Wawasan

10 Tradisi adat unik Dan Menarik dari berbagai daerah di Indonesia

Indonesia memang menjadi salah satu negara yang terkenal sekali dengan suku, kepercayaan, adat, dan budayanya yang beragam. Makanya jangan heran jika banyak wisatawan mancanegara ingin datang ke Indonesia hanya untuk mengetahui beragam budaya Indonesia yang berbeda-beda disetiap daerah. Nah Tradisi yang ada turun termurun ini hanya bisa kalian temukan di Indonesia, tentunya menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia, Nah dari pada penasaran kali ini GoTravelly bakal bahas seperti apa sih Tradisi adat unik dari berbagai daerah di Indonesia yang wajib kamu ketahui.

Tradisi Unik di Indonesia

1. Tatung – Kalimatan Barat

getlost.id

Tradisi Tatung yang berasal dari Singkawang ini memang selalu ditunggu-tunggu saat menjelang Cap Go Meh di kota Singkawang. Karena saat perayaan ini masyarakat sangat menunggu-nunggu kehadiran Tatung. Untuk kalian yang berada di Luar Pulau Kalimantan tentunya masih asing dengan adat Tatung. Saat perayaan tatung ada segerubul orang yang beratraksi dengan benda-benda tajam namun mereka kebal dengan benda-benda tersebut. Tradisi Tatung yang ada sejak dahulu di Singkawang ini memang menarik wisatawan untuk datang ke Kota Singkawang.

Mengenal Suku Karen Di Desa Wisata Baan Tong Luang Chiang Mai

Visit Van Long Vietnam – Menikmati Alam Sampe Naik Sampan!

2. Bakar Tongkang – Riau

kebudayaan.kemdikbud.go.id

Jika kamu ingin melihat ritual bakar tongkang maka bisa datang ke Riau di bulan Juli, karena saat itu ada ritual bakar tongkang. Ritual Bakar tongkang ini sebenarnya berasal dari Etnis Tionghoa yang berada di Bagansiapiapi, dan ritual ini di percaya untuk tekad mereka saat itu yang tidak ingin kembali ketempat asal mereka. Selain tekad mereka untuk tidak kembali, Ritual bakar tongkang ini juga menjadi upacara peringatan dewa Laut yang bernama Ki Ong Ya dan Tai Su Ong. Ritual Bakar Tongkang ini memang sellau ditunggu-tungu masyarakat Riau di bulan Juli, dan jika kalian ingin menyaksiakan meriahnya ritual ini kalian bisa datang ke Riau di bulan Juli.

3. Kebo-keboan – Banyuwangi

viva.co.id

Kebo-keboan tradisi yang ada sejak bertahun-tahun lamanya ini masih ada loh di Banyuwangi, dan menjadi acara yang sellau di tunggu-tunggu saat tanggal 10 suro atau 10 Muharam disalah satu desa. Kebo-keboan ini biasanya diadakan di Desa Alasmalang, Singojurung, Banyuwangi. Jadi untuk kamu yang belum tau apa sih Kebo-keboan? nah jadi ada banyak laki-laki yang berdandan seperti kerbau, dan mereka akan membajak sawah, selanjutnya mereka akan mengelilingi desa. Selain ada pertunjunkan Kebo-keboan biasanya saat acara ini diadakan di Banyuwangi, ada beberapa pertunjukan kesenian yang ditampilkan saat acara Kebo-keboan. Kalian tau gak sih ritual Kebo-keboan ini di percaya masyarakat Banyuwangi untuk meminta hujan saat musim kemarau yang panas.

4. Tradisi Potong Jari – Papua

goodnewsfromindonesia.i

Tradisi di Indonesia yang satu ini berada di Papua dan terbilang sangat extrime hampir sama dengan Tatung yang ada di Singkawang. Karena Tradisi Potong Jari yang berasal dari suku Dani ini merupakan ungkapan terdalam mengungkapkan kesedihan saat mereka di tinggalkan anggota keluarga mereka. Tradisi Potong Jari ini juga memiliki makna yaitu kebersamaan, kekuatan, dan sebuah keluarga. Namun Tradisi Potong Jari ini sudah banyak ditinggalkan Suku Dani. Tradisi unik juga masuk dalam tradisi unik di Indonesia.

5. Gigi Runcing Suku Mentawai – Kalimantan

magazine.job-like.com

Kalimantan memang sala satu pulau yang memiliki tradisi yang masih melekat, dan sangat menghargai leluhur. Salah satunya adalah Suku Mentawai yang memiliki tradisi unik berupa Gigi Runcing. Jadi setiap wanita cantik di Suku Mentawai ini harus memenuhi tiga syarat yaitu telunga panjang, gigi runcing, dan tato. hal ini merupakan standart kecantikan bagi suku Mentawai yang ada di Kalimantan. Jadi saat kalian berada di Kawasan Mentawai, maka kalian bisa menemukan wanita-wanita cantik Kalimantan yang memiliki tato, gigi runcing, dan telinga panjang.

6. Ritual Tiwah – Kalimantan Tengah

kompasiana.com

Ritual yang berada di Kalimantan Tengah ini adalah Ritual Tiwah. Upacara ini berasal dari suku dayakyang biasanya melakukan upacara yang tak biasa, yaitu menaruh mayat yang sudah lama meninggal di sebuah rumah yang disebut mereka ‘Sadung’. Upacara Ritual Tiwah ini dipercaya untuk meluruskan perjalanan arwah menuju ‘Lewu Tatau’ (Perjalanan menuju Surga), dan Ritual Tiwah juga dipercaya untuk melepaskan kesialan untuk keluarga yang sudah ditinggalkan.

7. Tabuik – Sumatera Barat

infobudaya.net

Tabuik ini biasanya dilaksanakan saat tanggal 10 Muharram. Upacara Tabuik ini merupakan simbol masyarakat menggungkapkan kesedihan mereka dan rasa hormat umat islam kepada cucu Nabi Muhammad SAW. Tabuik sendiri merupakan bahasa arab yang memiliki makna Mengarak, jadi saat Upacara Tabuik ini banyak masyarakat di Sumatra Barat, dan khususnya untuk Pantai Barat biasanya mengadakan Upacara Tabuik.

8. Omed-omedan – Bali

liputan6.com

Omed-omedan yang sudah ada sejak abad ke 18 ini memang masih diadakan sampai saat ini. Omed-omedan ini merupakan tradisi anak muda di Banjar Kaja di Desa Pakraman Sesetan (Denpasar). Saat Omed-omedan banyak pemuda yang belum menikah tarik-menarik, dan khusus untuk wanita yang sedang berhalangan dilarang mengikuti Omed-omedan. Perayaan Omed-omedan ini biasanya diadakan saat menyambut pergantian tahun, dan menariknya acara ini selalu ramai. Menarik minat wisatawan saat berkunjung ke Bali untuk menyaksikan keseruan Omed-omedan.

9. Pasola – Nusa Tenggara Timur

id.wikipedia.org

Tradisi Pasola yang ada di Sumba ini memang sudah ada sejak turun-temurun bagi masyakat Wanokaka di Kabupaten Sumba Barat. Jadi saat perayaan Pasola Pria akan mengadu ketanguhan dengan melepar Lembing Kayu sambil menunggangi kuda, dan Pasola ini biasanya dilapangan yang luas. Saat perayaan Pasola maka banyak masyarakat berkumpul untuk melihat gimana keseruan Pasola. Tertarik melihat gimana serunya Pasola? kalian bisa datang ke Nusa Tenggara Timur saat bulan Februari atau Maret. Untuk menyaksikan betapa serunya Pasola.

10. Tradisi Seba – Jawa Barat

krakatauradio.com

Tradisi Seba yang ada di Jawa Barat ini berasal dari Suku Baduy. Jadi saat Seba ini diadakan mereka akan berjalan kaki sejauh 100 kilometer untuk bersilaturahmi satu sama lain, dan saat seba ini dadakan mereka berjalan kaki tanpa menggunakan kendaraan. Nah jika kalian ingin melihat bagaimana keunikan Seba di Jawa Barat, kalian bisa datang kesini saat tanggal 4 Mei, untuk menyaksikan betapa serunya tradisi di Jawa Barat ini.

Gimana guys 10 tradisi adat unik dari berbagai daerah di Indonesia ini menarik bukan? Menurut kalian tradisi apa yang paling unik, dan ingin kalian lihat? kalian bisa jawab dikolom komentar yang ada dibawah ya! jangan lupa like and share!

sisil angelin

Recent Posts

11 Wisata Dekat Stasiun Gambir yang Recommended!

Siapa yang sudah merencanakan liburan seru ke Jakarta naik kereta api? Pasti asyik nih! Nah,…

4 months ago

16 Tempat Wisata Dekat Stasiun Sudirman, Spot Instagramable

Tahukah kamu bahwa terdapat tempat wisata dekat Stasiun Sudirman yang bisa kamu kunjungi?. Lokasi di…

4 months ago

15 Wisata Dekat Stasiun Bogor, Menakjubkan!

Jika naik kereta ke Bogor, pernahkan kamu merasa ingin mampir ke tempat wisata terdekat?. Banyak…

4 months ago

13 Hidden Gems Solo Terbaik yang Recommended!

Cari tempat -tempat Hidden gems di Solo yang menarik, memang cukup seru. Tidak jarang juga…

4 months ago

10 Restoran di Bogor, Cocok Untuk Keluarga!

Restoran di Bogor - Ada banyak tempat kuliner yang tentu saja dapat kamu pilih. Namun,…

4 months ago

10 Kue Kering Terenak di Dunia, Cobain yuk!

Tak sekadar makanan atau minuman saja yang memiliki kategori terenak dan favorit loh, ternyata ada…

4 months ago