Surga tersembunyi di Porbolinggo

gili ketapang

DeniPermana | Sightseeing
Kota Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia | Beach Exploring
14 Nov 2016


Surga tersembunyi di Porbolinggo
Wisata yang wajib anda kunjungi saat berkunjung ke kota Porbolinggo. yaitu surga yang tersembunyi di Gili Ketapang, anda menyukai hobby snorkeling? nahh disinilah tempat yang cocok untuk kamu!

How to Get There

Surga yang tersembunyi satu ini adalah Pulau Gili Ketapang yang terletak di Selat Madura dan dapat diakses melalui Pelabuhan Tanjung Tembaga. Pulau Gili ini termasuk dalam Kabupaten Probolinggo dan berada di Desa Ketapang, Kecamatan Sumberasih, Probolinggo, Provinsi Jawa Timur. Untuk rute penyeberangan dimulai dari pelabuhan Tanjung Tembaga. Lama waktu penyeberangan ini kurang lebih memakan waktu sekitar 1 jam untuk sampai ke lokasi.

What to Do

Taukah anda dulu Pulau Gili Ketapang ini menyatu dengan Pulau Jawa? Nah Pulau ini memisah karena Gunung Semeru meletus dan mengeluarkan lahar yang sangat dahsyat yang akhirnya memisahkan Pulau Gili dan Pulau Jawa. Nah sedangkan dari Mitos dari masyarakat sekitar mengatakan bahwa pulau tersebut dapat bergerak hingga ke tengah laut. Salah satu daratan yang terpisah ini membentuk pulau-pulau kecil, yaitu Pulau Gili Ketapang, Mitos ini adalah kepercayaan masyarakat bahwa Pulau ini puyai kekuatan Ghaib yang bergerak lamban ketengah laut daratan desa ketapang terpisah ketengah sejauh 5 mil dari kota probolinggo. oleh sebab itu masyarakat setempat menyebut pulau tersebut dengan nama “Gili Ketapang”yang berasal dari bahasa madura yang artinya “mengalir”.

  

Untuk mencapai lokasi Pulau Gili Ketapang memang agak sedikit sulit dijangkau membuat pulau cantik ini sangat sepi dan belum banyak pengunjung yang singgah ke tempat ini tetapi bagi traveller yang sangat menyukai tempat yang sepi, nyantai, dan ingin merasakan sensasi memiliki Pulau sendiri maka datang lah ke Pulau Gili Ketapang selain suasananya yang enjoy, ombak pantai di pulau ini pun cukup tenang, dan hamparan pasir putih yang membentang luas membuat anda kagum akan ke indahan Pulau ini, warna air laut yang ada di sini berwarna biru, di tambah lagi warga setempat yang tinggal di Pulau ini ramah membuat suasana Wisata pulau Gili Ketapang terasa sangat damai dan menyenangkan untuk menjadi pilihan liburan anda.

Lokasi ini kebanyakan dihuni oleh Suku Madura dan Gili Ketapang ini memiliki luas sekitar 68 hektar tempat yang luas bukan? Di jamin deh bagi anda yang ke tempat ini awalnya Lelah karena perjalanan ke Pulau Gili Ketapang terbayar lunas karena pemandangannya yang eksotis dan membuat Lelah anda hilang karena keseruan yang bisa anda lakukan di pulau Gili Ketapang.

Nahh keseruan apa aja sihh yang bisa di lakukan di Pulau Gili Ketapang? Disini traveller bisa snorkeling, berenang, menyusuri dan menikmati indahnya pemandangan laut, ataupun melihat terumbu karang yang cantik di perairan Gili Ketapang.

 

Ada satu hal yang sangat di sayangkan, yaitu banyaknya sampah yang berserakan yang ada di bibir pantai. Sampah-sampah ini selain mengganggu pemandangan, juga dapat merusak kelestarian pulau ini. Di tambah dengan piaraan kambing milik warga yang berada di tepi pantai, terkadang membuat pengunjung merasa sedikit kurang nyaman. Menurut beberapa warga setempat, hal ini dikarenakan kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan yang sebenarnya harus di jaga oleh masyarakat sekitar, Nah maka dari itu jaga lah kebersihan jika anda berkunjung ke Pulau Gili Ketapang agar anak, cucu kita bisa merasakan keindahan yang ada di Indonesia.

  

  

Ingin tau wisata lainnya yang menarik di Probolinggo ? KLIK DISINI

 

Tips and Trick

1. Saat berkunjung ke pantai ini anda tidak perlu khawatir ingin istirahat dimana? Karena di sini terdapat penginapan gratis untuk pengunjung, jadi tidak usah repot-repot membawa.

2. Bawalah Camera, baju renang, kacamata, sunblock, dan obat-obatan.

3. bawalah air di botol karena anda akan mudah terkena dehidrasi saat berpaparan dengan panasnya terikmatahari.

4. jika anda membawa anak maka jagalah anak anda jang lepas dari pandangan anda.

5. jagalah kebersihan saat berada di tempat ini.

Disini saya ada video mengenai “Pantai Gili Ketapang” yang membuat anda penasaran dengan pemandangannya dan harus anda kunjungi, Anda penasaran???

Klik disini -> 

*Picture that I use in Review is not mine , i take it from google , thank you.

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY