Kuliner

10 Jajanan Khas Indonesia dari Olahan Singkong Yang Menggugah Selera

Selain dikenal memiliki banyaknya tempat wisata indah, Indonesia juga kaya akan kuliner lezat dan khas. Anda dapat mencicipi berbagai makanan maupun jajanan saat berkunjung ke berbagai daerah di Indonesia. berbagai Jajanan dari Olahan Singkong banyak kita jumpai di berbagai daerah di Indonesia mulai yang rasa pedas hingga legit menggoda

Jajanan tradisional memiliki sensasi tersendiri saat dicoba. Beberapa jajanan tradisional kini mulai sulit untuk dijumpai. Anda dapat mencoba berbagai jajanan tradisional dari singkong yang cukup populer di Indonesia. Berikut daftar 10 Rekomendasi jajanan tradisional dari singkong yang bisa Anda coba.

10 Jajanan Khas Indonesia dari Olahan Singkong :

1. Getuk

resepkuerenyah.com

Salah satu jajanan tradisional dari singkong yang bisa Anda coba saat berada di Indonesia adalah getuk. Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan sebutan jajanan yang satu ini. Getuk merupakan jajanan yang dibuat dengan cara mengukus singkong kemudian dihaluskan.

Anda dapat mencoba jajanan yang satu ini rasa original atau manis dengan tambahan gula. Jajanan yang satu ini biasa disajikan bersama dengan kelapa parut yang sudah dikukus dan ditambahkan sedikit garam. Anda dapat dengan mudah menjumpainya di berbagai pasar tradisional di Indonesia.

Nostalgia Kuliner Tradisional Jawa Yang Lezat Di Sar Londho, Milenial Wajib Coba!

2 Fat Guys, Sajikan Ayam Goreng Dengan Level Kepedasan Yang Bisa Kamu Pilih!

2. Sawut

inews.id

Salah satu jajanan tradisional dari singkong yang tidak kalah menarik untuk dicoba adalah sawut. Jajanan yang satu ini dibuat dengan cara mengupas singkong kemudian dicuci bersih. Setelah bersih, singkong kemudian diserut kasar dan ditambahkan dengan gula merah serta sedikit garam. Jajanan yang satu ini diolah dengan cara dikukus hingga matang.

Beberapa sawut juga disajikan bersama dengan parutan kelapa. Anda akan dimanjakan dengan cita rasa gurih dari parutan kelapa serta manisnya lelehan gula. Sawut menawarkan cita rasa manis dan gurih yang membuat siapapun ketagihan setelah mencobanya.

3. Singkong Goreng

sajiansedap.grid.id

Dari Anda tentu sudah tidak asing dengan jajanan singkong goreng bukan? Sesuai dengan namanya, jajanan yang satu ini merupakan olahan singkong yang dimasak dengan cara digoreng. Namun sebelum itu, kingkong terlebih dahulu dibumbui dan direbus hingga lunak.

Selain mencoba singkong goreng biasa, Anda juga dapat mencoba berbagai inovasi singkong goreng salah satunya adalah singkong goreng keju. Adanya tambahan keju bubuk atau keju parut menghasilkan cita rasa semakin lezat dan menggugah selera.

4. Tape Singkong

blog.sayurbox.com

Ada cukup banyak pilihan jajanan tradisional dari singkong yang bisa Anda coba, salah satunya adalah tape singkong. Seperti tape pada umumnya, jajanan yang satu ini juga diolah dengan cara di fermentasi. Sebelum difermentasi, singkong terlebih dahulu dikukus.

Anda akan dimanjakan dengan cita rasa manis, asam, serta tekstur lembut saat mencobanya. Jajanan yang satu ini juga biasa diolah sebagai makanan atau minuman diantaranya brem, bahan isian es campur, tape goreng, hingga cake tape. Pernah mencoba lezatnya jajanan dari singkong yang satu ini?

5. Lemet

indozone.id

Lemet menjadi salah satu Jajanan dari Olahan Singkong yang cukup mudah dijumpai di berbagai pasar tradisional. Jajanan yang satu ini juga biasa dibuat sendiri di rumah dan kerap disuguhkan dalam acara-acara tradisional maupun keagamaan.

Lemet dibuat dengan cara mengolah parutan singkong bersama dengan gula merah dan sedikit garam. Jajanan yang satu ini dibungkus dengan menggunakan daun pisang sehingga memiliki aroma serta tampilan yang khas. Meskipun tampak sederhana, lemet sangat mengenyangkan saat dikonsumsi. Anda akan dimanjakan dengan cita rasa manis dengan tekstur yang lembut dan kenyal. Lezat dan uniknya jajanan yang satu ini tentu sayang untuk tidak Anda coba.

6. Combro

dapurkobe.co.id

Pernah mendengar sebutan jajanan combro? Combro merupakan salah satu jajanan tradisional dari singkong yang menawarkan cita rasa gurih. Jajanan yang satu ini sangat khas dengan isian oncom. Konon katanya, sebutan combro berasal dari kalimat oncom di jero yang berarti oncom di dalam.

Selain oncom, beberapa penjual gorengan juga menggantikan isian combro dengan tempe cincang yang dibumbui pedas. Rasa gurih dan pedas pada jajanan yang satu ini menjadi perpaduan yang pas dan sayang untuk tidak Anda coba. Anda dapat dengan mudah menjumpai jajanan ini di penjual gorengan dengan harga yang sangat terjangkau.

7. Misro

reseppedia.com

Tidak jauh berbeda dengan combro, misro juga merupakan jajanan tradisional dari singkong yang memiliki tampilan sedikit mirip dengan combro. Meskipun sekilas tampak sama, tetapi sebenarnya berbeda.

Adonan misro dibuat dengan menggunakan berbagai bahan seperti singkong parut, parutan kelapa, dan sedikit garam. Setelah adonan jadi kemudian dicetak bulat. Terlebih dahulu misro diberi isian gula merah sebelum digoreng. Saat sudah digoreng, gula merah yang ada di dalam misro akan meleleh dan membuat siapapun ketagihan setelah mencobanya. Di daerah Jawa Timur, jajanan yang satu ini dikenal dengan sebutan Jemblem. Sedangkan di daerah yogyakarta disebut Cemplon. Cukup unik dan menarik untuk dicoba bukan?

8. Gatot

katalogkuliner.com

Salah satu Jajanan dari Olahan Singkong yang cukup populer dan sayang untuk tidak dicoba adalah Gatot. Beberapa dari Anda tentu masih asing dengan sebutan jajanan yang satu ini.

Gatot dibuat dengan cara menjemur singkong dan dibiarkan terkena panas dan hujan hingga muncul jamur. Setelah terjadi fermentasi alami, gaplek akan berubah warna menjadi kehitaman dan kering. Saat itulah olahan ini bisa disimpan lama dan bisa dimasak kapanpun. Saat akan memasaknya, gaplek gatot terlebih dahulu direndam selama 1 hari. Butuh waktu kurang lebih 20 hingga 30 menit untuk gatot bisa matang sempurna saat dimasak. Anda dapat dengan mudah menjumpai jajanan yang satu ini di daerah Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

9. Cimplung

idntimes.com

Bagi Anda pecinta jajanan manis, cimplung tentu sangat menarik untuk dicoba. Cimplung merupakan salah satu Jajanan dari Olahan Singkong yang memiliki proses pembuatan sangat mudah.

Jajanan yang satu ini dibuat dengan cara merebus singkong bersama dengan air dan gula merah. Air yang digunakan untuk merebus adalah air nira atau bisa juga air biasa. Proses memasak berlangsung hingga singkong lunak dan matang. Setelah lunak, jajanan yang satu ini siap dihidangkan. Anda akan dimanjakan dengan cita rasa manis dan gurih serta tekstur yang empuk.

10. Tiwul

kompas.com

Jajanan dari Olahan Singkong yang cukup populer adalah tiwul. Jajanan yang satu ini berasal dari daerah Wonosari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Tiwul dibuat dengan cara mengeringkan singkong dan dihaluskan serta diayak.

Tiwul digunakan sebagai pengganti nasi pada zaman dahulu karena harganya yang lebih terjangkau. Selain dimasak manis, jajanan yang satu ini juga bisa dihidangkan bersama dengan sayur dan lauk. Saat ini anda dapat dengan mudah menjumpai tiwul yang dibungkus dengan kemasan praktis serta harga yang terjangkau. Berbagai olahan tiwul juga tidak kalah menarik untuk dicoba di antaranya bolu kukus tiwul, brownies tiwul, dan bolu tiwul.

Fida

Recent Posts

11 Wisata Dekat Stasiun Gambir yang Recommended!

Siapa yang sudah merencanakan liburan seru ke Jakarta naik kereta api? Pasti asyik nih! Nah,…

4 months ago

16 Tempat Wisata Dekat Stasiun Sudirman, Spot Instagramable

Tahukah kamu bahwa terdapat tempat wisata dekat Stasiun Sudirman yang bisa kamu kunjungi?. Lokasi di…

4 months ago

15 Wisata Dekat Stasiun Bogor, Menakjubkan!

Jika naik kereta ke Bogor, pernahkan kamu merasa ingin mampir ke tempat wisata terdekat?. Banyak…

4 months ago

13 Hidden Gems Solo Terbaik yang Recommended!

Cari tempat -tempat Hidden gems di Solo yang menarik, memang cukup seru. Tidak jarang juga…

4 months ago

10 Restoran di Bogor, Cocok Untuk Keluarga!

Restoran di Bogor - Ada banyak tempat kuliner yang tentu saja dapat kamu pilih. Namun,…

4 months ago

10 Kue Kering Terenak di Dunia, Cobain yuk!

Tak sekadar makanan atau minuman saja yang memiliki kategori terenak dan favorit loh, ternyata ada…

4 months ago