena yang dipanaskan sehingga memiliki tekstur yang kenyal. Es dawet ini disajikan dengan durian lokal atau durian Montong khas Medan, tape ketan dan potongan nangka. dicampur dengan gunungan es serut di bagian atasnya kemudian disiram dengan kuah santan dan sirup gula merah. Cita rasanya yang manis legit ini membuat Es Dawet Semarangan menjadi salah satu es dawet enak di Nusantara.

7. Es Dawet Telasih

inibaru.id

Es dawet enak di Nusantara selanjutnya adalah Es Dawet Telasih. Minuman segar ini berasal dari Solo yang mana masyarakatnya menyebut Selasih dengan nama Telasih. Untuk itulah minuman ini dikenal dengan nama Es Dawet Telasih.

Es dawet khas Solo ini terdiri dari dawet hijau, bubur sumsum, tape ketan hijau dan biji selasih. Berbeda dengan es dawet umumnya yang menggunakan gula merah cair, es dawet telasih ini menggunakan sirup gula pasir. Meskipun rasa manisnya berbeda, namun tetap tidak mengurangi nikmat dari es dawet telasih ini.

8. Es Dawet Batil

avepress.com

Es Dawet Batil merupakan salah satu es dawet enak di Nusantara yang berasal dari Lamongan. Minuman ini memiliki isian yang beragam dan menariknya tidak menggunakan dawet, melainkan semacam roti yang dikenal dengan nama Batil.

Batil merupakan roti yang dibuat dari tepung beras, ragi dan perutan kelapa. Roti ini memiliki rasa yang mirip dengan kue apem, namun lebih asam. Selain batil, minuman ini juga diberi isian kacang hijau, agar-agar dan buah siwalan. Seluruh isian tersebut disajikan dengan kuah santan, sirup gula aren dan es batu.

9. Es Dawet Jabung

youtube.com

Es Dawet Jabung adalah salah satu kuliner wajib saat kamu berlibur ke kota Ponorogo. Es Dawet Jabung ini juga masuk dalam daftar es dawet enak di Nusantara yang cukup diminati.

terdiri dari tape ketan, dawet, potongan buah nangka, es dan santan. Dawetnya sendiri terbuat dari tepung sagu aren, lalu cita rasa manisnya berasal dari nira kelapa.

10. Es Dawet Siwalan

ksmtour.com

Es dawet enak di Nusantara yang terakhir adalah Es Dawet Siwalan. Es Dawet Siwalan ini banyak ditemukan di kawasan pesisir Pacitan atau di Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur.

Berbeda dengan es dawet pada umumnya, minuman ini tidak menggunakan dawet melainkan isiannya terdiri dari buah pohon lontar atau siwalan. Buah Siwalan ini dipotong dadu yang kemudian dipadukan dengan sirup gula siwalan atau gula kelapa. Jika kamu berkunjung ke Tuban, kamu akan menemukan pedagang yang menjual minuman ini dengan tambahan irisan melon, cincau dan buah nangka.

prita

Recent Posts

11 Wisata Dekat Stasiun Gambir yang Recommended!

Siapa yang sudah merencanakan liburan seru ke Jakarta naik kereta api? Pasti asyik nih! Nah,…

4 months ago

16 Tempat Wisata Dekat Stasiun Sudirman, Spot Instagramable

Tahukah kamu bahwa terdapat tempat wisata dekat Stasiun Sudirman yang bisa kamu kunjungi?. Lokasi di…

4 months ago

15 Wisata Dekat Stasiun Bogor, Menakjubkan!

Jika naik kereta ke Bogor, pernahkan kamu merasa ingin mampir ke tempat wisata terdekat?. Banyak…

4 months ago

13 Hidden Gems Solo Terbaik yang Recommended!

Cari tempat -tempat Hidden gems di Solo yang menarik, memang cukup seru. Tidak jarang juga…

4 months ago

10 Restoran di Bogor, Cocok Untuk Keluarga!

Restoran di Bogor - Ada banyak tempat kuliner yang tentu saja dapat kamu pilih. Namun,…

4 months ago

10 Kue Kering Terenak di Dunia, Cobain yuk!

Tak sekadar makanan atau minuman saja yang memiliki kategori terenak dan favorit loh, ternyata ada…

4 months ago