gizeline
gizeline | Traveler
Jember, Jawa Timur, Indonesia | halal
4 K5

Sarapan di Depot Jawa Timur: Nasi Langgi-nya Juara!

Nasi Langgi Depot Jawa Timur Jember

Tak hanya wisata alamnya saja yang indah, Kota Jember juga punya banyak kuliner yang patut untuk dicoba. Seperti Nasi Langgi yang ada di Depot Jawa Timur ini. Seenak apa rasanya? Simak yuk
Post Content

Lelah mendaki Bukit Samboja di Pantai Payangan, malamnya aku langsung beristirahat dan melewatkan event tahun baru di kota Jember. Keesokan harinya, aku terbangun dengan perut keroncongan dan langsung deh searching rekomendasi menu makan pagi di Jember yang patut untuk dicoba. Kemaren aku udah sempet cobain sarapan di Warung Soto Dahlok dan sekarang pengen makan nasi pastinya. Setelah bersiap dan jemput salah satu temenku, akhirnya kami muter-muter kota Jember dan menemukan Depot Jawa Timur yang udah buka di pagi hari. Katanya sih Depot ini terkenal dengan kuliner Nasi Langgi-nya. Seperti apa rasanya?

Depot Jawa Timur Jember

Depot Jawa Timur ini berlokasi di Jalan Gatot Subroto No 8, Kota Jember. Depotnya sederhana dan cukup luas. Depot ini terkenal sebagai salah satu depot legendaris di kota Jember yang punya menu spesial Nasi Langgi. 

Depot Jawa Timur Jember
Depot Jawa Timur Jember

Anyway, kalo kalian berasal dari Solo atau kawasan Jawa Tengah lainnya pasti udah ngga asing lagi dengan kuliner Nasi Langgi atau yang sering disebut Sego Langgi. Nasi Langgi ini merupakan olahan nasi dengan rempah, santan dan asam Jawa. Nasi ini kemudian disajikan dengan aneka lauk seperti telur dadar, kering kentang, daging, serundeng, sambar goreng ati dan mentimun. Karena penasaran, akhirnya aku memesan satu porsi Nasi Langgi.

Nasi Langgi Depot Jawa Timur JemberNasi Langgi Rp 30.000,-

Kalo diperhatikan, Nasi Langgi yang disajikan Depot Jawa Timur ini agak berbeda dengan Nasi Langgi asli dari Solo. Nasi yang digunakan adalah nasi putih biasa, jadi terlihat seperti nasi campur pada umumnya, nasi ini kemudian dilengkapi dengan lauk seperti daging berbumbu, kering tempe, sambal goreng kentang, kering tempe dan telur asin.

Nasi Langgi Depot Jawa Timur Jember

Rasa dari Nasi Langgi ini enak banget guys, tekstur nasinya sangat pulen dan porsinya lumayan mengenyangkan. Apalagi ditambah dengan aneka lauk yang sangat menggugah selera ini, dagingnya punya tekstur yang lembut dan sama sekali ngga alot, bumbunya juga sangat lezat apalagi kalo dipadukan dengan nasinya dan kering tempe yang sangat gurih. Bener-bener jadi menu sarapan yang lezat.

Nasi Langgi Depot Jawa Timur Jember

Selain Nasi Langgi, aku juga mencoba menu lain dari Depot Jawa Timur ini guys, yaitu Nasi Bakmoy. Kuliner yang merupakan perpaduan dari Tiongkok dan Jawa ini emang cukup menggugah selera guys. Nasi Bakmoy ini terdiri dari nasi, ayam dan tahu goreng yang di potong dadu dan telur rebus. Nasi Bakmoy dihidangkan dengan kuah kaldu ayam dan sambal kecap. 

Nasi Bakmoy Depot Jawa Timur JemberNasi Bakmoy Rp 28.500,-

Rasanya? Seger banget guys! Kuah kaldunya bener-bener sedap, apalagi ditambah dengan rasa ayamnya yang bener-bener enak, ayam yang dipake ayam kampung ya guys. Ngga lupa juga aku tambahin pake sambelnya yang khas. Nasi Bakmoy ini bener-bener wajib kalian cobain kalo kalian berkunjung ke Jember.

Nasi Bakmoy Depot Jawa Timur Jember

Untuk menu minumannya yang rekomended adalah Es Campurnya guys. Es campur ini porsinya cukup besar dan bikin kenyang. Isiannya ada bermacam-macam, mulai dari mutiara, daging kelapa, cao, potongan nanas, potongan alpukat dan serutan es batu. Ngga lupa juga ada susu kental manis dan sirup coconut yang bikin rasanya makin enak.

Es Campur Depot Jawa Timur JemberEs Campur Rp 16.000,-

Selain menu-menu yang aku pesen, kalian juga bisa pesen menu lain khas Jawa Timur yang disajikan di depot ini. Ini dia daftar menunya.

Menu Depot Jawa Timur JemberMenu Depot Jawa Timur Jember

Overall, menikmati sajian menu di Depot Jawa Timur ini patut kalian coba kalo lagi berkunjung ke Kota Jember. Emang sih harga menunya agak pricey, tapi worth it untuk rasa dan porsinya. Next time, kalo aku berkunjung ke Jember lagi, pasti bakal mampir lagi dan cobain menu lainnya. Selamat mencoba!

Video by Gotravelly

Opening Hours
Buka setiap hari 08.00 - 21.00
SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data