Kuliner

10 Sup Khas Vietnam Yang Segar dan Sehat

Vietnam merupakan salah satu negara di kawasan Asia Tenggara yang memiliki banyak kuliner nikmat, tak heran jika negara ini menjadi salah satu destinasi wisata kuliner yang paling digandrungi. Salah satu kuliner khas Vietnam yang banyak diminati adalah sup. Ternyata banyak sekali sup khas Vietnam yang bisa kamu coba. Sup ini terbuat dari berbagai macam bahan yang berbeda serta memiliki cita rasa yang unik dan pasti bisa membuat siapapun ketagihan. Nah, kalau kamu berencana untuk berlibur ke Vietnam, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba berbagai sup khas negara tersebut berikut ini.

1. Pho

iamafoodblog.com

Sup khas Vietnam yang pertama wajib kamu coba adalah Pho. Pho merupakan sup Vietnam yang paling populer dan menjadi buruan banyak wisatawan saat berlibur ke Vietnam.

Kuliner yang satu ini memang memiliki rasa yang kompleks, unik dan cukup sederhana. Secara tradisional pho dibuat dari kaldu ayam atau daging sapi yang dimasak sempurna selama tiga jam. Tak hanya itu, pho juga diberi bumbu rempah yang nikmat kemudian diberi mie beras yang kenyal, kecambah dan daging sapi yang lembut.

Ropang Plus Plus, Tongkrongan Milenial Dengan Menu Paling Lengkap

Menikmati Lembutnya Kue Lumpur Muda Mudi Harum

2. Ga Ban Den Ham Touc Bac

youtube.com

Selanjutnya sup khas Vietnam yang layak untuk kamu coba adalah Ga Ban Den Ham Touc Bac. Ga Ban Den Ham Touc Bac ini merupakan sup daging khas Vietnam yang dibuat dari bahan dasar ayam hitam.

Jika dilihat dari tampilannya mungkin tidak terlalu menggugah selera karena warnanya yang kehitaman, namun setelah mencobanya kamu pasti akan ketagihan dengan rasanya. Ga Ban Den Ham Touc Bac ini dibuat dengan merebus ayam terlebih dahulu, kemudian ayam tersebut direbus kembali bersama bumbu rempah dan bahan lainnya, seperti rebung, jahe, biji teratai, ubi liar, beri dan kerang yang kering. Kuah dari sup ini sangat segar dan memiliki aroma yang wangi.

3. Bún bò Huế

knorr.com

Bún bò Huế merupakan sup khas Vietnam yang biasanya dinikmati sebagai menu sarapan. Sup ini terdiri dari kaldu daging babi dan tulang sapi, mie, serai, pasta udang, air jeruk nipis dan berbagai bumbu herbal.

Bún bò Huế ini memiliki rasa yang jauh lebih pedas dibandingkan dengan sup tradisional Vietnam lainnya dan memiliki rasa yang lebih komplek juga kaya. Konon, kuliner ini dipengaruhi oleh masakan istana di zaman kekaisaran.

4. Canh chua

thedailymeal.com

Sup khas Vietnam yang wajib untuk kamu coba berikutnya adalah Canh Chua. Canh Chua ini merupakan sup tradisional Vietnam yang berasal dari kawasan Delta Mekong.

Sup ini memiliki cita rasa yang cukup kontras, yaitu asam, manis dan gurih. Hal ini karena canh chua menggabungkan bahan-bahan makanan laut, seperti belut, lele, udang, tomat, nanas, okra, asam jawa, tauge dan ragam rempah yang segar dan memiliki rasa yang tajam.

Secara tradisional canh chua ini ini disajikan dengan mie bihun beras atau dengan nasi. Namun, ada banyak versi sup ini karena tergantung dari bahan-bahan yang digunakan. Tak hanya menggunakan ikan, sup ini juga bisa dibuat dengan ayam, rebung, bayam, babi dan daging sapi.

5. Bún riêu

laodong.vn

Bún riêu merupakan salah satu sup khas Vietnam yang terbuat dari bahan utama kepiting. Sajian ini dibuat dalam beberapa versi, namun yang paling populer adalah yang dibuat dari tomat.

Sup ini dibuat dari kaldu yang berbeda, namun biasanya selalu diberi pasta kepiting dan disajikan dengan bihun. Untuk toppingnya, biasanya sajian ini diberi daging kepiting, daging babi, tahu, tomat dan ragam pilihan sayuran segar seperti perilla atau tauge. Bún riêu ini memiliki cita rasa kombinasi dari rasa manis dan asam sehingga menjadikan sebagai salah satu sajian paling populer di Vietnam.

6. Bánh canh

dienmayxanh.com

Sup khas Vietnam yang tak boleh untuk kamu lewatkan berikutnya adalah Bánh canh. Bánh canh ini merupakan sup mie yang terbuat dari tepung beras, sementara untuk bahan supnya dibuat dari berbagai jenis bahan, seperti ham, ikan snakehead atau kepiting.

Sup ini biasanya lebih kental dibandingkan dengan sup lainnya dan konsistensi cairannya lebih mirip dengan saus dibandingkan dengan sup kaldu. Sup Bánh canh ini biasanya dibuat dari tulang babi atau ayam yang kemudian diberi bumbu gula, garam dan saus ikan.

7. Phở gà

ameovat.com

Phở gà juga menjadi salah satu sup khas Vietnam yang wajib untuk kamu coba. Sup ini menjadi salah satu varian dari pho yang terbuat dari daging ayam.

Biasanya Phở gà ini dibuat dari daging dada ayam, lemak dan kulit ayam. Kaldu sup ini juga memiliki cita rasa yang lebih ringan dibandingkan dengan beef pho. Bahan lain yang biasa digunakan dalam membuat Phở gà ini adalah jahe, saus ikan, mie beras, ketumbar, bawang merah dan daun bawang. Sebagai hiasan, sup ini biasanya diberi irisan jeruk nipis, mint, tauge, irisan cabai dan tangkai kemangi Thailand.

8. Bún mắm

bunduoclieu.com

Sup khas Vietnam selanjutnya adalah Bún mắm. Bún mắm ini merupakan sup yang berasal dari Provinsi Soc Trang dan menjadi salah satu sajian populer disana.

Bún mắm ini terdiri dari mie bihun beras, bun, kaldu ikan, cumi-cumi, lele, udang, terong, fish cake dan perut babi panggang. Bahan penting lainnya yang digunakan untuk membuat sajian ini adalah ragam herbal segar, seperti tauge, daun bawang dan rau muong. Aroma dari sup ini sangat kaya dan agak sedikit menyengat.

9. Bún ốc

goldenapple.com.vn

Bún ốc atau sup siput ini juga menjadi salah satu sup khas Vietnam yang cukup populer. Sup ini menjadi makanan pokok di Hanoi karena memiliki cita rasa yang nikmat.

Sup ini biasanya dibuat dari siput air tawar dengan kaldu berbahan utama tomat. Tak hanya itu, sup ini juga diberi bihun dan ragam rempah-rempah khas Vietnam. Untuk tambahannya, sup ini biasanya diberi fish cake, tahu goreng, irisan daun bawang dan bawang goreng. Bún ốc ini biasanya dibuat dalam beberapa pilihan. Ada yang versi musim dingin klasik atau ada juga yang disajikan sebagai versi musim panas yang menyegarkan karena disajikan dalam keadaan dingin.

10. Lau Ga Den

vietnamtravel.in

Sup khas Vietnam yang terakhir adalah Lau Ga Den. Lau Ga Den ini merupakan sup yang berasal dari kawasan pegunungan Sapa.

Sup ini disajikan dalam wadah hotpot dan harus dinikmati saat panas. Sup ini terbuat dari ayam sebagai bahan dasarnya. Namun, ayam yang digunakan tak boleh sembarangan karena yang digunakan adalah ayam hitam. Daging ayam ini memiliki cita rasa manis dan aroma yang khas. Selain ayam, bahan lain yang digunakan untuk membuat Lau Ga Den ini adalah jamur, jahe, apel merah dan ragam sayuran.

prita

Recent Posts

11 Wisata Dekat Stasiun Gambir yang Recommended!

Siapa yang sudah merencanakan liburan seru ke Jakarta naik kereta api? Pasti asyik nih! Nah,…

4 months ago

16 Tempat Wisata Dekat Stasiun Sudirman, Spot Instagramable

Tahukah kamu bahwa terdapat tempat wisata dekat Stasiun Sudirman yang bisa kamu kunjungi?. Lokasi di…

4 months ago

15 Wisata Dekat Stasiun Bogor, Menakjubkan!

Jika naik kereta ke Bogor, pernahkan kamu merasa ingin mampir ke tempat wisata terdekat?. Banyak…

4 months ago

13 Hidden Gems Solo Terbaik yang Recommended!

Cari tempat -tempat Hidden gems di Solo yang menarik, memang cukup seru. Tidak jarang juga…

4 months ago

10 Restoran di Bogor, Cocok Untuk Keluarga!

Restoran di Bogor - Ada banyak tempat kuliner yang tentu saja dapat kamu pilih. Namun,…

4 months ago

10 Kue Kering Terenak di Dunia, Cobain yuk!

Tak sekadar makanan atau minuman saja yang memiliki kategori terenak dan favorit loh, ternyata ada…

4 months ago