gizeline | Traveler
Jember, Jawa Timur, Indonesia | Beach Exploring
12 Feb 2020


Cantiknya Pantai Payangan Bagaikan Khayangan, Bikin Enggan Pulang
Selain Pantai Watu Ulo, ada Pantai Payangan yang cantiknya bikin enggan untuk pulang. Perpaduan birunya laut dan suara deburan ombak mampu menenangkan pikiran..

How to Get There

Puas menikmati ombak di Pantai Watu Ulo sambil bersantai minum air kelapa, perjalananku berlanjut menuju sebuah pantai yang berada tak jauh dari Pantai Watu Ulo ini, yaitu Pantai Payangan.

Pantai ini berada satu desa dengan Pantai Watu Ulo, yaitu Desa Sumberrejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember. Untuk menuju kesini, lagi-lagi aku ngga saranin buat naik kendaraan umum karena emang jarang ditemukan kendaraan umum yang lewat sini. Mending kalian naik kendaraan pribadi untuk menghemat waktu dan biaya.

What to Do

Pantai Payangan ini merupakan pantai favorit aku di Jember karena ini adalah kedua kalinya aku dateng ke pantai ini. Banyak juga orang yang suka sama pantai ini karena pantai ini punya pemandangan matahari tenggelam atau sunset yang sangat cantik. 

Pantai Payangan memiliki area yang cukup luas, disini ada tiga pantai yang bisa kalian kunjungi. Pantai pertama adalah kawasan nelayan yang menghadap ke arah barat daya. Lalu bagian selanjutnya berupa pantai dengan batu karang yang dipisahkan oleh sebuah bukit. Bagian pantainya yang paling luas adalah di sisi utara pantai dengan batu karang yang juga dipisahkan oleh bukit kecil, pantai ini memanjang ke arah utara dan berbelok ke arah barat. Kalo ditelusuri, kalian akan tiba di Pantai Watu Ulo.

pantai payangan jemberPantai Payangan pertama

pantai payangan jember
Pantai Payangan Kedua

Sama halnya dengan Pantai Watu Ulo, Pantai Payangan juga memiliki pasir berwarna hitam. Meskipun begitu, ini sama sekali ngga mengurangi keindahan pantai ini. Kombinasi pasir hitamnya dengan birunya air laut membuat pantai ini layak dinikmati oleh semua orang. 

Pantai Payangan tak hanya soal pasir hitamnya dan gemuruh ombaknya saja, tapi pantai ini juga punya daya tarik lain yaitu adanya Bukit Samboja. Bukit ini terletak di sebelah barat daya yang membatasi pantai nelayan dengan pantai dan batu karang. Track menuju puncak bukit ini udah ditata dengan baik, meskipun agak tinggi dan cukup melelahkan untuk sampai ke puncak, tapi kalian akan benar-benar dimanjakan dengan pemandangan yang sangat cantik.

pantai payangan jemberTrack menuju Bukit Samboja

Bukit Samboja ini memiliki beberapa spot instagramable yang sayang sekali buat kalian lewatkan. Salah satu yang paling aku suka adalah  Tanjung Nirwana, dimana dari atas sini aku bisa melihat batu-batu karang yang tinggi menjulang bagaikan candi ditengah lautan. Indah sekali.

pantai payangan jemberTrack menuju Tanjung Nirwana

wisata di jember
Pemandangan dari Tanjung Nirwana

Spot terbaik menurut aku adalah dipuncak Bukit Samboja ini guys. Dari atas sini, kalian akan dimanjakan dengan lautan yang luas nan menawan. Dari atas sinilah kalian juga bisa menikmati sunset atau matahari terbenam dengan indahnya. Sayangnya, saat aku kesana kemarin cuaca sedang mendung dan hujan, jadinya ngga bisa melihat indahnya matahari terbenam. Padahal sunset dari atas sini bener-bener cantik guys.

wisata di jemberPemandangan Pantai ketiga dari atas Bukit Samboja

wisata di jember

Di ujung timur, kalian bisa melihat indahnya barisan pegunungan hijau yang menjadi bagian Taman Nasional Meru Betiri yang berada di perbatasan Jember dengan Banyuwangi. 

wisata di jember

Untungnya, di puncak Bukit Samboja ini sudah tersedia gazebo yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk bersantai sambil menikmati indahnya pemandangan tanpa khawatir kepanasan ataupun kehujanan. Duduk disini sambil menikmati luasnya lautan ditemani semilir angin dan suara deburan ombak membuatku enggan beranjak pulang.

wisata di jemberSpot untuk menikmati sunset, tapi sayangnya lagi mendung :(

Pantai Payangan Jember

Anyway, untuk soal fasilitas, Pantai Payangan udah punya fasilitas yang cukup lengkap kok guys. Disini udah ada kamar mandi, warung makan, lokasi parkir yang luas hingga mushola bagi pengunjung yang ingin beribadah. Lengkap banget kan? Yuk buruan agendakan perjalanan kalian ke Pantai Payangan ini guys.

Video by Gotravelly

Tips and Trick

Berbeda dengan Pantai Watu Ulo dan Pantai Papuma, Pantai Payangan tidak dikenakan tiket masuk. Kalian cukup bayar parkir kendaraan sekitar Rp 2.000 - Rp 5.000 aja. Namun, kalo kalian pengen mendaki Bukit Samboja, kalian akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Pantai ini bisa kalian kunjungi mulai pagi hingga sore hari, tapi saranku sih kalian datang di sore hari saat sunset karena view nya bagus banget. Jangan lupa bawa kamera buat mengabadikan moment. Ohya, buat kalian yang ingin mendaki Bukit Samboja, pake alas kaki yang nyaman ya dan harus berhati-hati biar ngga jatuh.

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY