Oleh oleh

8 Oleh-Oleh Khas Qatar yang Banyak Diminati

Oleh-Oleh Khas Qatar – Jika sobat GoTravelly sedang melakukan perjalanan ke destinasi tertentu seperti negara lain, tentu saja membeli oleh-oleh masuk ke dalam daftar rencana perjalananmu, bukan?

unsplash.com

Qatar menjadi salah satu destinasi belanja dengan keberagaman yang unik sehingga barang-barang yang ada di sana sulit bisa kamu temukan di negera lain. Selain itu, ada banyak juga tempat-tempat berbelanja ekslusif dengan berbagai merk ternama.

Namun, GoTravelly kali ini telah merangkum berbagai pilihan oleh-oleh autentik yang dapat kamu temukan di pusat perbelanjaan tradisional mereka. Ada banyak barang menarik yang memiliki nilai kultur dan dapat kamu manfaatkan. Selain itu, ada juga pilihan oleh-oleh makanan yang banyak dicari oleh para wisatawan loh. Mau tahu apa saja? yuk, ikuti ulasan berikut ini!

Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Qatar

1. Al Sadu : Tenun Tradisional

flickr.com

Apabila kamu tertarik dengan oleh-oleh yang bisa memiliki nilai simpan jangka panjang, maka Al Sadu adalah pilihan baik untukmu. Sobat GoTravelly, tenun Al Sadu merupakan karya tradisional yang dibuat oleh para wanita Badui.

Tekstil dari Qatar ini dikenal sebagai salah satu tekstil terunik di dunia. Tenunan dengan gaya horizontal ini memiliki kualitas bahan yang baik karena terbuat dari kain yang ditenun dengan rapat, sehingga Al Sadu bisa tahan lama.

Bahan yang biasanya digunakan, diambil dari serat bulu domba, kambing, atau unta. Biasanya, Al Sadu digunakan sebagai bahan pakaian, permadani, selimut, dan tenda. Jika tertarik memilikinya, kamu bisa menjadikan kain tenun Al Sadu tersebut sebagai dekorasi yang dapat mempercantik sudut ruangmu.

2. Kurma: Buah Wajib Bawa Pulang

unsplash.com

Qatar menjadi salah satu daerah yang sangat subur ditumbuhi pohon kurma. Maka saat kamu datang ke sana, tak perlu heran ketika menemukan keberadaan kurma yang dibagikan secara gratis pada beberapa tempat, seperti restoran atau hotel sebagai komplimen.

Tentu saja, buah dengan rasa manis dan berwarna cokelat ini harus kamu beli. Ada banyak jenis kurma dengan tekstur dan rasa legit yang berbeda satu sama lain. Selain itu, ada juga kurma yang telah diolah ke dalam beberapa bentuk makanan yang lain, seperti cokelat, kue, atau roti.

Sobat GoTravelly dapat dengan mudah menemukan kurma dengan harga yang merakyat di mana saja. Kira-kira apakah kamu tertarik untuk membawa pulang buah manis yang lezat ini?

3. Misbaha / Subha: Manik-Manik Simbolis

unsplash.com

Sobat GoTravelly pasti kamu sudah paham jika Qatar merupakan negara dengan kepercayaan beragama mayoritas Islam. Nah, barang yang satu ini merupakan simbol dari ritual keberagamaan yang dimiliki oleh para Muslim.

Misbaha atau Subha tersebut, mungkin akan lebih mudah kita kenali dengan istilah tasbih. Kamu bisa memilih benda simbol spiritual ini sebagai oleh-oleh khas Qatar untuk dibawa pulang.

Rangkaian manik-manik dengan rumbai diujungnya tersebut, biasanya akan sering kamu dapatkan di bawa oleh para pria Qatar yang menggunakan thobe. Namun, kamu juga bisa menjadikan tasbih sebagai benda dekorasi. Biasanya Misbaha digunakan untuk menghiasi sudut rumah. Coba pilihlah warna yang cerah, agar membuatnya semakin terlihat menarik.

4. Kudapan Manis : Jajanan Arab yang Legit

pexels.com

Ada banyak kudapan dengan rasa manis legit yang bisa kamu jadikan oleh-oleh makanan khas dari Qatar. Kamu bisa memilih, baklava yang menjadi salah satu makanan khas Timur Tengah.

Baklava merupakan varian makanan penutup yang mengandung sirup dan madu. Kue ini sangat cocok untuk kamu penikmat rasa kacang karena baklava mengandung pistachio. Jajan manis lainnya yang banyak dicari adalah saat ke Qatar adalah Knafeh.

Knafeh terbuat dari sebuah adonan filo yang disebut dengan kataifi. Adonan tersebut dicampur dengan keju atau krim kental sebelum dipanggang. Lalu rasa manisnya dari taburan sirup. Makanan dengan tekstur renyah, lembut, dan manis ini sangat cocok dijadikan teman untuk menikmati secangkir teh atau kopi.

5. Parfum : Wawangian Tahan Lama

pexels.com

Ketika kamu datang ke Qatar, maka kamu akan seringkali mencium aroma wangi yang kuat dari banyak tempat. Mungkin saja, alasan masyarakat lokal menyukai wewangian, karena dalam ajaran agama Islam mereka terdapat sebuah ungkapan, jika kamu wangi maka orang lain akan menyukainya.

Oleh karena itu, sama dengan berbagai negara Timur Tengah lainnya, mereka dikenal dengan wewangian khasnya yang tajam dan awet saat digunakan. Jika sobat GoTravelly memiliki selera dengan aroma wangi mereka, maka membawa sebotol parfum khas Qatar sebagai oleh-oleh tidak akan salah.

Ada banyak varian aroma sedap yang dapat bertahan lama dari produk-produk di sana. Kamu bisa menyesuaikannya sesuai dengan seleramu saat memilih. Selain itu, parfum merupakan salah satu oleh-oleh mewah terbaik yang bisa kamu bagikan dengan orang tersayang di rumah.

6. Oud atau Bukhoor: Dupa Tradisonal

istockphoto.com

Masih dengan rekomendasi oleh-oleh tradisional khas Qatar yang menyebarkan bau wangi untuk dibawa pulang. Biasanya masyarakat lokal seringkali membakar Oud atau sebuah kayu wangi yang lekat dengan orang Arab.

Kayu yang dibakar tersebut menghasilkan asap wangi yang menyebar. Bukhoor sendiri merupakan istilah yang merujuk ke pada asap dari Oud yang dibakar sebelumnya. Kamu bisa menjadikan dupa beraroma wangi semerbak ini sebagai cendera mata untuk mengharumkan ruangan di rumahmu.

7. Abaya: Bergaya dengan Pakaian Khas Qatar

pexels.com

Pakaian tradisional berikut ini merupakan sebuah gaun yang biasanya dikenakan oleh para perempuan Arab. Saat dikenakan, pakaian dengan potongan baju yang lebar ini akan menutupi seluruh bentuk tubuh.

Biasanya Abaya memiliki pola polos dan berwarna hitam. Namun dengan semakin berubahnya waktu, Abaya menjadi pakaian modern dengan berbagai desain trendi yang kekinian.

Pakaian tradisional ini bisa kamu dapatkan di berbagai toko tradisional atau pusat perbelanjaan lain. Kamu bisa memilih pakaian khas Timur Tengah ini sebagai oleh-oleh sekaligus kenang-kenangan untuk di bawa pulang ke rumah.

8. Mutiara dan Perhiasan : Gemerlap dan Cantik

unsplash.com

Salah satu yang tak boleh kamu lewatkan adalah berbelanja mutiara atau perhiasan saat datang ke Qatar. Jika sobat GoTravelly memiliki budget lebih, maka memanjakan diri dengan memilih aksesoris berharga ini lalu membawanya pulang tidak akan merugikanmu, bukan?

Sebagai negara yang dikenal dengan perhiasan mutiaranya, Qatar memiliki berbagai macam produksi dan koleksi mutiara yang mempesona. Mutiara di sana dikenal dibuat melaui tangan pengrajin yang terampil.

Selain mutiara, kamu juga bisa memilih emas dengan harga yang relatif lebih rendah jika dibandingkan dengan negara lain saat di Qatar. Jangan lupa jika kamu tertarik untuk membawa pulang perhiasan, pastikan untuk memilih emas murni dan berkualitas ya!

source: https://www.youtube.com/@tvOneNews

Sobat GoTravelly, itulah beberapa macam rekomendasi oleh-oleh khas Qatar yang dapat kamu pilih untuk di bawa pulang. Tips untuk sobat GoTravelly saat berbelanja oleh-oleh, jangan sungkan untuk menawar ya!

Jehan

Recent Posts

11 Wisata Dekat Stasiun Gambir yang Recommended!

Siapa yang sudah merencanakan liburan seru ke Jakarta naik kereta api? Pasti asyik nih! Nah,…

4 months ago

16 Tempat Wisata Dekat Stasiun Sudirman, Spot Instagramable

Tahukah kamu bahwa terdapat tempat wisata dekat Stasiun Sudirman yang bisa kamu kunjungi?. Lokasi di…

4 months ago

15 Wisata Dekat Stasiun Bogor, Menakjubkan!

Jika naik kereta ke Bogor, pernahkan kamu merasa ingin mampir ke tempat wisata terdekat?. Banyak…

4 months ago

13 Hidden Gems Solo Terbaik yang Recommended!

Cari tempat -tempat Hidden gems di Solo yang menarik, memang cukup seru. Tidak jarang juga…

4 months ago

10 Restoran di Bogor, Cocok Untuk Keluarga!

Restoran di Bogor - Ada banyak tempat kuliner yang tentu saja dapat kamu pilih. Namun,…

4 months ago

10 Kue Kering Terenak di Dunia, Cobain yuk!

Tak sekadar makanan atau minuman saja yang memiliki kategori terenak dan favorit loh, ternyata ada…

4 months ago