Kuliner

10 Makanan Khas Nigeria Yang unik Dengan Cita Rasa Menggugah Selera

Nigeria memang menjadi salah satu Negara di Benua Afrika yang cukup menarik untuk dikunjungi. Menempati peringkat ke-7 sebagai Negara terpadat di dunia, tentu tak mengurangi keindahan Negara ini bagi banyak wisatawan untuk datang berkunjung. Berkunjung ke Nigeria rasanya belum lengkap jika tidak mencicipi aneka olahannya yang khas. Kuliner khas Nigeria memang terbilang memiliki cita rasa yang unik dan mungkin jarang ditemukan di Negara lain. Nah, jika kamu berencana untuk berlibur ke Nigeria, berikut ini adalah Makanan khas Nigeria yang wajib untuk kamu cicipi.

Rekomendasi Makanan Khas Nigeria:

1. Egusi Soup

pinterest.es

Makanan khas Nigeria pertama yang wajib untuk kamu coba adalah Egusi Soup. Sesuai dengan namanya, Egusi Soup ini dibuat dengan menggunakan Egusi sebagai bahan dasarnya. Egusi sendiri merupakan sebutan untuk biji ketimun yang kaya akan protein yang telah dikeringkan dan digiling.

Selain menggunakan egusi, sup ini juga diisi dengan fufu, seperti ubi ditumbuk dan memiliki cita rasa gurih yang nikmat sehingga bisa membuat tubuh terasa hangat. Soup ini menjadi salah satu kuliner khas Nigeria yang cukup populer dan digemari.

Menikmati Serunya Event Tropical Sunset Cook Di Sunny Cafe Jombang

90 Town Sidoarjo, Warung Kopi Cozy Tawarkan Menu Nikmat Cuma Rp 7.000,- Aja

2. Pounded Yam

deesmealz.com

Pounded Yam juga menjadi salah satu makanan khas Nigeria yang wajib untuk kamu coba. Sesuai dengan namanya, Pounded Yam ini merupakan ubi yang telah dihancurkan atau diaduk hingga teksturnya menyerupai adonan. Ubi yang ditumbuk tersebut dianggap sebagai fufu atau semacam lauk tepung yang biasanya disajikan dengan rebusan atau efo.

Pounded Yam ini biasanya ditumbuk dengan menggunakan mixer tangan ataupun blender sehingga bisa menghasilkan tepung ubi terbaik. Kombinasi paling populer adalah pounded yam dengan sup egusi yang menghasilkan rasa yang nikmat.

3. Efo Riro

amalajointusa.com

Efo Riro juga masuk dalam daftar makanan khas Nigeria yang sayang untuk dilewatkan. Jika diterjemahkan secara kasar, Efo Riro ini memiliki arti Stirred Leafy Vegetable. Meskipun berarti sayuran, namun Efo Riro juga dibuat dengan daging atau ikan. Bahkan ada yang berlapis iru dan udang.

Efo Riro merupakan sajian yang berasal dari Yorubaland, Nigeria Barat yang biasanya menggunakan sayur bayam yang direbus kemudian diberi ikan kaldu, bawang merah, minyak sawit, lada tatashe dan berbagai bahan lainnya. Rasanya yang nikmat membuat siapapun tertarik untuk mencoba sajian yang satu ini.

4. Jollof Rice

preciouscore.com

Makanan khas Nigeria yang tak boleh dilewatkan selanjutnya adalah Jollof Rice. Nah, sajian yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang suka makan nasi, pasalnya olahan ini merupakan nasi khas Nigeria yang nikmat.

Jollof Rice ini merupakan nasi yang dibuat dengan tomat, bawang, cabai, rempah-rempah dan scotch bonnet. Selain bahan-bahan tersebut, Jollof Rice juga bisa ditambahkan ragam sayuran, daging atau ikan. Karena menggunakan pasta tomat dan minyak sawit merah, maka nasi ini memiliki warna merah. Sajian yang satu ini biasanya dinikmati saat ada perayaan dan pesta karena Jollof Rice ini menjadi kuliner wajib yang cukup populer.

5. Pepper Soup

sisijemimah.com

Pepper Soup atau Sup Lada merupakan sup ayam versi Afrika Barat yang terkenal memiliki cita rasa nikmat. Sup ini terbuat dari daging kambing, namun bisa juga menggunakan ikan atau daging lainnya kemudian diberi rampah-rampah khas Nigeria sehingga menjadikannya peda namun tetap ringan.

Meskipun sup ini memiliki berbagai variasi, namun tentu yang menjadi favorit adalah dengan campuran bumbu klasiknya yang terdiri dari rempah-rempah khas, seperti gbafilo, uda dan ataiko. Pepper Soup ini juga bisa kamu jadikan oleh oleh khas Nigeria, pasalnya sudah banyak dijual di toko kelontong Nigeria dalam bentuk instan. Atau kamu juga bisa membeli bumbu rempah-rempahnya saja untuk diolah sendiri di rumah.

6. Akara

cheflolaskitchen.com

Makanan khas Nigeria yang satu ini adalah Akara. Akara merupakan kudapan berupa kue kacang yang digoreng dalam minyak sawit atau groundnut.

Proses pembuatan Akara ini dengan merendam kacang dalam air untuk menghilangkan kulitnya, kemudian digiling dan ditumbuk, barulah digoreng. Varian Akara lainnya juga bisa ditambahkan dengan menggoreng ubi parut.

7. Garri

nurieji.web.app

Garri juga menjadi salah satu makanan khas Nigeria yang populer dan sayang untuk dilewatkan. Banyak dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat Nigeria dan menjadi salah satu kuliner khas yang wajib dicoba oleh wisatawan saat berkunjung kesana.

Garri terbuat dari singkong yang banyak dipanen oleh masyarakat Nigeria. Singkong yang telah dipanen kemudian dikupas, dicuci dan digiling. Singkong yang digiling tersebut dikeringkan dari air dan sari nya disaring kemudian digoreng dalam wajan panas. Nah, hasil dari proses inilah yang disebut dengan Garri.

Garri kemudian digunakan untuk membuat Eba hanya dengan menambahkan air panas ke dalam mangkok yang berisikan butiran garri yang diinginkan. Eba tersebut bisa disajikan dengan ragam sup khas Nigeria, seperti Sup Egusi, Sup Afang, Sup Banga, Sup Okro dan masih banyak lagi lainnya.

8. Moi Moi

pinterest.com

Makanan khas Nigeria yang satu ini terkenal memiliki rasa yang sangat enak dan bisa membangkitkan selera makan kamu, yaitu Moi Moi. Moi Moi merupakan salah satu sajian yang sangat populer di Nigeria karena rasanya yang unik.

Moi Moi ini terbuat dari olahan kacang yang direbus. Biasanya Moi Moi ini dihias dengan ikan, telur atau udang karang. Bahan dasar untuk membuat sajian ini adalah dengan menggunakan minyak, garam, merica, tomat dan beberapa rempah-rempah. Moi Moi bisa langsung dimakan atau dinikmati bersama garri basah, pap atau pudding.

9. Suya

seriouseats.com

Suya merupakan olahan daging sapi yang dipotong, dibumbui dan dipanggang di atas api terbuka. Makanan khas Nigeria yang satu ini biasanya disajikan dengan kubis segar, bawang dan tomat kemudian dibungkus dengan Koran bekas atau alumunium foil.

Suya memiliki cita rasa pedas dan merupakan sajian yang berasal dari Hausa, Nigeria Utara. Campuran rempah-rempah khusus yang dikenal dengan nama Yaji, biasanya juga turut ditambahkan dalam daging sebelum dipanggang.

10. Afang Soup

thewhistler.ng

Makanan khas Nigeria yang terakhir adalah Afang Soup. Afang Soup ini merupakan salah satu sup yang populer di Nigeria yang dikenal berasal dari Suku Efik di Nigeria Selatan.

Sup Afang ini merupakan sup sayuran yang disajikan bersama daging, ikan dan aneka seafood lainnya, seperti udang dan periwinkle. Sup ini biasanya menggunakan daun Afang atau Okazi. Afang Soup ini biasanya disajikan dengan Eba, Fusu atau ubi yang ditumbuk.

Nah, itulah tadi daftar 10 makanan khas Nigeria yang wajib untuk kamu nikmati saat berlibur ke salah satu Negara terpadat di dunia tersebut. Makanan mana nih yang paling ingin untuk kamu coba?

prita

Recent Posts

11 Wisata Dekat Stasiun Gambir yang Recommended!

Siapa yang sudah merencanakan liburan seru ke Jakarta naik kereta api? Pasti asyik nih! Nah,…

4 months ago

16 Tempat Wisata Dekat Stasiun Sudirman, Spot Instagramable

Tahukah kamu bahwa terdapat tempat wisata dekat Stasiun Sudirman yang bisa kamu kunjungi?. Lokasi di…

4 months ago

15 Wisata Dekat Stasiun Bogor, Menakjubkan!

Jika naik kereta ke Bogor, pernahkan kamu merasa ingin mampir ke tempat wisata terdekat?. Banyak…

4 months ago

13 Hidden Gems Solo Terbaik yang Recommended!

Cari tempat -tempat Hidden gems di Solo yang menarik, memang cukup seru. Tidak jarang juga…

4 months ago

10 Restoran di Bogor, Cocok Untuk Keluarga!

Restoran di Bogor - Ada banyak tempat kuliner yang tentu saja dapat kamu pilih. Namun,…

4 months ago

10 Kue Kering Terenak di Dunia, Cobain yuk!

Tak sekadar makanan atau minuman saja yang memiliki kategori terenak dan favorit loh, ternyata ada…

4 months ago