Wisata

8 Tempat Terbaik di Shirakawago, Wajib Dikunjungi!

Tempat Terbaik di Shirakawago – Salah satu destinasi wisata Jepang yang banyak dituju para wisatawan mancanegara adalah Shirakawago. Shirakawago merupakan sebuah daerah pemukiman yang berada di lembah sungai Shogawa di sebuah pegunungan yang membentang dari Gifu hingga Prefektur Toyama.

Berkunjung ke Shirakawago akan membawamu masuk ke dalam lanskap pemukiman pertanian yang menjadi situs warisan dunia UNESCO. Pemandangan khas dari rumah dengan atap jerami akan menyambutmu.

Penasaran apa saja tempat terbaik di Shirakawago yang bisa kamu kunjungi? Yuk, simak ulasan GoTravelly yang akan membawamu ke tempat terbaik di bawah ini.

Tempat Terbaik di Shirakawago:

1. Bermalam di Rumah Gassho

flickr.com

Percayalah Shirakawago adalah pemukiman terbaik untuk mendapatkan pengalaman dengan suasana istirahat terbaik di Jepang. Tentu saja kamu tidak ingin melewatkan yang satu ini, bukan?

Gassho adalah salah satu tempat terbaik di Shirakawago untuk kamu kunjungi. Rumah dengan atap jerami yang tebal ini merupakan rumah-rumah pertanian tradisional Shirakawago yang paling terkenal.

Meski terlihat sangat sederhana, namun bermalam di Rumah Gassho harus kamu coba setidaknya sekali untuk menambah daftar kegiatan yang harus kamu coba sebagai travelling.

Bermalam di Rumah Gassho akan menjadi salah satu pengalaman unik yang paling imersif untuk merasakan secuil kehidupan para penduduk lokal Shirakawago di sana. Tidak hanya itu saja, kamu juga akan disambut dengan berbagai komponen kehidupan lokal, seperti menu hidangan lokal yang dapat kamu cicipi di sana.

2. Menghadiri Festival Doburoku

flickr.com

Salah satu festival di Shirakawago yang dapat kamu kunjungi adalah Festival Doburoku. Festival Doburoku adalah berdoa yang ditujukan untuk mendapatkan keamanan, kedamaian, dan panen melimpah di desa.

Sesuai dengan keyakinan masyarakat Jepang, ritual dari Festival Doburoku ini dipersembahkan untuk para dewa gunung. Persembahan akan diberikan pada akhir September hingga pertengahan Oktober.

Prosesi sakral yang menjadi ritual dari Festival Doburoku tersebut diadakan di kuil-kuil di seluruh desa Shirakawa. Jika kamu melihat Festival ini, kamu akan mendapati penampilan dari barongsai serta nyanyian dan tarian rakyat tradisional.

Selama acara tahunan ini berlangsung, para tamu yang diundang akan bergabung dalam senandung lagu rakyat dan berbagai macam perayaan lainnya hingga larut malam. Kamu akan mendapat pemandangan dari festival riuh yang meriah dari Shirakawago.

3. Mengunjungi Kuil dan Museum Myozen-Ji

flickr.com

Tempat terbaik di Shirakawago yang dapat kamu kunjungi selanjutnya adalah Myozen-Ji. Myozen-Ji merupakan kuil dari Sekolah Buddha Jodo yang telah berdiri sejak tahun 1744 lalu.

Kuil yang berlokasi di Desa Ogimachi, Shirakawago tersebut adalah kuil yang cukup terkenal dari Prefektur Gifu, Jepang. Saat berkunjung ke sana kamu akan mendapati arsitektur bangunan yang bergaya gassho-zukuri atau atap jerami.

Di sana kamu dapat melihat museum yang menggambarkan sejarah kuil dan pemujaan lokal di masa lalu. Hal yang menjadi daya tarik dari Kuil dan Museum Myozen-Ji tersebut adalah dekorasi interior yang mewah serta berbagai sentuhan yang penuh dengan spiritualitas Buddha.

4. Ogimachi Castle Observation Point

Apa yang lebih menyenangkan dari berlibur selain bersantai? Cobalah untuk berdiri di titik pengamatan kastik Ogimachi, Shirakawago. Berada di atas desa Ogimachi dengan sudut pandang yang meluas akan membuatmu lebih tenang.

Melalui titik pandang tersebut, kamu akan menikmati bentangan dari desa dengan perpaduan panorama alam dari pegunungan di belakangnya. Jika ingin berkunjung ke tempat terbaik di Shirakawago ini kamu perlu berjalan kaki dari pusat desa sekitar 30 menit atau dengan menaiki bus dan hanya butuh waktu sekitar 10 menit.

5. Eksplor Desa Suganuma

flickr.com

Suganuma adalah salah satu daya tarik utama yang harus kamu kunjungi saat berlibur di Shirakawago. Desa ini akan menawarkan atmosfer suasana yang penuh ketenangan. Tentu ini akan menjadi tempat terbaik untukmu rehat dari hiruk pikuk aktivitas harian.

Desa yang masuk ke dalam daftar situs warisan dunia UNESCO ini akan menyambut setiap pengunjung dengan lanskap desa yang menakjubkan dan keramahan lokal yang akan membuat betah.

Saat berada di Desa Suganuma, kamu dapat menghabiskan waktu di restoran, museum, dan penginapan. Tidak hanya itu saja, sepertinya berkunjung ke desa ini akan terasa kurang apabila kamu tidak menyempatkan untuk memotretnya.

6. Mencari Ketenangan dari Desa Ainokura

flickr.com

Destinasi menarik lainnya dari Shirakawago adalah kunjungan ke Desa Ainokura. Desa ini adalah pemukiman terpencil yang masuk ke dalam wilayah Gokayama. Di sana, kamu akan mendapati sedikitnya 20 rumah pertanian.

Sebagian dari rumah tersebut adalah tempat tinggal pribadi penduduk lokal, restoran, museum atau wisma penginapan. Dibandingkan dengan Desa Suganuma sebelumnya, Ainokura adalah tempat yang jauh lebih tenang.

Tempatnya yang terpencil membuatnya menjadi salah satu desa paling tenang di Jepang. Atraksi yang dapat kamu nikmati saat berkunjung ke sana adalah berbagai macam kegiatan dari kehidupan masyarakat lokal. Tentu ini akan memberimu pengalaman yang luar biasa dari salah satu sudut Jepang.

Baca Juga:

Rekomendasi 7 Kuliner di Shirakawago!

7. Menilik Kuil Shirakawa Hachiman

flickr.com

Berkunjung ke salah satu kuil terdalam dari Shirakawago tentu akan memberimu pengalaman berbeda saat berlibur. Apabila kamu berkunjung ke Kuil Shirakawa Hachiman di pertengahan bulan Oktober pada tanggal 14 hingga 15, kamu akan bertemu dengan Festival Doburoku di sana.

Menurut keyakinan masyarakat setempat, kuil tua ini dibangun sebagai bentuk dedikasi yang ditujukan untuk para dewa lokal. Kuil yang sangat penting bagi masyarakat lokal tersebut, dapat dikunjungi oleh pengunjung setiap saat.

Kuil Shirakawa Hachiman juga bisa menjadi tempat yang baik untuk melepas penatmu. Apabila kamu berjalan-jalan di sekitar kuil, coba carilah pohon cedar yang sangat besar di sana. Masyarakat setempat mempercayai bahwa pohon tersebut telah berusia sekitar 200 hingga 300 tahun lamanya.

8. Perjalanan Berlanjut ke Kamikochi

flickr.com

Setelah sampai di Shirakawago lanjutkanlah perjalananmu untuk menuju ke Kamikochi. Perjalanan darat yang dapat kamu temput untuk sampai ke Kamikochi akan memakan waktu kurang dari 4 jam lamanya. Kamikochi merupakan resor yang sangat popular di Pegunungan Alpen Jepang.

Tempat ini menawarkan pemandangan fantastis yang sangat spektakuler. Berupa dataran tinggi sepanjang 15 kilometer yang ada di lembah sungai Asuza, Kamikochi dikelilingi oleh beberapa pegunungan.

Di antaranya, yakni Gunung Nishihotakadake, Gunung Okuhotakadake, Gunung Maehotakadake, dan gunung Yakedake. Pemandangan yang akan ditawarkan oleh Kamikochi akan sangat indah. Terlebih jika kamu berkunjung pada musim gugur.

Setelah mendapat referensi tempat keren yang bisa dikunjungi saat berkunjung ke Shirakawago, kamu tentu penasaran dengan kuliner mereka, bukan? yuk, lengkapi wawasanmu tentang makanan khas Shirakawago yang bisa kamu coba di sana bersama GoTravelly.

Apa kamu sudah bersiap untuk menjelajahi setiap sudut yang akan menjadi tempat terbaik di Shirakawago di atas? Jangan lupa untuk mempersiapkan liburanmu di atas terlebih dahulu ya, agar perjalananmu menjadi waktu berlibur yang semakin seru.

Tidak hanya itu saja, jangan lupa simak berbagai macam artikel seputar wisata perjalanan dan kuliner di GoTravelly ya! Kamu juga bisa membagikan pengalaman berhargamu selama lliburan atau penjelajahan kuliner bersama kami.

Jehan

Recent Posts

11 Wisata Dekat Stasiun Gambir yang Recommended!

Siapa yang sudah merencanakan liburan seru ke Jakarta naik kereta api? Pasti asyik nih! Nah,…

4 months ago

16 Tempat Wisata Dekat Stasiun Sudirman, Spot Instagramable

Tahukah kamu bahwa terdapat tempat wisata dekat Stasiun Sudirman yang bisa kamu kunjungi?. Lokasi di…

4 months ago

15 Wisata Dekat Stasiun Bogor, Menakjubkan!

Jika naik kereta ke Bogor, pernahkan kamu merasa ingin mampir ke tempat wisata terdekat?. Banyak…

4 months ago

13 Hidden Gems Solo Terbaik yang Recommended!

Cari tempat -tempat Hidden gems di Solo yang menarik, memang cukup seru. Tidak jarang juga…

4 months ago

10 Restoran di Bogor, Cocok Untuk Keluarga!

Restoran di Bogor - Ada banyak tempat kuliner yang tentu saja dapat kamu pilih. Namun,…

4 months ago

10 Kue Kering Terenak di Dunia, Cobain yuk!

Tak sekadar makanan atau minuman saja yang memiliki kategori terenak dan favorit loh, ternyata ada…

4 months ago