Wisata

10 Tempat Wisata di Ternate, Ada Dalam Pecahan Uang Rp. 1000

Tempat wisata di Ternate — bahagia sekali rasanya memiliki waktu liburan dan menghabiskannya bersama orang-orang tercinta. Kita biasa melakukannya saat liburan sekolah bersama anak-anak. Tinggal di Indonesia, kita dimanjakan dengan begitu banyaknya destinasi wisata menarik yang ada, baik itu tempat wisata alami maupun buatan yang ada di dalam maupun di luar daerah. Salah satu provinsi yang memiliki daya pikat tersendiri adalah Maluku Utara. Ada begitu banyak destinasi wisata alami yang layak Anda jadikan referensi seperti Berikut tempat wisata menarik di Ternate berikut ini.

1. Aliran Lava di Batu Angus

MSN.com

Dari pusat kota Ternate, Maluku Utara, kira-kira 10 kilometer dengan memakai kendaraan pribadi. Dahulu, tepatnya pada tahun 1907, telah terjadi letusan Gunung Gamalama yang mengeluarkan lav di bagian samping gunung hingga mengalir ke arah laut.
Lava tersebut kemudian mengeras dan berwarna berbeda daripada bebatuan dan lava lain yang ada di sekitarnya. Setelah di tata, aliran lava yang mengeras itu membentuk pemandangan yang menakjubkan. Anda bisa saksikan indahnya Gunung Gamalama, lava yang mengeras, dan berbeda warna, dan laut yang bening. Disini, terdapat pula makam bersejarah seorang tentara Jepang yang terlibat dalam peperangan tahun 1945.

Samosir, Pulau Negeri Dongeng Sumatera Utara

2. Pulau Bobane Ici, Lokasi yang Seru Buat Refreshing

.indonesia-tourism.com

Destinasi wisata ini berlokasi di sebelah barat Pulau Tidore yang berjarak lebih kurang 20 kilometer. Anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang luar biasa. Ombak di Bobane Ici tergolong ganas dan besar, sehingga para wisatawan tidak disarankan untuk berenang disini.
Menjadi pengamat keindahan adalah aktivitas yang disarankan disini. Anda bisa total beristirahat di penginapan sambil menikmati lezatnya menu ikan bakar khas Ternate. Manfaatkan fasilitas kolam renang yang ada agar lebih rileks.

3. Pulau Maitara dan Tidore, Pesonanya Diabadikan dalam Pecahan Uang 1000 Rupiah

Ulinulin.com

Tidak salah lagi, Ternate memang surganya tempat wisata di Indonesia. Keindahan Pulau Maitara dan Pulau Tidore menarik perhatian wisatawan hingga diabadikan di lembaran uang seribuan. Dimana lokasi pantai tersebut? Lokasi pantai ini berada di Gambesi yang berada di sebelah selatan Ternate. Parkir kendaraan Anda di jalan, susuri perkampungan penduduk dan nikmati indahnya Pulau Maitara dan Tidore bersama keluarga.

4. Makam Sultan Babullah, Pembakar Semangat Juang Masyarakat Ternate


Berlokasi di bukit Foramadiahi, Sultan Babullah dikebumikan. Sultan yang terkenal dengan semangat juangnya ini telah membakar semangat warga Ternate untuk mengusir penjajah yang bersiap menduduki Ternate. Para penjajah yang berasal dari Perancis, Spanyol, dan Belanda itu memperebutkan rempah-rempah Ternate yang di jual dengan harga yang sangat mahal. Selain itu, oleh bangsa Eropa, rempah-rempah tersebut dimanfaatkan untuk menghangatkan tubuh saat sedang musim dingin. Pastinya, di lokasi ini, Anda tidak hanya bisa berwisata, tetapi sekaligus berziarah di makam Sultan Babullah.

5. Benteng Kastela, Benteng Penuh Sejarah

IndonesiaKaya.com

Benteng Kastela adalah tempatnya Anda mengenang kembali sejarah daerah Ternate. Lokasinya jauh dari keramaian sehingga Anda puas menikmati indahnya arsitektur benteng ini. Benteng Kastela di bangun pada saat penjajahan Portugis secara bertahap mulai dari tahun 1521 hingga tahun 1540.
Ada ucapan selamat datang saat Anda masuk di lokasi benteng. Wisatawan disambut dengan patung cengkeh yang merupakan rempah-rempah yang saat itu sangat banyak diburu di Ternate. Terdapat cerita mengenai trik Portugis menjebak Sultan Ternate ke’-25 yang bernama Sultan Khaerun. Sang Sultan di jebak dengan mengundangnya untuk makan malam. Pembunuhuan Sultan Khaerun adalah awal mula pemberontakan rakyat Ternate terhadap penjajah.

6. Danau Tolire, Dua Danau-Dua Warna

emakmbolang.com

Tempat wisata Danau Tolire berlokasi di Ternate sebelah utara. Anda cukup menempuh perjalanan selama 10 km dari arah pusat Kota. Ada dua danau di Tolire, yaitu Danau Tolire Besar dan Danau Tolire Kecil. Danau Tolire Besar berwarna hijau sedangkan Danau Tolire Kecil memiliki warna yang agak gelap.
Danau Tolire Besar memiliki daya pikat yang cukup unik. Dari segi performanya, danau ini hadir dengan warna danau yang hijau, dan dikelilingi oleh tebing yang tinggi. Di dalamnya terdapat cukup banyak ikan dan dipercaya sebagai lokasinya siluman buaya. Wisatawan yang berkunjung ke Danau Tolire umumnya membeli batu untuk kemudian di lempar ke danau. Konon, batu tersebut tidak sampai ke permukaan air.

7. Benteng Tolukko

IndonesiaKaya.com

Benteng Tolukko memiliki bentuk yang hampir mirip dengan segitiga. Benteng ini adalah benteng peninggalan penjajah Portugis yang di desain dengan 3 bastion, halaman dalam, ruang bawah tanah, lorong utama dan bangunan yang bentuknya segi empat. Lokasi Benteng Tolukko adalah di Sangadji, Ternate Utara, Ternate, Maluku Utara. Benteng adalah bangunan yang cukup banyak ditinggalkan oleh penjajah untuk keperluan perlindungan dan peperangan di masanya.

8. Danau Laguna

emakmbolang.com

Wisata alam di Ternate memang tidak terhitung jumlahnya. Salah satu tempat wisata alami yang ada disini adalah Danau Laguna yang menawarkan keindahan alaminya. Danau Laguna berlokasi tepat di tepi laut. Berwisata di lokasi ini, Anda akan dimanjakan oleh indahnya pegunungan, air laut yang biru teduh, pepohonan yang rindang yang bisa Anda nikmati di tepi danau. Danau Laguna berlokasi di Ngade, Fitu, Ternate Selatan, Maluku Utara.

9. Museum Kedaton Sultan

sumber.com

Bisa dikata, masyarakat Maluku adalah masyarakat yang religious. Terdapat cukup banyak tempat wisata religious disini. Salah satunya adalah Makam Kedaton Sultan dengan warna bangunan yang identik putih, bertangga untuk menuju ruang utama dengan desain ruang yang terbuka, dan atap berbentuk limas berwarna krem.
Disini Anda bisa menyaksikan bukti sejarah kesultanan Ternate yaitu mahkota dengan rambut emasnya, dan baju besi. Museum Kedaton Sultan berlokasi di Bukit Limao, Sao-Sio, Ternate Utara, Ternate, Maluku Utara. Tempat wisata ini cocok sekali jika Anda jadikan destinasi wisata edukasi untuk si kecil. Anda tidak hanya berkesempatan untuk berlibur disini, namun juga menambah wawasan sejarah bersama buah hati tercinta.

10. Masjid Al Munawwar

www.republika.co.id

Ada yang unik dari masjid Al Munawwar ini. Masjid berbentuk segi empat dengan dua tiang menjulang ini memiliki keunikan, yaitu menghadap ke pantai lepas. Setelah beribadah, Anda bisa puas menikmati indahnya pantai sembari merasakan semilir angin yang menyegarkan. Selalu tingkatan kualitas religi dimanapun Anda berada yang salah satunya dengan mengunjungi tempat wisata religious saat berlibur bersama keluarga tercinta.
Maluku Utara adalah salah satu provinsi yang memiliki cukup banyak tempat wisata alami, mulai dari pantai, danau, pegunungan, dan masih banyak lagi. Anda yang kebetulan saat ini berencana berkunjung ke Maluku Utara, tidak ada salahnya jika Anda merencanakan untuk berlibur ke beberapa destinasi wisata di atas yang pastinya membuat perjalanan Anda semakin menyenangkan. Yuk, tentukan mana saja lokasi wisata yang akan Anda kunjungi dan persiapkan perlengkapan liburan sebaik-baiknya. Happy travelling.

Reni

Recent Posts

11 Wisata Dekat Stasiun Gambir yang Recommended!

Siapa yang sudah merencanakan liburan seru ke Jakarta naik kereta api? Pasti asyik nih! Nah,…

4 months ago

16 Tempat Wisata Dekat Stasiun Sudirman, Spot Instagramable

Tahukah kamu bahwa terdapat tempat wisata dekat Stasiun Sudirman yang bisa kamu kunjungi?. Lokasi di…

4 months ago

15 Wisata Dekat Stasiun Bogor, Menakjubkan!

Jika naik kereta ke Bogor, pernahkan kamu merasa ingin mampir ke tempat wisata terdekat?. Banyak…

4 months ago

13 Hidden Gems Solo Terbaik yang Recommended!

Cari tempat -tempat Hidden gems di Solo yang menarik, memang cukup seru. Tidak jarang juga…

4 months ago

10 Restoran di Bogor, Cocok Untuk Keluarga!

Restoran di Bogor - Ada banyak tempat kuliner yang tentu saja dapat kamu pilih. Namun,…

4 months ago

10 Kue Kering Terenak di Dunia, Cobain yuk!

Tak sekadar makanan atau minuman saja yang memiliki kategori terenak dan favorit loh, ternyata ada…

4 months ago