Wisata

Wisata Gratis di Jakarta, Bikin Senang Tanpa Perlu Keluar Uang

Selain dikenal sebagai ibukota Negara Indonesia, Jakarta juga dikenal sebagai kawasan yang kaya akan tempat wisata. Kamu dapat mengunjungi berbagai pilihan wisata di Jakarta mulai dari yang berbayar hingga gratis. Tidak perlu bingung menentukan tujuan, inilah daftar rekomendasi wisata gratis di Jakarta yang populer dan tidak boleh kamu lewatkan.

Wisata Gratis di Jakarta :

1. Kawasan Kota Tua Jakarta

orami.co.id

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan wisata Kota Tua Jakarta. Kawasan yang satu ini sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang sedang mencari rekomendasi wisata gratis di Jakarta. Sesuai dengan sebutannya, pengunjung akan dimanjakan dengan adanya gedung-gedung tua yang memiliki arsitektur khas.

Tidak sedikit wisatawan yang memutuskan untuk datang dan berjalan-jalan di sekitar wisata Kota Tua Jakarta. Selain bersantai, pengunjung juga dapat mencoba berbagai kuliner lezat hingga berfoto dengan banyaknya spot menarik yang ditawarkan. Di sekitar Kota Tua, kamu sekaligus dapat menjumpai adanya Museum Fatahillah.

Untuk menyusuri kawasan ini, pengunjung tidak dikenakan biaya alias gratis. Menghabiskan waktu sore bersama teman maupun keluarga dengan bersantai di sekitar kota tua menjadi pilihan menarik yang bisa kamu coba.

2. Pantai Indah Kapuk 2

travel.kompas.com

Pantai Indah Kapuk 2 atau yang lebih dikenal dengan julukan PIK 2 dapat menjadi tujuan tepat untuk didatangi bagi kamu yang sedang mencari wisata gratis di Jakarta. Di tempat ini, kamu juga akan disuguhkan dengan indahnya pemandangan pantai serta hamparan pasir putih yang luas. Biasanya wisata ini selalu dipadati pengunjung saat sore hari.

Tidak perlu mengeluarkan biaya mahal, kamu dapat masuk ke kawasan pantai tanpa dipungut biaya. Selain pemandangan pantai, kamu juga dapat menikmati adanya wisata hutan mangrove, kolam renang, cafe, hingga restoran yang menyajikan berbagai menu lezat.

3. Monumen Nasional

wisatasekolah.com

Monumen nasional atau yang biasa disingkat dengan Monas menjadi salah satu bangunan sekaligus wisata Ikonic di Jakarta. Kawasan yang satu ini juga dapat menjadi pilihan tepat bagi kamu yang sedang mencari rekomendasi wisata gratis di Jakarta. Kamu dapat menghabiskan waktu dengan menyusuri area Monas tanpa dipungut biaya alias gratis.

Tidak sedikit pengunjung yang menyempatkan untuk berfoto atau mengabadikan momen dengan latar megahnya bangunan Monas. Di Monas, kamu juga dapat menjumpai adanya museum yakni Museum Sejarah Nasional.

4. Hutan Kota GBK

blog.cove.id

Rekomendasi wisata gratis di Jakarta berikutnya yang tidak kalah menarik untuk kamu kunjungi adalah Hutan Kota GBK. Sesuai dengan sebutannya, kawasan ini merupakan area terbuka hijau yang selalu ramai pengunjung setiap harinya.

Di Hutan Kota GBK, kamu dapat menikmati udara yang sejuk serta luasnya area penghijauan. Tempat yang satu ini juga menjadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin menepi sejenak dari ramainya perkotaan. Dengan luas mencapai 4 hektar, Hutan Kota GBK kini ditata sebagai paru-paru kota.

Tidak hanya bersantai dan menghirup udara segar, pengunjung juga dapat melakukan berbagai aktivitas menarik saat datang ke Hutan Kota GBK. Tersedia area jogging track bagi kamu yang ingin jogging atau berolahraga. Selain itu, taman ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti adanya bangku taman, toilet, hingga berbagai warung atau tempat makan.

Nggak sedikit pengunjung yang membawa peralatan piknik diantaranya tikar hingga bekal makanan dari rumah. Mencoba sensasi piknik bersamaan teman maupun keluarga di Hutan Kota GBK tentu menjadi hal yang tidak boleh kamu lewatkan.

5. Bundaran HI Jakarta

travel.kompas.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan kawasan Bundaran HI Jakarta bukan? Kawasan yang satu ini kerap dituju oleh wisatawan yang datang dari berbagai daerah. Selain dapat menikmati adanya bangunan patung ikonik, kamu juga dapat menjumpai air mancur yang indah. Saat malam hari tiba, pemandangan tampak semakin indah karena adanya tambahan lampu-lampu LED.

Selain berjalan-jalan di sekitar Bundaran HI Jakarta, kamu juga dapat bersantai hingga mengunjungi Mall Grand Indonesia. Tidak hanya itu, di sini kamu juga dapat berkeliling menggunakan City Tour Bus. Bus yang satu ini akan membawamu berkeliling dari Bundaran HI hingga ke Monas. Tidak perlu khawatir soal biaya, pengunjung dapat berjalan-jalan dengan gratis menggunakan City Tour Bus.

6. Wisata Gratis di Jakarta : Danau Setu Babakan

travel.kompas.com

Pernahkah kamu mendengar sebutan wisata Danau Setu Babakan? Danau yang satu ini merupakan salah satu pilihan tepat untuk didatangi bagi kamu yang sedang mencari wisata gratis di Jakarta. Untuk masuk dan menyusuri kawasan danau, pengunjung tidak dikenakan biaya tiket masuk alias gratis. Dengan luas mencapai 165 hektar, kamu dapat menikmati hamparan perairan yang luas dengan penghijauan di sekelilingnya.

Pengunjung dapat bersantai maupun sejenak melepas penat dengan mengunjungi Danau Setu Babakan. Selain bersantai, kamu juga dapat mencoba berbagai permainan yang ditawarkan seperti sepeda air hingga menaiki kano. Bagi kamu yang memiliki hobi memancing, jangan lupa untuk membawa peralatan pancing dari rumah. Danau Setu Babakan menjadi tujuan menarik bagi kamu yang hobi memancing.

Tidak hanya itu, Danau Setu Babakan juga kerap dipilih sebagai tujuan piknik. Kamu dapat membawa bekal makanan dan minuman serta peralatan piknik saat datang ke danau ini. Suasana nyaman dengan udara yang sejuk dan segar tentu akan membuatmu betah dan enggan pulang.

7. Wisata Gratis di Jakarta : Tebet Eco Park

travel.kompas.com

Tidak kalah menarik dengan wisata gratis di Jakarta lainnya, Tebet Eco Park juga menjadi salah satu yang tidak boleh kamu lewatkan. Taman yang satu ini baru diresmikan dan dapat kamu kunjungi di kawasan Tebet, Jakarta Selatan. Dengan luas mencapai 7 hektar, pengunjung dapat berkeliling dan menikmati udara segar yang ditawarkan.

Selain bersantai dan menikmati udara yang sejuk dan segar, taman ini juga menyediakan berbagai fasilitas serta permainan yang akan memanjakan pengunjung. Tidak hanya itu tersedia banyak spot menarik dan instagramable yang dapat dimanfaatkan untuk berfoto.

Meskipun memiliki area yang luas serta suasana yang nyaman, pengunjung tidak dikenakan biaya untuk masuk ke taman ini. Kamu juga diperbolehkan untuk membawa makanan atau minuman dari luar. Asik sekali bukan?

8. Wisata Gratis di Jakarta : Lapangan Banteng

travel.kompas.com

Satu lagi rekomendasi tempat wisata gratis di Jakarta yang bisa kamu kunjungi yakni Lapangan Banteng. Taman Lapangan Banteng dapat kamu kunjungi di kawasan Gambir, Jakarta Pusat. Di tempat ini, kamu dapat menikmati udara yang sejuk dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan. Tersedia area jogging track bagi kamu yang ingin jogging di taman ini.

Taman Lapangan Banteng juga dikenal sebagai salah satu tempat bersejarah. Disana kamu akan menjumpai adanya dinding yang berisi pidato proklamasi, deklarasi Djuanda, hingga pidato Presiden Soekarno tentang pembebasan Irian Barat.

source : https://www.youtube.com/@CNNindonesiaOfficial

Nah itulah daftar rekomendasi wisata gratis di Jakarta yang populer dan menarik untuk kamu datangi. Dari daftar di atas, wisata manakah yang tampak paling menarik dan ingin kamu kunjungi?

Fida

Recent Posts

11 Wisata Dekat Stasiun Gambir yang Recommended!

Siapa yang sudah merencanakan liburan seru ke Jakarta naik kereta api? Pasti asyik nih! Nah,…

4 months ago

16 Tempat Wisata Dekat Stasiun Sudirman, Spot Instagramable

Tahukah kamu bahwa terdapat tempat wisata dekat Stasiun Sudirman yang bisa kamu kunjungi?. Lokasi di…

4 months ago

15 Wisata Dekat Stasiun Bogor, Menakjubkan!

Jika naik kereta ke Bogor, pernahkan kamu merasa ingin mampir ke tempat wisata terdekat?. Banyak…

4 months ago

13 Hidden Gems Solo Terbaik yang Recommended!

Cari tempat -tempat Hidden gems di Solo yang menarik, memang cukup seru. Tidak jarang juga…

4 months ago

10 Restoran di Bogor, Cocok Untuk Keluarga!

Restoran di Bogor - Ada banyak tempat kuliner yang tentu saja dapat kamu pilih. Namun,…

4 months ago

10 Kue Kering Terenak di Dunia, Cobain yuk!

Tak sekadar makanan atau minuman saja yang memiliki kategori terenak dan favorit loh, ternyata ada…

4 months ago