Kuliner

23 Makanan Khas Honduras Nampak Sederhana Tapi Nikmat Luar Biasa

Makanan khas Honduras memang terkenal sangat sederhana, namun memiliki cita rasa yang sangat nikmat. Sajian Honduras ini memang beberapa diadaptasi dari budaya kuno seperti Maya, Lenca dan Garifurna. Selain itu, makanan tradisional Honduras ini juga dipengaruhi dari Afrika dan Karibia karena invasi Spanyol yang memainkan peran penting dalam membuat makanan lokal di negara ini. Nah, jika kamu berencana untuk berlibur ke Honduras, jangan lewatkan untuk mencicipi sajian khasnya ya. Berikut adalah daftarnya.

Makanan Khas Honduras

1. Baleada

allrecipes.com

Makanan khas Honduras yang pertama wajib untuk kamu coba adalah Baleada. Baleada ini merupakan kuliner yang paling populer di Honduras dan banyak diburu oleh wisatawan.

Baleada ini terdiri dari tortilla yang terbuat dari tepung terigu tebal yang kemudian diisi dengan kacang goreng yang ditumbuk. Bahan lain juga ditambahkan dalam sajian ini, seperti keju, alpukat, telur, saus sambal dan krim asam khas Honduras yang dikenal dengan nama Mantequilla.

Menikmati Berbagai Sajian Nusantara Di Pawon Louwee Jombang

Cobain Se’i Sapi Di Nyapii, Pilihan Rasanya Beragam Dan Kekinian

2. Sopa de Caracol

asaltoderana.com

Sopa de Caracol juga menjadi salah satu makanan khas Honduras yang cukup populer. Kuliner ini terdiri dari potongan-potongan besar keong yang kemudian diolah dengan santan, kaldu keong, pisang raja, singkong dan aneka rempah seperti ketumbar, bawang putih serta cabai.

Sebagai penambah rasa, sopa de caracol ini juga diberi banyak sayuran, seperti wortel, bawang atau tomat yang dipotong dadu. Sopa de Caracol ini sangat populer di seluruh kepulauan Karibia, terutama di pulau-pulau seperti Bahama dan Jamaika.

3. Sopa Marinera

idntimes.com

Selain sopa de caracol, Sopa Marinera juga menjadi salah satu makanan khas Honduras yang tak kalah nikmat untuk kamu coba. Sopa Marinera ini adalah sup khas Honduras yang beraroma dan terdiri dari ikan atau makanan laut lainnya, seperti udang dan kepiting, singkong, pisang raja dan ketumbar yang diolah dalam santan.

Sopa Marinera ini dikenal sangat sehat dan memiliki aroma yang nikmat. Cita rasa dari sopa marinera ini agak sedikit asam, namun beberapa koki biasanya menambahkan sejumlah kecil white wine dalam sup ini agar terasa lebih nikmat.

4. Sopa Catratcha de Mariscos con un

pinterest.es

Nah, makanan khas Honduras yang satu ini memang terdengar agak susah dilafalkan, yak arena Namanya agak Panjang. Sopa catratcha de mariscos con un ini merupakan makanan tradisional Honduras yang terbuat dari makanan laut dengan santan dan ragam tambaham bumbu serta tongkol jagung.

Seafood yang digunakan pun cukup beragam, namun yang paling favorit adalah fillet ikan, kepiting, udang dan keong. Sajian ini diberi tambahan tomat, paprika, kubis, bawang, kunyit, peterseli, bubuk achiote, saus Worcestershire dan pisang raja. Sup tradisional ini biasa disajikan dengan tortilla dan nasi, kadang juga dihiasi dengan irisan alpukat dan irisan jeruk nipis.

5. Pan de Coco

angsarap.net

Makanan khas Honduras yang tak boleh untuk kamu lewatkan berikutnya adalah Pan de Coco. Pan de coco ini adalah roti manis yang berisikan kelapa kering dan gula.

Sesuai dengan Namanya yang jika diartikan adalah roti kelapa, jajanan ini sangat populer dan menjadi favorit banyak orang. Menariknya, makanan ini tak hanya populer di Honduras, namun juga di Filipina. Pan de Coco versi Honduras ini dibuat menggunakan santan dalam adonannya dan biasanya kepadatannya ideal. Sementara Pan de coco versi Filipina biasanya disajikan sebagai menu penutup. Pan de coco ini merupakan resep asal Amerika Tengah yang kemudian dibawa ke Asia Tenggara oleh penduduk Spanyol pada abad ke-17. Tak heran jika makanan ini juga ditemukan di Filipina.

6. Rosquillas

deliciasdehonduras.blogspot.com

Rosquillas merupakan donat tradisional Spanyol yang digoreng. Donat ini memiliki tekstur yang halus dengan lubang ditengahnya sehingga banyak digemari. Rosquillas ini biasanya dinikmati selama perayaan Pekan Suci.

Rosquillas ini dibuat dari berbagai bahan, seperti telur, susu, gula, minyak, lemon, baking powder dan anisette yang bisa menghadirkan cita rasa unik pada donat ini. Varian klasik dari riquillas ini dibuat dengan anggur muscat dan dikenal dengan nama rosquillas de vino. Rosquillas ini biasanya disajikan sebagia camilan saat bersantai dan diatas diberi taburan gula kayu manis.

7. Tapado de Pescado

hispanickitchen.com

Makanan khas Honduras yang tak boleh dilewatkan selanjutnya adalah Tapado de Pescado. Tapado de pescado ini merupakan sup Honduras yang beraroma dan dibuat dengan berbagai bahan-bahan seperti ikan putih, santan, pisang raja, ubi, bawang, yucca, squash dan beragam bumbu.

Tapado de Pescado ini memiliki cita rasa sedikit manis karena penggunaan santan dan tekstur krim yang kental ditambah dengan berbagai sayuran. Sup ini memang sangat populer sehingga penduduk setempat menjualnya kepada wisatawan di sekitar pantai setempat.

8. Candinga

ojo.pe

Candinga merupakan makanan khas Honduras yang berupa rebusan sederhana, namun sangat hangat dan nikmat. Sajian ini dibuat dengan perpaduan hati babi, bawang, minyak, paprika, tomat dan aneka bumbu.

Semua bahan tersebut kemudian direbus di atas api kecil hingga lembut. Rebusan tersebut kemudian diberi bumbu garam dan merica lalu disajikan dengan pisang goreng, nasi, kacang-kacangan atau tortilla jagung.

9. Plato Tipico

athomeworldtraveler.com

Makanan khas Honduras yang wajib untuk kamu coba berikutnya adalah Plato Tipico. Plato Tipico ini sendiri memiliki arti hidangan khas dan memang sajian yang satu ini cukup populer tak hanya di kalangan masyarakat Honduras, namun juga wisatawan.

Hidangan nasional Honduras ini terdiri dari daging sapi yang dimarinasi kemudian dipanggang, sosis babi dan sayuran bertepung seperti pisang goreng, kacang rebus dan nasi. Secara tradisional, plato tipico ini diberi tambahan krim asam, irisan alpukat, kubis yang dimarinasi, keju, air jeruk nipis dan banyak tortilla kecil.

10. Tortilla con Quesillo

buenprovecho.hn

Meskipun Nikaragua berbatasan langsung dengan Honduras, namun kedua negara ini memiliki camilan yang berbeda meskipun Namanya sama-sama quesillo. Di kedua negara tersebut, quesillo memang menjadi makanan khas yang banyak digemari karena sangat nikmat.

Di Nikaragua, keju diletakkan pada tortilla hangat, bawang acar, krim asam dan garam diatasnya. Sementara quesillo yang menjadi makanan khas Honduras ini keju ditempatkan di antara dua tortilla dan digoreng kemudian disajikan dengan salsa tomat.

11. Pupusas

greathonduranfood.com

Makanan khas Honduras yang tak kalah nikmat untuk kamu coba berikutnya adalah Pupusas. Pupusas ini sebenarnya sajian yang berasal dari El Salvador, namun cukup terkenal di seluruh Amerika Tengah, termasuk Honduras dan kamu bisa menemukannya di seluruh negara tersebut.

Pupusas ini bisa diisi dengan quesillo atau sejenis keju yang mudah meleleh, kacang-kacangan, daging babi atau bisa juga diisi dengan ketiganya secara bersamaan. Bagian atasnya diberi acar bawang dan curtido pedas cole slaw. Sajian ini sangat cocok bagi kamu yang sangat menyukai keju.

12. Tamales

lacooquette.com

Jika berbicara soal makanan khas Honduras, rasanya belum lengkap jika belum mencoba Tamales. Tamales khas Honduras ini juga dikenal sebagai nacatamales dan menjadi salah satu jajanan nikmat di Honduras.

Tamales ini terbuat dari adonan yang terdiri dari jagung kemudian diisi dengan daging ayam, babi atau kacang-kacangan. Adonan tersebut kemudian dibentuk dan dibungkus dengan daun pisang. Tamales ini biasanya disajikan saat perayaan Natal, Namun kamu juga bisa menemukan tamales ini sebagai kudapan sehari-hari.

13. Choripan

progcarne.com

Makanan khas Honduras yang satu ini juga tak kalah populer di kalangan wisatawan, yaitu Choripan. Pada dasarnya choripan ini sesuai dengan Namanya, yaitu terdiri dari pan atau roti, roti yang digunakan biasanya adalah baguette lalu diberi chorizo di antaranya.

Sebagian besar choripan ini diberi isian berupa saus chimichurri, yaitu saus yang terdiri dari ketumbar, oregano dan peterseli. Tak hanya bisa ditemukan di Honduras, choripan ini juga bisa ditemukan dengan mudah di beberapa negara di Amerika Selatan, seperti Argentina, Uruguay, Chili dan Brasil.

14. Atol de Elote

buenprovecho.hn

Jagung dulunya dianggap sebagai makanan suci oleh bangsa Maya Kuno. Karena pengabdian mereka pada jagung, maka negara-negara di Amerika Latin sekarang bisa menikmati minuman leluhur yang dikenal sebagai Atol de Elote.

Atol de Elote ini merupakan minuman jagung yang dimaniskan dan dihaluskan kemudian diberi kayu manis dan vanili sehingga memiliki tekstur kental. Dulu masyarakat Maya menikmati Atol de Elote ini sebagai minuman hangat, namun sekarang semua orang bisa menikmatinya sebagai salah satu makanan khas Honduras yang sering dijadikan sebagai menu sarapan ataupun makanan penutup.

15. Catrachas

onehappyhousewife.com

Catrachas merupakan salah satu makanan khas Honduras yang sederhana namun sangat memuaskan. Catrachas merupakan kombinasi otentik dari rasa khas Honduras.

Sajian yang satu ini sangat mudah dibuat dan bisa dibuat oleh semua orang. Catrachas ini terdiri dari tortilla renyah, kacang refried dan queso fresco. Terkadang pada bagian atasnya diberi tambahan alpukat atau saus merah untuk menambahkan rasa dan aroma yang lebih nikmat.

16. Anafre de Frijoles

honduras.com

Makanan khas Honduras berikut ini dikenal sebagai sajian pembuka dengan nuansa ala pedesaan. Anafre de Frijoles ini merupakan sajian yang terdiri dari refried kacang merah, keju dan terkadang diberi tambahan chorizo kemudian disajikan dengan tortilla segar yang semuanya diletakkan dalam tungku yang terbuat dari tanah liat. Saat dipanaskan, keju akan meleleh dan keju akan mendidih sehingga menjadikan anafre de frijoles ini sebagai makanan pembuka terbaik.

17. Yucca with Pork

spoonuniversity.com

Yucca with Pork juga menjadi salah satu makanan khas Honduras yang sayang sekali untuk dilewatkan begitu saja. Sesuai dengan Namanya, makanan ini terdiri dari yucca con chicharron atau yucca dengan daging babi.

Yucca merupakan bahan dasar dari sajian ini yang hanya diolah dengan cara direbus dengan sedikit daram. Lalu diatas diberi beberapa saus tomat dan terkadang diberi tambahan keju. Agar terasa semakin nikmat, sajian ini juga ditambahkan dengan irisan daging babi tebal yang sangat nikmat.

18. Arroz Con Leche

elheraldo.hn

Makanan khas Honduras yang tak boleh untuk dilewatkan berikutnya adalah Arroz Con Leche. Arroz con Leche merupakan sebuah sajian penutup yang populer karena memiliki cita rasa yang enak.

Arroz con Leche merupakan pudding beras yang dipadukan dengan susu kental manis serta ekstrak vanilla. Susu murni juga ditambahkan dalam campuran untuk membuat pudding krim sempurna. Pudding ini memiliki tekstur yang lembut dan cita rasa yang manis serta aromatic karena diberi tambahan sedikit kayu manis di dalamnya.

19. Macheteadas

craftlog.com

Macheteadas merupakan camilan manis tradisional khas Honduras yang juga menjadi salah satu makanan khas Honduras paling populer. Macheteadas ini bisa dibuat dari beberapa sisa adonan baleada.

memiliki cita rasa yang manis sehingga sangat ideal jika disajikan sebagai menu sarapan di pagi hari dengan tambahan madu atau sirup maple di atasnya. Macheteadas ini tinggi kalori, untuk itu kamu harus memakannya dengan porsi yang secukupnya. Sebagai pelengkap, macheteadas ini akan terasa lebih nikmat jika disajikan dengan secangkir susu atau kopi.

20. Tajadas

comidashondurenas.com

Makanan khas Honduras yang tak boleh untuk kamu lewatkan berikutnya adalah Tajadas. Tajadas ini merupakan pisang goreng dengan lapisan kubis dan daging sapi yang membuatnya terasa semakin nikmat juga mengenyangkan.

Pisang memang menjadi salah satu hidangan pokok di Honduras, maka kamu tak perlu heran jika banyak sekali sajian khas Honduras yang menggunakan pisang. Meskipun terbilang agak aneh karena memadukan pisang dengan daging sapi, namun cita rasa dari tajadas ini tak perlu diragukan lagi.

21. Desayuno Tipico

buenprovecho.hn

Jika diterjemahkan, Desayuno Tipico ini adalah sarapan khas dalam Bahasa Inggris. Bisa dibilang jika Desayuno Tipico ini merupakan makanan khas Honduras yang disajikan sebagai menu sarapan.

Menu sarapan ini sangat cocok bagi kamu yang tidak menyukai makanan manis di pagi hari. Desayuno Tipico ini terdiri dari telur orak arik, kacang tumbuk, pisang goreng, alpukat, tortilla dan sepotong keju asin. Menu yang sangat sehat dan mengenyangkan untuk memulai hari.

22. Fried Yojoa Fish

id.pinterest.com

Fried Yojoa Fish adalah makanan khas Honduras yang berasal dari wilayah Lago de Yojoa. Ikan Yojoe goreng ini merupakan makanan tradisional Honduras yang sampai saat ini masih banyak penggemarnya.

Sesuai dengan Namanya, sajian ini merupakan ikan yang dibumbui dengan garam dan rempah-rempah yang dimarinasi semalaman. Keesokannya ikan digoreng kemudian dihiasi dengan kubis acar, bawang acae dan irisan jeruk nipis. Sebagai pendampingnya, diberi pisang goreng atau yang dikenal dengan nama tajaditos.

Fried Yojoa Fish ini memiliki cita rasa yang sedikit manis. Perbedaan fried yojoa fish ini dengan ikan goreng lainnya adalah proses marinasinya yang membuatnya terasa lebih nikmat, bumbu yang merasuk hingga dalam daging dan dagingnya yang lembut.

23. Carneada

pinterest.com

Makanan khas Honduras yang terakhir adalah Carneada. Carneada ini merupakan sajian daging panggang yang bisa ditemukan dengan mudah di seluruh Amerika Latin. Sajian ini memang memiliki kemiripan dengan sajian babi panggang Yucatacean poc chuc.

Carneada secara tidak resmi menjadi hidangan resmi Honduras dan sering hadir dalam acara-acara khusus dan perayaan di rumah seseorang. Tak hanya itu, carneada ini juga banyak ditemukan di restoran di Honduras. Carneada ini juga biasanya disajikan dengan salsa, platains manis, kacang-kacangan, tortilla dan keju asin.

prita

Recent Posts

11 Wisata Dekat Stasiun Gambir yang Recommended!

Siapa yang sudah merencanakan liburan seru ke Jakarta naik kereta api? Pasti asyik nih! Nah,…

4 months ago

16 Tempat Wisata Dekat Stasiun Sudirman, Spot Instagramable

Tahukah kamu bahwa terdapat tempat wisata dekat Stasiun Sudirman yang bisa kamu kunjungi?. Lokasi di…

4 months ago

15 Wisata Dekat Stasiun Bogor, Menakjubkan!

Jika naik kereta ke Bogor, pernahkan kamu merasa ingin mampir ke tempat wisata terdekat?. Banyak…

4 months ago

13 Hidden Gems Solo Terbaik yang Recommended!

Cari tempat -tempat Hidden gems di Solo yang menarik, memang cukup seru. Tidak jarang juga…

4 months ago

10 Restoran di Bogor, Cocok Untuk Keluarga!

Restoran di Bogor - Ada banyak tempat kuliner yang tentu saja dapat kamu pilih. Namun,…

4 months ago

10 Kue Kering Terenak di Dunia, Cobain yuk!

Tak sekadar makanan atau minuman saja yang memiliki kategori terenak dan favorit loh, ternyata ada…

4 months ago