Wisata

6 Tempat Wisata Dekat Parangtritis Terbaru & Terhits Dikunjungi

Daerah Istimewa Yogyakarta dikenal menyuguhkan banyaknya pilihan destinasi wisata dengan pemandangan indah dan menakjubkan. Pantai Parangtritis menjadi salah satu ikon wisata Jogja yang dapat kamu kunjungi di kawasan Gunung Kidul. Saat berlibur ke Pantai Parangtritis, tidak ada salahnya jika kamu juga mengagendakan untuk datang ke beberapa wisata di sekitarnya. Tidak perlu bingung menentukan tujuan, inilah daftar 6 rekomendasi tempat wisata dekat Parangtritis yang tidak boleh kamu lewatkan. 

6 Tempat Wisata dekat Parangtritis :

1. Gumuk Pasir Parangkusumo

raskita.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan wisata gumuk pasir bukan? Gumuk Pasir Parangkusumo menjadi wisata populer di Yogyakarta yang tidak boleh kamu lewatkan. Gumuk pasir juga merupakan salah satu tempat wisata dekat Parangtritis yang ramai dan banyak didatangi oleh wisatawan. 

Sesuai dengan sebutannya, Gumuk Pasir Parangkusumo menyajikan indahnya hamparan pasir yang luas. Pengunjung dapat merasakan sensasi layaknya berada di padang pasir Timur Tengah. Menariknya, Gumuk Pasir Parangkusumo terbentuk secara alami akibat dari hembusan angin pantai selatan. 

Untuk menyusuri kawasan wisata ini, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp 8.000,- per orang. Biaya terserbut tidak hanya dapat digunakan untuk menyusuri wisata gumuk pasir, tetapi juga pantai-pantai di sekitarnya. Tidak hanya menyusuri luasnya wisata gumuk pasir, pengunjung juga dapat melakukan berbagai kegiatan seperti berfoto dengan banyaknya spot yang ditawarkan hingga mencoba sandboarding. Untuk mencoba kegiatan seru ini, pengunjung perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp 100.000,- per orang. Serunya berselancar di atas pasir tentu akan memberimu pengalaman baru yang mengesankan. 

2. Pantai Parangkusumo

orami.co.id

Selain Gumuk Pasir Parangkusumo, kamu juga dapat mengunjungi indahnya Pantai Parangkusumo. Tempat wisata dekat Parangtritis yang satu ini merupakan tujuan favorit wisatawan untuk menghabiskan waktu berlibur. Selain lokasinya yang strategis, Pantai Parangkusumo juga menawarkan suasana yang tenang sehingga cocok didatangi bagi kamu yang ingin melepas penat. 

Di pantai ini, pengunjung dapat bersantai dan menikmati keindahan alam yang ditawarkan. Tidak perlu takut bosan, Pantai Parangkusumo menawarkan berbagai kegiatan menarik seperti menyusuri pantai dengan menaiki andong hingga mencoba hal yang lebih menantang yakni menaiki Jeep.

Meskipun erat kaitannya dengan hal-hal mistis, tetapi pantai ini wajib dikunjungi karena pemandangannya yang eksotis. Pengunjung akan dibuat betah dengan suasana alami yang disajikan Pantai Parangkusumo. Untuk mengunjungi pantai ini, kamu dapat langsung datang ke kawasan Parangkusumo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. 

3. Pantai Cemara Sewu

jogjaaja.com

Tidak kalah indah dengan pantai lainnya, Pantai Cemara Sewu juga menjadi tujuan tepat yang tidak boleh kamu lewatkan. Selain dikenal dengan pemandangannya yang indah, Pantai Cemara Sewu juga merupakan salah satu tempat wisata dekat Parangtritis. Kamu dapat mengunjungi pantai ini di Jalan Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. 

Cemara Sewu diartikan sebagai seribu cemara dalam Bahasa Indonesia. Nama tersebut disematkan karena di pantai ini terdapat banyak pohon cemara. Jumlah pohon cemara yang tak terhitung menjadikan pantai ini dijuluki dengan Pantai Cemara Sewu. 

Tidak hanya dapat bersantai, pengunjung juga dapat berfoto dengan banyaknya spot yang ditawarkan. Pantai ini sangat cocok dikunjungi bagi kamu pecinta foto karena terdapat banyak spot instagramable. Selain itu, kamu juga dapat mencoba sensasi piknik di pinggir pantai bersama teman maupun keluarga. 

Untuk menjelajahi pantai, pengunjung dapat memilih menyewa Jeep maupun ATV. Pengalaman menarik dan tak terlupakan dapat kamu rasakan saat datang ke Pantai Cemara Sewu Yogyakarta. 

4. Bukit Paralayang Watugupit

travel.kompas.com

Ada cukup banyak pilihan tempat wisata dekat Parangtritis yang menarik untuk kamu datangi, salah satunya adalah Bukit Paralayang Watugupit. Sesuai dengan sebutannya, kawasan wisata yang satu ini merupakan area perbukitan dengan suguhan udara yang sejuk dan segar. Hal yang menjadi daya tarik dari Bukit Paralayang Watugupit adalah pengunjung dapat menikmati indahnya pantai dan perkotaan dari ketinggian. 

Jika datang saat sore hari, kamu juga akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan sunset. Suasananya romantis juga menjadikan Bukit Paralayang Watugupit cocok kamu datangi besama keluarga maupun orang tersayang. Selain sebagai tujuan wisata, Bukit Paralayang Watugupit juga cocok kamu datangi sebagai tempat terbaik untuk sejenak menenangkan diri.  

Untuk menyusuri kawasan wisata Bukit Paralayang Watugupit, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp 5.000,- per orang. Dengan begitu, kamu tidak hanya dapat menikmati indahnya pemandangan, tetapi juga berbagai fasilitas yang ada. Bukit Paralayang Watugupit memiliki fasilitas yang terbilang lengkap mulai dari adanya toilet, musholla, hingga tempat makan. 

5. Pemandian Air Panas Parangwedang

bantulpedia.bantulkab.go.id

Saat mencari tempat wisata dekat Parangtritis, tidak ada salahnya jika kamu datang ke Pemandian Air Panas Parangwedang. Pemandian air panas yang satu ini menjadi tujuan tepat bagi kamu yang ingin melepas lelah. Pengunjung dapat mencoba sensasi berendam di kolam air panas alami. 

Dulunya, Pemandian Air Panas Parangwedang hanya boleh digunakan oleh kalangan raja-raja Mataram. Seiring berjalannya waktu, pemandian yang satu ini kini dapat diakses dan dikunjungi publik. Dengan membayar biaya tiket masuk sekitar Rp 7.000,- hingga Rp 10.000,- per orang, kamu dapat bersantai dan menikmati sensasi berendam air panas di Pemandian Air Panas Parangwedang. 

6. Watu Paris Jogja

sikidang.com

Watu Paris Jogja merupakan salah satu tempat wisata dekat Parangtritis yang menarik untuk kamu datangi. Karena termasuk wisata baru, maka tidak heran jika beberapa wisatawan masih asing dengan sebutannya. Watu Paris Jogja merupakan tempat wisata yang dapat kamu tuju untuk berlibur bersama teman maupun keluarga. 

Disini, kamu akan dimanjakan dengan luasnya tempat nongkrong dengan suguhan pemandangan Pantai Parangtritis yang dapat dinikmati dari ketinggian. Pengunjung dapat memilih untuk duduk di area indoor, outdoor, maupun rooftop. Selain itu, kamu juga dapat menjumpai banyaknya spot menarik dan instagramable. Terdapat beberapa pilihan tempat duduk mulai dari kursi kayu hingga beanbag. Suasana berlibur akan semakin romantis dan menyenangkan jika kamu datang ke Watu Paris Jogja saat sore hari.  

Untuk mengunjungi indahnya wisata Watu Paris, kamu dapat langsung menuju ke kawasan Giricahyo, Purwosari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Harga tiket masuk ke Watu Paris Jogja juga terbilang cukup terjangkau yakni dibandrol Rp 10.000,- per orang. Dengan begitu, pengunjung dapat menikmati pemandangan indah serta fasilitas lengkap seperti adanya restoran atau tempat makan, area meeting, live music, hingga playground bagi anak-anak. Lengkap sekali, ya? 

source : https://www.youtube.com/@KrisnantoTrySutrisno

Nah, itulah daftar 6 rekomendasi tempat wisata dekat Parangtritis yang populer dan tidak boleh kamu lewatkan. Dari rekomendasi di atas, tempat wisata dekat Parangtritis manakah yang tampak paling menarik dan ingin kamu datangi? 

Fida

Recent Posts

11 Wisata Dekat Stasiun Gambir yang Recommended!

Siapa yang sudah merencanakan liburan seru ke Jakarta naik kereta api? Pasti asyik nih! Nah,…

4 months ago

16 Tempat Wisata Dekat Stasiun Sudirman, Spot Instagramable

Tahukah kamu bahwa terdapat tempat wisata dekat Stasiun Sudirman yang bisa kamu kunjungi?. Lokasi di…

4 months ago

15 Wisata Dekat Stasiun Bogor, Menakjubkan!

Jika naik kereta ke Bogor, pernahkan kamu merasa ingin mampir ke tempat wisata terdekat?. Banyak…

4 months ago

13 Hidden Gems Solo Terbaik yang Recommended!

Cari tempat -tempat Hidden gems di Solo yang menarik, memang cukup seru. Tidak jarang juga…

5 months ago

10 Restoran di Bogor, Cocok Untuk Keluarga!

Restoran di Bogor - Ada banyak tempat kuliner yang tentu saja dapat kamu pilih. Namun,…

5 months ago

10 Kue Kering Terenak di Dunia, Cobain yuk!

Tak sekadar makanan atau minuman saja yang memiliki kategori terenak dan favorit loh, ternyata ada…

5 months ago