10 Makanan Khas Maluku Kelezatan Cita Rasa Khas Indonesia Timur


Fida  January 26, 2021  0 Comment

Sudah tidak asing didengar jika Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak tempat wisata sekaligus kuliner khas. Mencoba makanan khas yang ada di beberapa daerah di Indonesia tentu menjadi hal yang wajib Anda coba salah satunya mencicipi makanan Khas Maluku.Saat berkunjung ke Maluku, Anda bisa menikmati berbagai makanan khas yang ada di sana. Ada cukup banyak makanan khas Maluku yang menawarkan cita rasa lezat yang sayang untuk tidak anda coba

1. Manisan Pala

manisan pala
masakandapurku.com

Salah satu makanan khas Maluku yang sayang untuk dilewatkan adalah manisan pala. Pala sendiri merupakan tumbuhan yang berasal dari Kepulauan Banda, Maluku. Proses pembuatan makanan yang satu ini terbilang cukup mudah yakni dengan cara memilih buah pala segar kemudian diolah dengan direndam bersama dengan air garam selama 1 hari. Tujuan perendaman bersama air garam adalah untuk menghilangkan rasa sepat pada buah pala.

Adanya tambahan gula pada olahan makanan yang satu ini menjadikan manisan pala semakin lezat saat dinikmati. Salah satu hidangan yang sayang untuk Anda lewatkan saat berada di Maluku.

Gotravelly

Berburu Makanan Di Food Festival Pakuwon

Ikan Bakar Sulawesi, Kuliner Khas Sulawesi Dan Seafood Wajib Coba Di Salatiga

2. Lalampa

Lalampa
tribunnewswiki.com

Saat ingin mencoba lezatnya salah satu makanan khas Maluku, lalampa bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda coba. Makanan yang satu ini memiliki bentuk yang mirip dengan lemper Jawa. Lalampa menawarkan cita rasa yang gurih dan lezat dengan isian ikan tongkol atau cakalang. Isian lalampa tentu sudah diolah dengan berbagai bumbu tambahan sehingga lezat saat dinikmati.

Tidak jauh berbeda dengan lemper Jawa, lalampa juga dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Setelah itu proses selanjutnya adalah mengolesi lalampa dengan minyak dan kemudian dibakar. Proses pembakaran itulah yang membuat makanan yang satu ini memiliki aroma yang khas dan sedap.

3. Nasi Jaha

Nasi Jaha
kulineria.id

Ada cukup banyak makanan khas Maluku yang wajib Anda coba salah satunya adalah Nasi Jaha. Kuliner yang satu ini dibuat dengan bahan dasar beras ketan dan santan yang dimasukkan ke dalam batang bambu kemudian dibakar. Bahan rempah-rempah menjadikan kuliner yang satu ini sayang untuk Anda lewatkan.

Butuh waktu cukup lama untuk mengolah lezatnya Nasi Jaha hingga benar-benar matang dan siap dinikmati. Hidangan yang satu ini sangat mudah dijumpai di acara-acara tradisional.

4. Gohu Ikan

Gohu Ikan
merahputih.com

Pernah mencoba lezatnya makanan khas Maluku satu ini? Gohu ikan menjadi salah satu hidangan yang sangat mudah dijumpai saat berada di Maluku. Kuliner yang satu ini bisa disebut sebagai sashimi nya orang Maluku karena gohu ikan dibuat dengan ikan mentah dan tanpa melalui proses pemasakan. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat makanan yang satu ini adalah ikan tuna atau ikan cakalang.

Proses pengolahan makanan yang satu ini bisa dibilang cukup mudah yakni dengan memotong dadu ikan-ikan segar dan kemudian melumurinya dengan garam, kemangi dan air perasan jeruk nipis. Setelah itu diamkan beberapa saat dan siapkan bumbu lainnya seperti bawang merah dan cabe rawit yang ditumis dengan minyak kelapa. Setelah tercium aroma harum, campuran daging ikan segar dan gohu ikan siap Anda nikmati.

5. Ikan Bakar Dabu-dabu Mentah

 Ikan Bakar Dabu-dabu Mentah
pengusahasukses.com

Bagi Anda penggemar ikan bakar, salah satu makanan khas Maluku ini cocok untuk Anda nikmati. Ikan bakar dabu-dabu mentah menawarkan cita rasa dan tampilan yang menggugah selera. Makanan khas yang satu ini menawarkan cita rasa pedas dan asam yang sangat diminati oleh penduduk lokal maupun wisatawan yang datang ke Maluku.

Bumbu dabu-dabu dibuat dengan dan menghasilkan cita rasa lezat. Semua bahan yang digunakan diiris tipis dan kemudian ditambahkan dengan air perasan jeruk nipis dan minyak jelantah. Rasa segar, renyah, dan sedap akan berpadu menjadi satu saat mencoba nikmatnya Ikan Bakar Dabu-dabu Mentah.

6. Ikan Kuah Kuning

Ikan Kuah Kuning
lifestyle.okezone.com

Ikan kuah kuning menjadi salah satu makanan khas Maluku yang bisa Anda coba. Sesuai dengan namanya, olahan makanan yang satu ini memiliki kuah kuning dan biasa disajikan bersama dengan papeda. Selain bersama papeda, hidangan yang satu ini juga biasa disantap bersama dengan nasi putih hangat.

Kuliner yang satu ini biasa menggunakan bahan dasar ikan cakalang atau ikan tongkol. Ada banyak bahan atau rempah-rempah yang digunakan seperti jeruk nipis, serai, kunyit, dan rempah-rempah lainnya. Bagi Anda yang suka menikmati hidangan dengan cita rasa pedas, Anda bisa menambahkan cabe rawit saat menyantap ikan kuah kuning.

7. Sagu Papeda

Sagu Papeda
idntimes.com

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing bahwa lagu papeda merupakan salah satu makanan khas Maluku. Anda akan bisa dengan mudah menjumpai hidangan yang satu ini saat berada di Maluku. Sagu papeda biasa dihidangkan bersama ikan kuah kuning yang khas dengan cita rasa gurih. Papeda juga biasa dihidangkan bersama dengan daun melinjo muda atau sayur ganemo.

Kuliner yang satu ini biasa dihidangkan dalam acara besar di wilayah Maluku, Papua, dan sekitarnya. Cara menyantap papeda juga cukup unik yakni dengan menggunakan sumpit atau garpu dan menggulung-gulung sehingga menempel pada garpu atau sumpit. Sagu papeda juga tidak perlu dipunya saat menikmatinya, bisa langsung diseruput dan ditelan. Hidangan lezat yang satu ini juga dikenal kaya akan manfaat bagi tubuh.

8. Gatang Kenari

Gatang Kenari
otakbuntu.com

Salah satu makanan khas Maluku yang sayang untuk dilewatkan adalah gatang kenari. Hidangan yang satu ini juga memiliki sebutan atau nama lain ketam kenari. Kuliner yang satu ini merupakan olahan kepiting yang diolah dengan bumbu lezat.

Gatang kenari dijual dengan harga yang relatif mahal karena kepiting termasuk dilindungi dan memiliki populasi yang semakin sedikit. Kelezatan gatang kenari membuat siapapun tidak ingin melewatkan kuliner yang satu ini saat berada di Maluku.

9. Woku Komo Komo

Woku Komo Komo
genpi.co

Woku Komo Komo merupakan salah satu makanan khas Maluku yang sayang untuk tidak Anda coba. Kuliner yang satu ini memiliki bahan dasar sagu yang direndam di dalam air. Adanya tambahan bumbu yang digunakan seperti jahe, serai, bawang putih, yang ditumis juga menghasilkan cita rasa gurih pada kuliner yang satu ini.

Kuliner yang satu ini diolah dengan cara dipanggang dan bisa dinikmati saat memanggang hingga daunnya kering. Oleh karena itu, di daerah jika salah satu makanan khas Maluku ini memiliki cita rasa yang sedap dan aroma menggugah selera.

10. Acar Kuning

 Acar Kuning
makananidaman.home.blog

Saat ingin menikmati salah satu makanan khas Maluku, Anda bisa mencoba lezatnya acar kuning. Biasanya acar terbuat dari berbagai sayuran seperti timun dan wortel, namun tidak dengan acar khas Maluku. Acar khas Maluku menggunakan bahan dasar rebung yang diolah dengan bumbu kuning.

Selain rebung, terdapat berbagai bahan seperti nanas, mentimun, cabe merah, bawang merah, kecipir muda, dan daun salam. Lezatnya salah satu makanan khas Maluku ini sayang untuk tidak Anda coba.



Leave a Reply