148 views | 0 Likes

Indahnya Pantai Watu Ulo yang Berbalut Kisah Mistis

0 star (from 0 people)
Jember, Jawa Timur, Indonesia
Category: Beach Exploring

Posted on 19 January 2020, 16:00:00
gizeline
Traveler

Berkunjung ke Jember, belum lengkap kalo belum mengunjungi indahnya pantai ini. Namun, dibalik keindahannya pantai ini ternyata menyimpan kisah mistis yang menarik untuk diulik..

How to Get There

Setelah kenyang menikmati hangatnya Soto Ayam Dahlok, perjalanan di Jember ini aku lanjutkan menuju salah satu tempat wisatanya yang cukup hits dan terkenal sejak dulu yaitu Pantai Watu Ulo.

Kabupaten Jember emang terkenal dengan wisata pantainya sejak dulu guys dan Pantai Watu Ulo ini salah satunya. Pantai Watu Ulo ini berada berdekatan dengan beberapa pantai indah lainnya, seperti Pantai Papuma dan Pantai Payangan, yaitu di kawasan Ambulu. 

Untuk menuju kesini pun aku saranin kalian buat naik kendaraan pribadi soalnya jarang ada transportasi umum yang lewat sini. Arahnya gampang kok guys, dari pusat kota Jember arahkan kendaraan kalian menuju Ambulu dan disitu kalian akan temukan banyak papan penunjuk jalan untuk menuju Pantai Watu Ulo. Waktu tempuh yang dibutuhkan kira-kira sejam.

What to Do

Pantai Watu Ulo ini berada di desa yang sama dengan Pantai Payangan, yaitu Desa Sumberrejo, Kecamatan Ambulu. Tapi kemarin aku sengaja menuju Pantai Watu Ulo terlebih dahulu karena pengen menikmati sore di Pantai Payangan yang memiliki pemandangan sunset terindah.

Pantai Watu Ulo Ambulu Jember

Pantai Watu Ulo akrab dengan legendanya yang misterius. Nama pantai ini “Watu Ulo” yang dalam Bahasa Indonesianya bearti “Batu Ular” memang punya keunikan guys, yaitu adanya batu yang memanjang seperti ular. Menurut cerita yang beredar, konon batu karang yang mirip ular ini adalah sosok perwujudan raja naga yang tidur pulas. Ular tersebut adalah utusan Ajisaka yang diperintahkan untuk melindungi dari serangan musuh terhadap dirinya. Ular ini disebut suatu saat bisa terbangun dari tidurnya.

Pantai Watu Ulo Ambulu Jember

Pantai Watu Ulo Ambulu JemberIni Batu berbentuk ularnya

Legenda lain yang beredar seputar pantai ini adalah, konon dulu pernah terjadi pertarungan antar pemuda dengan seekor ular raksasa. Pertarungan sengit tersebut melukai keduanya.

Pantai Watu Ulo Ambulu Jember

Karena mitos dan legenda yang beredar inilah, Pantai Watu Ulo sering kali diadakan upacara adat budaya di setiap tanggal 7 bulan Syawal atau saat lebaran ketupat, disini diadakan upacara Larung Saji. Upacara ini dilaksanakan sebagai bentuk ucapan rasa syukur dari para nelayan yang tinggal di sekitar pantai.

Pantai Watu Ulo Ambulu Jember

Terlepas dari berbagai cerita legenda disini, Pantai Watu Ulo punya keindahan yang patut untuk kalian nikmati. Ombak pantai ini terbilang cukup besar karena memang pantai ini berada di pesisir pantai selatan, untuk itu pengunjung ngga diperbolehkan berenang di pantai ini. Kalian cukup bermain di pinggiran pantainya, itu pun harus tetap ekstra hati-hati agar ngga terseret ombak.

Pantai Watu Ulo Ambulu Jember
Pantai Watu Ulo Ambulu JemberArea duduk di pinggir pantai

Pantai Watu Ulo punya bebatuan karang yang cantik untuk kalian abadikan. Meskipun pasir pantai ini berwarna hitam, tapi cukup lembut lho guys. Kalian juga bisa duduk bersantai sambil menikmati es kelapa hijau yang segar atau hidangan laut khas Pantai Watu Ulo.

Pantai Watu Ulo Ambulu Jember
Pantai Watu Ulo Ambulu Jember

Ohya, dalam perjalanan menuju Pantai Watu Ulo ini kalian bisa melihat pepohonan cemara yang instagramable lho. 

Pantai Watu Ulo Ambulu JemberJalan menuju Pantai Watu Ulo

Nah, buat kalian yang pengen berwisata ke pantai barengan keluarga atau temen-temen kalian, dateng aja ke Pantai Watu Ulo di Jember. Yuk agendakan perjalanan kalian kesini.

Tips and Trick

  • Pakai Sunblock.
  • Pakai alas kaki yang nyaman.
  • Pakai topi dan kacamata.
  • Jangan buang sampah sembarangan.
  • Bawa kamera buat foto-foto.
  • Buat kalian yang pengen main air, jangan lupa bawa baju ganti dan peralatan mandi.

Gallery (10)

Comments (0)