101 views | 0 Likes

Puncak Rembangan, Tempat Ngadem Asyik di Kaki Gunung Argopuro

4 star (from 1 people)
Jember, Jawa Timur, Indonesia
Category: Attraction

Posted on 23 February 2020, 16:00:00
gizeline
Traveler

Ingin menikmati sisi sejuk kota Jember? Dateng ke Puncak Rembangan aja guys. Disini tak hanya bisa menikmati sejuknya udara, tapi juga banyak fasilitas yang siap memanjakan kalian.

How to Get There

Kenyang menikmati lezatnya Nasi Langgi dan Nasi Bakmoy di Depot Jawa Timur, perjalananku berlanjut menuju ke salah satu wisata alam yang cukup legendaris di Kota Jember, yaitu Puncak Rembangan. 

Setelah menjelajah beberapa wisata pantai di Jember, seperti Pantai Payangan dan Pantai Watu Ulo, akhirnya aku mutusin buat menikmati kesejukan udara pegunungan di kota Jember dan Puncak Rembangan ini tempatnya guys.

Rembangan berada di Darungan, Kemuninglor, Arjasa, Jember. Untuk menuju kesini, aku saranin kalian naik kendaraan pribadi aja karena lebih hemat waktu dan biaya. Tenang aja guys, jalanan untuk menuju ke kawasan Rembangan ini udah cukup baik untuk dilalui kendaraan, meskipun agak naik turun dan berliku.

What to Do

Puncak Rembangan ini cocok banget kalian kunjungi untuk sekedar menikmati pemandangan dan menyegarkan pikiran. Udara disini sangat sejuk dan segar karena Puncak Rembangan berada di kaki Gunung Argopuro. Jadi ngga heran kalo viewnya bagus banget, apalagi kalo sore hari menjelang sunset dan malam hari. Sayangnya, aku kesana di pagi hari dan di hari libur, jadinya rame banget.

Puncak Rembangan JemberPintu Masuk Wisata Rembangan

Puncak setinggi 650 meter diatas permukaan laut ini tak hanya punya pemandangan cantik dan udara yang sejuk lho guys, tapi juga ada beberapa fasilitas lain yang bisa kalian kunjungi, seperti agrowisata, dairy farm, restoran, kolam renang hingga villa pun ada disini. Di kawasan ini juga biasanya diadakan acara tahun baruan dan pelepasan kembang api.Puncak Rembangan JemberPemandangan dari Puncak Rembangan

Sebelum aku bahas lebih lanjut soal beberapa fasilitas yang ada disini, aku mau cerita dikit soal sejarahnya guys. Jadi, tempat ini ternyata udah ada sejak zaman kolonial Belanda lho. Tempat ini dibangun oleh Belanda sebagai tempat istirahat pada tahun 1937 atas ide Mr Hofstide yang merupakan penanggung jawab perkebunan kopi dan kakao saat itu. 

Puncak Rembangan JemberKolam Renang Puncak Rembangan

Puncak Rembangan Jember
Rame banget guys wkwkwk

Tak hanya menjadi tempat peristirahatan pegawai perkebunan dan pengawasnya aja, tapi tempat ini kemudian dijadikan sebagai tempat menginap dan wisata para pejabat Belanda yang datang ke Jember. Namun, setelah Indonesia merdeka, kawasan ini pun dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Jember. 

Setelah itu dilakukanlah perbaikan dan penambahan fasilitas tanpa mengubah bangunan dasar yang merupakan buatan Belanda. Jadi, kalo kalian kesini kalian juga bisa merasakan suasana masa kolonial yang berpadu dengan konsep bangunan modern. Seperti restorannya, bangunan restoran ini merupakan bangunan peninggalan Belanda yang sekarang difungsikan sebagai restoran. Bangunannyapun terlihat klasik dan khas Belanda.

Puncak Rembangan JemberBangunan restorannya yang klasik

Puncak Rembangan Jember

Selain itu, sejumlah fasilitas dibangun di area seluas 13,4 hektar ini. Di depan restoran ada kolam renang dan playground. Kemudian tak jauh dari restoran itu juga ada villa dan penginapan yang bisa disewa oleh pengunjung. Jadi kalian kalo mau bermalam, ngga perlu bingung mau bermalam dimana guys.

Puncak Rembangan JemberVilla di Puncak Rembangan

Tak hanya itu, kalian bisa mengunjungi perkebunan buah naga dan kopi yang berada di kawasan ini. Tapi sayangnya saat itu buah naganya masih belum berbuah, jadi aku berkunjung ke dairy farm-nya untuk membeli susu sapi segar. Disini kalian juga bisa melihat langsung sapi perahnya lho guys.

Puncak Rembangan JemberHasil susu perah yang dijual di Dairy Farm

Overall, Puncak Rembangan ini bisa jadi destinasi yang seru untuk kalian kunjungi bersama keluarga, teman-teman ataupun pasangan kalian. So guys, kalo kalian ada rencana jalan-jalan ke Jember, jangan lupa untuk berkunjung ke Puncak Rembangan ya.

Video by Gotravelly

Tips and Trick

  • Kalo kalian berencana naik kendaraan pribadi, pastikan kendaraan kalian dalam kondisi fit ya karena jalannya cukup berliku dan naik turun.
  • Waktu yang tepat untuk berkunjung adalah saat sore hari dan malam hari.
  • Karena udaranya cukup sejuk dan cenderung dingin, gunakan jaket.
  • Pakai alas kaki yang nyaman.
  • Bawa kamera.
  • Jangan buang sampah sembarangan.

Gallery (8)

Comments (0)